Cara Memperkecil Ukuran Video di Android

Cara Memperkecil Ukuran Video di Android

Saat membuat video, biasanya ukuran yang didapat terlalu besar sehingga sebelum kalian mempostingnya di media sosial atau mungkin mengirimnya via WhatsApp atau platform lainnya, harus dikompress terlebih dahulu. Selain itu, memperkecil ukuran video di hp juga bisa meminimalisir banyaknya memori internal di hp. Maka dari itu, disini kita akan membahas cara memperkecil ukuran video di android.

Ukuran video yang terlalu besar memang bisa memakan memori hp lebih besar. Jika kalian tidak mau hal ini terjadi, maka memperkecil ukuran video adalah langkah yang tepat. Selain itu, kalian juga bisa lebih mudah jika ingin menguploadnya ke media sosial.

Beberapa Hal Yang Wajib Diketahui Ketika Memperkecil Ukuran Video

Sebelum kalian masuk pada praktik mengecilkan ukuran video di android. Alangkah baiknya mengetahui beberapa hal yang wajib diketahui agar supaya lebih jelas dan tidak kaget jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ulasannya :

1. Mengecilkan ukuran video berpengaruh pada kualitas video

Bagi kalian yang belum tahu, bahwa ukuran video memiliki satuan khusus yang dinamakan piksel. Saat ini ukuran videot terdiri dari beberapa pilihan, yaitu 360p, 480p, 720p, dan 1040p. Ini merupakan ukuran standar yang sering digunakan pada format ukuran video.

Semakin besar ukurannya, maka tentunya ukura file akan semakin besar. Jika seandainya kalian ingin mengecilkan ukuran video. Maka sederhananya adalah mengurangi ukuran piksel ke yang lebih kecil. Misalnya dari 480p ke 360p. Secara otomatis ukuran file videonya juga akan berkurang.

Dengan berkurangnya ukuran file video, maka kualitas video nya pun akan berkurang. Namun jika mengecilkan dari 480p ke 360p tidak akan terlalu berpengaruh ke dalam kualitas video nya. Sebaliknya jika di bawah 360p biasanya gambar video akan pecah.

2. Mengecilkan ukuran video bisa di ubah format ekstensinya

Seperti yang telah kalian ketahui bahwa format ekstensi suatu video bisa bermacam-macam. Ada yang berformat MP4, 3GP, MKV, dan lain sebagainya. Setiap format ekstensi tentunya berpengaruh pada perangkat yang akan digunakan untuk memutar video tersebut.

Sebagai contoh jika file ekstensi MP4 bisa digunakan pada hp smartphone sehingg video bisa di buka, dan belum tentu file ekstensi MKV bisa dibuka pada hp smartphone.

Sambil mengecilkan ukuran video, lebih baik putuskan terlebih dahulu tujuan awalnya. Untuk apa video tersebut dibuat, dan akan di putar di perangkat apa. Baru setelah itu putuskan format file ekstensinya.

3. Aspek rasio video bisa di ubah

Jika urusan video untuk media sosial, tentunya kalian harus menyesuaikan ukuran layar videonya. Mungkin dari aspek rasio wide 19 : 6 tidak akan terlalu cocok jika di masukan pada media sosial instagram karena media sosial instagarm lebih cenderung ke aspek rasio vertikal. Dengan demikian, sambil kalian mengubah ukuran video, juga bisa mengubah aspek rasio sesuai dengan kebutuhannya.

Cara Memperkecil Ukuran Video di Android

Cara Memperkecil Ukuran Video di Android
Memperkecil Ukuran VIdeo di Android

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara memperkecil ukuran video di android yang bisa kalian lakukan, di antaranya :

