Cara Membuat Aplikasi

Cara Membuat Aplikasi
Cara Membuat Aplikasi

Software satu ini, sudah menjadi bagian yang melekat erat di kehidupan masyarakat. Apalagi, bagi mereka yang tidak pernah terpisahkan dengan smartphone dalam kesehariannya. Julukan paling familiar yang sering disebutkan oleh para penggunanya, yaitu aplikasi. Bahkan, kalian dapat dengan mudah menemukan informasi mengenai cara membuat aplikasi secara online.

Dunia maya, layaknya dimensi kedua dari kehidupan nyata yang dilakoni oleh sebagian besar penduduk di seluruh dunia. Tahukah kamu, aplikasi media sosial pertama di Indonesia yang berhasil menarik perhatian jutaan user, tidak lain adalah Six Degree. Dilansir dari DetikInet, teknologi sendiri sudah berkembang pesat sejak abad ke-20. Lalu, Six muncul di tahun 1997.

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi

Bagaimana cara membuat aplikasi? Pertanyaan seperti ini, mulai terlontar dari para pengguna ketika mereka mulai sadar adanya potensi bisnis di dalamnya. Oleh karena itu, banyak sekali buku-buku cetak atau non cetak yang diperjual belikan untuk memenuhi wawasan publik saat dirinya ingin mempelajari cara membuat aplikasi sendiri secara otodidak. Kalian pasti bisa!

Cara membuat aplikasi Android gratis, contohnya. Selain itu, masih ada juga kiat-kiat untuk bisa mempraktekan cara membuat aplikasi di Playstore gratis. Biar hasil dari pembelajaran membuat aplikasinya bisa jadi cuan. Pasalnya, penghasilan yang dikeluarkan oleh pihak dari Google ini. Mereka, akan memberikan pendapatan ke setiap perusahaan software dalam US$.

Cara Membuat Aplikasi

Cara Membuat Aplikasi
Cara Membuat Aplikasi

Hal ini, tentu membutuhkan pengetahuan dasar di bidang Algoritma Pemrogaman. Pastinya, selain itu kalian harus mempelajari ilmu-ilmu dasar lainnya seperti Activity, Style & Theme, Intent, ViewGroup, Coding, hingga RecyclerView. Butuh bimbingan lebih lanjut? Langsung ambil kelas di decoding.com.

Cara Membuat Aplikasi Gratis

Cara membuat aplikasi gratis untuk tingkatan pemula satu ini, tentu akan menarik minat para anak muda maupun dewasa yang ingin merasakan kepuasan diri karena mampu upgrade skill. Apalagi, mengingat perusahaan software dari tahun ke tahunnya semakin berkembang. Pasti, akan ada ruang untuk kalian mengekspresikan kemampuan yang dimiliki di tempat yang tepat.

Oleh sebab itu, sebelum kalian memusingkan cara membuat aplikasi seperti gojek atau bahkan cara membuat aplikasi game. Alangkah baiknya, kalian coba ikuti penjelasan yang dilansir dari laman resmi liputan6.com mengenai tahapan pembuatan aplikasi sederhana. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

  1. Pertama-tama, kalian unduh terlebih dahulu JDK atau Java Development Kit sebagai elemen dasar untuk pengembangan aplikasi dengan basis Java.
  2. Setelah itu, mulai pasang JDK pada perangkat. Caranya, ketuk sebanyak 2 kali pada tombol install lalu pilih Next.
  3. Unduh software lainnya, yakni Android Studio.
  4. Mulai lakukan installer pada Android Studio tersebut.
  5. Jalankan aplikasi Android Studio, dan mulai proses berikutnya.

Langkah berikutnya, kalian akan berhadapan dengan kotak dialog konfigurasi. Lalu, langsung kalian pilih opsi do not import settings. Kemudian, pilih tombol next.

  1. Klik menu tema Studio Android pilihan kalian
  2. Centang menu Android Virtual Device untuk memasang Emulator Android pada PC atau perangkat laptop
  3. Sistem akan memberikan pilihan tempat Penyimpanan atau RAM pada device yang nantinya akan digunakan oleh emulator tersebut
  4. Pilih tombol Finish, dan Android Studio secara otomatis akan mengunduh data-data yang diperlukan
  5. Pasang software development kit atau Android SDK. Lalu, ceklis di OS Android yang telah kalian pilih SDK-nya untuk diinstall ke PC atau laptop.

