Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Bagaimana cara mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi ? jika kamu belum tahu Opsi Pengembang atau juga bisa disebut dengan istilah Developer Options merupakan salah satu fitur penting yang ada pada setiap smartphone Android. Dan Xiaomi adalah salah satu brand smartphone yang menggunaan Android sebagai sistem operasinya.

Tidak hanya ada pada smartphone Xiaomi saja, Opsi Pengembang juga ada di perangkat Android lainnya seperti halnya Samsung, Vivo, OPPO, dan lain-lain. Akan tetapi setiap perangkat memiliki Opsi Pengembang yang letaknya berbeda satu sama lain.

Dan jika kamu menggunakan versi Android terbaru, letaknya juga bisa berbeda meskipun sama-sama menggunakan smartphone Xiaomi. Biasanya karena adanya customisasi UI yang membuat beberapa fitur berpindah letaknya.

Sebelumnya Opsi Pengembang atau Developer Options adalah pengaturan tersembunyi yang ada pada handphone Android. Dan salah satu fungsinya adalah untuk debugging dan juga pengembangan aplikasi.

Developer Options ini bisa kamu aktifkan jika kamu membutuhkan fitur ini maupun kamu nonaktifkan jika kamu merasa sudah tidak membutuhkannya. Untuk handphone Xiaomi kamu juga bebas ingin mengaktifkan Opsi Pengembang saat diperlukan ataupun mengaktifkannya secara terus menerus.

Salah satu fitur yang mengaharuskan kamu untuk terus menerus mengaktifkan fitur Opsi Pengembang ini adalah saat kamu mengaktifkan fitur sentuhan di layar. Cara mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi cukup mudah untuk dilakukan secara mandiri.

Meskipun begitu masih ada beberapa pengguna smartphone Xiaomi yang belum mengetahui langkah-langkahnya, jika kamu belum mengetahui langkah-langkah untuk membuat fitur Developer Options Xiaomi aktif kamu dapat mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Daftar Isi

Fitur Opsi Pengembang Xiaomi

Sebelum melangkah ke pembahasan mengenai cara mengaktifkan fitur Opsi Pengembang di smartphone Xiaomi, kamu juga perlu mengetahui fitur-fitur apa saja yang ada didalam Opsi Pengembang ini.

Mungkin masih banyak pengguna smartphone Xiaomi yang tidak tahu fitur-fitur dari Developer Options yang bisa digunakan oleh pengguna Xiaomi. Berikut ini fitur-fitur dari Opsi Pengembang Xiaomi, simak penjelasannya!.

1. Pengaturan Kecepatan Animasi

Fitur pertama dari Opsi Pengambang smartphone Xiaomi adalah fitur untuk mengatur kecepatan animasi. Dengan menggunakan fitur ini kinerja dari handphone Xiaomi kamu dapat lebih cepat sebab fitur animasi yang membuat kinerja dari smartphone kamu lambat dapat kamu kurangi atau bahkan kamu bisa menghilangkah fitur animasi tersebut.

Untuk mengatur kecepatan animasi ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu membukanya dibagian Skala Animasi Jendela, Animasi Transisi, serta pada bagian Skala Durasi Animator.

2. Untuk Mengaktifkan USB Debugging

Salah satu fitur yang membuat Opsi Pengembang diaktifkan adalah karena adanya fitur untuk Debugging USB. Fitur ini berfungsi untuk melacak bug dengan menggunakan USB sehingga hal ini berguna untuk mengembangkan aplikasi.

Akan tetapi yang perlu kamu ketahui jika fitur USB Debugging ini diaktifkan maka sistem keamanan yang telah dibatasi USB Debugging akan terbuka, jadi sebaiknya fitur ini dinonaktifkan jika kamu sudah tidak menggunakannya.

3. Untuk Menampilkan CPU Usage

Berikutnya fitur yang tidak kalah menarik dari dua  fitur yang sudah dibahas sebelumnya adalah fitur yang dapat menampilkan CPU Usage. Dengan adanya fitur ini kamu bisa mengaktifkannya untuk melihat bagaimana kinerja dari CPU, sebab dengan mengaktifkan fitur ini maka akan ditampilkan kinerja dari CPU.

4. Fitur Merubah Tampilan Layar Menjadi Monokrom

Ada juga fitur yang menarik lainnya seperti kamu bisa merubah tampilan layar smartphone Xiaomi milikmu menjadi monokrom atau menjadi hitam putih. Fitur yang satu ini bisa kamu aktifkan di Developer Options.

