Cara Cek Xiaomi 4x

Cara cek Xiaomi 4x penting dilakukan bagi Kamu yang tertarik dengan Hp Xiaomi Redmi ini. Smartphone Xiaomi Redmi 4x hadir sebagai Hp low end dengan performa canggih dan fitur kamera mumpuni. Ponsel pintar yang dirilis tahun 2017 lalu ini memakai sistem operasi android v6.0 atau Marshmallow.

Redmi 4x telah disematkan layar yang membentang dengan lebar 5.0 inchi, meskipun harganya terjangkau namun speknya tak kalah tangguh dari kompetitor sekelasnya. Saat dirilis pertama kali, harga Xiaomi Redmi 4x sendiri dibanderol dengan harga Rp. 1,8 jutaan.

Kesuksesan penjualan Xiaomi 4x nampaknya memicu beberapa oknum dengan menghadirkan produk-produk smartphone abal-abal yang menyerupai tampilan Redmi 4x ori. Kecenderungan munculnya produk abal-abal Xiaomi Redmi 4x di pasaran cukup besar mengingat sudah banyak pelaku tindak kejahatan yang memproduksi smartphone replika.

Oleh karena itu, agar tidak tertipu oleh oknum pencari keuntungan dengan membeli produk Xiaomi 4x replika, rasanya penting sekali memahami cara cek Xiaomi 4x ori atau replika.

Cara Cek Xiaomi 4x

Cara Cek Xiaomi 4x
Mengecek Xiaomi Redmi 4x Asli atau Palsu

Mengecek Xiaomi Redmi 4x Asli atau Palsu

Sebenarnya untuk mengecek Xiaomi Redmi 4x palsu atau asli bisa dengan mengetahui spesifikasi lengkapnya. Sehingga Kamu tidak perlu khawatir lagi bingung membandingkan antara produk Xiaomi 4x palsu dengan yang asli. Untuk lebih jelasnya, simak panduan cara cek Xiaomi 4x berikut :

1. Cek Xiaomi Redmi 4x : Spek Resolusi Layar

Hp Xiaomi Redmi 4x mempunyai layar yang membentang seluas 5.0 inchi beresolusi 720 x 1280 dengan kerapatan ∼294 ppi pixel, sehingga membuat kecerahan layar menjadi baik.

Selain itu, spek layar ini juga membuat tampilan pada layar enak dipandang dan jernih. Lain halnya dengan Xiaomi Redmi 4x replika alias abal-abal yang memiliki tingkat kecerahan yang buruk sehingga membuat kualitas layarnya lebih buram.

2. Cek Xiaomi Redmi 4x : Spek Kamera Utama

Cek xiaomi Redmi 4x berikutnya ialah dengan mengetahui spek kamera utama. Redmi 4x original telah disematkan kamera belakang sebagai kamera utama yang berlensa 13 MP dengan apperture f/2.0, dual LEDphase detection autofocus, dan fitur pelengkap lainnya, seperti touch focus, panorama, HDR, smile/face detetion dan Geo tagging.

Selain itu, kemampuan video recorder pada smartphone ini pun bervariasi yaitu [email protected] dan [email protected] Saat dipakai untuk merekam video dan foto, tentu saja bisa memberikan hasil yang berkualitas apalagi saat kondisi cahayanya natural.

Hal ini berbeda dengan Hp Xiaomi 4x kw yang menampilkan hasil tangkapan objek pada kamera kurang jelas saat dipakai untuk merekam video dan capture foto.

3. Cek Xiaomi Redmi 4x : Spek Kamera Sekunder

Mengecek Xiaomi Redmi 4x asli atau palsu bisa dilihat dari spek kamera sekundernya juga. Untuk keperluan selfie sendiri, Xiaomi 4x asli sudah disematkan kamera yang berlensa 5MP dan f/2.0. Selain itu, kamera sekundernya juga bisa merekam video HD hingga 1080p.

Adapun perbedaan Xiaomi 4x palsu atau replika dalam hal spek kamera sekunder sendiri, tidak mempunyai fitur di atas. Adapun tujuannya ialah demi menekan biaya produksi, jadi produk abal-abal yang dibuat bisa menandingi produk aslinya dilihat dari harganya.

4. Cek Xiaomi Redmi 4x : Spek Kapasitas RAM

Cara cek Xiaomi 4x selanjutnya ialah dengan mengetahui kapasitas RAM yang dimiliki. Pada Hp Xiaomi 4x ori memakai 3 jenis RAM, diantaranya 2GB dengan memori internal 16GB, RAM sebesar 3GB disematkan memori internal 32GB, dan terakhir RAM 4GB yang dibenamkan memori internal hingga 54GB.

