Cara Kerja Google Adsense

Sebenarnya ada banyak metode untuk menghasilkan uang, seperti berjualan hingga menyediakan layanan/jasa online, seperti Youtuber, Blogger, maupun yang lainnya. Dimana pekerjaan online tersebut mengutamakan berbagai konten menarik sekaligus membawa para pengunjung agar bisa terus berinteraksi. Dari sinilah, para Youtuber dan Blogger mendapatkan penghasilan melalui bantuan dan cara kerja Google Adsense.

Google Adsense tak hanya mengandalkan konten saja tetapi juga menggabungkan dengan cara menyisipkan iklan yang ada diantaranya. Metode ini termasuk trik yang paling ramai diminati oleh para pemilik blog, channel Youtube dan website.

Read More

Di samping itu, para pengguna Google Adsense pun tak perlu lagi khawatir tentang iklan-iklan yang harus disisipkan pada konten mereka. Sebab iklan-iklan tersebut akan disaring lebih dulu agar menyesuaikan dengan niche atau tema pemilik blog, Youtube atau website. Lalu, apakah Kamu juga tertarik mencoba menghasilkan uang dari Youtube maupun blog melalui Google Adsense? Jika ya, ketahui bagaimana cara kerja Google Adsense terlebih dahulu.

Kenali Sistem Google Adsense Bekerja

Google Adsense adalah program periklanan dari Google yang biasanya mengizikan pengguna sebagai partner. Dimana semua pengguna dapat mengikuti layanan-layanan tersebut yang memenuhi persyaratan, dengan mempunyai blog atau website. Pemilik website atau user dengan program Adsense akan mendapatkan bayaran dari Google ketika iklan diklik pengunjung.

Terkait:  Cara Kerja AC Inverter

Biasanya ciri-ciri situs web yang mengikuti program tersebut ditandai dengan adanya iklan pada sidebars atau tepat di tengah-tengah konten artikel. Tapi biasanya tergantung dari bagaimana pengguna mengaturnya. User kebanyakan melakukan monetisasi dengan menggunakan Google Adsense. Cara kerja Google Adsense sebenarnya cukup mudah, Google Adsense memberikan penawaran komisi lebih besar daripada memakai layanan serupa.

Ini tentu saja memberikan kesempatan yang tak bisa dilewatkan oleh semua pemilik web. Kini banyak yang beramai-ramai memanfaatkan Adsense untuk masing-masing website. Sehingga tak sedikit pemilik website yang telah mendaftarkan Adsense untuk meningkatkan konten dan penjualan mereka.

Cara Kerja Google Adsense

Cara Kerja Google Adsense
Kerja Google Adsense

Sistem Kerja Google Adsense

Cara kerja Google Adsense dapat Kamu praktekkan agar meraup lebih banyak penghasilan dari Adsense, berikut ulasannya :

1. Buat Akun Adsense

Kamu harus membuat akun terlebih dahulu di Adsense untuk memulai cara kerja Google Adsense. Caranya kunjungi halaman sign up di Google Adsense, kemudian tekan “Daftar Sekarang”. Setelah itu, Kamu akan diminta untuk melakukan pengisian form pendaftaran. Silahkan isi sesuai email dan websitemu.

Gulir ke bawah lalu tekan “Save & Continue” untuk melanjutkan ke menu berikutnya. Silahkan tunggu sampai mendapatkan verifikasi lanjutan,Kamu hanya perlu gulir ke bawah dan  ketuk “Create Account”. Jadi sampai di sini, Kamu pun telah memiliki akun aktif, namun masih belum bisa memakai Google Adsense. Kamu tinggal mengaktifkannya terlebih dahulu.

2. Mengaktifkan Akun Google Adsense

Jika Kamu sudah mendaftar Adsense, maka langkah pertama Kamu bisa masuk ke dalam menu dashboard Adsense. Isi informasi sesuai yang diminta, karena alamat tersebut bisa menjadi persyaratan untuk pembayaran. Selanjutnya copy baris kode ke website yang telah diberikan. Silahkan centang di tulisan “I’ve pasted the code into my site”. Hal ini bertujuan agar Adsense bisa mengecek dan melakukan audit di websitemu. Lalu tekan “Done”.

Google Adsense biasanya memintamu untuk menunggu paling maksimal selama 3 hari. Apabila registrasi sudah diterima, maka Kamu akan mendapatkan email pengaktifkan serta apabila ditolak, Kamu juga akan mendapatkan email yang didalamnya berisi alamat penolakan.

