Cara Mengatasi Baterai Hp yang Tidak Bisa Penuh

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada smartphone adalah baterai hp yang tidak bisa penuh. Sama halnya dengan komponen lain, seiring penggunaan performa baterai hp semakin lama semakin menurun. Karena itulah, banyak pengguna hp yang mencari cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh.

Saat baterai hp tidak dapat terisi penuh meskipun sudah di charger hingga berjam-jam, tentu saja sangat mengganggu sebab membuat baterai kalian cepat habis. Apalagi ketika kalian akan bepergian ke tempat yang cukup jauh atau menggunakan hp untuk foto atau streaming.

Read More

Untuk mengatasi masalah ini, biasanya pengguna seringkali lebih memilih memakai power bank untuk mengisi daya baterai saat sedang habis. Namun justru pemakaian power bank terus menerus sebenarnya tidak dianjurkan pada baterai, sebab aliran arusnya cenderung tidak stabil.

Lantas, bagaimana cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh saat di charge? Simak panduannya berikut!

Cara Mengatasi Baterai Hp yang Tidak Bisa Penuh

Cara Mengatasi Baterai Hp yang Tidak Bisa Penuh
Mengatasi Baterai Hp yang Tidak Bisa Penuh

Sebenarnya masalah terkait pengisian daya baterai hp harus dicari dari setiap komponen. Seperti masalah pada baterainya itu sendiri, pada sistem android hingga alat penghantar berupa charging baterai kalian.

Tentu saja ketigia komponen tersebut mempunyai peranan penting bagi kesehatan baterai, di samping umur penggunaan baterai. Ada beberapa cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh berikut ini :

1. Selalu Memakai Charger Original

Cara mengatasi baterai hp yang tidak penuh pertama adalah kalian harus memakai charger original. Jadi, pastikan terlebih dahulu kalian sudah menggunakan charger original. Dengan charger original dapat mengisi daya baterai hp lebih stabil, jadi membuat usia penggunaan baterai menjadi lebih lama.

interestingengineering.com

Di samping itu, baterai hp yang dicharger memakai charger KW pastinya bisa membuat performanya menurun akibat arus listrik tidak stabil. Tentu saja untuk charger baterai yang original sendiri telah disesuaikan berdasarkan kebutuhan baterai hp tersebut.

2. Koneksi Kabel USB Sudah Benar

Selain memastikan penggunaan charger original, pastikan kalian sudah menghubungkan atau menyambungkan kabel USB dengan baik dan benar. Di samping itu, harus cek kondisi dari lubang pengisian baterai, entah itu yang terdapat pada baterai ataupun pada kabel USB dan pastikan tidak ada kotoran.

Blogspot.com

Terjadinya kerusakan bagian baterai sendiri memang seringkali disebabkan oleh lubang USB yang terdapat pada charger maupun baterainya. Bagian tersebut harus dipastikan agar selalu kering dan bersih supaya arus listriknya dapat dialiri dengan baik.

3. Reboot Hp

Cara mengatasi baterai hp yang tidak penuh lainnya adalah melaui proses reboot atau restart hp. Pada beberapa kasus, proses reboot ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi kondisi baterai yang tidak penuh.

aiseesoft.com

Restart ini merupakan proses untuk mengurangi sistem kembali dari awal dengan tujuan dapat mengembalikan pengisian ketika ada bug. Kalian hanya perlu menahan tombol power kemudian pilih reboot atau restart pada opsi yang ada.

4. Cek Perangkat Charger

Apabila baterai kalian tidak dapat terisi penuh, bisa saja charger kalian sudah rusak. Sebagai solusinya, pakai charger lainnya untuk membuktikan. Jika kalian ingin memastikan komponen mana yang rusak pada charger, silahkan ganti adaptor atau kepala charger memakai kepala charger yang original lainnya.

bp-guide.id

Namun apabila tidak ada masalah, ini artinya ada kabel charger mengalami kerusakan.

