Cara Kirim Lamaran Kerja Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Kerja Lewat Email

Cara kirim lamaran kerja lewat email mungkin sudah lumrah bagi para pencari lowongan kerja. Akan tetapi, bagi fresh graduate yang belum berpengalaman mengirimkan lamaran kerja, tentu cukup kebingungan. Bagi mahasiswa yang baru lulus kuliah tentu saja yang dipikirkan pertama kali ialah segera mendapatkan pekerjaan. Tak sedikit orang, khususnya fresh graduate yang mendambakan pekerjaan sesuai dengan jurusan atau program pendidikan yang ditempuh semasa kuliah.

Ketahui Syarat Melamar Pekerjaan

Sebelum membahas cara kirim lamaran kerja lewat email, Kamu harus tahu dulu apa saja syarat melamar pekerjaan. Salah satu persyaratan melamar kerja di sebuah perusahaan yang Kamu inginkan ialah harus mengirimkan lamaran kepada perusahaan tersebut. Adapun syarat-syarat tersebut secara umum ialah dengan mempersiapkan dokumen berikut :

Read More

1. Surat Lamaran

Surat lamaran adalah dokumen utama yang paling penting jika kamu akan melamar pekerjaan. Bisa dibilang, surat lamaran termasuk kunci utama yang bisa memikat perhatian pihak personalia atau HRD. Oleh karena itu, buatlah surat lamaran yang menarik dengan kata-kata yang bisa dipertanggungjawabkan.

Umumnya surat lamaran berisi permohonan melamar pekerjaan di perusahaan tertentu sesuai lowongan kerja yang tersedia. Di samping itu, di bagian akhir juga harus dijelaskan tentang beberapa dokumen pelengkap sebagai lampiran yang terdapat dalam surat lamaran.

2. Dokumen Pelengkap

Ada beberapa dokumen pelengkap yang harus kamu lampirkan supaya surat lamaranmu dilengkapi oleh dokumen pendukung. Beberapa dokumen pelengkap yang dimaksudkan diantaranya :

  • Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang telah dilegalisir.
  • Curriculum Vitae (CV).
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) berupa fotokopi
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir bila diperlukan.
  • Kartu Kuning bila diperlukan.
  • Surat sehat dari instansi kesehatan.
  • Pas Foto ukuran 2 x 3 atau 3 x 4 dengan latar belakang berwarna merah atau biru.

Persyaratan diatas merupakan persyaratan umum terkait dokumen pelengkap untuk melamar pekerjaan. Artinya setiap perusahaan atau instansi yang dilamar akan mengeluarkan kebijakan yang berebda, terkait persyaratan dokumen yang harus dilampirkan.

Metode Pengiriman Lamaran Kerja

Secara umum ada 3 metode mengirimkan lamaran kerja di sebuah instansi atau perusahaan, diantarranya :

1. Pengiriman Lewat Pos

Cara pertama mengirimkan lamaran kerja yaitu melalui pos. Ini berlaku jika perusahaan atau instansi yang kamu tuju memberlakukan persyaratan seperti itu. Kirimkanlah surat lamaran melalui kantor pos resmi agar pengiriman bisa lebih cepat. Cantumkanlah alamat perusahaan dengan benar agar surat lamaran yang kamu kirimkan bisa sampai ke tangan HRD.

2. Datang Langsung ke Perusahaan

Cara kedua yaitu dengan cara datang langsung ke perusahaan yang hendak kamu lamar. Akan tetapi, biasanya jika kamu memakai cara ini umumnya Kamu hanyua bisa menyampaikan lamaranmu ke satpam yang berjaga di perusahaan tujuanmu. Dengan kata lain, tidak langsung diberikan ke pihak HRD Perusahaan tersebut. Maka dari itu, Kamu harus memastikan agar satpam tersebut langsung menyampaikan surat lamaran yang Kamu buat ke tangan HRD.

3. Melalui Email

Metode yang ketiga tentu saja yang akan kita bahas, yaitu cara kirim lamaran kerja lewat email. Sebenarnya cara ini bisa dibilang paling mudah, sebab Kamu hanya perlu mengakses internet saja untuk mengirimkan surat lamaran beserta dokumen yang dilampirkannya. Namun, Kamu harus tahu bahwa jika ingin mengirimkan surat lamaran kerja lewat email, Kamu pun harus memastikan jika perusahaan tersebut menerima lamaran lewat email.

Cara Kirim Lamaran Kerja Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Kerja Lewat Email
Kirim Lamaran Kerja Lewat Email

Tutorial Kirim Lamaran Kerja Lewat Email

Tata cara kirim lamaran kerja lewat email sebenarnya sangat praktis dan mudah dilakukan. Namun, untuk melakukannya Kamu membutuhkan trik-trik khusus supaya bagian Personalia atau HRD bisa terpikat dengan lamaran yang Kamu kirimkan lewat email.

