Cara Pasang Alarm Mobil

Cara Pasang Alarm Mobil

Bagaimana cara pasang alarm mobil dengan benar? Melindungi aset berharga adalah sebuah kewajiban, karena pencurian biasanya tak pernah kenal waktu. Memiliki kendaraan roda empat, tentu saja membuat kita merasa khawatir dengan aksi pencurian, apalagi tindakan pencurian kendaraan bermotor yang kian marak saat ini.

Maka dari itu, sebagai bentuk antisipasi untuk menghindari aksi pencurian kendaran terjadi, Kamu bisa memasang alarm mobil. Tujuannya iala supaya si pencuri mnjadi kesulitan menjalankan aksinya. Fungsi alarm sendiri sebagai tenda peringatan, tentu saja alarm akan sangat berguna untuk manusia. Bakhan seiring waktu, alarm kian mengalami perubahan.

Hal tersebut bisa dilihat berdasarkan fungsi alarm itu sendiri, yang kian meluas bahkan sampai ke dunia otomotif. Adapun yang kini paling banyak dipakai ialah alarm mobil. Mempunyai remote alarm kendaraan roda empat menjadi kewajiban dalam meningkatkan sistem keamanan kendaraanmu.

Meskipun demikian, dalam cara pasang alarm mobil pun tidak dapat dilakukan sembarangan. Sebab alarm model lama tak mempunyai sistem keamanan khusus. Ini artinya, alarm tak dapat menangkal pencuri bahkan para pencuri terkadang lebih lihai menyiasati alarm mobil tersebut.

Dengan adanya berbagai pilihan alarm mobil yang canggih, membuat para pemilik mobil dapat memilih alarm tergantung keinginan. Ketika Kamu memutuskan memasang alarm, sebaiknya pilih alarm yang berkualitas dan pastikan kondisi aki mobilmu dalam kondisi prima.

Cara Pasang Alarm Mobil

Cara Pasang Alarm Mobil
Tutorial Pasang Alarm Mobil

Tutorial Pasang Alarm Mobil

Ada beberapa produsen otomotif saat ini telah memasang alarm, tapi tak sedikit pula pengemudi harus membelinya secara terpisah serta harus memasang alarm sendiri. Biasanya alarm yang digunakan adalah jenis alarm universal.

Sebenarnya dalam cara pasang alarm mobil universal sendiri memerlukan ketelitian tinggi, tak semua orang bisa memasangnya sendiri. Apabila salah pemasangan, bisa dipastikan jika alarm tak akan berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, jika berniat untuk membeli alarm serta Kamu ingin memasang alarm mobil, sebaiknya ikuti langkah-langkah cara pasang alarm mobil universal sendiri. Berikut ini ulasannya :

1. Memahami Wiring Diagram

Pastikan untuk mengetahui apa itu wiring diagram saat hendak memasang alarm universal sendiri. Adapun wiring diagram adalah gambar kerja yang bentuknya sederhana tentang petunjuk rangkaian kabel dan Kamu harus mengikutinya saat instalasi alarm.

Biasanya alarm aftermarket terdiri atas 4 pistol penggerak atau lock actuator. Ada juga komponen pendukung yang lainnya berupa 4 batang kawat penarik, central lock dengan modul dan 1 set kabel yang diterapkan pada 4 pintu.

2. Menghubungkan Kabel

Komponen utama dari lock actuator itu sendiri adalah 5 kabel yang berwarna-warni, diantaranya ada warna kuning, hitam, merah, putih, biru dan oranye. Dimana beberapa kabel ini dapat dipasang pada pintu pengemudi dengan sisanya dapat dipasang pada pintu lain.

Jika lock actuator telah terpasang, maka selanjutnya Kamu tinggal memasang modul di bawah dasbor. Untuk memasang modul alarm itu sendiri ialah dengan menghubungkan kabel powert ke aki dari bagian modul central lock.

Adapun tujuan langkah ini ialah supaya modul memperoleh suplai listrik dan apabila semuanya telah terpasang, bisa dilanjutkan dengan cara merapikan semua kabel.

3. Menyambungkan Dengan Alarm

Cara pasang alarm mobil selanjutnya ialah, sebelumnya komponen central lock telah terpasang pada lock actuator, kemudian Kamu dapat menghubungkan atau menyambungkan dengan alarm. Adapun caranya cukup dengan menghubungkan kabel pada modul central lock menuju modul alarm mobil.

Hubungkan modul alarm supaya dapat bekerja dengan maksimal, biasanya kabel yang berwarna merah dihubungkan pada aki mobil positif (+). Sedangkan kabel berwarna hitam dihubungkan ke bagian negatif atau (-).

