Cara Connect Netflix ke TV

Bagaimana cara connect Netflix ke TV? Netflix kini hadir sebagai sebuah layanan berbayar yang digunakan untuk menyaksikan berbagai konten streaming. Jadi untuk bisa menonton tayangan di Netlix, Kamu harus memiliki koneksi internet. Walaupun berbentuk streaming, bukan berarti hanya dapat diakses lewat laptop atau tablet saja. Ternyata video atau film di Netflix juga bisa Kamu nikmati di televisi.

Netflix sendiri menawarkan berbagai macam tontonan acara televisi,konten asli, dan berbagai film menarik dengan biaya yang terjangkau untuk berlangganan. Kamu bisa menyaksikan berbagai macam konten Netflix, baik melalui smartphone, komputer dengan koneksi internet, smart TV, konsol video game modern, atau streaming box.  Lalu, bagaimana cara connect Netflix ke TV? Simak panduan lengkapnya di bawah!

Cara Connect Netflix ke TV

Cara Connect Netflix ke TV
Cara Menonton Netflix di TV

Cara Menonton Netflix di TV Pintar (Smart TV)

Bagi Kamu yang ingin menonton tayangan Netflix dengan mudah, Kamu bisa menggunakan Smart TV. Ada beberapa metode cara connect Netflix ke TV Pintar berikut ini :

1. Menyambungkan TV Pintar ke Jaringan Rumah

Jika Kamu ingin menonton berbagai macam konten menarik dari Netflix lewat aplikasi Smart TV, maka pastikan TV telah terhubung ke jaringan internet. Kamu bisa memakai jaringan nirkabel atau jaringan kabel/eternet. Jika TV milikmu bukan termasuk Smart TV, Kamu bisa mengkoneksikan streaming box berupa Google Chromecast, Roku, Apple TV atau Firestick ke TV.

Berikut ulasan tentang cara menonton Netflix di Smart TV :

  • Koneksi eternet atau kabel, koneksi jenis ini menghubungkan media TV ke dalam internet dengan stabil. Jika ingin menghubungkan TV ke internet memakai kabel, Kamu tinggal pasang kabel pada porta LAN Kosong di router atua modem, lalu koneksikan ujung kabel lainnya ke dalam porta eternet TV.
  • Koneksi nirkabel, silahkan buka menu setting atau pengaturan Smart TV lalu cari pilihan “Network”. Lalu pilih koneksi jaringan nirkabel, pakai pengendali dalma jarak jauh saat memasukkan password. Pengaturan dan menu tersebut mungkin saja berbeda antara model TV yang satu dengan yang lainnya.

2. Membuka Aplikasi TV

Biasanya kebanyakan pengendali Smart TV mempunyai tombol tertentu untuk menampilkan list aplikasi. Pada tombol tersebut menampilkan nama merk TV atau menampilkan logo. Kamu tinggal memakai pengendali TV saja, dan bukan pengendali universal atau cable box.

Untuk setiap merk sendiri, biasanya memiliki tombol yang berbeda, seperti berikut :

  • LG, Kamu bisa menemukan tombol bertuliskan “My Apps”.
  • Samsung, memiliki tombol aplikasi yang terlihat seperti kubus yang berwarna warni.
  • Vizio, bisa tekan tombol yang berlogo Netflix atau Vizio, atau bisa juga dengan memilih SmartCast yang dijasikan sebagai sumber inputan video televisi.
  • Panasonic, Kamu bisa memakai tombol “Apps”.
  • Sony, Kamu bisa menekan tombol “Netflix” atau “Internet Apps”.

3. Memilih Aplikasi Netflix

Cara connect Netflix ke TV Pintar berikutnya ialah memilih aplikasi Netflix. Biasanya aplikasi tersebut ditandai ikon yang berwarna putih dan terdapat tulisan “Netflix” yang berwarna merah. Pakai tombol arah saat ingin memilih aplikasi antarmuka pengguna TV. Kamu bisa tandai ikon pada aplikais Netflix, lalu tekan tombol “Ok” atau “Enter” di pengendali TV.

  • Apabila aplikasi tak tersedia, Kamu harus mengunduhnya di toko aplikasi TV terlebih dahulu.
  • Kamu mungkin harus memperbarui  perangkat TV untuk bisa mengakses layanan streaming. Umumnya pembaruan akan berbeda pada setiap model. Namun biasanya Kamu harus mendownload berkas pembaruan terlebih dahulu dari PC/komputer, lalu menyalinnya ke dalam USB, serta memuatnya di TV.

4. Buka dan Masuk Akun Netflix

Kamu bisa memakai keyboard yang ditampilkan pada layar saat mengetikan kata sandi dan akun email, lalu pilih opsi “Sign in” akhiri dengan menekan “Ok” atau “Enter”.

  • Kamu harus mempunyai paket Netflix untuk dukungan streaming video. Apapun paket streaming yang Kamu miliki memungkinkanmu untuk bisa menggunakan aplikasi Smart TV. Jika Kamu belum mempunyai akun Netflix, silahkan daftarkan akunu terlebih dahulu langsung lewat website Netflix.
  • Jika Kamu mempunyai beberapa profil akun, silahkan pilih yang akan Kamu pakai.