Terkait:  Cara Kerja Chiller

3. Membuat Iklan di Google Adsense

Sesudah pendaftaran Adsense disetujui, ini artinya akunmu sudah aktif. Setelah itu, Kamu tinggal buat iklan, untuk dimasukkan ke dalam websitemu. Hal tersebut menarik karena dapat mengatur iklan sesuai kebutuhan dan keinginan. Selanjutnya ada 3 hal yang bisa Kamu lakukan untuk pengaturan iklan Google Adsense diantaranya, buat unit Ads atau iklan, pilih jenis iklan dan pilih gaya font atau teks iklan sesuai keinginan.

4. Menambahkan Iklan Google Adsense di Website

Cara kerja Google Adsense selanjutnya Kamu bisa menambahkan iklan melalui 2 cara, diantaranya dengan cara manual melalui code editor atau melalui plugin otomatis.

Mekanisme Kerja Google Adsense

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara kerja Google Adsense memang sederhana. Jadi pemilik website atua blog yang telah mempunyai lebih banyak pengunjung, lalu ingin memperoleh penghasilan dan Kamu bisa mendaftarkan blog atau web tersebut ke Adsense. Apabila  pengajuanmu diterima, mka Kamu sebagai pemilik web mendapatkan akun Adsense.

Selanjutnya, Kamu harus menempelkan kode Adsense menuju website atau blogmu. Setiap kali ada yang mengklik iklan tersebut, Kamu akan menerima penghasilan. Kemudian tiap tanggal 22  per bulannya, penghasilanmu ditransfer langsung ke rekening bank berdasarkan akun bank yang telah didaftarkan di Adsense.

Persyaratan Agar Akun Website Disetujui Adsense

Ada 4 hal terpenting agar mendapatkan persetujuan pihak Adsense, diantaranya website harus sudah berusia setidaknya 6 bulan lamanya, situs web milikmu harus memiliki traffic yang layak, harus menyajikan konten orisinal dan ketika menambahkan iklan Google Adsense kali pertama, makapastikan Kamu meletakkan iklan tersebut di ata flip.

Bagaimana Jika Akun Website Tidak Disetujui?

Jika akunmu tidak disetujui, Kamu perlu mempelajari email mereka dengan seksama yang berisi penjelasan kenapa mereka tidak menerimamu. Kamu juga bisa masuk ke forum Adsense lalu cek yang sudah dilakukan banyak orang yang pernah mengalami hal serupa. Silahkan baca kembali pedoman adsense dan Kamu bisa mendaftar apa saja yang harus dikoreksi. Paling tidak, tunggu 2 minggu lalu terapkan lagi.

Terkait:  Cara Kerja Relay

Tips Untuk Tingkatkan Pendapatan di Google Adsense

Menurut rekomendasi Google, Kamu bisa mengikuti beberapa tips agar penghasilanmu bertambah lewat Google Adsense :

1. Pakai Ukuran Iklan Besar

Kamu bisa memakai unit pada iklan banner dengan ukuran besar. Sebenarnya tak perlu seluruh iklan di web yang ditayangkan harus berukuran besar, namun pastikan banner iklan di website-mu kebanyakan berukuran besar.

Para pengiklan akan memberikan lelang atau bid tinggi bagi banner yang berukuran besar. Jadi Kamu akan berpotensi mendapatkan penghasilan lebih besar. Tapi seenarnya ukuran iklan saat ini tak terlalu penting. Sebab Google menawarkan kode iklan yang responsive.

2. Memilih Topik Sesuai Keyword Adsense Tinggi

Memilih topik di website atau blog-mu juga akan berpengaruh terhadap iklan yang disajikan. Misalnya contoh pada blog yang berniche teknologi, jadi sebagian besar Kamu menampilkan iklan seputar teknologi.

Adapun high paying keyword adsense ialah keyword dengan Cost per Click (CPC) tinggi yang akan dibayarkan pihak advertiser.

3. Menulis Konten Secara Konsisten

Rajin mengisi atau menulis konten blog merupakan kunci paling penting. Dimana semakin banyak konten tulisna yang kamu banyak maka konten yang akan terindeks oleh Google pun semakin banyak. Ini artinya, akan semakin banyak juga kesempatan pengunjung berdatangan. Karena trafik sejatinya ialah pencetak uang di Adsense.

Bagaimana, cara kerja Google Adsense dan trik-trik di atas sangat mudah diikuti bukan? Pastikan pula Kamu beriklan dengan Google Adsense melalui konten-konten berkualitas.

 

 

Related posts