Tidak sedikit para pencari kerja mengetahui tips dan trik mengirimkan surat lamaran melalui email dengan benar, oleh karena itu dibawah ini akan dijelaskan beberapa langkah mudah sehingga kamu bisa mengirimkan surat lamaran melalui email secara professional :

1. Kirim Semua Dokumen yang Diperlukan

Langkah pertama, persiapkan dulu semua dokumen yang diperlukan untuk mengubah file ekstensi sesuai yang diperlukan. Biasanya dalam bentuk PDF maupun JPEG. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa file yang harus kamu siapkan dalam bentuk softfile :

  • Surat lamaran yang akan kamu kirimkan dalam bentuk PDF, namun ada juga yang memperbolehkan dalam bentuk DOC/DOCX.
  • Curriculum Vitae (CV) yang menarik dan penulisan yang baik dalam bentuk PDF.
  • Scan ijazah asli lengkap dengan transkrip nilai dalam bentuk PDF maupun JPEG.
  • Kartu Identitas seperti Kartu Tanda Penduduk dalam bentuk PDF atrau JPEG.
  • Pas Foto yang diminta oleh perusahaan.

Hal yang harus diperhatikan terkait ukuran tiap-tiap file dokumen di atas ialah dengan memperhatikan kualitas file supaya lebih mudah dibaca oleh HRD perusahaan. Sebaiknya jangan pernah mengedit dokumen, khususnya ijazah atau transkrip nilai karena hal ini bisa melanggar hukum. Kamu hanya perlu melakukan editing Curriculum Vitae (CV) saja jika ada informasi mengenai profil dirimu yang belum kamu tambahkan.

2. Pergunakan Alamat Email yang Profesional

Cara kirim lamaran kerja lewat email selanjutnya, pastikan Kamu memakai alamat email yang profesional. Sebagai saran, jika Kamu ingin mengirimkan dokumen lamaran pekerjaan lewat alamat email, pastikan Kamu memakai namamu sendiri.

Jika sebelumnya kamu memiliki alamat email dengan nama yang alay, sebaiknya jangan gunakan akun email tersebut untuk mengirimkan lamaran pekerjaan. Buat email khusus untuk melamar pekerjaan dengan nama yang sesuai dengan nama lengkapmu.

3. Kirim Email Sesuai Standar Pengiriman

Ada beberapa kolom di jendela email yang wajib kamu isi. Jadi, jangan sampai ada satu atau beberapa kolom yang tak terisi. Sebab bisa mengurangi nilai estetika dalam pengiriman surat lamaran. Adapun standar pengiriman yang wajib kamu isikan diantaranya :

  • Isilah nama penerima email yang akan kamu tuju dengan benar. Perhatikan setiap detilnya karena alamat email begitu sensitif walaupun hanya beda satu karakter saja yang bisa menyebabkan pesan tidak terkirim.
  • Cc penerima diisi dengan lengkap jika diminta oleh perusahaan atau instansi yang kamu lamar.
  • Kolom subyek diisi dengan lamaran pekerjaan yang dimaksud atau ikuti perintah yang harus diisi sesuai dengan format yang diberikan oleh perusahaan pencari pekerja.
  • Isi email dengan surat lamaran yang sebelumnya kamu persiapkan. Biasanya isi email berupa penjelasan surat lamaran yang berisi tentang alasanmu ingin menjadi bagian perusahaan berdasarkan lowongan pekerjaan yang tersedia.
  • Lampiran-lampiran. Isinya adalah dokumen pelengkap yang mengiringi surat lamaran pekerjaan yang telah kamu sisipkan pada isi email.

4. Jangan Memakai Format ZIP atau RAR

Walaupun sebenarnya Kamu bisa menyatukan lampiran dalam bentuk ZIP atau RAR, tapi sebaiknya hindari mengirimkan lampiran dalam bentuk format ZIP atau RAR jika Kamu ingin melamar pekerjaan. Terkecuali jika di dalam lowongan pekerjaan dijelaskan dokumen bisa dilampirkan dalam bentuk RAR ataupun ZIP. Jika tidak ada keterangan, sebaiknya rinci lampiran di bagian bawah email dengan melampirkan file satu per satu.

5. Memakai Bahasa Baku

Hal yang harus diperhatikan dalam cara kirim lamaran kerja lewat email lainnya ialah pastikan memakai bahasa baku atau formal. Baik bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, kamu harus pastikan untuk memakai bahasa baku. Hindari bahasa gaul karena pihak HRD tidak akan mentolerir dan kemungkinan besar lamaran yang kamu kirim akan ditolak mentah-mentah.

Ya, itulah 5 tips cara kirim lamaran kerja lewat email yang harus Kamu lakukan berikut ketentuan yang perlu diperhatikan agar lamaran pekerjaanmu mendapat perhatian dari pihak HRD.

 

 

Related posts