Cara Cairin BPJS Online

Cara Cairin BPJS Online

Gimana sih cara cairin BPJS online? Inilah pertanyaan yang sering kita dengar dari para pengguna BPJS. BPJS ketenagakerjaan merupakan salah satu program terkait layanan ketenagakerjaan. Melalui program BPJS ketenagakerjaan, karyawan mendapatkan jaminan kesehatan serta sosial. Melalui program BPJS ketenagakerjaan,  karyawan akan mendaptkan jaminan hari tua, kesehatan hingga resiko dari kecelakaan kerja.

Cara Cairin BPJS Online

Cara Cairin BPJS Online
Panduan Cara Cairin BPJS Online

Panduan Mencairkan BPJS Online

BPJS terbagi ke dalam 2 jenis, ada BPJS kesehatan dan BPJSTK (Ketenagakerjaan). Akan tetapi, banyak pengguna BPJS yang menganggap keduanya bisa dicairkan. Kamu perlu tahu bahwa program BPJS yang bisa dicairkan hanyalah BPJS ketenagakerjaan. Sedangkan untuk BPJS kesehatan sendiri biasanya diklaim untuk pembayaran perawatan rumah sakit, dan untuk selain itu tidak bisa. Cara cairin BPJS online untuk ketenagakerjaan ini bisa lewat sistem e-Klaim atau Lapak Asik. Berikut langkah-langkah yang perlu Kamu pahami, diantaranya :

Read More

Metode 1 : Cairin BPJS Online Memakai Lapak Asik

Lapak Asik merupakan singkatan dari Layanan Tanpa Kontak Fisik yang dihadirkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Dengan kata lain, Kamu tak perlu mendatangi kantor cabang BPJS terdekat untuk melakukannya, sebab Kamu bisa mencairkan BPJS secara online. Ini dia ulasannya :

1. Buka Web Browser

Karena disini kita akan mencoba cara cairin BPJS online ketenagakerjaan dengan mengakses situs web, maka pastikan Kamu mempunyai kuota internet yang mencukupi. Untuk selanjutnya, Kamu bisa membuka web browser baik via hp ataupun komputer untuk mengakses laman BPJS.

2. Pilih Aplikasi atau Web BPJS TK

Cara cairin BPJS online selanjutnya, Kamu bisa pilih apakah ingin memakai aplikasi BPJS TK atau via webnya. Jika ingin menggunakan aplikasinya, Kamu harus mengunduh aplikasi BPJSTK resmi di Play Store. Namun jika ingin memakai website, tinggal mengunjungi website di www.antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Sementara itu, jika Kamu memakai aplikasi BPJSTK maka Kamu tinggal membuka aplikasinya saja yang sudah diunduh. Baru kemudian, akses pilihan ‘Antrian Online’.

3. Isi Data Diri Pada Layar

Jika Kamu sudah memperoleh nomor antrian online, langkah berikutnya tutup halaman terkait nomor antrian. Lalu, isi semua data diri di kolom isian kosong yang ditampilkan pada layar.

4. Download Form Pengajuan JHT

Cara cairin BPJS online berikutnya, silahkan download formulir pengajuan JHT terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Setelah diunduh, tekan ‘SIMPAN’.

5. Ikuti Perintah dan Dapatkan Kode Verifikasi

Jika sudah, Kamu tinggal ikuti saja petunjuk yang tersedia, untuk kemudian mendapatkan kode verifikasi sesudah mengisi form. Biasanya verifikasi ini berbentuk PIN yang dikirimkan lewat email dan SMS. Kamu tinggal inputkan kode verifikasi jika diminta, dan setelah kode tersebut terkirim via email/SMS.

6. Menambahkan Data Rekening Bank

Selanjutnya, pihak BPJS meminta nomor rekening bank milikmu untuk pencairan uang klaim BPJS. Kamu bisa menambahkannya dan pastikan nomor rekeningnya tidak ada yang salah, baik data nama bank maupun pemilik rekening itu sendiri.

7. Unggah Seluruh File Dokumen

Kamu pun bisa mengupload seluruh dokumen sesuai petunjuk yang telah tersedia.

Untuk selanjutnya, silahkan tunggu beberapa lama setelah mengirimkan seluruh dokumen pelengkap sebagai syarat cara cairin BPJS online. Untuk selanjutnya, pihak BPJS akan mengecek kelengkapan dan kevalidan data yang Kamu kirimkan, jika sudah benar dan lengkap, pihak BPJS akan langsung menindak lanjuti. Akan tetapi, apabila ada berkas-berkas yang masih kurang lengkap atau ada yang salah, Kamu biasanya, akan dihubungi oleh Customer Care dari BPJS.

Jika ternyata pengajuanmu disetujui, Kamu akan menerima konfirmasi pemberitahuan dari pihak BPJSTK terkait klaim BPJSTK. Biasanya akan langsung diberitahukan lewat SMS, telepon, email dan WhatsApp.

