Cara Mengembalikan WhatsApp ke Versi Lama

Bagaimana cara mengembalikan WhatsApp ke versi lama? Sampai saat ini WhatsApp masih banyak disukai, hal ini terbukti WhatsApp tetap awet sampai saat ini setelah sebelumnya mampu mengalahkan aplikasi serupa BBM. Dibandingkan BBM pada saat itu, WA mempunyai kecepatan loading aplikasi dan kirim chat yang mumpuni. Bahkan seiring penggunaannya, WhatsApp selalu memperbaharui aplikasinya.

Sejak diakuisisi Facebook, WhatsApp sering diperbarui untuk meminimalisir error serta menambahkan lebih banyak fitur. Akan tetapi, untuk update WhatsApp terbaru nampaknya mmbuat sebagian pengguna kurang nyaman. Seperti posisi kontak WA yang sulit untuk dijangkau.

Read More

Maka dari itu, sebagian besar pengguna cenderung lebih nyaman menggunakan versi WhatsApp sebelumnya. Jika kalian termasuk pengguna yang kurang nyaman dengan versi terbaru, bisa coba cara mengembalikan WhatsApp ke versi lama.

Permasalahan Whatsapp

permasalahan Whatsapp secara umum adalah dari tingkat kompatibilitas antara versi WA terbaru dengan perangkat yang dipakai. Terkadang jika hpnya masih menggunakan OS yang lama, maka Whatsapp yang terbaru tidak akan berjalan dengan baik. Bahkan aplikasi WhatsApp tidak dapat digunakan kembali.

Saat ini Whatsapp versi terbaru per bulan Oktober 2022 adalah versi 2.22.22.81 dengan persyaratan minimum yang harus dimiliki oleh hp smartphone kalian yaitu :

  • Operating System Android 4.0.3 atau versi OS yang terbaru.
  • Lebih di sarankan menggunakan paket data internet yang tidak terbatas, dan
  • Tidak mendukung perangkat tablet jika menggunakan versi Whatsapp versi 2.22.22.81
Terkait:  Cara Menggandakan WA

Setelah mengetahui persyaratan minimum yang harus kalian persiapkan, kalian dapat menyimpulkan jika perangkat kalian tidak sesuai sudah pasti aplikasi WhatsApp tidak akan dapat digunakan. Sebagai solusinya, kalian harus mencoba cara mengembalikan versi Whatsapp ke versi lama. Dengan begitu, kalian dapat tetap menggunakan aplikasi WhatsApp versi lama seperti biasa.

Cara Mengembalikan WhatsApp ke Versi Lama

Cara Mengembalikan WhatsApp ke Versi Lama
Tutorial Mengembalikan WhatsApp ke Versi Lama

Satu hal yang perlu kalian ketahui jika ingin mengembalikan Whatsapp terbaru ke Whatsapp versi lama adalah harus uninstal terlebih dahulu Whatsapp terbaru pada perangkat, lalu install Whatsapp versi lama secara manual (bukan melalui Google Play Store atau App Store).

Namun kalian harus melakukan backup data terlebih dahulu. Berikut ulasan tentang cara mengembalikan WhatsApp ke versi lama :

1. Backup Data Whatsapp

Sebelum lanjut ke cara mengembalikan WhatsApp ke versi lama, hal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan backup semua data pada akun Whatsapp terlebih dahulu.

Tujuan dari backup data adalah agar data yang tersimpan pada Whatsapp bisa dipulihkan kembali setelah downgrade ke Whatsapp versi lama. Jadi, kalian tidak akan kehilangan semua riwayat chatting WhatsApp yang ada di dalamnya.

Cara backup data pada Whatsapp sangat mudah, yang pertama kali kalian lakukan adalah dengan menghubungkan pada Google Drive, supaya data yang di backup bisa aman dan tidak hilang. Untuk proses backup WhatsApp, ini ulasannya :

  • Buka aplikasi Whatsapp seperti biasa di hp kalian.
  • Lalu pada halaman utama Whatsapp, sorot ikon tiga titik vertikal di pojok kanan bagian atas, kemudian tekan ikon tersebut.
  • Gulir layar ke bawah sedikit dan klik tombol ā€˜Settingā€™ atau ā€˜Setelanā€™ jika Whatsapp kalian sudah di atur ke dalam bahasa Indonesia.
Terkait:  Cara Backup Whatsapp iPhone ke Google Drive

  • Di halaman setelan, cukup pilih menu Chat di bagian bawah menu Akun.

  • Sorot ke bagian bawah lalu pilih ā€˜Backup Chatā€™ atau ā€˜Cadangkan Chatā€™.
  • Di halaman backup, silakan untuk klik tombol biru yang bertuliskan ā€˜Backupā€™ atau ā€˜Cadangkanā€™.

  • Tunggu hingga proses pencadangan selesai.