Setelah terhubung, Kamu bisa menyambungkan kabel ke sirine beserta perangkat sirine. Sisipkan pada bagian bawah dasbor supaya terlihat rapi. Lalu ikat kabel supaya tidak berantakan.

Tutorial Pasang Alarm Mundur Pada Mobil

Jika alarm pada umumnya untuk sistem keamanan, sedangkan alarm mundur ini berfungsi untuk memudahkanmu memarkirkan mobil. Terlebih bagi yang masih tidak terbiasa memperkirakan bagaimana jarak aman untuk memarkir mobil. Apabila ingin memasang alarm sendiri, di bawah ini ada panduan cara pasang alarm mobil mundur di bawah ini :

1. Persiapkan Backup Alarm

Kamu harus mempersiapkan backup alarm mobil yang telah memp0unyai baut bertanda positif (+) dan negatif (-). Tanda negatif (-) ke dalam kabel ground sedangkan tanpa positif ke dalam kabel +12V maupun 24V. Dimana baut bertanda (+) dapat disambungkan ke dalam jalur kabel dengan tegangan +12V/+24V.

2. Persiapkan Terminal Bulat

Cara pasang alarm mobil mundur selanjutnya ialah persiapkan terminal bulat dengan baut berbentuk 8 dengan sebanyak 2 buah, untuk dipasang pada baut (+) dan baut (-).

3. Pasang Kabel ke Terminal Bulat

Memasang kabel ke dalam terminal bulat dan bentuk baut 8, pastikan pemasangan kabel ke dalam terminal bulat menggunakan warna kabel berbeda. Tujuannya supaya lebih gampang membedakan sambungan pada jalur kabel (+) dan (-). Contohnya, kabel berwarna cokelat digunakan untuk (-) dan kabel berwarna merah untuk (+).

4. Menggulung Isolasi di Bagian Sambungan Kabel

Silahkan gulung memakai isolasi di sambungan kabel menuju terminal bulat supaya tak terjadi konslet apabila kabel baut mengendor.

5. Memasang Kabel

Selanjutnya pasang kabel berwarna merah pada bagian (+) untuk backup alarm, serta kabel berwarna cokelat di kutub (-).

6. Memasang Backup Alarm

Pasangkan backup alarm caranya dengan menyambungkna ke jalur kabel lampu mobil mundur di bagian belakang dan bawah mobil. Kamu bisa mencari posisi backup alarm dekat jalur kabel lampu supaya lebih gampang disambungkan.

Kabel yang berwarna cokelat sebaiknya dipasang pada terminal bulat atau skun ring, lalu pasang pada ground body kendaraan yang bertanda (-).

Kemudian silahkan cari jalur kabel positif (+) pada lampu mundur dengan kabel berwarna merah dari kutub positif (+) backup alarm. Setelah tespen pada aki menyala, jalur lampu mundur (+) pun telah ditemukan serta siap disambungkan pada kabel merah.

7. Menyalakan Lampu Mundur

Silahkan nyalakan lampu mobil mundur dan apabila muncul bunyi beep ini artinya pemasangan alarm mundur sudah berhasil.

Itulah langkah-langkah cara pasang alarm mobil yang dapat Kamu lakukan. Bagaimana, mudah kan?

Mengenal Jenis-Jenis Alarm Mobil

Selain memahami cara pasang alarm mobil, Kamu juga harus mengetahui jenis-jenis alarm mobil, diantaranya :

1. Unlock/Auto Lock

Jenis alarm ini biasanya bekerja menyesuaikan sensor mesin, dimana ketika Kamu ada di dalam mobil, maka otomatis sesudah mesin moibl dinyalakan pintu langsung terkunci. Ketika mesin dimatikan, maka pintu akan langsung terbuka kembali.

2. Remote Controlled Sensor ByPass

Alarm jenis ini dapat diatur sendiri, kapan waktu pintu mobil mesti terbuka atau mesti terkunci menggunakan remote.

3. Two Stage Shock Sensor

Jenis alarm ini cukup responsif terhadap adanya guncangan. Biasanya akan langsung berbunyi apabila terdapat guncangan pertama. Apabila guncangan pertama didiamkan sampai terjadi guncangan yang terus menerus, maka alarm mobil pun bunyinya semakin nyaring.

Itulah beberapa jenis alarm yang dapat Kamu pilih dan beberapa langkah cara pasang alarm mobil yang dapat Kamu ikuti dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

 

Related posts