Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung dengan Tepat

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung
Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung

WIGATOS | Pemakaian ponsel yang salah sering kali menjadi penyebab utama dari baterai alami kembung. Kamu harus segera mengatasinya dengan cara memperbaiki baterai HP yang kembung seperti penjelasan berikut. Karena jika tidak, semakin lama kinerja HP akan menjadi terganggu.

Baterai kembung sepertinya bukan permasalahan yang asing lagi. Banyak sekali yang mengalami hal tersebut, terutama untuk HP keluaran lama. Semakin sering digunakan, besar kemungkinan ada penurunan fungsi pada baterai. 

Read More

Lalu, apa yang harus dilakukan jika baterai HP sampai kembung? Apa perlu membawanya ke tempat servis? Sebaiknya Kamu simak penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan panduan yang jelas. Di samping itu, akan dijelaskan pula penyebab baterai kembung dan cara perawatannya yang tepat. 

Penyebab Baterai HP yang Kembung

Sebelum menjelaskan cara memperbaiki baterai HP yang kembung, ada baiknya menyimak dulu penjelasan ini. Jadi, permasalahan pada baterai tersebut bisa timbul karena beberapa sebab. Selain karena usia dan pemakaian, ada faktor lainnya yang sering terjadi. 

Mungkin pada masing-masing perangkat penyebabnya tidak sama. Ini dapat menjadi pertimbangan agar Kamu lebih aware terhadap kesehatan baterai. Pasalnya, komponen tersebut berperan sebagai penyuplai daya pada HP.

Rata-rata kerusakan pada baterai diakibatkan oleh kecerobohan penggunaan. Inilah beberapa hal yang menyebabkan baterai HP bisa kembung:

1. Memakai Charger Tidak Sesuai

Perhatikanlah hal ini bagi Kamu yang suka asal menggunakan charger. Memang setiap adaptor rata-rata dapat berfungsi di semua jenis HP. Tapi masing-masing perangkat memiliki spesifikasi sendiri. 

Kamu harus tahu ketika daya listrik yang disalurkan tidak sesuai, akan mengakibatkan masalah pada ponsel. Yang akan diserang pertama kali adalah baterai. Mulai dari cepat panas, tiba-tiba penuh dan cepat habis, lalu lama-lama akan kembung. 

2. Overcharging

Charger sudah tepat, tapi Kamu menggunakannya dengan cara yang salah. Ini juga menjadi pemicu utama dari baterai HP yang kembung. Salah satu kesalahan yang paling sering terjadi adalah overcharging

Kebiasaan overcharging ini biasanya dilakukan oleh pengguna yang kurang puas jika tidak melihat kapasitas baterainya 100 persen. Bahkan terkadang tidak segera dicabut meskipun sudah penuh. Padahal, yang benar itu dicas sampai 80 atau 90 persen saja. 

3. Menggunakan HP Secara Berlebihan

Penyebab baterai kembung berikutnya adalah kesalahan penggunaan. Memang benar bahwa smartphone dapat digunakan untuk mendukung kegiatan multitasking. Kamu bisa membuka beberapa program tanpa mengeluarkan program yang lain. Jika sering dilakukan, ponsel akan mengalami overheat

Contohnya saat ini Kamu bermain game online. Lalu pada saat bersamaan, masih ada aplikasi lain yang berjalan di belakang layar. Setelah selesai bermain HP bukan diistirahatkan, tapi malah digunakan untuk live streaming. Tindakan inilah yang dikatakan kurang bijak dan membuat baterai rusak. 

4. Menggunakan Powerbank Tidak Berkualitas

Powerbank sering digunakan ketika bepergian dan jauh dari sumber listrik. Daripada kehabisan daya di tengah jalan, dipilihlah powerbank untuk mengecas. Tapi masalahnya ketika Kamu menggunakan powerbank yang tidak berkualitas. 

Penggunaan powerbank yang tidak sesuai spesifikasi HP akan berdampak pada kerusakan baterai. Paling umum ditandai dengan baterai kembung seperti perut buncit. Terlebih kalau itu powerbank abal-abal yang tidak jelas spesifikasinya. 

5. Membiarkan HP Habis Daya 

Overcharging memang tidak benar. Tapi membiarkan HP kehabisan daya sampai drop itu juga tidak bagus. Keduanya sama-sama berpotensi menimbulkan kerusakan pada baterai dan lama-lama ikut menyerang komponen HP lainnya. 

