Cara Kerja Brilink

  • Whatsapp

Tahukah Kamu bagaimana cara kerja BRILink? BRILink biasa disebut juga sebagai layanan mini ATM, yang memungkinkan kita bisa bertransaksi dengan mudah tanpa harus pergi ke kantor cabang BRI. Dengan BRILink, nasabah BRI bisa melakukan berbagai macam transaksi, mulai dari transfer, penarikan tunai, pembayaran tagihan dan lain sebagainya. Mengingat potensi keuntungan yang didapat sangat besar dengan menjadi agen BRILink, tak heran jika banyak orang tak ingin melewatkan peuang emas ini.

Dengan kata lain, BRILink ialah sebuah sistem pembayaran yang multiguna, dimana nasabah bisa bertransaksi memakai mesin EDC atau electronic data capture. Nah, mesin EDC itulah yang dipakai untuk menghubungkan kartu ATM BRI dengan seluruh transaksi perbankan yang bisa dinikmati layaknya fasilitas di kantor cabang BRI.

Read More

Cara Kerja BRILink

Cara Kerja BRILink
Bagaimana BRILink Bekerja?

Bagaimana BRILink Bekerja?

Pada dasarnya cara kerja BRILink sendiri ialah dengan cara memanfaatkan sistem perjanjian kerja antara bank BRI bersama pihak rekanan atau agen BRILink itu sendiri. Kamu juga harus tahu bahwa agen tersebut tidak harus selalu pegawai BRI, namun siapa saja bisa mendaftarkan diri menjadi agen. Selanjutnya agen tersebut diberikan kesempatan melakukan aktivitas perbankan yang berguna untuk memberikan fasilitas dan layanan bank BRI kepada masyarakat.

Layanan perbankan bersifat non tunai tersebut bisa dilakukan melalui media virtual, serta bisa berupa layana e-money, atau uang elektronik, sebagai rekening bank virtual yang bisa dipakai untuk menyimpan saldo atau bertransaksi.

Layanan Transaksi Agen BRILink

Dalam cara kerja BRILink, ada 3 layanan transaksi perbankan yang diberikan oleh bank BRI. Diantaranya layanan T-Bank, Mini ATM BRI, dan Lakupandai. Dimana ketiganya menawarkan fitur yang berbeda.Kamu bisa lihat penjelasannya berikut :

Terkait:  Cara Kerja FB Ads

1. Layanan T-Bank

T-Bank adalah fasilitas perbankan berbasis digital dengan memanfaatkan server dari Bank BRI. Menariknya layanan ini memungkinkan para nasabah BRI dapat bertransaksi memakai nomor Hp yang selanjutnya akan didaftarkan menjadi nomor rekening. Dengan layanan ini, para nasabah BRI dapat melakukan transaksi tarik tunai, menabung, dan melakukan pembayaran setoran pinjaman lewat agen BRILink.

2. Lakupandai

Fasilitas transaksi perbankan yang satu ini bisa dilakukan tanpa lewat jaringan BRI. Dengan fasilitas Lakupandai, agen BRILink dapat menerima transaksi berupa report, cash in dan cash out, isi pulsa, tarik tunai, setor tunai, hingga berbelanja di berbagai merchant yang sudah terpilih.

3. Mini ATM BRI

Seluruh agen BRILink bisa mendapatkan fasilitas mesin EDC untuk dijadika mini ATM BRI. Dengan fasillitas perbankan ini, biasanya agen BRILink dapat melakukan transaksi bersifat non tunai, misalnya pendaftaran Internet Banking, Mobile Banking, Pembayaran, Transfer, cek informasi saldo, setor tunai, dan pengisian ulang pulsa.

Persyaratan Menjadi Agen BRILink

Agar Kamu bisa mendapatkan seluruh fasilitas perbankan di atas, Kamu harus mendaftarkan diri sebagai agen BRILink terlebih dahulu. Berikut persyaratan yang wajib dipenuhi :

  • Merupakan nasabah bank BRI dan tentunya harus terdaftar sebagai WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Menyetorkan sejumlah uang jaminan dengan nilai Rp. 3 juta khusus untuk EDC. Saldo tersebut nantinya akan terblokir setelah Kamu berhasil sebagai agen BRILink.
  • Mempunyai surat keterangan usaha desa setempat.
  • Mempunyai bisnis minimal selama 2 tahun.
  • Harus mempunyai smartphone android dengan sistem operasi minimal OS 4.4.
  • Mempunyai koneksi internet stabil serta printer mobile (bersifat opsional).
  • Punya rekening bank BRI dengan saldo mencukupi atau menyesuaikan ketentuan bank BRI agar dapat melakukan transaksi.
Terkait:  Cara Kerja ERP

Sementara untuk persyaratan dokumen yang harus dipersiapkan, ialah sebagai berikut :

