Cara Masuk BIOS Laptop HP

BIOS adalah kependekan dari Basic Input Output System, sebagai program PC yang umumnya disimpan pada EPROM, dimanfaatkan CPU untuk proses startup saat PC baru dinyalakan. Tugasnya ialah mengelola sistem aliran data yang terjadi antara hardware dengan OS komputer. Cek cara masuk bios laptop Hp disini!

BIOS juga bisa dikatakan berisi berbagai macam instruksi yang memuat hardware. Fungsi dari BIOS yaitu memverifikasi apakah PC atau komputer telah memenuhi syarat dasar proses boot atau tidak. Sederhananya, BIOS berperan untuk memuat hardware dan proses booting OS komputer.

BIOS merupakan  perangkat lunak atau software yang memiliki fungsi dasar untuk kinerja perangkat komputer. BIOS terletak pada sebuah chip berbentuk ROM atau flash memory, sebagai perangkat yang berasal dari sistem Complimentary Metal Oxide Semikonduktor atau CMOS.

Mengingat BIOS memiliki fungsi penting dalam sistem operasi komputer, maka sudah seharusnya kalian mengetahui cara masuk BIOS laptop Hp.

Cara Masuk BIOS Laptop Hp

Cara Masuk BIOS Laptop HP
Tutorial Masuk BIOS Laptop HP

Tutorial Masuk BIOS Laptop Hp

BIOS termasuk komponen sistem terpenting bagi perangkat koimputer. Di dalam bios, pengguna dapat melakukan berbagai pengaturan, seperti negara, waktu dan sebagainya. Selain itu, Bios memiliki peranan yang juga penting dan salah satunya ialah dapat mengecek device yang telah terpasang di PC atau laptop.

Biasanya setelah melewati beberapa tahapan proses, barulah PC langsung memasuki sistem operasi.

Laptop merk hp memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri agar bisa masuk ke sistem Bios. Ada beberapa langkah cara masuk BIOS laptop hp, berikut ulasannya :

Terkait:  cara melihat spesifikasi laptop

1. Masuk ke Sistem Bios Melalui Tombol F9

Setiap tombol yang terdapat pada keyboard memiliki fungsi yang berbeda. Dari tombol F5 dapat dipakai untuk merefresh laptop, hingga F9 yang biasanya dipakai untuk masuk ke sistem bios laptop hp. Ini cara masuk bios laptop hp diantaranya :

  • Silahkan nyalakan PC atau laptop untuk masuk ke dalam sistem bios laptop hp atau bisa juga dengan merestart laptop.
  • Jika kalian sudah menekan power di laptop, tekan pilihan tombol F9 secara terus menerus, hingga masuk ke sistem bios.
  • Bagi pengguna Windows 10 atau 8, bisa memanfaatkan fast startup namun kemungkinan besar tidak akan cukup waktu dalam menekan tombol tersebut, sehingga kemungkinan bisa gagal.
  • Apabila kalian gagal memasuki bios, cukup ulangi tutorial di atas atau memilih opsi metode lainnya.

2. Masuk ke Sistem Bios Memakai Tombol F10

Biasanya setiap laptop mempunyai cara tersendiri untuk masuk ke sistem BIOS. Berikut cara masuk bios laptop hp memakai tombol F10, tergantung dari tahun produksinya :

  • Laptop Hp keluaran pertengahan tahun 2011, caranya matikan laptop. Kemudian tekan power dan tekan tombol Esc berulang kali sampai menu startup mulai terbuka. Silahkan tekan F10 dan masuk ke sistem BIOS Setup Utility.
  • Untuk laptop produksi pertengahan 2011 dan 2008, jika ditampilkan layar splash HP ketika PC dinyalakan, silahkan tekan Exc dan tekan lagi tombol F10 tujuannya agar BIOS Setup Utility terbuka. Beberapa model dan tipe latop akan diminta menekan F10 sesudah laptop dinyalakan biar masuk ke dalam Menu Startup.
  • Pada laptop hp keluaran tahun 2007 atau yang sebelumnya, ikuti langkah berikut. Matikan laptop, lalu tekan power dan tekan F10 secara berulang. Kalian selanjutnya akan ditampilkan layar hp atau splash compaq. Silahkan tekan F10 jika ingin memasuki BIOS sebelum BIOS terbuka.
Terkait:  Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop

Selanjutnya, kalian juga dapat mencoba cara masuk bios laptop hp untutk Windows 10 :

  • Tekan Start dan buka Setting lalu tekan Update & Security.
  • Selanjutnya klik Recovery dan Restart Now.
  • Akan ditampilkan menu opsi, tekan troubleshoot.
  • Pilih menu Advanced Options dan ketuk UEFI Firmware Settings.
  • Tekan restart dan kalian akan mulai masuk ke tampilan BIOS di laptop hp.

