Cara Kerja OLSHOP

  • Whatsapp

Dengan potensi cuan yang semakin besar, kamu mungkin adalah salah satu dari banyak orang yang penasaran dengan cara kerja OLSHOP. Nah, kebetulan banget, artikel ini akan membahas enam langkah kilat untuk bisa langsung menyiapkan toko online aka online shop. Tenang, langkah-langkahnya mudah kok!

Cara Kerja OLSHOP

Cara Kerja OLSHOP
Cara Kerja OLSHOP

Sebelum jauh ke detil cara setup OLSHOP yang tepat, kamu mesti tahu terlebih dahulu opsi-opsi bisnis kekinian yang mungkin bisa jadi pilihan. Membangun toko online tidak semudah yang dikira banyak orang dan karenanya, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi reseller terlebih dahulu sebelum terjun ke ranah yang lebih kompetitif. Tapi, kalau kamu merasa sudah siap ya let’s go!

Pilih Nama Domain atau Brand Toko Online

Ketika pertama kali memilih untuk menjual secara online, kamu memerlukan alamat situs web atau nama brand toko online kamu. Bagian ini sangat penting karena akan mencerminkan banyak hal ke calon pelanggan kamu. Opsi terbaik adalah memilih nama yang pendek, mudah dieja, dan terkait dengan bisnis yang akan kamu geluti.

Ada baiknya untuk memilih nama yang unik namun terdengar logis untuk memastikan kamu tidak terlihat mencurigakan. Selain itu, sebisa mungkin pilih nama yang catchy dan mudah dipahami untuk tujuan membangun keakraban dengan klien dan pelanggan.

Pilih Platform E-Commerce

Untuk saat ini ada banyak platform e-commerce yang tersedia dan semunaya nyaris tidak memerlukan pengetahuan coding. Namun itu bukan berarti kamu bisa langsung terjun dan membuat toko online, karena cara kerja OLSHOP yang baik akan membutuhkan platform yang efisien dan hemat biaya pada saat yang bersamaan.

Terkait:  Cara Kerja Septic Tank

Intinya, kalau kamu ingin menghasilkan uang besar kamu harus paham dulu karakter platform e-commerce mana yang akan kamu pilih. Misalhnya, brand marketplace hijau identik dengan barang kolektor dan ori sementara platform kuning cenderung mengincar pasaran grosir. Karena itu, pastikan kamu sudah menggunakan platform yang tepat yang dapat memenuhi semua kebutuhan e-niaga kamu.

Cari Proposisi Unik Cara Kerja OLSHOP

Pada tahap ini kamu mungkin sudah memiliki gagasan yang dalam tentang produk apa yang ingin kamu jual. Nah, pertanyaan berikutnya untuk ditanyakan pada diri kamu sendiri adalah bagaimana produk atau layanan ini akan berbeda dari apa yang sudah tersedia di pasaran.

Mindset yang harus kamu miliki adalah bagaiaman caranya kamu bisa menawarkan produk tersebut dengan lebih baik. Ini adalah bagian dari uji tuntas sebelum melangkah jauh dalam tata cara kerja OLSHOP dan harus selalu dilakukan sebelum memulai sesuatu.

Tentukan Target Pasar

Detail penting lainnya untuk diidentifikasi adalah target pasar. Dengan memahami siapa yang akan membeli produk yang kamu jual, kamu dapat menyesuaikan branding, pesan, dan upaya penjangkauan pemasaran.

Hal pertama yang perlu ditemukan adalah target audiens dimana kamu perlu mengintip dari bisnis serupa. Perhatikan apa yang mereka sukai dan pasarkan kepada mereka dari sudut tersebut. Contohnya gini, kalau kamu kebetulan buka toko baju bayi, coba cek tipe baju bagaimana yang lebih banyak peminatnya dan mulai stock barang dengan potensi permintaan pasar tersebut.

Optimalkan Pemasaran

Membangun bisnis online dengan pergerakan dan sebaran data seperti saat ini adalah hal yang sulit. Tapi itu bukan berarti kamu tidak bisa berhasil. Salah satu cara untuk meningkatkan popularitas OLSHOP kamu adalah dengan membuatnya terlihat profesional.

Terkait:  Cara Kerja Cooling Tower

Untuk memulainya, pertama-tama kamu harus setidaknya memiliki sebuah website untuk menandai legitimasi situs kamu. Tidak perlu terlalu rumit tapi pastikan untuk mengupdate stock barang secara berkala. Selanjutnya, optimalisasi proses tersebut dengan memilih keyword yang tepat ketika memasukkan barang ke platform e-commerce.

Contohnya, mengingat sekarang sedang masa pandemi, jadi semua hal yang bergantung dengan COVID-19 dan potensi prefensinya seperti Vitamin dan Obat pasti akan diincar. Nah, kalau OLSHOP kamu kebetulan fokus ke transaksi multivitamin, kamu bisa gunakan keyword seperti: “Jual Multivitamin Ampuh untuk Bantu Tangkap Virus Corona”

Jangan Ragu untuk Promosi

Kunci utama agar cara kerja OLSHOP kamu bisa lancar adalah dengan beriklan. Eits tapi bukan dengan iklan konvensional ya. Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan jaringan pribadi. Buka kontak whatsapp kamu dan mulai promosi ke teman-teman, kerabat dan kenalan kamu. Tapi ingat, pastikan kamu mengirim pesan yang terkesan personal untuk menghindari image spamming.

Langkah selanjutnya adalah dengan menjajakan langsung ke platform-platforma media sosial. Cari kata-kata kunci dengan bantuan # dan mulai bangun brand online dengan target jangka panjang. Sekali lagi, hindari spamming di kolom komentar karena terbukti, impact-nya malah tergolong negatif.

Last but not least, semua hal tentang OLSHOP adalah tentang kesabaran dan uji mental. Terlepas dari skala toko online yang berencana kamu buka, memulai sebuah bisnis akan memerlukan waktu, tenaga dan kesabaran. Jadi pastikan kamu sudah punya stok tiga komponen tersebut sebelum memilih untuk terjun ke dunia e-niaga. Semoga beruntung!

Related posts