Cara Konsumsi Chia Seed

  • Whatsapp

Bagaimana cara konsumsi chia seed? Sebelum kita membahas cara konsumsinya, tahukah Kamu apa itu chia seed? Chia Seed alia biji chia adalah sejenis super food yang mengandung kadar kalsium hingga 5 kali lebih tinggi dibandingkan susu. Selain itu, mengandung omega 3 dengan kadar 8 kali lebih besar dari ikan salmon, mengandung zat antioksidan, zat besi dan kaya serat.

Super food yang satu ini memang sudah banyak dikonsumsi masyarakat milenial. Dengan mengonsumsi biji chia, Kamu bisa mendapatkan lebih banyak energi bahkan bisa kenyang dalam waktu lebih lama hanya dengan mengonsumsi lebih sedikit makanan. Chia seed adalah makanan dengan kandungan tinggi serat dan protein, tapi hanya mengandung karbohidrat sedikit saja. Selain itu, Chia Seed juga akan berubah berbentuk seperti gel saat berada dalam lambung. Inilah yang membuatu merasa lebih lama kenyang saat mengonsumsi Chia Seed.

Cara Konsumsi Chia Seed

Cara Konsumsi Chia Seed
Mengonsumsi Chia Seed

Bagaimana Cara Mengonsumsi Chia Seed?

Dengan kandungan dan manfaat yang didapat dari Chia Seed, tak sedikit orang yang tertarik mengonsumsi makanan yang satu ini. Berikut cara konsumsi chia seed untuk berbagai kebutuhan dan manfaat, diantaranya :

1. Cara Mengkonsumsi Chia Seed Dengan Quaker Oatmeal

Cara konsumsi chia seed yang pertama ialah dengan mengkombinasikannya bersama oatmeal. Adapun bahan yang diperlukan ialah air, oatmeal, buah kering/segar, chia seed dan susu rendah lemak. Campurkan seluruh bahan tersebut sampai merata, selanjutnya Kamu tinggal menaburkan chia seed untuk dijadikan bahan pelengkapnya.

Terkait:  Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

2. Cara Mengkonsumsi Chia Seed Sebagai Minuman Detoks

Jika Kamu sedang menjalankan program diet, baik itu program OCD dari Deddy Corbuzier maupun program intermittent fasting. Dimana kedua jenis diet ini ialah dengan menahan kalori yang masuk sesuai waktu yang sudah ditentukan. Sehingga sebagai pengganti sarapan, Kamu bisa mengonsumsi chia seed.

Adapun cara konsumsi chia seed sebagai minuman detoks, resepnya ialah cukup mencampurkan sebanyak 1,5 sdm dari chia seed ke dalam air kelapa atau air putih. Kamu dapat mencampurkan perasan lemon/jeruk ke dalamnya. Rendam terlebih dahulu chia seed hingga 15 menit sampai mengembang. Kemudian baru Kamu bisa meminumnya.

3. Cara Mengkonsumsi Chia Seed Sebagai Yoghurt

Cara konsumsi chia seed selanjutnya ialah dengan mencampurkannya bersama Yoghurt. Sebenarnya cara ini paling simpel dan sudah banyak diketahui masyarakat pada umumnya, dimana yoghurt sendiri adalah minuman yang sangat baik bagi diet. Kamu hanya perlu mencampurkan chia seed ke dalam yoghurt favoritmu, lalu nikmati yoghurt sebagai camilan atau sarapan.

4. Cara Mengkonsumsi Chia Seed Sebagai Dessert

Kamu juga bisa memasukkan chia seed ke dalam menu dessert seperti puding. Kamu kini bisa menikmati santapan dessert yang rendah lemak sebagai penurun berat badan berupa puding chia seed.

Ada beberapa bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan chia seed, diantaranya :

  • Persiapkan 1 1/4 cangkir susu bersifat non diary, seperti susu almond atau susu kelapa.
  • Madu/maple 1 sdm.
  • Secukupnya garam.
  • Biji chia 1/4 cup.
  • Dark chocolate iris untuk hiasan.