Sementara pada produk palsunya biasanya memakai ukuran RAM lebih kecil dibanding aslinya. Umumnya Xiaomi Redmi 4x replika menggunakan RAM sekitar 1-1,5GB.

5. Cek Xiaomi Redmi 4x : Spek Memori Internal

Dalam cara cek Xiaomi 4x ori Kamu bisa melihat memori internalnya. Xiaomi 4x memiliki 3 varian internal memory, diantaranya 64GB, 32GB, dan 16GB. Jadi apabila Kamu menemukan smartphone Xiaomi 4x dengan memori internal berukuran di bawah ketiga varian kapasitas di atas, Kamu harus curiga.

6. Cek Xiaomi Redmi 4x : Spek Hardware

Chipset yang tertera pada Hp Xiaomi 4x sebenarnya berguna untuk mengatur tingkat kecepatan data, sedangkan fungsi CPU sendiri berfungsi mengontrol kecepatan saat pemrosesan data, dan fungsi dari GPU untuk menjalankan aplikasi berat dan grafis.

Adapun spek hardware yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 4x yaitu, mengusung chipset Snapdragon 435, GPU dari Adreno 505, dan CPU dari Octa Core 1.4 Ghz.

Jika hardware yang disebutkan di atas berbeda dari Xiaomi Redmi 4x milikmu, maka bisa dipastikan Hp tersebut adalah replika.

7. Cek Xiaomi Redmi 4x : Spek OS Android

Cara cek Xiaomi 4x berikutnya dengan melihat OS android yang digunakan. Seperti kita ketahui bahwa Xiaomi Redmi 4x ori disematkan OS android v6.0 atau Marshmallow dan bisa di upgrade ke versi android v7.0. Akan tetapi jika Kamu menjumpai produk Redmi 4x dengan mengusung OS Android Lollipop atau Kitkat dan tidak dapat di update ke versi android terbaru, maka bisa dipastikan produk tersebut adalah replika.

8. Cek Xiaomi Redmi 4x : Fitur USB

Fitur unggulan yang disematkan pada Xiaomi Redmi 4x lainnya ialah USB OTG. Lewat fitur USB inilah, Kamu tak perlu lagi khawatir memori internal atau eksternalmu habis sebab saat kedua memori tadi habis, Kamu tetap dapat memindahkannya lewat flashdisk.

Hal ini tentu berbeda dengan produk Xiaomi 4x palsu yang tidak menggunakan sistem USB tersebut.

9. Cek Xiaomi Redmi 4x : Fitur Jaringan

Tak hanya mengandalkan teknologi USB terkini saja, tetapi Xiaomi Redmi 4x juga sudah mendukung berbagai jaringan, yakni 2G/EDGE/3G/HSDPA/4G LTE yang kecepatannya 300/Mbps. Bahkan Xiaomi 4x juga telah didukung oleh Wifi dan GPS. Sementara pada produk KW-nya paling hanya menggunakan jaringan 3G.

10. Cek Xiaomi Redmi 4x : Kelengkapan Sensor

Untuk fitur kelengkapan sensornya sendiri, Redmi 4x sudah dibekali sensor fingerprint, dengan tambahan compass, proximity, dan accelerometer. Sedangkan pada Xiaomi Redmi 4x replika atau Kw paling banter hanya support beberapa sensor saja.

11. Cek Xiaomi Redmi 4x : Fitur Bluetooth

Dalam melakukan transfer data atau file cepat, Hp Xiaomi Redmi 4x ori telah didukung oleh koneksi Bluetooth seri v4.2 dengan support tambahan LE, A2DP, dan EDR. Sedangkan pada Xiaomi 4x replika disematkan versi bluetooth lebih rendah.

12. Cek Xiaomi Redmi 4x : Kapasitas Baterai

Cek Xiaomi Redmi 4x berikutnya dengan melihat kapasitas baterai yang disematkannya. Pada Redmi 4x asli didukung oleh tipe baterai Li-Po dengan kapasitas 4100 mAh, jadi Hp ini bisa standby sampai 432 jam lamanya dalam mode jaringan 3G.

13. Cek Xiaomi Redmi 4x : Cek IMEI

Cara cek Xiaomi 4x paling cepat, mudah dan praktis untuk mengetahui apakah Xiaomi 4x milikmu asli atau palsu ialah dengan mengetahui kode IMEI. Untuk cek IMEI pada HP Xiaomi 4x ini Kamu hanya perlu menekan *#06# saja, selanjutnya akan muncul tampilan kode unik tertentu yang dimiliki khusus pada perangkat Xiaomi Redmi 4x saja.

Selanjutnya Kamu tinggal mencocokkan dengan kode IMEI yang ada di dus pembelian lalu cocokkan juga dengan yang ada di situs resmi Xiaomi.

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019