Cara Mengunci HP yang Hilang

Bagaimana cara mengunci HP yang hilang dengan aman? Pertanyaan ini selalu terlintas dalam benak siapa saja yang ponselnya raib. Kehilangan benda berharga seperti gadget bukanlah keinginan semua orang.

HP yang hilang karena terjatuh bahkan dicuri bukan hanya berisiko kehilangan kontaknya saja, tetapi data pribadi kalian juga. Hal ini membuat kamu merasa cemas lantaran ponsel yang sudah hilang bisa saja ditemukan seseorang yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini membuat nama kalian tercemar karena orang yang menemukan ponsel akan memakai nama kalian saat berkomunikasi. Oleh sebab itu, cara mengunci HP yang hilang dengan aman harus diperhatikan dengan seksama.

Kamu pasti berpikir bahwa ponselnya sudah dihapus semua datanya oleh orang yang menemukannya. Meski begitu, kalian masih dapat mengunci data di dalamnya dengan mengikuti panduan selanjutnya sesuai smartphone tipe android masing-masing.

Cara Mengunci HP yang Hilang

Cara Mengunci HP yang Hilang
Mengunci HP yang Hilang

Apakah kalian punya ponsel android yang sudah hilang atau dicuri orang lain? Jangan khawatir bila datanya akan dicuri atau disalahgunakan, lantaran kalian bisa memakai layanan Android Device Manager.

Fitur ini berguna untuk menghapus data, mencari lokasi sampai mengunci smartphone yang hilang dengan sambungan koneksi internet. Manfaat ini rupanya belum diketahui oleh banyak orang. Beberapa langkah penting yang bisa dilakukan adalah :

Mengunci HP yang Hilang Menggunakan Laptop

Bagi kamu yang punya laptop ataupun komputer dirumah, kamu bisa pakai untuk mengunci dan amankan HP kamu yang hilang. Caranya:

  • Pertama, bukalah laptop atau PC lalu hidupkan dan masuklah ke dalam website resmi Android Device Manager.
  • Masuk pakai akun Google serupa seperti username dan password yang kalian pakai pada smartphone yang hilang.
  • Kalian akan melihat pemberitahuan berupa icon dan tipe smarthone yang sedang tersambung dengan akun Gmail.
  • Kalian juga bakal melihat keterangan waktu, jarak serta lokasi pemakaian dengan ponsel android yang hilang.
  • Selanjutnya, kalian bisa menekan tombol Siapkan Kunci & Hapus dan tekan OK untuk menghapus data atau reset sistem ponsel android yang hilang.
  • Kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa data pada ponsel android yang hilang sudah terkunci, serta terhapus secara otomatis.
  • Selesai.

Kendati demikian, layanan Android Device Manager bisa digunakan menggunakan akun Google saja. Kalian harus memakai akun yang sama dengan username dan password pada ponsel yang hilang, serta PC atau laptop.

Hal ini bertujuan agar aplikasinya dapat melacak jarak, lokasi sampai tipe smartphone yang sudah raib tersebut. Jangan sampai mengabaikan informasi akun Google kalian untuk mengantisipasi kehilangan dengan menggunakan panduan di atas.

Apabila kalian punya HP android merek Samsung yang hilang, jangan khawatir. Kalian bisa mengunci data pribadi keseluruhan melalui pembahasan selanjutnya. Kamu cukup pahami masing-masing poin dan perhatikan aplikasi ketiga yang harus digunakan.

Data penting yang tersimpan akan terhapus, sedangkan ponselnya akan terkunci secara otomatis. HP pun hanya bisa dibuka oleh pemiliknya saja. Langkah cepat dan tepat yang wajib dilakukan antara lain :

Mengunci HP yang Hilang dengan Find My Mobile

Find My Mobile adalah aplikasi ketiga yang berguna untuk mengunci HP Samsung yang hilang. Kalian harus tahu bahwa layanan ini merupakan fitur resmi dari Samsung yang dapat dipakai saat ponsel kalian hilang.

