Cara Kerja Binomo

Perkembangan trading online saat ini terus meningkat di Indonesia, seiring meningkatnya pola pikir masyarakat milenial. Sudah banyak orang yang menjadikan trading online sebagai cara cepat untuk menghasilkan banyak uang di samping cara investasi dollar. Memberikan kemudahan akses, sistem trading online tentunya memberika harapa dan peluang untuk seluruh lapisan masyarakat demi meningkatkan aset. Salah satu trading online yang banyak disukai saat ini ialah cara kerja Binomo.

Memahami Konsep Binomo

Sebelum membahas cara kerja Binomo yang menguntungkan, sebaiknya pahami dulu bagaimana konsep Binomo. Tujuannya supaya Kamu mempunyai mind set dan persepsi yang baik untuk menentukan trading. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Binomo? Pada dasarnya, Binomo ialah salah satu platform trading online inovatif yang bisa memungkinkan para penggunanya bisa mendapatkan uang online.

Platform ini mempunyai 20 tool grafis bervariasi yang digunakan untuk menganalisa histori dan grafik trading. Di samping itu, Binomo memberikan akses yang cepat utuk trading online. Karea itulah Binomo menjadi salah satu platform unik yang bisa digunakan.

Hal paling mendasar yang harus diketahui pada trading Binomo ialah cara untuk memprediksi kapan harga akan turun dan naik. Dalam kasus ini, wajib sekali untuk mempelajari bagaimana  caraanalisis teknikal atau teknik trading lain yang digunakan, mulai dari support, oversold, overbought, resistance dan lain seterusnya.

Pada konsep Binomo, Kamu harus bisa melihat dan membaca grafik pergerakan nilai/harga crypto sebagai instrumen trading dalam Binomo. Jadi intinya, melalui grafik tersebut Kamu diharuskan memprediksi pergerakan nilai harga selanjutnya dalam aset Crypto IDX. Apakah pergerakan harganya akan turun atau naik.

Memilih Waktu Trading

Kamu harus tahu bahwa pergerakan harga berikutnya ditentukan berdasarkan pemilihan waktu untuk sekali trading. Kamu bisa perhatikan dalam gambar grafik, biasanya terdapat tulisan seperti “30s”. Ini adalah keterangan kurun waktu untuk sekali trading. Dalam hal ini, Kamu harus memilih lamanya waktu dalam sekali trading. Selain itu, Kamu akan diberikan beberapa opsi waktu, misalnya saja ada yang 5 detik, 30 detik, dan seterusnya. Ini artinya, aktivitasmu untuk sekali trading biasanya berdasarkan waktu tersebut.

Contoh, Kamu memilih opsi waktu dalam sekali trading selama 30 detik, ini adalah waktu paling umum. Jika Kamu memprediksi harga Crypto IDX naik, selanjutnya klik tombol warna hijau. Kemudian dalam waktu 30 detik, apabila harganya ada di posisi atas dari titik awal, Kamu pun akan langsung mendapatkan profit. Namun sebaliknya, jika prediksimu dalam 30 detik tersebut harganya ada di bawah level awal yang dipilih, Kamu akan kehilangan alias loss. Inilah konsep dasar dalam bermain Binomo.

Cara Kerja Binomo

Cara Kerja Binomo
Konsep Kerja Binomo

Sistem Kerja Binomo yang Menguntungkan

Tujuan trading Binomo yang utama ialah mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, apabila Kamu melakukan trading tanpa skill yang cukup, bisa jadi Kamu merugi. Maka dari itu, beberapa trik cara kerja Binomo yang wajib Kamu pelajari supaya dapat meraup pundi-pundi uang dengan cara konsisten. Ini penjelasnanya :

1. Pakai Modal Maksimal 1% Untuk Open Posisi

Singkatnya, Open Posisi ialah sejumlah dana yang dipakai untuk trading. Misalnya saja, modal keseluruhan yang Kamu miliki Rp. 14 juta lebih. Adapun open posisi sendiri terletak di angkaRp. 14 ribu. Apabila modal awalmu sebesar Rp. 14 juta tadi, maka open posisi maksimal ialah Rp 140 ribu. Dimaa semakin kecil nilai open posisi, akan semakin aman melakukan trading.

Apabila Kamu mempunyai modal trading hanya Rp. 140 ribu misalnya. Sebenarnya open posisi maksimal hanya Rp. 1.400 saja. Tapi, dikarenakan nilai open posisi minimal dalam trading Binomo senilai Rp. 14 ribu, Kamu pun sudah dapat menggunakannya. Lalu, kenapa nilai open posisi pada trading itu penting?

