Cara Cek HP Xiaomi

Bagaimana cara cek HP Xiaomi yang benar dan efektif? Kamu pasti penasaran bahkan belum tahu sama sekali soal pemeriksaan smartphone Xiaomi semua tipe. Tak bisa dipungkiri bahwa Xiaomi sudah menjadi salah satu merek gadget ternama asal Cina yang mulai mendominasi pasar smartphone Indonesia.

Hal ini dikarenakan HP Xiaomi punya fitur-fitur menarik dengan harga bersahabat daripada merek ponsel serupa lainnya yang kualitasnya tidak kalah saing saat ini. Xiaomi sebagai salah satu brand elektronik asal Cina bukan hanya memasarkan smartphone yang digunakan banyak orang di Indonesia, namun juga peralatan lain seperti tas sampai TV yang canggih dan elegan.

Read More

Selain itu, smartphone Xiaomi bisa disebut punya model dan tipe lebih banyak daripada merek android lainnya. Kamu bisa melihatnya pada counter resmi dan terpercaya yang menjual HP Xiaomi asli dan bergaransi untuk memenuhi kebutuhan pasar gadget sampai sekarang.

Kalian tidak bisa mempercayai semua pihak yang menjual HP Xiaomi sebagai barang asli dan bergaransi resmi. Pasalnya, kalian yang belum pernah memiliki smartphone nya pasti berpikir HP Xiaomi adalah barang asli bila punya kartu garansi dan phone box saja. Meski begitu, smartphone Xiaomi bisa dibilang asli jika punya garansi TAM yang tercamtum pada kotak ponsel bila kamu beli barangnya masih baru, serta disertai bukti otentik lainnya yang harus diperiksa satu per satu.

Cara Cek HP Xiaomi

Cara Cek HP Xiaomi
Cara Cek HP Xiaomi

HP Xiaomi semua model maupun tipe belakangan ini mulai dipalsukan oknum tertentu. Kamu bisa mendapatkan produk asli bila membelinya lewat counter maupun toko resmi yang berada di pusat perbelanjaan ternama. Kendati demikian, Xiaomi sebagai salah satu brand smartphone terbaik di Indonesia ternyata mempunyai beberapa barang replika atau palsu yang tampilannya nyaris sama persis seperti produk asli dan biasa ditemukan di gerai gadget besar.

Terkait:  Cara Cek RAM Hp Xiaomi

Pemeriksaan HP Xiaomi asli dan palsu hanya bisa dilakukan dengan menganalisa kondisi fisiknya, serta menghubungi kode rahasia yang berguna menampilkan nomor IMEI. Akan tetapi, nomor IMEI juga bisa diketahui lewat phone box yang didapatkan pasca pembelian HP Xiaomi baru. Kamu juga perlu memastikan nomor IMEI dari smartphone yang dipakai saat ini sudah terdaftar pada website resmi Kemenperin maupun Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo).

Cara Cek HP Xiaomi Cepat dan Lengkap

Kamu perlu tahu cek HP Xiaomi bisa dilakukan lewat beberapa metode cepat dan mudah. Kamu tidak harus mengunjungi counter besar untuk memastikan keaslian smartphone Xiaomi yang digunakan saat ini. Siapa saja bisa memeriksanya secara manual dengan mencermati setiap komponen eksternal maupun internal dari smartphone Xiaomi masing-masing. Beberapa langkah cepat dan mudah untuk periksa keaslian dan kualitas HP Xiaomi adalah :

Cek Garansi

Untuk memastikan HP Xiaomi yang kalian gunakan asli atau tidak, maka kamu bisa periksa garansi ponselnya. Langkah mudahnya adalah mengandalkan aplikasi website browser yang terpasang pada smartphone dan kunjungi website resmi Xiaomi via https://www.buy.mi.co.id/id/registration. Kamu bisa memasukkan nomor IMEI ke dalam kolom yang tersedia untuk memeriksa negara produksi sekaligus informasi hardware dan software nya.

Cek IMEI

Nomor IMEI HP Xiaomi bukan hanya dilihat pada bagian belakang phone box saja, namun juga didapatkan via kode rahasia yang harus dihubungi terlebih dahulu. Apabila kamu sulit membaca nomor IMEI di belakang kotak ponsel, maka kalian bisa hubungi *#06# dan tunggu beberapa saat sampai muncul IMEI 1 dan IMEI 2. Jika kamu menggunakan dual SIM card, maka nomor IMEI bisa menampilkan dua informasi berbeda yang harus dicatat dan diperiksa satu per satu.