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung
Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung

Bagaimana cara memperbaiki baterai HP yang kembung? Apakah Kamu perlu membawanya ke tempat servis? Ternyata, kalau masih tergolong kerusakan ringan, bisa Kamu bongkar dan diperbaiki sendiri. 

Tapi cara ini harus dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya, baterai tersebut harus dilepas dulu, lalu ditusuk-tusuk menggunakan jarum agar tidak kembung lagi. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini akan dijelaskan lima tahapan dalam memperbaiki baterai HP yang seperti perut buncit:

1. Melepas Baterai dari HP

Untuk memperbaiki baterai HP yang kembung sendiri, Kamu harus melepasnya dulu dari perangkat. Langkah pertama ini akan sangat mudah jika masih menggunakan HP yang bukan baterai tanam, biasanya perangkat keluaran lama. Jadi, tinggal melepas casing, lalu mencopot baterainya

Tapi sedikit sulit jika Kamu sudah menggunakan ponsel dengan baterai tanam. Pastikan untuk melakukannya secara hati-hati agar tidak menyenggol komponen yang lain. Terkadang juga ada casing yang sulit dibuka, sehingga memerlukan bantuan obeng. Sebaiknya cari video tutorial melepas baterai agar lebih mudah. 

2. Menusuk Baterai dengan Jarum

Cara memperbaiki baterai HP yang kembung selanjutnya yaitu menusuk-nusuknya dengan jarum. Ambil baterai yang sudah Kamu copot tadi. Kemudian gunakan jarum kecil dan tusuk baterai secara perlahan. 

Langkah ini dilakukan bukan tanpa sebab. Karena kembung yang terjadi pada baterai itu dikarenakan adanya gas yang dihasilkan oleh reaksi kimia antara elektroda dan elektrolit. Untuk membebaskan gas tersebut, salah satu caranya dengan menusuk baterai menggunakan jarum. 

3. Memasukkan Baterai ke Dalam Freezer

Bagaimana jika Kamu tidak cukup yakin menusuk baterai dengan jarum dan khawatir timbul bahaya, seperti meledak? Tenang saja, karena ada solusi yang lebih bijak. Untuk mengeluarkan gas dalam baterai, bisa dengan memasukkannya ke dalam freezer

Sebenarnya Kamu bisa langsung meletakkannya dalam freezer. Tapi akan lebih aman jika membungkus baterai terlebih dahulu ke dalam plastik. Simpan kurang lebih 24 jam sampai dirasa tidak kembung lagi. 

4. Mengeringkan Baterai

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan baterai kalau sudah tidak kembung lagi. Jadi, ambil dari freezer dan keringkan dengan cara diangin-anginkan saja. Jangan sampai meletakkannya di bawah sinar matahari langsung, karena itu bisa membuat baterai meledak. 

5. Memasang Baterai Kembali

Jika semua cara memperbaiki baterai HP yang kembung sudah selesai dilakukan, sekarang pasangkan kembali seperti semula. Pastikan posisi baterai sudah benar. Lihat tutorial bagaimana cara memasang baterai tanam yang benar. Setelah itu, coba cek dulu apakah ponsel dapat menyala sebelum memasang casing-nya. 

Cara Merawat Baterai HP

Baterai yang kembung sudah diperbaiki dan HP dapat digunakan lagi dengan normal. Tapi ada baiknya Kamu mengetahui cara perawatan baterai yang benar untuk mengantisipasi kerusakan serupa. Berikut ini ada beberapa cara yang harus Kamu lakukan untuk menambah umur baterai:

  • Kurangi penggunaan aplikasi berat pada ponsel, contohnya seperti game online
  • Sebaiknya tutup aplikasi yang tidak digunakan agar tidak berjalan di belakang layar. 
  • Gunakanlah charger bawaan untuk mengisi daya. Kalau rusak, ganti dengan cas yang ori. 
  • Gunakan juga kabel data ori dan sesuai dengan spesifikasi HP. 
  • Segera lepas charger jika sudah penuh. 
  • Simpan di suhu ruang. Jangan menggunakannya di tempat yang langsung terkena matahari. 
  • Jangan membiarkan HP kehabisan daya. 

Demikian penjelasan cara memperbaiki baterai HP yang kembung. Pastikan Kamu melakukannya secara hati-hati agar tidak merusak komponen lain. Jika sudah tidak bisa ditangani sendiri, sebaiknya bawa ke tempat servis. 

Related posts