5. Menelusuri Opsi Memakai Pengendali

Cara connect Netflix ke TV berikutnya ialah pakai tombol ikon panah pengendali saat mengakses video dan menu di Netflix. Kamu bisa menandai video mana yang akan ditonton, lalu tekan enter atau select untuk menontonnya.

  • Jika Kamu ingin menyaksikan serial televisi, Kamu bisa memilih part atau episode video yang akan diputar. Pakai pendali untuk memilih opsi “Seasons”, lalu pilih musim mana yang Kamu inginkan. Sesudahnya, tinggal pilih episode pada daftar episode yang ada lalu tekan Ok atau Enter.

Cara Menonton Netflix Melalui Perangkat Smartphone

Selian cara connect Netflix ke TV Pintar di atas, kamu juga bisa memakai Google Chromecast yang dapat diunduh di perangkat Smartphone. Simak penjelasannya di bawah ini :

1. Download Aplikasi Netflix di Perangkat iPhone atau Android

Kamu dapat mendownload aplikasi Netflix gratis di App Store atau Play Store. Adapun cara menggunakannya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan bukan App Store atau Play Store.
  • Kemudian sentuh tab pencarian “Search” tepat di bawah layar, pada iPad atau iPhone.
  • Silahkan ketikkan “Netflix” di bilah pencarian.
  • Kamu bisa menyentuh “Netflix” berdasarkan hasil pencarian.
  • Selanjutnya tekan “Get” atau “Install” di sebelah aplikasi Netflix.

2. Hubungkan Chromecast ke Dalam Porta HDMI TV

Chromecast biasanya berbentuk anak kunci. Pasalnya perangkat tersebut mempunyai kabel bawaan untuk disambungkan ke dalam portal HDMI TV. Umumnya porta HDMI TV memiliki nomor tertentu. Kamu bisa mencatat nomor tersebut yang terhubung pada Chromecast. Lalu, Kamu dapat memakai perangkat ekstensi disertakan pada paket pembelian perangkat Chromecast apabila kabel kurang panjang.

3. Koneksikan Chromecast Pada Sumber Daya

Paket Chromecast biasanya mencakup kabel USB yang dapat dihubungkan pada  porta USB TV atau adaptor AC. Beberapa jenis porta USB yang terdapat pada TV biasanya tidak memberikan daya yang cukup untuk menyalakan perangkat Chromecast. Jika kondisi ini terjadi, Kamu harus memakai adaptor stop kontak.

4. Tekan Tombol Daya di TV

Biasanya tombol daya ditandai ikon lingkaran dengan dipisahkan oleh garis lurus di bagian bawahnya. Kamu tinggal tekan tombol tersebut.

5. Pilih HDMI yang Terkoneksi Pada Chromecast

Silahkan tekan “Input” atau “Input” di TV untuk memilih inputan video.

6. Lakukan Pengaturan Google Chromecast Jika Belum

Kamu tinggal ikuti langkah-langkah pengaturan Google Chromecast di bawah ini terlebih dahulu :

  • Silahkan download Google Home pada Play Store di android, maupun di iPad atau iPhone di App Store.
  • Selanjutnya buka Google Home.
  • Lalu sentuh ikon bertuliskan “Add” yang bertanda (+)
  • Tekan “Set up device”.
  • Kemudian pilih lagi “Set up new devices in your home”.
  • Tekan nama rumah lalu pilih “Next”.
  • Tekan lagi nama perangkat pada Chromecast di layar TV, kemudian pilih “Next”.
  • Kamu bisa pastikan kode pada Hp sesuai dengan kode di TV. Jika sudah, tekan “Yes”.
  • Pilih ruangan perangkat, kemudian sentuh “Next” kembali.
  • Pilih Netflix kemudian layana streaming lainnya, lalu pilih “Next” dan “Continue”. Lalu sentuh tombol “Continue” kembali.

7. Membuka Aplikasi Netflix di Tablet atau Ponsel Pintar

Silahkan buka aplikasi Netflix di smartphone atau tabletmu. Kamu  bisa masuk ke dalam akun Netflix otomatis atau manual dengan mengetikkan akun email dan passwordnya.

8. Memilih Video Netflix

Selanjutnya Kamu tinggal memilih video yang akan dimainkan, silahkan tekan gambar video.

9. Tekan “Play”

Ikon ini biaanya terletak di bagian atas gambar video di halaman informasi, tepatnya di samping kanan daftar episode.

Selamat, kini Kamu sudah bisa menikmati tayangan video Netflix di perangkat tablet, atau smartphone kapan saja dan dimana saja.

Itulah ulasan tentang cara connect Netflix ke TV dan cara menikmati tayangannya di perangkat tablet. Selain menonton secara streaming, Kamu juga bisa mengunduh film Netflix seperti halnya cara download film di iFlix. Semoga bermanfaat!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019