Cara Jadi Agen Brilink

  • Whatsapp

BRI selain mendirikan kantor cabang baru dengan terus berekspansi hingga ke seluruh Indonesia, juga memberikan program partner atau mitra kerja bersama nasabah. Dimana program tersebut bernama Agen Brilink atau BRILink. Bagaimana sih cara jadi agen BRILink? Dimana program BRILink ini merupakan program keagenan bank BRI untuk para  nasabah yang ingin berpartisipasi untuk melayani transaksi layaknya perbankan bagi nasabah bank BRI.

Dengan kata lain, masyarakat kini tak perlu lagi harus mendatangi kantor perbankan jika ingin bertransaksi. Baik itu untuk melakukan transfer uang, tarik tunai, setor tunai hingga pembayaran tagihan. Agen BRILink seperti itu biasanya sangat diperlukan di daerah pelosok, di area-area yang jaraknya jauh dari lokasi ATM BRI.

Read More

Layanan dan Fasilitas di Agen BRILink

Ada beberapa pilihan fasilitas dan layanan yang ditawarkan BRI kepada BRILink jika bertransaksi, sebagai berikut :

1. T-Bank

T-Bank merupakan layanan perbankan digital dengan memanfaatkan server dari BRI. Kamu hanya perlu memakai nomor HP yang selanjutnya dijadikan sebagai nomor akun rekening.

Adapun fasilitas yang ditawarkan pada produk BRILink yang satu ini ialah setoran pinjaman, tarik tunai, dan setoran tabungan.

2. Lakupandai

Layanan yang satu ini merupakan bagian keagenan BRILink, dimana agen dapat menyediakan berbagai pilihan layanan transaksi keuangan, tanpa melalui jaringan Bank BRI. Ada beberapa fasilitas yang ditawarka pada layanan Lakupandai, diantaranya yaitu fitur setorang uang, Cash in dan cash out, isi ulang pulsa, serta berbelanja di mitra atau merchant terpilih.

Terkait:  Cara Jadi Agen Pulsa

3. Mini ATM BRI

Fitur yang satu ini memungkinkan agen BRILink melakukan transaksi yang bersifat non tunai memakai mesin Mini ATM BRI atau mesin EDC. Adapun fitur yang ditawarkan diantaranya berupa registrasi internet banking, mobile banking, pembayaran tagihan, transfer uang, setor tunai dan pengisian ulang pulsa.

Cara Jadi Agen BRILink

Cara Jadi Agen BRILink
Menjadi Agen BRILink

Menjadi Agen BRILink dan Persaratannya

Cara jadi agen BRILink bisa dilakukan para nasabah BRI, baik nasabah perorangan ataupun badan usaha. Sama halnya saat membuka rekening BRI, Kamu harus mebawa identitas diri, melakukan pengisian formulir serta mengikuti instruksi petugas bank BRI. Berikut panduan menjadi agen BRILink dan persyaratannya :

  • Persiapkan dokumen identitas diri.Baik nasabah perorangan maupun badan usaha, harus mempersiapkan dokumen identitas diri, baik berupa NPWP maupun KTP.
  • Terutama bagi nasabah yang berbentuk badan usaha harus menyerahkan dokumen berisi legalitas usaha, seperti surat keterangan usaha yang dibuat dari RT maupujn RW atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), akta pendirian maupun surat izin usaha yang lainnya.
  • Silahkan bawa tabungan BRI asli beserta salinanya. Jika belum mendaftar nasabah BRI, Kamu harus membuka rekening tabungan BRI terlebih dahulu.
  • Kamu bisa datang ke kantor cabang BRI terdekat, minta formulir dan isi semua data yang terdapat pada formulir permohonan/pengajuan agen BRILink. Setelah itu, lanjutkan dengan mengikuti perintah dari petugas bank BRI.

Jika cara menjadi agen BRIlink di atas sudah selesai dilakukan, Kamu akan diberikan banyak fasilitas untuk mendukung layanan agen BRILink.

Perhitungan Komisi dan Modal Awal Menjadi Mitra BRILink

Setelah mengetahui cara jadi agen BRILink, tentu saja Kamu harus mempersiapkan modal awal. Modal awal agar Kamu memperoleh mesin EDC ATM BRI mini yang digunakan untuk bertransaksi ialah RP. 3 juta.

Terkait:  Cara Jadi Official Store di Tokopedia

Di samping itu, Kamu juga harus mempersiapkan saldo untuk bertransaksi agar dapat memenuhi permintaan nasabah/pelanggan.