Adapun cara membuat dessert dari biji chia ialah sebagai berikut :

  • Silahkan masukkan seluruh bahan pada toples yang terdapat tutupnya. Lalu aduk secara merata.
  • Selanjutnya, tutup rapat-rapat toples dan kocok kuat-kuat.
  • Jika sudah, masukkan topls tadi ke dalam lemari es. Diamkan paling cepat selama 4 jam atau semalaman.
  • Selanjutnya tekstur makanan tersebut akan berubah menjadi puding. Kamu bisa menyantapnya saat sudah dingin.
Terkait:  Cara Menghitung Defisit Kalori

5. Cara Mengkonsumsi Chia Seed Sebagai Jus Buah

Cara konsumsi chia seed lainnya ialah dapat dijadikan sebagai topping smoothies atau jus bua. Kamu dapat membuat minuman jus apapun, baik itu kiwi, apel, pisang, semangka, pir, strawberry, blueberry, mangga, atau buah apapun tergantung selera. Jika jus buanya sudah jadi, Kamu tinggal menambahkan sebanyak 1-2 sdm biji chia ke dalamnya. Setelah itu, Kamu pun tinggal menikmati jus buah yang kaya serat.

6. Cara Mengkonsumsi Chia Seed Sebagai Salad Nasi

Kamu juga bisa menambahkan chia seed ke dalam nasi merah untuk dijadikan salad. Makanan yang satu ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan mengurangi resiko diabetes. Cara konsumsi chia seed sebagai salad nasi ini bisa dijadikan pilihan ideal bagi para penggiat diet.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat salad nasi :

  • Minyak zaitun extra virgin sebanyak 2 sdt.
  • Chia seed sebanyak 1 3/4 sdt.
  • Air dingin 1 cup.
  • Garam 1/2 sdt.
  • Bawang putih 1-2 siung dicincang.
  • Perasan air lemon 2 sdm.
  • Cabai rawit 1-8 buah (opsional dan sesuai selera).
  • Daun oregano/rosemary segar yang dicincang.
  • Keju parmesan parut 2 sdm (jika suka).
  • Tomat 1 buah yang sudah dibuang bijinya dan dicincang.
  • Nasih merah matang 3 cangkir.
  • zucchini kecil 1.

7. Cara Mengkonsumsi Chia Seed Ke Dalam Muffin

Muffin sebagai hidangan sarapan umum dari masyarakat Eropa ini memang sudah cukup populer di Indonesia. Di Indonesia sendiri biasanya muffin dijadikan makanan pendamping kopi atau teh maupun camilan. Muffin dapat dijadikan sebagai makanan lebih sehat, dengan cara menambahkan biji chia ke adonannya.

8. Cara Mengkonsumsi Chia Seed Sebagai Pengganti Terigu

Cara konsumsi chia seed selanjutnya ialah chia seed dapat dijadikan sebagai pengganti tepung. Kamu bisa menggantikan tepung untuk pelapis ikan dan daging dengan 1 sdm chia seed dan tepung maizena 1 cangkir untuk memperoleh hasil lebih renyah.

Terkait:  Cara Konsumsi Kurma Muda

Menu makanan yang satu ini tentu saja sangat ideal jika Kamu ingin membuat ayam panggang atau daging serta ikan panggang. Kamu juga bisa memakai rempah-rempah, berupa bubuk bawang putih dan kunyit untuk membantu resiko penurunan penyakit jantung.

D samping itu, untuk mengonsumsi biji chia ini Kamu dapat menambahkannya degan daging panggang agar nutrisinya tetap terjaga tanpa lemak dan minyak berlebih.

9. Cara Mengkonsumsi Chia Seed Sebagai Topping

Cara konsumsi chia seed selanjutnya, Kamu bisa menjadikan chia seed sebagai bahan topping. Baik itu, saat memakan nasi, singkong, maupun ubi, chia seed dapat dijadikan topping pelengkap. Kamu juga dapat membuat menu makanan baru agar tidak bosan mengonsumsi makanan yang itu-itu saja. Seperti halnya membuat bola-bola nasi dengan tambahan toping chia.

Adapun untuk membuatnya, Kamu bisa mencampurkan chia seed sebanyak 1,5 sendok makan ke dalam nasi panas. Kamu juga dapat merendam biji chia ke dalam air sebelum Kamu campurkan bersama nasi. Sesudah itu, kamu cukup membentuk nasi sebagai bola-bola.

10. Cara Mengkonsumsi Chia Seed ke Dalam Cookies

Biasanya kue mangandung gula dan lemak yang tinggi. Kamu dapat membuat kue lebih sehat, caranya dengan mencampurkan biji chia ke dalamnya. Untuk mengonsumsi biji chia ini Kamu dapat menambahkannya pada roti pisang atau cookies.

Dengan begitu, kandungan nutrisi pada kue menjadi semakin tinggi sebab kadar protein, serat hingga kandungan omega 3 nya menjadi meningkat.

Itulah beberapa contoh dan cara konsumsi chia seed yang dapat Kamu coba di rumah. Kita tahu bahwa chia seed sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang, mengingat di dalam biji chia terkandung magnesium, kalsium dan fosfor serta kandungan bernutrisi lainnya.

Related posts