Cara masuk bios laptop hp di atas dapat digunakan sesuai dengan OS Windows yang kalian pakai. Namun yang menjadi pertanyaan, apa saja sih fungsi Bios bagi komputer?

Fungsi BIOS Bagi Sistem Komputer

BIOS termasuk program vital yang mampunyai peranan penting. Sebab program BIOS bertugas sebagai katalis untuk menjalankan fungsi komputer dengan penuh. Bios tertanam dalam betuk chip di sebuah motherboard, dan bekerja saat pengguna menekan power ketika menyalakan komputer.

Selanjutnya, BIOS memberikan instruksi ke sistem hardware komputer sebelum memberikan tugas aktivasi ke sistem boot. Kalian bisa mengetahui hal ini saat mendengar beep sebelum PC mulai aktif. Ini fungsi-fungsi BIOS yang perlu diketahui :

1. POST (Post On Self Test)

BIOS berfungsi untuk memastikan kinerja perangkat keras pada komputer. Di tahap ini, biasanya BIOS akan melakukan pengecekan lewat POST (Post On Self Test). Program ini adalah serangkaian dari tes diagnostik yang biasanya dilakukan pertama kali oleh komputer sesudah dinyalakan.

POST yang biasa dikenal dengan bunyi beep ini, memiliki cara kerja yang cukup simpel. Ketika diagnosa POST mengalami kegagalan, maka sistem komputer menghasilkan bunyi beep karena terindikasi adanya kesalahan. Kalian juga dapat mengibaratkan bunyi tersebut seperti sebuah kode morse, namun jika test diagnosa perangkat keras POST lolos, ia akan memproses boot ke sistem komputer.

Terkait:  Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

2. Menjalankan Booting SIstem

Jika proses test dan pengecekan dengan tahapan POST di atas sudah dilakukan,maka BIOS akan mentransfer akses ke sistem operasi supaya PC atau komputer dapat berfungsi dan menyala sepenuhnya.

Para pengguna juga bisa menggunakan fungsi jeda dalam booting BIOS jika akan melakukan beberapa opsi pengaturan komputer. Misalnya seperti password komputer, install ulang OS atau sistem operasi, tanggal atau waktu, overclocking, dan sebagainya.

3. Update Keamanan

Ada beberapa fitur keamanan yang dimiliki oleh sistem BIOS. Kalian bisa menemukan enkripsi drive, disini biasanya dipakai untuk mengekripsi sistem hard drive . Dengan tujuan, agar akses tidak dikenal dapat dihindari. Selanjutnya sistem bernama secure boot yang dapat memastikan jika PC hanya dapat melakukan booting OS dengan aman.

BIOS saat ini menggunakan sistem update terbaru yang hadir melalui peningkatan keamanan untuk membantunya menahan gangguan. Bahkan bisa meningkatkan kewaspadaan dari virus dalam sistem boot sector.

4. Untuk Menjaga Stabilitas Komputer

BIOS bisa dibilang sebagai fondasi sistem pemrograman komputer, karena sebuah perangkat PC tidak dapat berjalan jika BIOS mengalami masalah. Namun disisi lain, PC membutuhkan BIOS untuk dapat menjalankan fungsi utamanya.

Adapun 2 diantara 3 fungsi BIOS adalah untuk pengujian komponen pada hardware serta memuat OS untuk aktif menjalankan proses start up. Sementara itu, fungsi ketiga yaitu dapat menyediakan sistem lapisana abstraksi bagi perangkat in maupun out.

Ketika chip ROM hilang yang didalamnya terdapat sistem BIOS di perangkat motherboard, maka kemungkinan PC kalian mengalami kerusakan. Karena tanpa sistem BIOS ini, prosesor sekalipun tidak akan berfungsi dengan baik.

Bagaimana, sudah memahami fungsi BIOS? Jika sudah, kalian bisa melakukan pengecekan sistem komputer dengan cara masuk BIOS laptop hp atau bisa juga dilakukan untuk mengecek kerusakan.

 

Related posts