Cara Daftar SMS Banking BNI

SMS Banking BNI adalah salah satu layanan unggulan dari bank BNI untuk memudahkan para nasabahnya dalam bertransaksi cengan cepat. Oleh karenanya, banyak yang penasaran dan mencari informasi tentang cara daftar SMS Banking BNI.

Dengan memakai layanan SMS Banking BNI, para nasabah dapat melakukan berbagai macam transaksi perbankan hanya bermodalkan smarphone yang sudah diisi pulsa saja. Layanan ini tentu saja bisa menjadi solusi praktis untuk bertransaksi.

Manfaat Memakai Layanan SMS Banking BNI

Sebenarnya ada 3 pilihan cara dalam mengakses layanan SMS Banking BNI, diantaranya melalui USSD ke *141#, Syntax atau format ketik SMS dan lewat App Store dan Play Store.

Adapun manfaat yang bisa Kamu dapatkan dengan memakai layanan SMS Banking bank BNI ini, ialah sebagai berikut :

  • Menawarkan pilihan transaksi opsional, ini artinya Kamu bisa memilih apakah ingin menggunakan layanan syntax, USSD maupun aplikasi SMS Banking BNI untuk bertransaksi.
  • Bisa melakukan penggantian PIN SMS Banking secara fleksibel.
  • Menyediakan berbagai macam fitur transaksi perbankan, seperti pembelian e-money, mengisi T-Cash, dan pembayaran tagihan.
  • Bisa mengganti akun rekening yang akan dijadikan sumber dana.
  • Aplikasi SMS Banking BNI dapat diunduh melalui smartphone berbasis iOS maupun perangkat android.
  • Menjadikan proses transaksi secara online lebih mudah, sebab  pembayaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Cara Daftar SMS Banking BNI

Cara Daftar SMS Banking BNI
Mendaftar SMS Banking BNI

Mendaftar SMS Banking BNI

Mengingat pentingnya menggunakan layanan SMS Banking BNI, tentu saja Kamu harus tahu cara daftar SMS Banking BNI. Dengan begitu, Kamu dapat menggunakan layanan ini untuk melakukan berbagai macam transaksi perbankan, seperti mutasi rekening, cek saldo dan lainnya. Jika ingin menikmati transaksi finansial sepenuhnya, baik itu pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan lainnya maka Kamu harus melakukan aktivasi langsung di kantor cabang BNI.

Namun dalam panduan cara mendaftar SMS Banking BNI, Kami akan membagikan beberapa pilihan cara berikut :

1. Cara Mendaftar SMS Banking BNI via ATM

Panduan cara mendaftar SMS Banking BNI yang pertama ialah dengan mendatangi gerai ATM BNI terdekat. Untuk melakukannya sagat mudah, cukup mengikuti panduan di bawah ini :

  • Pertama-tama silahkan masuk kartu debit atau ATM bank BNI-mu.
  • Masukkan PIN seperti biasa dan pilih layanan bahasa Indonesia untuk mempermudah.
  • Jika sudah, Kamu bisa memilih opsi “Registrasi e-channel”.
  • Selanjutnya pilih menu “BNI SMS Banking”, kemudian inputkan nomor Hp yang masih aktif.
  • Setelah itu, buat PIN untuk mengakses SMS Banking BNI terdiri dari 6 digit nomor PIN.
  • Lalu inputkan kode OTP yang nantinya dipakai untuk aktivasi layanan finansial.
  • Sesudah registrasi berhasil, maka para nasabah akan langsung mendapatkan struk aktivasi yang keluar dari ATM BNI.
  • Selain itu, Kamu juga akan mendapatkan SMS dari nomor 3346 ke nomor HP yang terdaftar.
  • Selanjutnya Kamu bisa menikmati berbagai macam fitur dan layanan SMS Banking BNI.

2. Cara Mendaftar SMS Banking BNI via Kantor Cabang BNI

Cara mendaftar SMS Banking BNI kedua ialah dengan mendatangi kantor cabang BNI. Di sini Kamu bisa langsung mengaktifkan layanan transaksi finansial secara langsung, sehingga Kamu dapat menikmati transaksi perbankan yang lebih lengkap.

Adapun untuk mendaftar layanan SMS Banking BNI via kantor cabang sendiri, harus membawa serta KTP, Paspor dan SIM, beserta bukti kepemilikan rekening atau BNI Card.

Setibanya di kantor cabang BNI, Kamu tinggal mengisi formulir dan selanjutnya tunggu sampai nomor antrianmu dipanggil. Selanjutnya petugas langsung membantumu mengaktifkan layanan SMS Banking BNI.

