Cara Cek Spek Laptop Lenovo

Cara cek spek laptop Lenovo pada dasarnya hampir sama seperti cek spesifikasi laptop Asus atau yang lainnya. Namun kebanyakan orang masih kebingungan jika dihadapkan dengan informasi spesifikasi yang diketahui pada perangkat laptopnya. Adapun sumber informasi satu-satunya yang menampilkan spesifikasi laptop ialah dus pembelian laptop atau brosur pembelian yang diberikan oleh toko laptop. Hanya saja, keduanya tak mungkin selali kita bawa saat bepergian.

Apabila Kamu mengalami masalah yang sama, ada beberapa cara cek spek laptop Lenovo yang bisa ditiru dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja selama Kamu membawa laptop tersebut. Berikut Kami bagikan panduan mengecek spesifikasi laptop Lenovo yang bisa dicoba!

Cara Cek Spek Laptop Lenovo

Cara Cek Spek Laptop Lenovo
Mengecek Spesifikasi Laptop Lenovo

 

Mengecek Spesifikasi Laptop Lenovo Sesuai Komponennya

Setiap perangkat laptop, tentu saja sudah dibekali berbagai komponen untuk menunjang kinerja laptop tersebut. Apa saja komponen tersebut? sebut saja seperti harddisk, kartu grafis, prosesor, RAM, dan sebagainya. Ketika laptop dinyalakan, pada dasarnya Kamu akan melihat informasi mengenai komponen-komponen di atas yang bisa diakses tanpa terkoneksi internet.

Apabila laptop Lenovo yang Kamu gunakan memakai OS Windows 8.1 atau Windows 10, maka Kamu dapat mengakses informasi spesifikasi  laptop lewat menu Settings. Dari sinilah Kamu bisa melihat spesifikasi laptop Lenovo milikmu, mulai dari infrmasi versi Windows, kapasitas memori, RAM, prosessor yang digunakan dan lainnya.

Sementara bagi Windows lama, misalnya untuk Windows 7 atau XP, maka Kamu dapat mengakses spesifikasi dengan mengklik kanan My Computer, dan pilih Properties. Informasi serupa akan ditampilkan pada layar laptop. Cara mengecek spesifikasi laptop Lenovo tersebut tentu saja lebih mudah daripada harus menggunakan katalog untuk mengeceknya. Berikut beberapa penjelasan cara cek spek laptop Lenovo sesuai komponennya :

1. Cek Spesifikasi Laptop Lenovo Untuk RAM

Cara mengecek spesifikasi laptop Lenovo untuk pengecekan RAM biasanya sangat bergantung terhadap versi Windows perangkat yang dipakai. Apabila Windows yang digunakan memakai versi 32-bit, maka kapasitas RAM yang ditampilkan kurang dari 4GB. Oleh karena itu, jika Kamu memakai kapasitas RAM di atas 4GB alangkah baiknya memakai Windows versi 64-bit supaya informasinya dapat ditampilkan secara keseluruhan atau utuh.

2. Cek Spesifikasi Laptop Lenovo Untuk GPU atau VGA

Spesifikasi yang juga penting diketahui ialah GPU atau VGA. Dimana kedua komponen ini umumnya terpasang dengan cara dedicate dan onboard. Untuk mengecek kedua informasi tersebut, Kamu dapat menekan “Windows+R” secara bersamaan untuk membuka Windows Run. Selanjutnya, ketik “DXdiag” di kolom pencarian dan tekan Ok.

Instruksi di atas selanjutnya membuka tab DirectX Diagnostic Tool lalu Kamu akan ditampilkan berbagai macam tab informasi. Adapun untuk mengecek informasi tentang GPU atau VGA, klik tab display. Maka Kamu akan langsung melihat informasi tentang VGA atau GPU. Sementara untuk GPU atau VGA yang dipasang dengan cara dedicate, Kamu bisa lihat di dalam tab render.

Langkah yang dapat Kamu lakukan berikutnya ialah dengan cara mengakses tab Device Manager. Caranya silahkan klik “Start” kemudian cari “Device Managr” di pencarian, selanjutnya tekan “Enter”. Selanjutnya akan ditampilkan informasi mengenai perangkatmu. Untuk mengecek GPU atau VGA yang dipakai, Kamu bisa memilih “Display adapters”.

Mengecek Spesifikasi Laptop Lenovo Pada Control Panel

Melalui contrl panel, Kamu bisa mengecek spesifikasi komputer atau laptop yang Kamu gunakan. Adapun cara cek spesifikasi laptop Lenovo di control panel, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka menu Windows Explorer atau bisa juga dengan menekan tombol “Windows+E” secara bersamaan.
  • Setelah itu, pilih “This PC” atau “My Computer”.
  • Selanjutnya klik kanan.
  • Lalu pilih menu “properties”, kemudian akan muncul jendela yang berisi spesifikasi PC atau laptop yang dipakai.