Kamu juga bisa memakainya untuk mengunci ponsel, serta menghapus datanya secara otomatis. Informasinya perlu diketahui agar data pribadi kalian tidak dapat dikelola orang yang tidak bertanggung jawab. Panduannya adalah :

  • Pertama, bukalah web browser dan kunjungi URL atau halaman findmymobile.samsung.com.
  • Kalian bisa masuk dengan akun Samsung yang tersambung dengan ponsel yang hilang.
  • Kalian bakal di bawa ke halaman pertama yang menampilkan peta dan status ponsel.
  • Kemudian, perhatikan menu Tools di sebelah kanan, serta amati keterangannya apakah ponsel dalam kondisi mati atau hidup (online).
  • Untuk mengunci ponsel Samsung yang hilang, pilih menu Lock.
  • Jika kalian ingin menghapus data yang tersimpan pada memori internalnya, maka bisa menekan tombol Erase Data.
  • Selesai.

Apabila kalian ingin mengunci ponsel Samsung yang hilang via Find My Mobile, syarat utamanya adalah HP tersebut harus tersambung dengan koneksi internet dan akun Samsung (bila sudah login).

Selain itu, kamu juga perlu perangkat fisik lain yang bisa terhubung internet seperti HP merek lain, tablet maupun laptop untuk menyelesaikan proses di atas.

Namun, bila HP yang hilang mati lantaran baterainya habis bahkan dimatikan orang lain, serta dihidupkan lagi bakal terkunci secara otomatis.

Syaratnya adalah harus sudah tersambung dengan jaringan internet. Kalian juga bisa pakai Last Location yang dikirimkan ponsel sesaat sebelum ponselnya mati untuk melacak keberadaan HP Samsung yang hilang.

Mengunci HP yang Hilang dengan Google Find Your Phone

Aplikasi Google Find Your Phone bisa dipakai untuk mengunci HP Samsung yang hilang. Kamu bukan hanya mengunci atau menghapus datanya saja, namun juga memblokirnya dengan satu aplikasi serupa.

Android merek apapun pasti tersambung dengan minimal satu akun Google untuk mengunduh aplikasinya via Play Store. Momen ini harus kalian manfaatkan untuk mengunci HP yang hilang dari jarak jauh. Tutorialnya antara lain :

  • Pertama, buka web browser dan masuk ke alamat situs https://myaccount.google.com/find-your-phone.
  • Kalian bisa masuk dengan akun Gmail atau Google yang sudah tersambung dengan ponsel tersebut.
  • Kemudian, pilih HP Samsung yang hilang.
  • Untuk memblokir atau mengunci ponselnya, maka bisa menekan tombol Lock Your Phone.
  • Untuk menghapus semua data yang tersimpan pada memori internal, kalian cukup menekan tombol Consider Erasing Your Device.
  • Selesai.

Aplikasi ini akan membantu kalian dalam mengunci HP Samsung yang hilang. Kelebihan lainnya adalah orang lain yang menemukan ponselnya tidak akan berhasil membukanya kecuali lewat akun Gmail kalian.

Semua data yang terhapus hanya berlaku untuk file di memori internal saja, sedangkan data yang tersimpan di memori eksternal (SD Card) akan tetap tersedia lantaran bisa dihapus oleh kalian sebagai pemilik ponselnya saja. Kalian bisa mengunduh Google Find Your Phone via Play Store dengan mengikuti panduan seperti di atas.

Keuntungan Mengunci HP yang Hilang yang Belum Kalian Ketahui

Walaupun cara mengunci HP yang hilang masih terdengar asing, namun informasi di atas terbukti ampuh dan efektif untuk merahasiakan data dan ponsel kalian.

Umumnya bahwa beragam manfaat yang diberikan adalah semua data akan terhapus dan tidak bisa dilihat orang lain, serta HP kalian akan tetap terkunci walaupun ditemukan orang yang tidak bertanggung jawab sekalipun.

Sementara itu, informasi pribadi kalian seperti email dan password untuk Google maupun sosial media apapun akan tetap terlindungi karena HP yang hilang hanya bisa dibuka oleh diri kamu sendiri.

Hal ini membuat penguncian ponsel yang sudah raib perlu diperhatikan sebagai antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian data atau penggunaan informasi pribadi.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...