Cara Menggunakan SMS Banking BNI

Jika Kamu sudah sukses mendaftar SMS Banking BNI, maka tinggal menikmati layanan SMS Banking BNI saja untuk melakukan transaksi perbankan. Ada beberapa panduan cara memakai SMS Banking BNI yang dapat Kamu ikuti, berikut ulasannya :

1. Cek Saldo Melalui SMS Banking BNI

Salah satu fitur termudah yang dapat dinikmati lewat SMS Banking BNI ialah pengecekan saldo BNI. Untuk mengecek saldo lewat SMS Banking BNI sendiri, bisa dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pastikan pulsamu mencukupi untuk bertransaksi perbankan lewat SMS Baning BNI. Selanjutnya tinggal buka menu SMS di HP-mu baik lewat perangkat iOS maupun android.
  • Setelah itu, ketik format SMS banking untuk pengecekan saldo dengan mengetikkan “SAL” (tanpa tanda kutip) kemudian kirimkan ke nomor 3346.
  • Selanjutnya Kamu akan menerima pesan balasan langsung dari nomor 3346 berisi saldo tabungan BNI yang Kamu miliki.

2. Transfer Melalui SMS Banking BNI

Jika Kamu ingin transer uang ke sesama nasabah BNI maupun ke rekening bank lain. Kamu bisa menggunakan layanan SMS Banking BNI untuk transfer.

Untuk transfer menggunakan SMS Banking yang disertai berikut, berikut ulasannya :

  • Silahkan buka aplikasi message atau SMS di ponsel, pastikan pulsamu mencukup untuk bertransaksi. Kemudian uka pesan di Hp, baik perangkat iOS maupun android.
  • Jika ingin transfer dengan berita ke rekening BNI, cukup ketikkan format : TRANSFER (spasi) Nomor Rekening Tujuan (spasi) Nominal Transfer (spasi) Berita, dan kirimkan ke nomor 3346.

Sementara untuk transfer uang tanpa berita, Kamu  bisa mengikuti format ketik SMS : TRANSFER  (spasi) Nomor Rek.Tujuan (spasi) Nominal transfer (spasi) Nomor Hp penerima, dan kirimkan ke nomor 3346.

Bagi Kamu yang ingin mentransfer uang ke bank lain menggunakan SMS Banking, maka Kamu cukup mengetikkan format berikut : TRANSFER (spasi) Antar bank (spasi) Kodebank dan Rekening tujuan (spasi) nimonal transfer (spasi)## dan kirimkan ke nomor 3346.

Adapun limit transfer uang lewat SMS Banking BNI ini baik itu transfer ke nasabah BNI sendiri atau transfer ke bank lain, maka limit transaksi transfer yang berlaku sebesar Rp. 10 juta saja per harinya.

Selain transfer sesama rekening BNI dan antar rekening, ada pula transfer dengan menggunakan virtual account. Untuk transfer lewat virtual account ini, memerlukan SMS Banking BNI app. Selanjutnya ikuti panduan di bawah ini :

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi BNI SMS Banking di Hpmu. Sesudah itu, pilih “Transfer”.
  • Di menu “No Rekening Tujuan”, silahkan masukkan nomor VA (virtual account) beserta nominal transfer. Jika sudah, tekan “Yes”.
  • Setelah itu, Kamu akan menerima SMS langsung dari nomor 3346 yang berisi konfirmasi. Silahkan balas dengan cara mengetikkan digit PIN urutan ke 2 dan urutan ke 5 (opsional tergantung perintah) lalu tekan “kirim”.

Selain transaksi di atas, Kamu juga bisa memakai layanan SMS Banking sebagai salah satu cara cek rekening BNI praktis dan mudah. Masih banyak lagi transaksi yang bisa kamu lakukan lewat SMS Banking lainnya.

Setelah membahas cara daftar SMS Banking BNI dan cara menggunakannya di atas, kini Kamu tentu sudah bisa mempraktekkannya sendiri. Berbicara tentang pemakaian layanan SMS Banking BNI untuk bertransaksi, Kamu biasanya akan dibebankan biaya. Adapun biaya tersebut tergantung dari jenis transaksi yang dilakukan dan jenis provider yang dipakai.

Biaya transaksi SMS Banking biasanya dimulai dari tarif Rp. 275 sampai Rp. 550. Akan tetapi untuk menekan pembengkakan biaya karena gagal mengirimkan pesan atau SMS, Kamu harus menyediakan pulsa setidaknya Rp. 5000.

Bagaimana, cara daftar SMS Banking BNI dan fitur-fiturnya sangat mudah diakses bukan?

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019