5. Cek Lubang USB

Hp dilakukan pengisian ulang namun tetap tidak bertambah, dapat disebabkan oleh hal lainnya seperti port atau lubang USB yang rusak. Kerusakan port USB biasanya ditandai oleh longgarnya port USB tersebut, atau umumnya charger seringkali mengalami connect disconnect.

cukuptau.id

6. Update/Downgrade OS

Kalian juga bisa mencoba update atau melakukan downgrade OS terlebih dahulu sebagai salah satu solusi cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh. Jika sudah update, tapi pengisian dayanya justru jadi tidak berfungsi maka kalian bisa coba downgrade.

techaheadcorp.com

Hal ini juga berlaku sebaliknya, apabila baterai hp kalian sudah menerima notifikasi untuk mendownload pembaharuan. Maka sebaiknya lakukan pembaharuan hp. Dengan pembaharuan tersebut, membuat sistem ponsel lebih prima dan dapat menghilangkan berbagai macam BUG.

7. Cek Statistik Pengecasan

Solusi lainnya yaitu kalian harus melakukan analisa statistik pengecasan memakai aplikasi Ampere. Aplikasi tersebut bisa kalian download lewat Play Store.

telset.id

Ampere dapat memunculkan detail mengenai baterai hp, seperti status baterai yang sedang dicas, tingkat kesehatan pada baterai, persentase baterai, tegangan, temperatur dan indikator-indikator lainnya.

Melalui statistik data pada aplikasi ini, kalian dapat memahami letak persoalan baterai hp kalian yang dicas namun tetap tidak penuh.

8. Nonaktifkan Koneksi Internet

Salah satu cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh lainnya juga bisa diatasi dengan menonaktifkan koneksi internet. Kalian perlu tahu bahwa koneksi internet memerlukan sumber daya cukup tinggi yang bisa menyedot daya baterai lebih besar. Apalagi ketika sinyal di tempat kalian jelek, sehingga membuat konsumsi daya baterai semakin tinggi.

telset.id

Umumnya dengan menonaktifkan koneksi internet, maka baterai menjadi lebih mudah dan cepat penuh ketika dicas. Di samping itu, hal tersebut juga dapat berguna untuk mencegah baterai hp menjadi panas alias overheat.

9. Matikan Hp Saat Pengisian Baterai

Cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh berikutnya yaitu dengan mematikan hp ketika kalian sedang mengecasnya. Pastikan hp dalam keadaan mati. Kalian bisa coba metode ini untuk menekan penggunaan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang hp.

it.wisc.edu

Dengan mematikan ponsel ketika dicas, tentu saja hp tidak mempunyai beban yang besar dalam menjalankan sistem.

10. Custom ROM Tidak Sesuai

Faktor penyebab baterai hp tidak dapat terisi penuh ketika pengisian yaitu custom ROM tidak sesuai. Dalam hal ini, custom ROM adalah firmware hp android yang telah dirilis dan dikembangkan dengan cara tidak resmi yang menawarkan fitur dan tampilan baru sampai peningkatan performa.

Intinya, custom ROM dipakai untuk meningkatkan performa smartphone. Dengan adanya ketidaksesuaian pada custom ROM bisa menyebabkan indikator baterai error, seperti indikator baterai telah terisi penuh namun hanya tahan sampai 30 menit saja. Sebagai solusinya, kalian dapat mengembalikan OS android kalian ke ROM secara default.

11. Melakukan Factory Reset

Factory reset adalah opsi andalan ketika hp bermasalah atau mengalami error/hang. Adapun maksud dari factory reset ini adalah mengembalikan pengaturan hp ke pengaturan awal alias setingan pabrik. Namun sebelum factory reset, kalian sebaiknya melakukan backup data.

Sebab bisa terjadi kesalahan atau error dalam indikator baterai hp kalian. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan factory reset yang tentu saja aman dilakukan.

internetdiscada.com

Sebenarnya ada banyak cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh yang dapat kalian lakukan. Namun satu dari ke-11 cara di atas dapat kalian pilih sesuai kebutuhan atau kesuksesan metodenya itu sendiri. Dengan begitu, kalian tidak akan merasa jengkel ketika mengecas hp.

Related posts