Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir Update Maret 2024

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir
Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir

WIGATOS.com | Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kartu ATM kamu terblokir? Terlepas dari alasan terblokirnya, seperti kesalahan memasukkan PIN atau masalah keamanan lainnya, ini bisa menjadi pengalaman yang menyebalkan. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengaktifkan kartu ATM yang terblokir yang bisa kamu lakukan.

Setiap bank biasanya memiliki cara atau langkah-langkah umum yang kurang lebih sama. Jadi, meskipun kamu menggunakan Bank BRI, BNI, BCA, Mandiri, BSI, dan lain sebagainya, kamu tetap bisa mengikuti panduan yang akan mimin jelaskan. Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, kamu bisa mendapatkan kembali kartu ATM kamu.

Read More

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir
Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir

Sebelum kita membahas cara mengaktifkan kartu ATM yang terblokir, penting untuk memahami beberapa penyebab umum terblokirnya kartu ATM. Salah satunya adalah memasukkan PIN secara salah beberapa kali berturut-turut. Hal ini bisa terjadi karena lupa PIN atau disebabkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang mencoba-coba PIN secara sembarangan. Selain itu, beberapa masalah keamanan lainnya, seperti dugaan penyalahgunaan kartu oleh pihak lain, juga bisa menyebabkan kartu terblokir.

Langkah-langkah Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kembali kartu ATM kamu yang terblokir.

Cara 1: Menghubungi Layanan Pelanggan Bank

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungi layanan pelanggan atau call center bank yang kamu gunakan.

1. Hubungi Layanan Pelanggan Bank

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghubungi layanan pelanggan bank yang terkait dengan kartu ATM yang terblokir. Cari nomor layanan pelanggan yang tertera di belakang kartu ATM atau di situs web resmi bank. Segera laporkan masalah terblokirnya kartu ATM kamu kepada petugas layanan pelanggan dan ikuti instruksi yang diberikan.

Berikut ini daftar nomor Call Center beberapa bank yang umum digunakan di Indonesia.

  1. Bank Mandiri: 14000
  2. Bank BCA: 1500888
  3. Bank BRI: 14017 atau 1500 017
  4. Bank CIMB Niaga: 14041
  5. Bank BTN: 150286 atau 1500286
  6. Bank Danamon: 1-500-090
  7. Bank Maybank Indonesia: 1500611
  8. Bank OCBC NISP: 1500555
  9. Bank Panin: 1500666
  10. Bank BSI: 14040
2. Verifikasi Identitas

Biasanya, bank akan meminta verifikasi identitas untuk memastikan bahwa kamu adalah pemilik sah dari kartu ATM yang terblokir. Ini bisa melibatkan proses seperti memberikan nomor identifikasi pribadi, nomor rekening, atau informasi pribadi lainnya yang terkait dengan akun bank kamu.

3. Ikuti Petunjuk dari Call Center Bank

Setelah verifikasi identitas selesai, bank akan memberikan petunjuk lebih lanjut tentang langkah-langkah yang perlu kamu ambil untuk mengaktifkan kembali kartu ATM yang terblokir. Ikuti instruksi dari bank dengan cermat dan pastikan untuk menyelesaikan setiap langkah dengan benar.

4. Aktivasi Kartu ATM

Setelah proses verifikasi dan pengaktifan selesai, kartu ATM kamu akan diaktifkan kembali dan siap digunakan. Untuk mendapatkan kartu ATM kamu kembali, kamu bisa mengunjungi kantor cabang bank terdekat dari lokasi kamu. Pastikan untuk mencoba menggunakan kartu ATM untuk melakukan transaksi kecil terlebih dahulu sebagai pengujian.

Cara 2: Datangi Langsung Cabang Kantor Bank Terkait

Cara Mengaktifkan Kartu ATM yang Terblokir

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendatangi langsung kantor cabang bank yang kamu gunakan.

1. Kunjungi Kantor Cabang Bank Terkait

Silakan kunjungi kantor cabang bank terdekat terkait kartu ATM kamu yang terblokir.

2. Ambil Nomor Antrean > Tunggu Hingga Nomor Antrean Kamu Dipanggil

Setelah sampai di bank, kamu bisa mengambil nomor antrean dan tunggu hingga nomor antrean kamu disebut. Biasanya, saat mengambil nomor antrean, kamu akan dibantu oleh satpam yang bertugas pada hari itu.

3. Datangi Meja Customer Service

Jika nomor antrean kamu sudah dipanggil, silakan langsung datangi meja Customer Service dan sampaikan tujuan kamu.

4. Akan Dilakukan Verifikasi Identitas

Setelah kamu sampaikan tujuan kamu datang ke bank, kamu akan diminta memberikan beberapa identitas pribadi kamu untuk dilakukan verifikasi identitas.

5. Pencetakan Kartu ATM Baru Akan Diproses

Customer Service akan mencetak kartu ATM kamu yang baru. Tunggu hingga proses pencetakan selesai. Ada beberapa bank yang mengenakan tarif atau biaya cetak kartu ATM yang baru dan ada juga yang tidak mengenakan biaya.

6. Kartu ATM Bisa Kembali Digunakan

Setelah kartu ATM tercetak, kamu bisa menggunakan kembali kartu ATM kamu. Kamu bisa melakukan pengecekan di mesin ATM untuk mengecek saldo di rekening kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengganti PIN kartu ATM kamu lagi.

Itulah dua cara mengaktifkan kartu ATM yang terblokir yang pada umumnya biasa dilakukan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan bekerja sama dengan bank, kamu dapat mengatasi masalah kartu ATM yang terblokir dengan cepat dan efisien. Selain itu, pastikan untuk memeriksa apakah ada masalah keamanan atau kelainan lainnya yang memicu terblokirnya kartu ATM, dan ambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk melindungi akun bank kamu di masa mendatang. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Related posts