Langkah terakhir, uang JHT akan dikirim langsung ke nomor rekening yang sudah didaftarkan sebelumnya paling lambat 7 sampai 10 hari kerja. Pencairan JHT ini biasanya dilakukan, setelah Kamu mendapatkan konfirmasi dari BPJS ketenagakerjaan atas persetujuan dokumen yang kamu ajukan.

Metode 2 : Cairin BPJS Online Lewat Sistem e-Klaim

Selain cara cairin BPJS online lewat Lapak Asik, Kamu juga bisa mencoba mencairkan BPJSTK dengan menggunakan sistem atau layanan e-klaim. Sebenarnya langkah antara kedua cara ini hampir sama, yang membedakan ialah proses transfernya biasanya dilakukan langsung di kantor cabang BPJS terdekat. Demikian langkah-langkahnya :

1. Buka Situs Web BPJS Ketenagakerjaan

Buka website nya terlebih dahulu dengan alamat : www.sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Dengan menggunakan browser bawaan, pastikan dulu kuota internetmu memadai, agar prosesnya lebih lancar

2. Mengisi Form Pengajuan Klaim

Cara cairin BPJS online berikutnya Kamu akan mengakses halaman utama, disana ada beberapa kolom yang mesti diisi. Mulai dari nama lengkap, nomor KTP, alasan pengajuan klaim, akun email untuk verifikasi, nomor kartu BPJSTK, dan tempat tanggal lahir.

3. Pilih Kantor Cabang Terdekat

Jika sudah mengisi kelengkapan formulir yang disebutkan di atas, maka Kamu wajib memilih kantor cabang yang terdekat dari lokasi rumahmu untuk pencairan.

4. Dapatkan Kode Verifikasi

Silahkan ikuti petunjuk yang tersedia sampai selesai, sampai Kamu memperoleh kode verifikasi berbentuk PIN.

5. Masuk Kembali ke Web BPJSTK

Berikutnya ketika sudah mendapatkan nomor PIN, log in kembali ke situs web tersebut untuk melanjutkan pengisian biodata yang belum terisi. Salah satunya untuk pengisian nomor rekening yang digunakan saat pengajuan klaim. Adapun isian yang wajib kamu cantumkan adalah nomor rekening bank aktif, nama bank, dan nama pemiliki rekening bank tersebut harus jelas.

6. Upload Dokumen

Langkah berikutnya adalah dengan mengunggah dokumen yang perlu kamu unggah pada situs tersebut. Cek di suits webnya, apa saja berkas yang perlu di unggah. Perhatikan pula format unggahan document tersebut. Umumnya format yang dipakai berbentuk JPEG, JPG, PNG, BMP hingga file berekstensi pdf. Adapun ukurannya minimal 100 kb dan maksimalnya adalah 1,8 MB.

7. Kirim Dokumen dan Tunggu Konfirmasi

Cara cairin BPJS online selanjutnya, pastikan semua isian yang perlu kamu isi tidak ada yang salah, jika sudah silahkan dikirim dan tunggulah konfirmasi dari pihak bpjs ketenagakerjaan. Adapun pemberitahuan tersebut akan dikirimkan melalui email yang kamu daftarkan sebelumnya.

8. Cetak Konfirmasi Pengajuan Klaim yang Diterima

Kamu harus mencetak dokumen pengajuan klaim yang telah diterima BPJS, untuk dibawa langsung ke kantor cabang BPJS terdekat. Dokumen tersebut nantinya dijadikan sebagai bukti bahwa kamu telah mendaftar pengajuan klaim melalui sistem e-klaim.

9. Pergi ke Kantor BPJS Terdekat

Datanglah ke kantor bpjs ketenagakerjaan terdekat berdasarkan pada jadwal yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

10. Bawa Serta Dokumen Lainnya

Selain dokumen dari email yang kamu print, bawalah berkas-berkas lainnya, baik asli maupun dalam bentuk fotokopi ketika hendak pergi ke kantor cabang BPJS terdekat.

11. Konfirmasikan ke Patugas BPJS

Sampaikan maksud kedatanganmu ke pihak petugas yang berjaga, Kamu bisa memberikan tanda bukti pengajuan yang dikirimkan via email beserta dokumen lainnya. Dengan demikian, pihak BPJS selanjutnya akan memproses permintaan pencarian klam BPJSTK milikmu.

12. Tunggu Jadwal Pencairan

Apabila sudah diproses dan disetujui oleh pihak bpjs ketenagakerjaan, maka selanjutnya kamu hanya tinggal menunggu uang JHT masuk ke dalam rekening yang kamu ajukan sebelumnya. Biasanya maksimal pencairan uang JHT adalah selama 7 hingga 10 hari kerja.

Salah satu kelebihan proses pengajuan klaim BPJS ketenagakerjaan dengan sistem e-klaim ini adalah kamu tidak perlu repot-repot antri lagi karena kamu sudah antri melalui jalur online.

Itulah cara cairin bpjs online yang bisa kamu lakukan dengan dua cara yang telah dijelaskan diatas. Kamu tinggal pilih, mana cara yang lebih baik menurutmu?

 

Related posts