Apabila Kamu bermain dalam trading dengan jumlah yang besar, biasaya psikologismu akan terganggu jadi biasanya Kamu akan langsung mengambil keputusan tanpa berpikir jernih. Cara kerja Binomo agar menguntungkan ialah dengan memulai open posisi melalui nilai seminimal mungkin. Apabila tejradi loss, tentu saja tidak membuatmu stres.

2. Pelajari Istilah Support dan Resistence

Jika Kamu baru terjun ke dunia trading online, istilah resistance dan support ialah level-level yang bisa dikatakan kritis untuk para trader dalam mengambil keputusan. Dimana level ini digunakan untuk menentukan piluhan apakah harga akan berlanjut terus naik atau justru berbalik arah. Apabila support dan resistance ini digabungkan akan membentuk candlestick, Kamu pun bisa membaca pergerakan harga berikutnya.

Support bisa mengacu pada tingkat atau level terbawah dalam pergerakan harga untuk rentang waktu yang ditentukan. Sementara resistance sendiri ialah kebalikannya, yakni level teratas dalam pergerakan harga selama rentang waktu yang telah ditentukan. Pasalnya indikator tersebut ialah bagian analis teknikal dalam trading.

Apabila suatu harga ada dalam posisi level support, biasanya ada 2 kemungkinan yang terjadi, yaitu pergerakan ke bawah hingga menembus support atau pergerakan ke atas. Namun jika pergerakan harga tembus ke atas, biasanya ia akan semakin ke atas bahkan mencapai tingkat resistance.

Sementara bila harganya menembus ke bawah atau support, pergerakan harganya pun akan semakin ke bawah. Sama halnya dengan resistance. Saat pergerakan harga telah mencapai resistace, akan ada 2 kemungkinan, yaitu pergerakan menembus resistance alias ke atas atau pergerakan kembali menuju level support (ke bawah). Inilah kemampuan dasar yang harus dipahami dalam cara kerja Binomo.

3. Memahami Konsep Oversold dan Overbought

Di samping memahami istilah di atas, indikator penting yang wajib Kamu pahami dan pelajari lainnya ialah oversold dan overbought. Istilah overbought sendiri umumnya mengacu pada sebuah kondisi, ketika pergerakan harga telah mengalami “jenuh beli”. Adapun yang dimaksud di sini ialah pasar merespon dengan cara menjual sehingga prediksi harga akan turun. Namun sebaliknya, kondisi oversold sendiri ialah kondisi dimana pergerakan harga telah mengalami “jenuh jual”. Ini artinya, pasar akan memberikan respon dengan aksi beli, jadi harga akan diprediksi naik.

Indiktor yang dipakai untuk mengetahui kondisi keduanya ialah indikator Relative Strength Index atau RSI. RSI merupakan indikator teknik dalam megukur perubahan harga selama periode waktu tertentu sekaligus untuk menganalisis kondisi yang terjadi di pasar, apakah telah mencapai jenuh jual atau jenuh beli. Menariknya lagi, Binomo telah menawarkan fasilitas indikator Relative Strength Index pada platformnya.

4. Selalu Update Berita Pasar

Cara kerja Binomo selanjutnya ialah selalu update berita pasar. Kita tahu bahwa di dunia trading, ada banyak faktor yang berpengaruh pada pergerakan nilai/harga pasar. Faktor tersebut salah satunya ialah berita. Pasalnya berita pasar tersebut dapat dijadikan fundamental dalam dunia trading.

Sebab kadang kala, konsensus pasar terkadang tak sejalan dengan semua indikator dan analisis yang dipakai. Pergerakan harga bisa saja berubah secara signifikan apabila terjadi berita tertentu. Nah, inilah alasan kenapa Kamu harus selalu update informasi/berita pasar terkini. Dalam aplikasi Binomo sendiri, Kamu dapat melihat berita market terbaru.

5. Gunakan Fitur Lain di Binomo

Binomo adalah platform trading terbaik yang menawarkan berbagai kemudahan dalam aktivitas trading. Seperti kita ketahui, ada banyak fitur yang ditawarkan Binomo yang dapat digunakan untuk mengambil open posisi. Selain itu, kamu juga bisa mengeksplor platform Binomo agar bisa mempelajari hal yang baru. Semua fasilitas ini memang sudah semestinya memberikan keuntungan saat melakukan trading.

Berdasarkan cara kerja Binomo di atas, bisa kita simpulkan bahwa pada dasarnya melakukan trading online memerlukan persiapan yang matang. Tanpa persaingan, tentunya Kamu tak bisa melangkah lebih jauh.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019