Cara Install Flutter

Cara Install Flutter

Kehadiran flutter bagi mobile developer pastinya sangat membantu. Karena framework jenis ini bisa dipakai untuk memudahkan developer membuat program aplikasi mobile berbasis multiplatform. Namun mungkin saja sebagian orang ada yang masih belum mengetahui cara install flutter.

Mengenal Flutter Untuk Mobile Developer

Flutter bisa dikatakan sebagai bahasa pemrograman dari Google,  yang telah diluncurkan sejak 2011 lalu. Platform yang satu ini sering dimanfaatkan para mobile developer dalam pembuatan aplikasi berbasis multiplatform dengan satu basis kode. Ini artinya, flutter merupakan teknologi yang bersifat open source buatan Google dan dipakai untuk membuat aplikasi di sistem iOS maupun android.

Framework jenis ini juga sering disebut sebagai SDK atau Software Development Kit untuk membantu mobile developer. Tentu saja didalamnya telah disematkan banyak fitur untuk pengembangan aplikasi lintas platform.

Siapa Saja yang Memakai Flutter?

Flutter biasanya digunakan oleh mobile developer, yakni seseorang yang mampu memahami bahasa pemrograman. Selain itu, mobile developer akan mendapatkan kemudahan melihat hasil dari pengkodean memakai hot reload dengan cara real time.

Jika kamu menyukai berbagai macam widget flutter, maka sangat cocok memakai  flutter framework yang satu ini.

Ada 2 istilah penting dalam flutter, yaitu framework dan SDK, adapun keduanya yaitu :

  • Framework flutter merupakan sebuah komponen interface yang didalamnya terdiri atas tombol, teks, navigasi maupun yang lainnya. Selain itu, bisa kamu kustomisasi tergantung kebutuhan.
  • SDK atau Software Development Kit, terdiri atas tools-tools yang berguna dalam pembuatan aplikasi agar bisa berjalan di berbagai macam platform.

Bagaimana Cara Kerja Flutter?

Sebenarnya, cara kerja dari platform yang satu ini sangat simpel. Untuk memahaminya, kamu bisa simak prinsip kerja flutter dalam OS iOS dan android :

  • Seorang mobile developer akan mengembangkan aplikasi lewat kode dart beserta widget yang sudah disediakan dalam framework flutter.
  • Dalam OS android, coding akan langsung terkompilasi pada mesin C++ memakai Android Native Development Kit atau Android NDK. Tapi dalam OS iOS sendiri, kode langsung terkompilasi pada mesin Low Level Virtual Machine atau LLVM.
  • Selanjutnya kode native di android akan langsung terkompilasi pada Dart Kompiler.
  • Berikutnya kode disesuaikan pada tiap-tiap perangkat, dan aplikasi ini nantinya bisa dioperasikan di berbagai platform.

Jika sudah memahami cara kerjanya, kini kamu bisa coba cara install flutter dengan mengikuti panduan di bawah.

Cara Install Flutter

Cara Install Flutter
Tutorial Install Flutter di Windows OS

Tutorial Install Flutter

Bagi kamu yang bukan berprofesi sebagai mobile developer, mungkin kamu kebingungan dengan cara install flutter. Sebenarnya, ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan untuk menginstall flutter di bawah ini :

1. Unduh Flutter SDK

  • Kamu bisa masuk ke situs resmi Flutter, baik lewat perangkat PC atau laptopmu. Jika sulit mencarinya, kamu bisa kunjungi link berikut : https://flutter.dev/docs/get-started/install.
  • Selanjutnya pilih sistem operasi tergantung OS yang kamu pakai di PC. Di sini kita akan memakai Windows OS.
  • Silahkan unduh flutter SDK di halaman yang tersedia, lalu tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Setelah unduhan selesai dilakukan, selanjutnya kamu akan melihat unduhan yang berbentuk zip.

2. Tutorial Cara Install Flutter

Setelah mendownload flutter SDK, kamu bisa mencoba cara install flutter dengan tahapan-tahapan di bawah ini :

  • Lakukan ekstrak file pada flutter yang telah diunduh sebelumnya.
  • Pindahkan file hasil ekstrak tadi ke dalam disk C di PC kamu. Lalu salin path-nya, yang nantinya akan dipakai dalam tahapan pengaturan environment variables.
  • Selesai.