1. Menggunakan Aplikasi VidCompact

  • Download terlebih dahulu aplikasinya yang bisa kalian dapatkan dari Google Play Store.
  • Setelah aplikasinya terinstall, silakan buka aplikasi VidCompact.
  • Pada halaman utama aplikasi tersebut, klik opsi Trim & Compress.
  • Selanjutnya pilihlah video yang akan dikecilkan ukurannya dari file manager yang tergabung pada folder video.
  • Kemudian jika sudah dimasukkan video nya, lanjutkan dengan resolusi video yang akan kalian gunakan. Bisa 320p, 240p, atau lainnya.
  • Di sebelah kanan resolusi, akan terlihat pengurangan ukuran file video dalam bentuk persentase dan akhir ukuran setelah di kecilkan.
  • Apabila sudah di atur ukurannya, silakan klik save yang berada di pojok kanan atas.
  • Nanti akan masuk pada halaman opsi untuk penyimpanan, apakah akan di simpan pada gallery (klik save to gallery). Atau apakah akan di save langsung pada berbagai media sosial (Facebook Messenger, YouTub, Instagram, Whatsapp, Line, dan lain sebagainya).
  • Apabila sudah pada tahap tersebut, kalian hanya mengunggu prosesnya saja hingga video selesai di kecilkan ukurannya.

Dengan menggunakan aplikasi VidCompact, maka mengecilkan ukuran menjadi jauh lebih mudah. Lama tidaknya proses mengecilkan ukuran video tergantung dari ukuran video awalnya. Jika ukuran awal cukup besar, maka proes mengecilkan ukuran video akan memakan waktu cukup lama.

2. Menggunakan Situs FreeConvert

Cara memperkecil ukuran video di android kalian bisa menggunakan sebuah situs khusus untuk mengecilkan ukuran file. Tampilan situs ini cukup sederhana, kalian hanya cukup mengikuti beberapa perintah yang ditampilkan pada layar browsingnya. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Buka browser terlebih dahulu. Lalu ketikan situsnya yang beralamat www.freeconvert.com.
  • Membuka situs ini baik di komputer maupun dari hp smartphone tidak ada bedanya, yang pasti file video yang akan di kecilkan ukurannya tersedia.
  • Setelah masuk pada halaman utama situs tersebut. Silakan pilih file dengan cara memilih langsung dari explorer, dari dropbox, dari google drive, dari url, atau bisa juga dengan menyeret file video ke halaman situs tersebut (drop files).
  • Setelah itu, ubahlah beberapa pengaturan yang kalian inginkan di mana akan ada 2 pilihan yang harus kalian ubah, format Audio dan format Video.
  • Format audio di antaranya : FLAC, A3, AMR, WMA, ALAC, M4A. OGG. Sedangkan format video di antaranya : AVI, OGV, MOV, WEBM, MP4, 3GP, FLV, MKV, WMV. Nah untuk video devices bisa memilih format : PSP, iPhone, Xbox, Mobile, Android, iPad, dan Kindle.
  • Sebagai contoh jika video tersebut untuk android, silakan klik pilihan Android.
  • Kemudian, di sebelah kanan, ada pengaturan lanjutan. Klik bagian tersebut.
  • Silakan atur beberapa opsi di dalamnya yaitu : video codec, video screen size, video aspec ratio, video frame rate, rotate video, flip video, dan lain sebagainya. Apabila sudah selesai, klik ‘Apply Settings’.
  • Selanjutnya kalian hanya tinggal klik ‘Convert to Android Video’.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses mengecilkan ukuran video telah berhasil.

3. Menggunakan Situs Video-Converter

Situs web ini cukup mudah digunakan, karena pada saat kalian membuka situsnya, maka akan langsung disajikan dalam bentuk bahasa indonesia. Berikut ulasan cara memperkecil ukuran video di android :

  • Buka situsnya dengan alamat www.video-converter.com/id/
  • Kemudian di halaman utama situs tersebut akan langsung terlihat urutan untuk kopnversi sebuah video.
  • Urutan ke 1 : pilih file dengan klik ‘Buka File’ atau dari Google Drive, Dropbox, atau bisa juga dari URL.
  • Step ke 2 : pilih format video, resolusi yang diinginkan, maupun setelan tingkat lanjut yang didalamnya ada pilihan codec video, atau codec audio.
  • Urutan ke 3 : konversikan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses konveri selesai dilakukan.
  • Langkah terakhir tinggal menyimpan video hasil konversi tersebut.

Itulah cara memperkecil ukuran video di android yang bisa kalian coba agar bisa leluasa memposting video ke media sosial dengan mudah.

 

Related posts