Terkait:  Cara Gratis Kuota Axis

Kamu dapat memilih menu Simulasikan Ruang Warna, kemudian pilih Monokromasi. Dan selesai tampilan layar smartphone kamu akan berubah menjadi hitam putih.

Demikianlah beberapa fitur dari Opsi Pengambang yang ada di handphone Xiaomi. Dengan mengaktifkan Opsi Pengembang maka kamu dapat mengaktifkan fitur-fitur yang ada didalamnay juga untuk mengembangkan smartphone milikmu.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi
Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Apabila kamu ingin mengaktifkan fitur Opsi Pengembang di menu Pengaturan yang ada di samrtphopne Xiaomi. Maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dibahas berikut ini.

Kamu bisa mengikuti cara sesuai dengan  versi antar muka MIUI yang digunakan oleh smartphone Xiaomi milikmu. Berikut ini cara-cara untuk menghidupkan Developer Options.

1. Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi Untuk versi MIUI 10, MIUI 11, dan MIUI 12

Cara pertama yang akan dibahas adalah untuk pengguna smartphone Xiaomi yang memiliki Versi MIUI 10, MIUI 11, dan juga versi MIUI 12. Jika kamu menggunakan versi MIUI yang sudah dijelaskan kamu bisa mengikuti langkah-langkah pada cara pertama ini.  Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya, simak!.

  • Langkah pertama adalah buka menu Pengaturan atau Setelan di smartphone Xiaomi milikmu terlebih dahulu.
  • Setelah itu kamu dapat memilih Tentang Telepon.
  • Jika sudah masuk ke opsi Tentang Telepon kamu dapat mengaktifkan Opsi Pengembang atau Developer Options dengan cara ketuk Versi MIUI beberapa kali sampai muncul notifikasi Sekarang Anda adalah Seorang Developer.
  • Kemudian untuk masuk ke menu yang ada di Opsi Pengembang, caranya adalah dengan masuk ke menu Setelan.
  • Lalu pilih menu Setelan Tambahan.
  • Langkah berikutnya pilih Opsi Pengembang supaya kamu bisa menggunakan menu-menu yang ada didalamnya.
  • Selesai, kamu berhasil mengaktifkan Opsi Pengambang di smartphone Xiaomi.

Itu dia cara pertama untuk mengidupkan fitur Opsi Pengembang atau Developer Options jika kamu menggunakan versi antar muka MIUI 10. MIUI 11, dan juga MIUI 12. Cukup mudah untuk dilakukan bukan ?.

Terkait:  Cara Cicilan di Lazada

2. Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi Untuk versi MIUI 8, dan MIUI 9

Selanjutnya jika kamu menggunakan menggunakan smartphone Xiaomi yang menggunakan versi yang lebih rendah daripada yang telah disebutkan pad acara pertama maka kamu bisa mengikuti cara kedua ini.

Dengan menggunakan cara kedua ini kamu bisa mengaktifkan fitur Opsi Pengembang dengan mudah, berikut ini penjelasannya:

  • Langkah pertama adalah buka menu Settings (Setelan) yang ada di smartphone Xiaomi.
  • Jika sudah kamu bisa scroll dan pilih opsi My Device.
  • Setelah itu pilih All Specs.
  • Lalu kamu bisa pilih MIUI Version, dan untuk mengaktifkan Developer Options kamu bisa mengetuk MIUI Version sebanyak 7 kali hingga muncul notifikasi You are now a developer.
  • Kemudian, langkah berikutnya adalah buka kembali menu Settings (Setelan).
  • Lalu pilih System & Device.
  • Selanjutnya kamu dapat menekan bagian Additional Settings.
  • Berikutnya Developer Options.
  • Selesai, sekarang Developer Options di smartphone kamu sudah aktif dan fitur-fitur yang ada didalamnya.

3. Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi Untuk versi MIUI 6, MIUI 7

Cara berikutnya jika kamu masih menggunakan smartphone Xiaomi dengan versi MIUI 6, taupun versi MIUI 7. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

  • Pertama-tama buka menu Settings di handphone.
  • Lalu About Phone (Tentang Telepon).
  • Setelah itu pilih MIUI Version dan tap sebanyak 7 kali hingga muncul notifikasi You are now a developer.
  • Kemudian kamu bisa membuka kembali menu Settings dan pilih Additional Settings.
  • Jika sudah pilih Developer Options, lalu aktifkan bagian Enable Developer Options.
  • Selesai.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengaktifkan Opsi Pembangan Xiaomi. Dari ketiga cara yang telah dibahas kamu bisa mengikuti cara yang sesuai dengan versi MIUI yang kamu gunakan.

Related posts