  • Fotokopi KTP
  • Menyertakan fotokopi NPWP dari Badan Usaha atau Pemilik Usaha.
  • Mempersiapkan dokumen tentang legalitas usaha, berupa SIUP, SKU (Surat Keteranga Usaha) dari RT/RW, SITU, Akta pendirian (bagi yang berbadan hukum), dan TDP (bagi agan yang berbadan usaha). Kamu bisa siapkan fotokopian semua dokumen ini.
  • Bagi agen individu, setorkan fotokopi berupa SK pensiunan atau pegaawai.
  • Telah melengkapi bukti kepemilikan rekening tabungan bank BRI fotokopi, baik berbentuk fotokopi rekening koran atau buku tabungan.
  • Telah melakukan pengisian formulir permohonan untuk mengajukan sebagai agen BRILink dan tanda tangan kerja sama BRILink.

Cara Mendaftar BRILink

Jika sudah melengkapi seluruh persyaratan  dan dokumen yang ditetapkan, Kamu tinggal mendaftarkan diri sebagai agen BriLink dengan mendatangi kantor cabang BRI terdekat. Berikut ulasannya :

  • Datang ke kantor cabang BRI terdekat sembari membawa file persyaratan registrasi yang sudah dipersiapkan.
  • Setibanya di kantor cabang BRI, sampaikan tujuanmu datang ke bank BRI unuk mengajukan diri sebagai agen BRILink.
  • Dalam proses pengajuan, Kamu tinggal setorkan seluruh dokumen syarat agen BRILink.
  • Tunggu sampai petugas memverifikasi semua dokumen tersebut.
  • Jika seluruh persyaratan dokumen yang dibawa telah memenuhi kriteria menjadi agen BRILink, selanjutnya petugas bank langsung survei ke tempat usaha Kamu.
  • Jika proses pengajuan sudah disetujui, Kamu akan diminta melakukan tanda tangan atas perjanjian kerjasama.
  • Setelah itu, bank akan langsung memberimu fasilitas transaksi, seperti halnya mesin EDC yang dijadikan sebagai mini ATM dan dokumen lainnya.

Jika semua proses sudah Kamu lewati dan Kamu berhasil menjadi agen BRIlink, untuk cara kerja Brilink akan langsung diberikan panduan lewat buku atau dokumen yang diberikan oleh pihak bank BRI.

Cara Mengecek Laporan transaksi dan Fee Agen BRILink

Jika Kamu ingin mengecek laporan transaksi serta berapa fee yang didapatkan dari hasil transaksi yang dilakukan di mesin EDC BriLink, Kami akan bagikan panduannya. Bagi agen BRILink, Kamu sebenarnya akan menerima sharing fee dengan nominal yang bervariasi dari tiap jenis transaksi yang dilakukan.

Terkait:  Cara Kerja Laptop

Menurut buku saku agen BRILink, maksud dari sharing fee ini ialah sistem pembagian fee yang ditetapkan oleh bankk BRI kepada agen BRIlink terhadap transaksi dan komisi BRilink dengan jumlah/nilai sesuai kesepakatan. Berikut panduannya!

  • Apabila Kamu ingin mengecek fee yang Kamu peroleh di tiap transaksi perbankan yang berhasil, cara kerja BRILink yang bisa Kamu lakukan ialah tinggal login ke link berikut agen.bri.co.id!
  • Jika sudah Kamu tinggal menginputkan password dan username yang Kamu terima lewat SMS ketika disetujui sebagai agen BRiLink. Lalu, silahkan ketuk login!
  • Sesudah login, Kamu akan masuk ke menu dashboard.
  • Tekan menu ikon tiga garis di samping kiri paling atas, lalu Kamu akan ditampilkan ke menu transaksi.
  • Silahkan ketuk “Download Laporan”. Dari situ, Kamu akan menerima 2 pilihan yaitu laporan bulanan atau laporan harian. Apabila Kamu memilih laporan per bulannya akan tampil menu “Laporan Bulanan BRILink”.
  • Kemudian pilih bulan serta tahun yang akan Kamu unduh laporannya. Jika sudah, ketuk download. Nah, berdasarkan laporan tersebut Kamu dapat mengetahui jumlah transaksi dan fee yang Kamu dapatkan. Selanjutnya Kamu tinggal menyesuaikan atau mencocokkan jumlahnya dengan nominal fee yang sudah masuk ke tabungan BRI-mu, apakah sudah sesuai atau bahkan ada kekeliruan?

Nah, itulah cara kerja BriLink mulai dari cara BRilink bekerja, persyaratan, cara daftar dan cek fee transaksi yang sudah dilakukan menggunakan mesin EDC sebagai agen BRILink. Bagaimana, tertarik mendaftar agen BRILink?

 

Related posts