Untuk pengaturan lanjutan, jangan lupa di bagian bawah agar dipastikan setelan Google Drivenya. Terutama akun Google yang akan dijadikan sebagai penerima informasi backup chatting Whatsapp. Bagi kalian yang akan mencadangkan melalui data seluler, silakan geser glider dari semula off menjadi on. Lalu jika ingin menyertakan video, gulir glider dari off menjadi on.

2. Mengaktifkan Perizinan Install dari Sumber Lain

Karena tujuan akhirnya adalah install Whatsapp versi lama, maka yang perlu kalian lakukan adalah mengaktifkan pengaturan instalasi dari sumber lain yang ada pada setiap hp yang digunakan. Tujuan dari pengaktifan ini adalah agar bisa melakukan instalasi file berekstensi apk di luar dari Google Play Store. Secara umum, cara mengaktifkannya yaitu :

  • Buka menu settings.
  • Lalu carilah menu Privacy and Security.
  • Di halaman selanjutnya, pilihlah menu ā€˜Special Permissionā€™ lalu pilih opsi ā€˜Install unknown appsā€™.
  • Selanjutnya lanjutkan dengan opsi ā€˜allow from this sourceā€™.

3. Uninstall WhatsApp

Langkah selanjutnya, kalian hanya perlu menguninstall aplikasi WA yang telah terinstall pada hp kalian. Cukup tekan kemudian tahanĀ WhatsApp pada perangkat hp, lalu tekanĀ uninstall.

Kalian juga dapat menghapus aplikasi WhatsApp lewat opsiĀ Pengaturan, kemudian pilihĀ aplikasi danĀ kelola aplikasi, tekanĀ WhatsAppĀ dan tekanĀ Uninstall.

4. Download Whatsapp Versi Lama

Setelah menguninstall WhatsApp versi terbaru kalian, cara mengembalikan WhatsApp ke versi lama selanjutnya cukup unduh WA versi lama kalian.

Sebenarnya untuk mendapatkan Whatsapp versi lama bisa didapatkan dengan melakukan pencarian pada situs pencari Google. Akan tetapi cara ini kurang efisien. Sebagai alternatif, kalian bisa memakai situs rekomendasi untuk memilih WhatsApp versi lama dengan mudah.

  • Silahkan buka Google Chrome.
  • Masuk ke situs ini : https://www.apkmirror.com/uploads/?appcategory=Whatsapp. Yang akan mengarah langsung pada kategori Whatsapp berbagai versi. Carilah Whatsapp yang menurut kalian mendukung perangkat hp kalian.
  • Selanjutnya tekanĀ download di sebelah nama file.
Terkait:  Cara Menggunakan Whatsapp Web

 

  • Gulir ke bawah dan tepat di bagianĀ download, tekan lagi opsiĀ download di sebelah kanan.
  • Tekan download APK.
  • Silahkan tunggu sampai selesai.

5. Instal Whatsapp Versi Lama

langkah selanjutnya adalah instal Whatsapp versi lama yang sudah di download sebelumnya dengan cara klik satu kali pada apknya. Jika ada notifikasi untuk instal aplikasi Whatsapp, silakan klik ā€˜instalā€™ dan biarkan Whatsapp versi lama melakukan proses instalasi sehingga terpasang pada hp kalian.

6. Mengembalikan Data WhatsApp

Cara mengembalikan WhatsApp ke versi lama terakhir yaitu tinggal memulihkan data saja. Namun langkah yang harus kalian lakukan ialah memasukkan nomor telepon yang digunakan pada Whatsapp untuk mengakses WA.

Selanjutnya buka opsi backup data untuk memulihkan data riwayat chatting seperti pada Whatsapp yang sebelumnya di hapus. Selesai, kini kalian sudah sukses downgrade aplikasi Whatsapp ke versi lama.

Mengatasi Masalah WhatsApp Tidak Kompatibel

Selain pilihan downgrade WhatsApp, sebenarnya solusi ketika WhatsApp tidak dapat dibuka lainnya adalah dengan solusi lainnya. Berikut ini :

  1. Restart koneksi wifi yang dipakai.
  2. Sambungkan WhatsApp Mobile ke dalam WhatsApp dektop.
  3. Reinstall Whatapp di laptop atau PC.
  4. Menghentikan aplikasi WhatsApp secara paksa.
  5. Membersihkan cache WhatsApp.

Whatsapp memang penting untuk berkomunikasi dan saling berbagi data antara pengguna yang satu dan yang lainnya. Oleh karena itu, jika ada masalah yang terjadi pada WhatsApp harus segera diatasi dan diperbaiki. Seperti masalah aplikasi Whatsapp yang tidak kompatibel ketika update versi terbaru, maka solusinya kalian harus coba cara mengembalikan WhatsApp ke versi lama.

Related posts