Misalnya saja, di awal Kamu arus mempersiapkan dana sebesar Rp. 3 juta. Sehingga total uang yang diperlukan di awal sebesar Rp. 6 juta.

Supaya Kamu bisa langsung balik modal, maka Kamu harus mencapai sebanyak 600 transaksi. DImana angka tersebut didapatkan berdasarkan margin keuntungan sebesar Rp. 5.000 dengan rumus berikut ini ;

Modal Awal mesin EDC Rp. 3 juta/Rp. 5.000 = 600 jumlah transaksi yang wajib dipenuhi.

Jika dikejar selama 1 bulan, Kamu harus memperoleh sebanyak 20 transaksi setiap harinya. Namun tentu saja Kamu tak perlu ragu, karena bukan hal yang mustahil untuk mencapai kesuksesan dari hasil menjadi agen BRILink.

Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Ada banyak keuntungan yang didapat jika Kamu menjadi agen BRILink, diantaranya sebagai berikut :

1. Dapat Meningkatkan Brand Usaha

Apabila Kamu mempunyai usaha lain, misalnya saja membuka usaha kelontong maka membuat pamor toko yang Kamu buat lebih meningkat. Sebab adanya spanduk berlogo BRILink yang dipasang di depan tokomu.

Misalnya, Anita mempunyai sebuah toko kelontong, lalu Anita mendaftar sebagai agen BRILink, Anita merasa setelah dirinya menjadi agen BRILink, ada banyak pelanggan yang berdatangan ke toko Anita. Hal ini dikarenakan, pelanggan bisa melakukan berbagai macam layanan, termasuk cara cek saldo BRI, bayar listrik, beli pulsa maupun transfer uang.

2. Membantu Mempermudah Nasabah BRI Lainnya

Keuntungan cara jadi agen BRILink berikutnya ialah, kita bisa ikut membantu para nasabah bank BRI lainnya. Tentu saja hal ini bisa mendatangkan kebahagiaan dan kepuasan pada diri sendiri.

Bank BRI adalah bank dengan laba terbesar sejak tahun lalu, dimana setiap kita pergi ke kantor bank BRI, biasanya kita sering melihat banyak orang berjubel mengantri di bank BRI. Bahkan saking banyaknya nasabah yang datang, ada pula orang yang menunggu panggilan nomor antrian hingga 5 jam lamanya.

Terkait:  Cara Jadi Drophip di Shopee

Biasanya hal tersebut terjadi saat tanggal baru. Jika PNS atau para pensiunan akan menerima gaji. Akan tetapi bukan hanya awal bulan saja, BRI sendiri memang kerap memberlakukan sistem nomor antrian melalui mesin yang terseda karena tidak sedikit nasabah BRI yang ingin melakukan tarik tunai, setor tunai, pembayaran tagihan dan lainnya.

Akan tetapi, kehadiran layanan Brilink di berbagai pelosok daerah seperti di rumah, membuat banyak orang lebih leluasa. Karena mereka tak perlu lagi mengantri lama-lama atau tak perlu berdandan sedemikian rupa hanya untuk bertransaksi tarik tunai apalagi pengecekan saldo.

3. Fee atau Komisi yang Diperoleh Agen BRILink

Pada dasarnya keuntungan mendatar agen BRIlink paling utama ialah komisi. Karena komisi yang menarik dan kecenderungan banyak pelanggan atau nasabah yang berdatangan ke tempat usaha, membuat Anda tertarik membuka layanan agen BRILink.

4. Menciptakan Hubungan Baik Bersama Karyawan BRI

Jika Kamu sudah menjadi agen BRILink, biasanya Kamu harus selalu menyetor deposit ke bank BRI. Dengan demikian membuat kita menjadi familiar di mata pegawai BRI. Mereka akan sangat berbahagia karena Kamu menjadi bagian dalam bisnis BRI. Secara tidak langsung, Kamu sudah memberikan sumbangsih laba kepada mereka.

Belum lagi kita akan memperoleh kepercayaan para staf atau pihak bank BRI, dimana ini adalah syarat utama jika Kamu ingin memperoleh pinjaman modal usaha.

Nah, itulah tahapan demi tahapan proses cara jadi agen BRI dan keuntungan yang bisa Kamu dapatkan dengan menjadi agen BRI. Untuk komisinya sendiri biasanya BRI menerapkan sistem sharing fee dan komisi tambahan. Bagaimana, menarik bukan?

 

Related posts