Cara Gabung GoFood

Sebagai salah satu produk layanan Gojek terbaik yang banyak digunakan sekaligus dicari para pengusaha resto adalah GoFood.  Bagaimana tidak, GoFood saat ini sangat berperan untuk meningkatkan omzet para pengusaha kuliner. Selain itu, ada banyak keuntungan lainnya yang didapat para pemiilik usaha kuliner jika bergabung dengan GoFood. Inilah alasan kenapa banyak yang mencari informasi tentang cara gabung GoFood.

Manfaat Cara Gabung GoFood

Tidak hanya sistem bagi hasil layanan GoFood yang transparan, ada beberapa banyak manfaat lain bagi pemilik usaha kuliner yang ingin bergabung bersama Gofood. Berikut diantaranya :

1. Tidak Perlu Kurir

Dengan bergabung bersama GoFood, Kamu tidak perlu lagi memikirkan kurir. Karena salah satu kelebihannya ialah produk makananmu diantar ke alamat rumah konsumen secara langsung oleh driver Gojek tanpa ribet. Kamu tidak perlu lagi repot-repot mencatat dan mencari alamat konsumen. Bahkan tidak perlu memusingkan sistem pembayaran yang dilakukan konsumen, karena sudah diatur sistem Gojek.

Prosedur pemesanan lewat GoFood, yaitu saat orderan masuk dari GoFood, biasanya driver akan melakukan konfirmasi ke konsumen dan langsung menuju resto sesuai pesanan konsumen. Setibanya di resto, driver Gojek akan langsung melakukan pemesanan sekaligus pembayaran orderan dari konsumen.

2. Meningkatkan Omzet Penjualan

Banyaknya tempat-tempat usaha kuliner yang berdampingan cukup sering kita jumpai. Hal tersebut justru membuat persaingan usaha restoran semakin ketat, sehingga para pemilik usaha tersebut harus memutar otak agar penghasilannya stabil. Tapi jika Kamu bergabung bersama GoFood, justru bisa membantu meningkatkan omzet penjualan. Hal ini sebanding dengan penawaran bagi hasil yang menggiurkan dair GoFood.

Menariknya lagi, Kamu tak perlu pusing-pusing memikirkan biaya pendaftaran ke GoFood. Inilah yang membuat banyak usaha kuliner antri bergabung bersama GoFood.

3. Memiliki Jangkauan Pelanggan yang Luas

Jika Kamu membuka usaha restoran di sebuah lokasi, maka mayoritas pembeli yang hadir hanya orang-orang yang ada di sekitar lokasi tersebut. Akan tetapi, jika Kamu bergabung sebagai mitra GoFood, bukan tak mungkin pelanggan yang jaraknya jauh juga ikut melakukan pemesanan. Apalagi sistem GoFood sendiri mampu menjangkau pemesanan dengan maksimal jarak 25 km.

Ini artinya produk makanan yang Kamu tawarkan dapat dinikmati banyak orang hingga yang lokasinya jauh dari restoran sekalipun. Apalagi Kamu tidak perlu memikirkan proses pengantaran makanan, karena semuanya langsung diurus oleh pihak Gojek.

4. Laporan Penjualan yang Akurat

Sejak awal kemunculannya, biasanya GoFood melaporkan pembayaran GoFood ke semua mitra GoFood setiap bulannya. Selain itu, laporan tersebut sudah berikut perhitungan total komisi yang harus dibayarkan mitra ke Gojek. Akan tetapi, belum lama ini Gojek telah memperkenalkan aplikasi bernama GoResto yang jauh lebih menguntungkan untuk kedua pihak.

Partner GoFood yang telah tergabung menjadi mitra Go resto kini tidak perlu repot lagi menghitung pembayaran GoFood per bulannya. Sebab pencatatan penjualan akan dikirim ke email langsung tiap hari kerja, berikut pembayaran keuntungannya.

5. Sarana Pemasaran Paling Efektif

Sistem GoFood sejauh ini mencatat jika ada sebanyak 4 juta lebih pengguna Gojek yang ada di Indonesia. Tentu saja bisa bertambah lebih banyak. Jadi bisa dikatakan jika mayoritas jutaan orang tersebut termasuk ke dalam pengguna GoFOod, jadi bisa dibayangkan bahwa jangkauan pemasaran melalui GoFood sangat luas. Baik itu, pembeli tertarik dengan produk kulinermu ataukah tidak, usaha kulinermu akan langsung terlihat di sistem GoFood. Secara tidak langsung dapat memperkuat branding usahamu.

6. Waktu Berjualan Menjadi Fleksibel

Kamu bisa lebih leluasa mengatur waktu untuk berjualan, kapan saja. Bahkan, Kamu tak perlu lagi membuka warung offline untuk melayani pembeli. Kamu cukup menjalankannya di dapur sendiri untuk melayani orderan pembeli. Selain itu, Kamu juga bisa lebih leluasa menjadwalkan jam operasional outletmu.