Mengecek Spesifikasi Laptop Lenovo Lewat CMD

Command prompt atau CMD juga bisa digunakan ke dalam salah satu cara cek spek laptop Lenovo, karena dapat menampilkan spesifikasi lengkap. Dimana CMD itu sendiri adalah program bawaan dari Windows, sehingga Kamu tak perlu lagi menginstall aplikasi yang lainnya untuk pengecekan spesifikasi laptopmu. Adapun cara mengecek spesifikasi laptop Lenovo memakai CMD ialah sebagai berikut :

  • Silahkan klik “Start” pada menu yang terdapat di pojok kiri bagian bawah.
  • Lalu ketikkan “Command Prompt” setelahnya tekan “enter”.
  • Setelah itu muncul tampilan “Command Prompt” dam masuk ke “System Info”.
  • Selanjutnya tekan “Enter”.
  • Kemudian tunggu sampai muncul informasi spesifikasi perangkatmu.

Mengecek Spesifikasi Laptop Lenovo Memakai Aplikasi Speccy

Apabila cara cek spek laptop Lenovo di atas masih membuatmu bingung, maka solusi paling baik ialah memakai aplikasi Speecy. Metode ini tentu lebih mudah, sebab Kamu tinggal unduh, install dan langsung menjalankan aplikasi. Jika sudah, Kamu akan mendapatkan informasi tentang spesifikasi laptop Lenovo dengan lengkap.

Kamu juga bisa mengunduh software atau aplikasi pihak ketiga lainnya seperti CPU-Z, selain speccy. Adapun caranya, cukup mengunduh dan menginstall aplikasi CPU-Z di perangkatmu lalu buka. Uniknya, aplikasi ini tidak memerlukan tahapan yang panjang untuk mengecek spesifikasi laptop Lenovo. Sebab jika sudah diinstall, tinggal dibuka dan jalankan aplikasi di perangkat saja, selanjutnya Kamu akan ditampilkan informasi spesifikasi laptopmu.

Sementara bagi pengguna VGA dari NVIDIA, Kamu bisa memakai program bernama GeForce Experience guna mengecek VGA yang digunakan pada perangkat laptop beserta spek lainnya. Adapun caranya ialah unduh Geforce Experience lalu install. Setelah itu, buka programnya lalu klik menu “Settings” di pojok kanan bagian atas. Selanjutnya akan ditampilkan informasi spesifikasi laptop yang digunakan.

Umumnya untuk menginstall games atau software diperlukan system requirements agar software dapat berjalan dengan semestinya. Dengan mengecek spesifikasi laptop, maka Kamu dapat memastikan apakah software atau aplikasi yang diinstal sudah bisa dikatakan kompatibel terhadap perangkat laptopmu ataukah tidak.

Cek Spesifikasi Laptop Terbaik dari Lenovo

Bagi Kamu yang ingin membeli laptop Lenovo, ada beberapa rekomendasi laptop Lenovo yang bisa dijadikan pilihan. Berikut ulasannya :

1. Lenovo IdeaPad 320-14IKBN

Lenovo IdeaPad 320-14IKBN mempunyai spesifikasi lebih tinggi jika dilihat dari performanya. Perangkat ini memiliki layar 14 inchi dengan dapur pacu yang dibenamkannya dari Intel Core i5-7200U dengan VGA dari Nvidia GT920MX. Selain itu, IdeaPad 320-13IKBN juga semakin bertenaga dengan kapasitas RAM 4GB.

Sementara untuk sektor penyimpanannya sendiri, produk ini menyediakan harddisk yang berkapasitas 1TB. Keunggulan lainnya ialah Lenovo Ideapad ini memiliki body yang begitu slim.

2. Lenovo Thinkpad E470 (i5-7200U)

Laptop Lenovo Thinkpad E740 telah mengandalkan seri CPU Intel Core terbaru dari i5. Tentu saja perangkat ini sudah mengalami upgrade dari segi performa jika dibandingkan pendahulunya yang mengusung intel Core i3.

Pasalnya CPU generasi teranyar yang disematkan semakin mempermudah para pengguna dalam menjalankan aktivitas multitasking, mengingat sistem pengoprasiannya lebih mulus.Menariknya lagi, Lenov Thinkpad E470 sudah dibekali keyboard yang tahan tumpahan air.

3. Lenovo Yoga 330 (Intel N4000)

Lenovo Yoga 330 telah mengadaptasi teknologi penyimpanan SSD sehingga membuat proses booting lebih cepat. Belum lagi kapasitas RAM yang dibenamkannya sudah sebesar 4GB.

Selain itu, Kamu juga bisa membawa laptop yang berteknologi touchscreen ini kemana saja karena bisa dimasukkan dengan mudah ke dalam tas. Mengingat ukurannya yang ringan dan tidak menghabiskan banyak ruang.

Ya, demikian ulasan tentang cara cek spek laptop Lenovo dan cek spesifikasi produk-produk laptop Lenovo pilihan yang bisa Kamu pilih. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019