Cara Kerja Mail Server

Cara Kerja Mail Server
Cara Kerja Mail Server

Dari sudut pandang pengguna, mengirim email terlihat mudah. Tapi sebenarnya, ada sistem yang rumit yang memindahkan email dari pengirim hingga tiba di tujuan penerima. Dalam skema cara kerja mail server, ada banyak bagian yang bergerak dengan begitu banyak faktor yang memengaruhi kemampuan pengiriman email.

Cara Kerja Mail Server

Cara Kerja Mail Server
Cara Kerja Mail Server

Kalau kamu tertarik tentang cara bagaimana email dikirim dan ingin memahami seluk-beluk komunikasi melalui email, atau kamu hanya tertarik untuk memahami cara kerja server email, maka kamu bisa mempelajari semua hal tentang itu di artikel ini. Dan semuanya dimulai dari Protokol SMTP.

Apa itu Protokol SMTP?

Protokol SMTP adalah protokol pengiriman email. SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. Protokol ini pada dasarnya adalah seperangkat set perintah yang mengotentikasi dan mengarahkan transfer email.

SMTP Merupakan bagian dari lapisan aplikasi Protokol TCP/IP. Protokol ini adalah protokol berorientasi koneksi yang menjamin pengiriman email. Saat kamu mengirim email, sebuah sesi akan terbuka antara mail server kamu dan server target email. Protokol TCP/IP akan memastikan bahwa pengiriman email dapat terjadi jika alamat email tujuan sudah benar dan masih ada.

SMTP kemudian akan memindahkan email kamu ke jaringan yang lebih luas. Dalam tugas ini, protokol ini akan bekerja sama dengan koneksi yang disebut Mail/Message Transfer Agent (MTA) untuk mengirim pesan email kamu ke alamat email yang benar. MTA nantinya akan merutekan pesan antara server, situs, dan sistem email global.

Apa itu Mail Server?

Mail Server adalah komputer atau aplikasi yang bertanggung jawab untuk mengirim email. Bagian ini berfungsi paling vital dalam memastikan cara kerja mail server dengan mengikuti protokol SMTP. Mail server akan menerima email dari klien email. Kemudian meneruskannya ke mail server lain dan menyampaikannya ke server email lainnya.

Pada dasarnya, mail server akan mengambil informasi yang dimilikinya dan memberikannya ke komputer lain, yang memungkinkannya menemukan kotak masuk yang benar untuk pengiriman. Server ini juga hanya dapat mengirimkan email keluar. Sementara POP3 atau IMAP bertanggung jawab untuk menerima email masuk. Singkatnya, server email dikategorikan menjadi dua; (1) server keluar (2) server masuk.

Untuk tujuan artikel ini, kita hanya akan membahas konsep yang terkait dengan server surat keluar, yang dikenal sebagai mail server. Tujuan utama dari mail server adalah untuk mengirim, menyampaikan dan menerima email keluar antara klien email dan penerima.

Secara teknis, mail server dan cara kerja database server sama. Seperti kebanyakan server, mail server memproses data untuk dikirim ke server lain, tetapi memiliki tujuan yang sangat spesifik untuk memproses data yang terkait dengan pengiriman, penerimaan, dan alokasi email.

Mekanisme Cara Kerja Mail Server

Ketika kamu menggunakan layanan penyedia email gratis seperti Gmail, Hotmail, dll, alamat email kamu akan menggunakan nama domain mereka dan pada gilirannya, mereka mengizinkan kamu untuk menggunakan mail server mereka. Kalau kamu menggunakan situs webmail kamu untuk membaca dan mengirim email, maka pengaturan server email yang mengarahkan email masuk dan keluar adalah mail server kamu sendiri.

Namun, kalau kamu ingin menggunakan klien email lokal seperti MS Outlook, Apple Mail, atau Mozilla Thunderbird untuk mengirim email, kamu harus terlebih dahulu memasukkan pengaturan mail ssaat kamu mengatur aplikasi klien email kamu. Lantas pertanyaan terbesarnya, bagaimana cara kerja mail server sebenarnya?

Perjalanan sebuah email dimulai dengan intensi ketika Anita ingin mengirim email ke Budi. Lalu..

  • Untuk memastikan Mozilla Thunderbird (aplikasi klien email Jane) dapat berkomunikasi dengan mail server Gmail, maka dia memasukkan pengaturan server email Gmail saat dia mengonfigurasi Mozilla Thunderbird.
  • Lalu Anita menulis email ke rekannya, Budi.
  • Setelah dia mengirim email ke alamat emailnya [email protected], Mozilla Thunderbid akan mengirimkan alamat email Budi, alamat emailnya, dan isi email ke mail server Gmail. Server email Jane melihat bahwa ada pesan yang menunggu pengiriman ke [email protected].
  • Proses ini akan memulai komunikasi dengan server email Outlook untuk memungkinkan pengiriman pesan ini dapat terjadi. Di sinilah SMTP berperan untuk memastikan cara kerja mail server.
  • Protokol SMTP nantinya akan mengatur komunikasi antara dua server email ini. Dalam skenario ini, server email Anita akan berperan sebagai klien SMTP sementara server email Budi akan berperan sebagai mail server.

Potensi Perkembangan Cara Kerja Mail Server

Meski kedengarannya mudah, namun layaknya pola kerja server FTP,  proses pengiriman email juga sangat berlapis dan rumit. Perkembangan teknologi jaringan telah mempermudah segalanya dan dalam waktu dekat, kamu bisa mengharapkan semuanya menjadi lebih baik. Bukan tidak mungkin, lama kelamaan email akan menjadi produk obselete yang tidak lagi lazim digunakan.

Dengan laju perkembangan teknologi jaringan yang telah super cepat, batas baru dalam perkembangan mail server kini telah menjadi tidak berbatas.

Related posts