Cara Gabung GoFood

Cara Gabung GoFood
Cara Gabung Mitra GoFood

Tutorial Cara Gabung Mitra GoFood Online

Cara gabung mitra GoFood kini sangat mudah, sebenarnya tak jauh berbeda dari cara daftar Go Car atau Go Ride. Kamu tidak perlu lagi pergi ke kantor Gojek untuk melakukan pendaftaran. Sebab kini Gojek telah menyediakan layanan pendaftaran secara online.

Berikut tutorial cara gabung GoFood via online yang bisa Kamu coba :

1. Daftar GoFood Online

Silahkan masuk ke website Gojek, kemudian daftar mitra GoFood dengan masuk ke kolom “Registration”. Silahkan isi data diri lengkap. Pastikan selalu cek kebenaran seluruh data. Untuk  cara gabung GoFood melebihi satu outlet. Kini Kamu diperbolehkan untuk melakukan pendaftaran khusus untuk outlet yang pertama saja.

2. Silahkan Cek Inbox Email

Selanjutnya, Kamu akan menerima kiriman pesan email dari alamat : merchant.no-reply@gojek.com. Jika sudah mendapatkan email tersebut, itu artinya pendaftaranmu sudah berhasil di GoFood. Setelah itu, jika setelah verifikasi data Kamu dinyatakan lolos, Kamu akan diminta menandatangani DocuSign sebagai kontrak elektronik.

3. Menandatangani Kontrak Perjanjian

Cara gabung GoFood berikutnya ialah Kamu tinggal melakukan kontrak. Untuk menandatanganinya bisa langsung dari DocuSign untuk melanjutkan proses berikkutnya.

4. Tunggu Informasi Selanjutnya

Untuk rentang waktu 5 hari kerja, Kamu akan mendapatkan notifikasi jika akun GoBizmu telah siap diaktifkan.

5. Proses Aktivasi Akun GoBiz

Kamu akan dipersilahkan untuk login ke GoBiz memakai nomor Hp yang sudah didaftarkan. Selama 1 x 24 jam, akun GoBizmu langsung aktif. Biasanya email notifikasi suksesnya cara gabung mitraGoBiz yang dilakukan akan langsung dikirimkan ke alamat email outlet dan bukan ke akun email pemilik.

6. Restomu Siap Dipasarkan

Jika Kamu sudah sukses melakukan re-login ke dalam akun GoBiz, Kamu bisa berjualan langsung di GoFood.

Itulah 6 tutorial cara gabung GoFood yang bisa Kamu lakukan dengan mudah jika ingin menjadi mitra GoFood. Selanjutnya jika Kamu penasaran dengan sistem bagi hasil GoFood, tinggal simak ulasan di bawah ini!

Perhitungan Sistem Bagi Hasil Dengan GoFood

Meskipun GoFood tidak menawarkan biaya pendaftaran, bukan berarti mereka menerapkan sistem bagi hasil yang tidak adil bagi mitra GoFood. Justru GoFood membebankan sistem bagi hasil yang sangat ringan hanya 20% saja.

Ini artinya jika Kamu menjual 1 porsi nasi goreng dengan harga jual Rp. 15 ribu, maka Kamu hanya perlu membayar Rp. 3000 saja ke pihak Gojek. Hal tersebut tentu saja lebih dari menguntungkan, jika Kamu harus memikirkan metode pembayaran dan pengiriman yang semuanya sudah dilakukan oleh pihak Gojek.

Kini bahkan beberapa pemilik usaha kuliner menyesuaikan tarif GoFood agar biaya produksi beserta keuntungannya tidak terbebani oleh sistem bagi hasil dengan GoFood. Kamu bisa menaikkan nilai jual produk kuliner di GoFood sebesar 20-30% dari sistem penjualan biasa atau konvensional. Misalnya, jika harga normalnya dibanderol Rp. 15 ribu, Kamu bisa menjualnya sekitar Rp. 19.500 atau RP. 20.000. Dengan komisi yang harus dibayarkan ke Gojek sebesar Rp.3.600.

Ini artinya dari harga jual kuliner Rp. 20 ribu dengan dikurangi komisi pembayaran ke Gojek Rp. 4000, maka Kamu masih mendapatkan penghasilan sebesar Rp. 16.000, nilai tersebut lebih besar dibandingkan harga untuk penjualan normal. Bagaimana, mudah kan perhitungannya?

Dengan mengetahui cara gabung GoFood dan perhitungan sistem bagi hasil GoFood tentu saja bisa semakin memantapkan keinginanmu untuk mengekspansi usaha kuliner!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019