3. Pengaturan Environment Variable

Jika kamu sudah selesai melakukan ekstrak file flutter, cara install flutter berikutnya yaitu lakukan pengaturan environment variable di PC kamu. Silahkan ikuti tahapannya :

  • Silahkan pilih opsi setting environment variable di OS Windows milikmu dengan cara mengetikkan kata kunci berupa ‘envi’ di kolom pencarian.
  • Buka dan masuk ke menu tersebut melalui Run as Administrator.
  • Tekan Environment Variable.
  • Tekan edit dan klik new.
  • Silahkan tempelkan path yang dipakai untuk menyimpan file ekstrak flutter sebelumnya.
  • Ikuti petunjuk selanjutnya sampai proses setting selesai.

4. Mengecek Hasil Install Flutter

Jika kamu sudah mengikuti tahapan cara install flutter di atas, kamu bisa mengecek di PC kamu kembali untuk memastikan instalasi flutter sudah berhasil ataukah tidak. Silahkan ikuti tahapannya berikut :

  • Silahkan masuk ke menu CMD, kamu bisa mencarinya dengan mengetikkan keyword ‘CMD’ di Windows. Lalu tekan ‘Run As Administrator’.
  • Silahkan tuliskan ‘Flutter–version’ (tanpa tanda petik).
  • Setelah berhasil, kamu akan ditampilkan ke dalam menu bertuliskan ‘welcome to flutter’.

Dari sini, proses cara install flutter di Windows sudah berhasil dilakukan. Kamu bisa menggunakannya untuk mengembangkan aplikasi buatanmu.

Kelebihan Flutter

Bagi seorang mobile developer yang masih bingung dan ragu memakai flutter, sebaiknya kamu kenali dulu keunggulan memakai flutter berikut ini :

1. Menawarkan Banyak Fitur

Flutter adalah framework yang menawarkan banyak sekali fitur untuk membantumu dalam proses pengembangan aplikasi, sehingga mejadikannya lebih cepat dan mudah.

2. Tampilan Interface Menarik

Tidak hanya bisa membantu para developer dalam membuat aplikasi, platform yang satu ini juga menawarkan tampilan interface yang menarik. Bahkan kamu bisa menggunakan koleksi tampilan pada widget flutter, berupa animasi, tampilan aplikasi, tampilan scrolling, font, dan navigasi. Melalui widget ini, kamu bisa mengkustomisasi tergantung kebutuhan. Oleh sebab itu, dengan flutter ini kamu dapat menjadikan tampilan lebih mudah dan unik pada aplikasi yang kamu buat.

3. Kombinasi Kode Aplikasi Native

Walaaupun aplikasi ini berbasis multi platform, namun kamu bisa menghasilkan aplikasi yang tidak kalah keren dari aplikasi yang dihasilkan native. Mengingat flutter sendiri memakai kombinasi dari kode aplikasi native dengan sistem mesin render yang canggih. Sehingga menghasilkan aplikasi yang bisa ditampilkan di berbagai platform.

4. Pembuatan Aplikasi Multiplatform

Flutter memungkinkan kamu untuk membuat aplikasi multliplatform, karenanya proses pengembangan aplikasi lebih efisien. Bahkan kamu tidak perlu lagi membuat aplikasi pada platform berbeda.

Kekurangan Flutter

1. Resource Code Sedikit

Flutter merupakan teknologi baru, yang komunitasnya masih baru berkembang. Dengan kata lain library dan resource code flutter bisa dikatakan masih sedikit.

2. Aplikasi yang Dihasilkan Berat

Walaupun performa aplikasi dari flutter sangat stabil, namun aplikasi tersebut cenderung berukuran file besar dan berat dioperasikan.

4. Harus Mempelajari Bahasa Pemrograman

Melalui flutter, maka kamu harus mempelajari kode atau bahasa pemrograman dart. Dimana bahasa pemrograman tersebut sebenarnya belum begitu dikenal walaupun ada beberapa mobile developer memakainya.

Meskipun ada beberapa kelebihan dan kekurangan, namun flutter layak kamu pelajari. Karena melalui flutter kamu hanya perlu membuat satu program atau aplikasi menggunakan satu basis kode yang bisa digunakan di banyak platform.

Flutter merupakan framework multiplatform, karenanya proses pengembangannya lebih efisien dan cepat. Bahkan ada fitur tambahan seperti packages, plugin, UI widget, hot reload, data backend, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Kamu bisa mencobanya sekarang juga dengan cara install flutter di Windows!

 

Related posts