Cara Membuat Aplikasi Android Gratis

Cara membuat aplikasi Android gratis sangatlah mudah. Ya, kalian cukup melanjutkan dari tahapan pembuatan dengan apk Android Studio. Berikut tahapan selengkapnya:

  1. Buat Proyek baru dengan cara memilih OS Android dalam skala minimum, dan klik menu Empty Activity.
  2. Isi keterangan Activity dengan nama yang sesuai dengan aplikasi buatanmu > pilih Finish.
  3. Laman berikutnya, menampilkan Environment Android Studio. Perhatikan saja Main Activity, serta Activity_main.xml.
  4. Masuk ke file atau data Activity_main.xml agar kalian dapat memeriksa tampilan di Android
  5. Mulai operasikan aplikasi Android tersebut, dengan mengetuk play button yang diwakili dengan warna hijau
  6. Tentukan lokasi Penempatan Aplikasi Android tersebut berjalan.

Tahapan selanjutnya, jangan lupa untuk menghubungkan smartphone ke PC atau laptop agar kalian dapat melihat sendiri hasil dari aplikasi buatanmu. Pada pop-up windows perizinan usb, pilih opsi Allow, dan pasang driver HP ke PC. Kemudian, lihat tampilan Android Studio. Hal berikutnya yang perlu dilakukan yaitu, memilih device Android, Setelah itu, pilih tombol OK.

Cara Membuat Aplikasi Sederhana

Cara membuat aplikasi sederhana, perlu dilakukan dari pembelajarn materi secara teori dengan lebih mendalam. Setelah kalian merasa cukup mampu dalam membuat aplikasi Android berbasis web. Maka, langsung praktekan saja! Ikuti step by step berikut ini:

  1. Buka aplikasi browser di perangkat, lalu ketik Download XAMPP.
  2. Pilih hasil pencarian teratas, dan klik download pada salah satu versi yang tersedia.
  3. Klik new tab untuk melakukan pencarian Admin Template Bootstrap 4, klik Enter.
  4. Pilih Free Bootstrap Admin Template (AdminLTE). Kemudian, klik download.
  5. Scroll ke bawah, setelah itu temukan tulisan Asset. Klik Source Code (zip).
  6. Berhasil menyimpan dan install XAMPP beserta text editornya, langsung menuju step berikutnya
  7. Mulai ekstrak template dari file yang sebelumnya sudah kalian unduh.
  8. Selesai mengekstrak, salin lalu pindahkan folder AdmiLTE ke folder XAMPP > htdocs > ubah Nama Folder atau rename untuk permudah pencarian.
  9. Jalankan aplikasi XAMPP Control Panel yang sudah ter-install di perangkat kalian. Klik tombol Start pada kategori Apache, dan MySQL > minimize windows
  10. Masuk ke browser, dan ketik “localhost/aplikasiweb”. Laman ini menampilkan template yang nantinya akan dipakai pada aplikasi web.
  11. Tentukan Topik untuk aplikasinya. Contoh, penjualan. Lalu, buka tab baru dengan mengetik Perancangan Aplikasi Penjualan. Pilih sketsa perencanaan yang cocok dengan aplikasi webmu.
  12. Edit atau sunting bagian Template sesuai keperluan kalian. Selanjutnya, kalian klik aplikasi dengan ikon huruf S > sublime/ text editor > tap menu File > Open Folder > pilih folder AplikasiWeb yang sebelumnya sudah kalian unduh.
  13. Klik menu Pages > Tables > pilih data.html. Salin semua codng, lalu tekan shortcut CTRL+N untuk menempel keseluruhan
  14. Pada poin coding nomor6 <title>, ganti dengan tulisan Aplikasi Penjualan | iRam Channel. Kemudian, pilih Save.
  15. File disimpan dengan keterangan tampil_barang.php pada folder AplikasiWeb > hilangkan setiap tanda code ../.. pada template tersebut. caranya, ketik CTRL+F. Lalu, klik find all .
  16. Masuk ke localhost/aplikasiweb/tampil_barang.php pada browser > buat Database dengan klik localhost/phpadmin di tab baru
  17. Pilih menu Baru pada laman phpMyAdmin > di kolom Nama Basis Data, kalian ketik “aplikasi_penjualan” > klik Buat > beralih ke halaman selanjutnya
  18. Di kolom Nama, isi dengan tabel_barang > di bar tabel Nama kolom pertama diisi dengan id_barang, di bawahnya ketik kdoe_barang, nama_barang, satuan, harga_beli, harga_jual, stok, kode_supplier
  19. Lanjutkan dengan menghubungkan aplikasi dengan Database yang telah kalian buat > create new file dan simpan dengan nama konek.php.

Proses cara membuat aplikasi gratis di atas, detailnya, dapat kalian simak secara langsung di channel Youtube iRam Channel.

Sekian pembahasan cara membuat aplikasi di kesempatan kali ini. Baca juga informasi cara membuat bingkai di Facebook untuk informasi lainnya. Semoga bermanfaat. See you, and have a nice days.

 

Related posts