Terkait:  Cara Cek Angsuran BPJS

Cek Software

Siapa saja berhak membeli HP Xiaomi bergaransi distributor bahkan non resmi. Kendati demikian, jangan pernah berharap kamu bisa mengklaim kepada service center Xiaomi resmi bila terjadi kerusakan sementara bahkan permanen. Untuk memastikan HP Xiaomi kamu berhak menerima garansi, maka kamu bisa memeriksa software untuk smartphone Xiaomi versi Cina, sedangkan versi global biasanya kerap diperbarui secara berkala sesuai negara distributornya.

Cek Kondisi Fisik

HP Xiaomi asli dan palsu bakal terlihat dari kondisi fisik yang merupakan acuan utama dari identitas ponselnya. Secara umum smartphone Xiaomi asli dan bergaransi resmi biasanya punya bahan dasar kokoh dan lebih kuat, sehingga tidak dapat meninggalkan bekas terlalu besar bahkan terlihat jelas bila terjatuh maupun terbentur. Selain itu, tampilan layarnya juga lebih tipis dan lebar untuk memberi kesan menyenangkan dan seru saat kamu melihat tampilan ponselnya.

Cek Kamera

Kamera menjadi salah satu aspek penting untuk memeriksa keaslian smartphone Xiaomi. Pada dasarnya HP Xiaomi asli punya resolusi kamera cukup tinggi sehingga kamu dapat menangkap gambar dengan hasil jernih dan tajam. Meski begitu, kondisi ini berbeda dengan HP Xiaomi palsu dimana hasil tangkapan gambarnya lebih buram alias gelap. Resolusi kameranya rendah dan tidak bisa fokus terhadap titik utama dari objek yang akan diambil gambarnya.

Cek Hardware dan Kondisi Layar

Jangan lupa memeriksa hardware maupun kondisi layar HP Xiaomi kalian. Hal ini dikarenakan keduanya bisa menunjukkan smartphone tersebut asli atau palsu. Kamu bisa menghubungi kode rahasia via *#*#64663#*#* untuk periksa beberapa hal seperti suara, fungsi, getar, sensor dan pengujian lainnya. Layar ponselnya juga bisa diperhatikan karena bukan hanya tampilannya saja, namun tingkat kejernihan dan ketajaman objek yang ditampilkan juga lebih jelas untuk HP Xiaomi asli.

Terkait:  Cara Cek iPhone Original

Cek Speaker

Walaupun terkesan sepele, namun speaker punya peran penting terhadap kenyamanan pemakaian HP Xiaomi setiap hari. Tak hanya itu, kamu bisa memeriksa smartphone nya asli atau tidak maupun asli dan bekas lewat pemeriksaan speaker terlebih dahulu. Jika suara yang dihasilkan terdengar jernih bahkan sangat jelas, maka bisa dipastikan HP Xiaomi asli dan masih baru. Kamu juga bisa memerika informasi speaker lebih rinci via *#*#64663#*#* melalui telepon.

Cek Kartu SIM dan Sinyal

Kamu harus tahu bahwa HP Xiaomi tidak resmi bahkan ilegal sudah tidak terdaftar pada website resmi Kemenperin, yakni https://www.imei.kemenperin.go.id/. Namun, beberapa barang serupa yang masih dianggap ilegal seperti Black Market (BM) masih beredar di pasaran sampai sekarang. Kamu bisa mengakses portal tersebut dan masukkan nomor IMEI yang sudah dicatat sebelumnya. Pastikan negara produksinya berasal dari Indonesia dan informasi perangkatnya lengkap.

Tips dan Trik Cek HP Xiaomi Asli

Kami berikan tips dan trik penting lainnya supaya kamu bisa memiliki dan menggunakan HP Xiaomi asli dan bergaransi resmi. Jangan lupa memeriksa harga pasaran dari model atau tipe smartphone nya. Xiaomi asli biasanya punya harga pasaran untuk barang baru lebih tinggi daripada barang palsu. Walaupun kamu harus menambah uang lebih banyak, namun produk yang kalian dapatkan tidak perlu diragukan lagi keaslian maupun kualitasnya karena IMEI telah terdaftar.

Demikian informasi tentang cara cek HP Xiaomi cepat dan mudah. Siapa saja bisa memiliki smartphone Xiaomi asli dan bergaransi dengan membelinya melalui counter resmi bahkan service center Xiaomi yang tersebar di seluruh Indonesia. Kamu juga bisa mengklaim garansi dengan menyertakan bukti pembelian, serta membuka phone box (unboxing) di depan petugas service center. Kalian hanya bisa mengajukan garansi selama setahun sejak tanggal awal pembelian.

Related posts