Cara Cek Pengiriman Lazada

Bagaimana cara cek pengiriman Lazada? Ya, berbelanja online selain sudah menjadi kebiasaan juga sudah menjadi salah satu kebutuhan yang kerap dilakukan oleh banyak orang. Di samping tak perlu repot memilih barang dan mengantri, berbelanja online pun menawarkan banyak keuntungan, salah satunya ialah proses pembayarannya mudah.

Lazada adalah salah satu e-commerce terkemuka di tanah air yang sudah mempunyai banyak pelanggan. Mengingat layanannya yang terpercaya, Lazada juga sering menawarkan promo-promo menarik. Selain itu, Lazada menawarkan banyak pilihan jasa ekspedisi yang mereka percayai untuk memudahkan proses pengiriman produk/barang yang dipesan oleh pelanggannya. Sebut saja ada J&T, JNE, Ninja Xpress, dan lain sebagainya.

Lazada uga memiliki jasa ekspedisi sendiri, yakni Lazada Express. Walaupun ada banyak jasa pengiriman barang yang ditawarkan, tapi Kamu tetap bisa mengecek resi pengiriman Lazada dengan mudah.

Sebenarnya mengecek pengiriman barang Lazada bisa dilakukan melalui aplikasi Lazada. Sehingga Kamu bisa langsung memantau keberadaan paket yang dikirimkan. Jika penasaran, berikut ulasan cara cek pengiriman Lazada!

Cara Cek Pengiriman Lazada

 

Cara Cek Pengiriman Lazada
Mengecek Pengiriman Paket di Lazada

 

Mengecek Pengiriman Paket di Lazada

Untuk mengecek pengiriman paket di Lazada Kamu bisa langsung masuk ke akun Lazadanya terlebih dahulu. Lebih jelasnya, simak ulasan panduannya di bawah ini :

1. Cek Resi Pengiriman di Lazada Memakai LEL Express

LEL Express atau Lazada eLogistics Express Indonesia, ekspedisi ini awalnya bernama Lazada Express atau LEX. Keuntungan memakai jasa ekspedisi ini ialah produk pesanan pelanggan tak akan dicampur barang-barang lain yang berasal dari e-commerce lain.

Kurir ekspedisi yang menanganiya pun sudah jelas, yakni mempunyai SOP atau standar kerja yang sama,  jadi barangmu akan lebiht erjamin. Di samping itu, semua paket kiriman LEL Express juga langsung dikemas menggunakan bubble wrap yang sudah mengikuti standar.

Akan tetapi, bagi Kamu yang alamatnya masih belum dijangkau LEL Express, maka Lazada akan mengalihkan pengiriman menggunakan jasa pengiriman lain, seperti Sicepat Express, Ninja Xpress, JNE Express, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun cara cek pengiriman Lazada menggunakan ekspedisi LEL Express, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka aplikasi atau akun Lazada di Hpmu, jika belum mempunyai aplikasinya unduh di Play Store atau App Store terlebih dahulu. Lalu registrasi akun.
  • Sesudah mendaftar, silahkan login menuju akun Lazada.
  • Pilih opsi “My Account” kemudian klik “Tracking Pesanan”. Lalu pilih “Daftar Pesanan”.
  • Laman Lazada pun langsung menampilkan daftar produk terkhir yang Kamu beli.
  • Silahkan klik produk yang Kamu ingin lacak. Selanjutnya Kamu akan mellihat daftar atau keberadaan barang/produk yang kamu beli lengkap dengan waktu pengirimannya.

2. Cek Resi Pengiriman di Lazada Semua Ekspedisi

Untuk mengecek pengiriman paket di Lazada, Kamu harus melakukan login terlebih dahulu ke aplikasi Lazada lewat ponselmu. Berikut Kami bagikan ulasan cara cek pengiriman Lazada yang bisa Kamu ikuti, di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan login ke situs atau aplikasi Lazada Indonesia.
  • Jika sudah pilih opsi “akun”, kemudian cek di menu pengiriman.
  • Silahkan cari produk/barang yang akan Kamu cek resinya. Lalu tekan tombol yang berwarna hijau tepat di samping kanan untuk mengecek detail pengirimannya.
  • Di menu detail pengiriman, Kamu bisa cek nama ekspedisi berikut nomor resinya.
  • Jika ingin mengecek status pengiriman, klik “selengkapnya”.
  • Dari sini, Kamu dapat menemukan dan melihat status pengiriman barang yang Kamu pesan.

Sesudah Kamu melihat nomor resi pengiriman barang yang dibeli, Kamu bisa langsung menyalinnya. Selain itu, bisa juga melacak status barang yang dikirimkan. Jika Kamu ingin mengecek pengiriman lebih detail, Kamu bisa menyalinnya lalu buka web resmi jasa ekspedisi yang dipakai.

Mengecek Pengiriman Lazada Melalui Website Lain

Mengecek pengiriman paket Lazada menggunakan alternatif lain di sini maksudnya ialah dengan langsung mengecek resi di website masing-masing jasa ekspedisi yang digunakan. Jadi, Kamu hanya membuka akun Lazada untuk menyalin nomor resi pengirimannya saja. Sedangkan pengecekan dilakukan di website jasa ekspedisi atau web lainnya.

Berikut panduan cara cek pengiriman Lazada melalui website lain atau alternatif lain, diantaranya :

1. Cek Resi Pengiriman Ninja Xpress Lazada

Salah satu jasa ekspedisi ternama yang ada di Lazada ialah Ninja Xpress. Sebenarnya tiap pelanggan ecommerce Lazada bisa memilih jenis ekspedisi ini. Akan tetapi biasanya tergantung dari seller-nya itu sendiri apakah menyediakan ekspedisi Ninja Xpress atau tidak.

Sebenarnya cara cek pengiriman Lazada menggunakan ekspedisi Ninja Xpress sendiri bisa langsung dilacak lewat situs Lazadanya. Hanya saja detail pengiriman barangnya tidak selengkap aplikasi Ninja Xpress maupun web resminya. Nah, jika Kamu ingin melakukan cek resi pengiriman Ninja Xpress Lazada langsung di aplikasi Ninja Xpress, berikut ulasannya :

  • Pertama-tama silahkan unduh aplikasi Ninja Xpress di Hpmu terlebih dahulu.
  • Jika sudah, install aplikasi dan buka. Setelah itu, lakukan registrasi lebih dulu.
  • Apabila Kamu sudah mempunyai akun Ninja Xpress, maka Kamu cukup membuka aplikasinya saja.
  • Di layar utama, ada 2 kolom yang tertera yaitu Lacak Paket dan Pesan Baru. Silahkan pilih “Lacak Paket” untuk mengecek pengiriman paket di Lazada.
  • Setelah itu, inputkan nomor resi pengiriman Ninja Xpress dan pilih “Lacak”.
  • Maka sistem akan langsung memproses dan menampilkan informasi mengenai detail pengirimannya.

2. Cek Resi Pengiriman Lazada di Website Ongkos Kirim

Selain di website Ninja Xpress, bagi kamu yang menggunakan jasa ekspedisi lain untuk pembelian produk di Lazada, seperti JNE, TIKI, JNT, dan lainnya, maka Kamu bisa menggunakan website lainnya seperti web Ongkos Kirim.

Namun tetap saja, untuk mengetahui nomor resinya Kamu harus membuka akun Lazadamu terlebih dahulu. Baru kemudian Kamu bisa menyalinnya dan menempelkan resi tadi ke website Ongkos Kirim. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan cara cek pengiriman Lazada berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka web Ongkos Kirim di link ini!
  • Jika Kamu sudah memasuki halaman utama web tersebut, silahkan pilih “Lacak Kiriman” yang ditandai dengan warna merah.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan ke halaman berikutnya. Untuk pemilihan jasa ekspedisi yang Kamu gunakan, silahkan lihat kolom Cek Kurir Lainnya.
  • Pilih jasa ekspedisi yang Kamu gunakan, misal Kamu memakai jasa ekspedisi JNE Express. Maka klik “JNE Express” di bawah.
  • Setelah itu, Kamu akan dibawa ke menu berikutnya untuk pengecekan resi JNE Express.
  • Jika Kamu sudah menyalin nomor resi di akun Lazada, silahkan paste-kan nomor resi tersebut di kolom “Masukkan Nomor Resi” dan tekan “Cek Resi” di sampingnya.
  • Lalu Kamu pun akan mendapatkan informasi mengenai detail pengiriman paketmu di JNE Express. Kamu juga bisa mengetahui lokasi paketmu secara realtime.

Itulah cara cek pengiriman Lazada yang bisa Kamu coba untuk melacak keberadaan paket yang Kamu beli di platform Lazada. Pastikan untuk mengecek informasi pengiriman terkini agar Kamu bisa memantau keberadaan paketmu. Semoga bermanfaat!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019