Cara Merawat Tas

Bagaimana cara merawat tas? Tas saat ini bukan hanya digunakan untuk sekedar membawa barang bawaaan saja seperti hp, kosmetik maupun buku, namun sekarang tas digunakan sebagai pelengkap fashion agar tampil menjadi lebih sempurna.

Meskipun demikian, sayangnya kebanyakan orang sering mengabaikan perawatan tas. Alhasil tas yang mereka miliki gampang rusak, resletingnya mudah berkarat dan menimbulkan aroma tidak sedap karena dijadikan tempat menyimpan makanan misalnya. Oleh karena itu, mulai dari sekarang kamu harus bisa merawat tas dengan baik agar tas kesayanganmu menjadi awet dan tahan lama.

Kelebihan dari perawatan tas adalah membuat tas kesayanganmu selalu tampak seperti baru. Dengan begitu, Kamu pun tidak perlu repot-repot lagi mengeluarkan uang untuk membeli tas yang baru karena tas yang lama masih layak pakai.

Cara Merawat Tas

Cara Merawat Tas
Tips Merawat Tas

Panduan Merawat Tas dengan Baik

Jika Kamu memiliki tas kesayangan yang harganya cukup fantastis, tentu sayang jika melewatkan cara merawat tas dengan baik agar tasmu lebih awet dan tahan lama. Berikut ini, ada beberapa langkah perawatan tas yang baik dan benar yang wajib Kamu coba :

1. Simpan Tas di Area yang Tidak Lembab dan Kering

Berdasarkan fakta di lapangan, banyak sekali para pengguna tas menyimpan tas nya dengan sembarangan. Tak sedikit yang sering menyimpan tasnya di lantai kotor, tidak bersih, yang sudah pasti terpapar bakteri dan kuman.

Terkait:  Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir

Kuman dan bakteri lambat laun akan menyebabkan tasmu menjadi rusak, apalagi kamu menyimpannya di tempat yang lembab bahkan cenderung terdapat genangan air.

Kepedulian menyimpan tas harus dimulai dan dibiasakan dari sekarang untuk menjaga tas kamu tetap awet. Biasakan menyimpan tas setidaknya di atas meja, jika ternyata mengganggu aktivitas kerjamu di atas meja, Kamu bisa menyimpannya di atas kursi atau tempat yang aman dan bersih lainnya.

2. Pegang Tas Dalam Kondisi Tangan yang Bersih

Cara merawat tas selanjutnya ialah pastikan Kamu memegang tas dalam keadaan tangan yang bersih. Bagi kamu yang sudah terbiasa memegang tas saat tangan kotor, bisa membuat pegangan tas atau bagian tali tas warnanya cenderung menjadi lebih kusam dibandingkan dengan warna bagian tas lainnya. Lambat laun karena kebiasaan buruk tersebut bisa merusak tampilan tas sehingga kamu sebagai pengguna akan merasa tidak nyaman. Akibatnya kamu akan enggan untuk menggunakannya lagi dan ingin menggantinya dengan yang baru.

Mencuci tangan merupakan hal yang sepele bagi kamu yang sering menjinjing tas, namun dampaknya sangat luar biasa karena tas menjadi lebih awet. Cucilah tangan sebelum menggunakan tas dengan sabun mandi, pastikan kamu lihat ke seluruh bagian permukaan tangan agar tidak ada kotoran sedikitpun.

3. Kenali Bahan Tas yang Kamu Miliki

Cara merawat tas selanjutnya ialah mengetahui bahan tas yang dimiliki. Kenali bahan tas yang kamu miliki, apakah tas tersebut dibuat dari 100 % kulit, atau hanya sebagian saja. Atau terbuat dari parasut yang rawan terkena sobekan jika terkena benda yang runcing.

Jika kamu sudah mengenal bahan tas yang kamu miliki, maka secara tidak langsung kamu akan merasa lebih waspada lagi ketika sedang berada di area yang berpotensi merusak tasmu.

Terkait:  Cara Menanam Bunga Krisan

Contohnya saja jika sedang hujan, tas kamu yang berbahan dasar kulit tentu akan rentan jika terkena air hujan. Oleh karena itu, sebisa mungkin Kamu akan menghindari air hujan bagaimananpun caranya seperti membungkus tas menggunakna kantong kresek atau pelindung tas lainnya.

Adapun contoh lainnya adalah jika tasmuberbahan dasar parasut, maka ketika kamu sedang berada di taman yang memiliki banyak ranting bisa menyebabkan tasmu robek.

4. Jangan Pernah Menumpuk Tas

Jika Kamu sering menumpuk tas, biasanya membuat tas menjadi lebih kusut bahkan menimbulkan terjadinya kerutan pada tas itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya usahakan untuk tidak menyimpan tas dengan cara ditumpuk. Pisahkan tas yang digantung dengan tas lainnya menggunakan gantungan yang berbeda. Selain itu, sebaiknya pakai rak khusus tas untuk menjaga tas kamu lebih awet. Cara penyimpanan tidak di tumpuk ini tujuannya gar sirkulasi udara yang masuk ke tas tetap stabil.

Apabila Kamu ingin menyimpan tas yang mempunyai resleting, sebaiknya tutup resletingnya terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghindari benda asing masuk pada tas. Untuk tas yang tidak mempunyai resleting, cukup pastikan bagian atasnya di tutup dengan rapat.

5. Bersihkan Tas Sewajarnya Saja

Cara merawat tas yang paling utama memang harus rajin membersihkannya. Namun bukan berarti Kamu harus membersihkannya secara berlebihan. Justru membersihkan tas secara berlebihan bisa merusak tas itu sendiri. Misalnya saja, Kamu menggunakan produk pembesih berlebihan, justru bukannya membuat tas kinclong malah menyebabkan kulit tasmu terkelupas serta warnanya pun menjadi pudar.

Perlu kamu ketahui bahwa setiap produk pembersih tas menggunakan bahan kimia, oleh karena itu ikuti petunjuknya jika ingin menggunakan produk pembersih agar tas kamu tidak rusak.

Misalnya saja, Kamu memakai saddle soap, sabun ini biasanya digunakan untuk membersihkan sepatu berbahan dasar kulit supaya sepatu menjadi mengkilap. Namun, penggunaan saddle soap tidak direkomendasikan pada tas kamu walaupun tas kamu berbahan dasar kulit. Jika digunakan pada tas, maka warna tas kulit kamu akan pudar.

Terkait:  Cara Merawat Kulkas

Bagi kamu yang akan membersihkan tas, jangan sekali – kali menggunakan detergen atau cairan lain yang berbahan kimia karena kandungan kimia berpotensi menyebabkan serat tas menjadi rusak.

6. Memakai Pouch

Seringkali jika kamu menyimpan sesuatu di dalam tas tanpa disadari barang tersebut tumpah di dalam tas. Bisa jadi itu bedak kamu, atau mungkin minuman yang kamu bawa. Untuk menghindari tumpahan yang tidak diinginkan sebaiknya kamu menggunakan pouch agar jika terjadi tumpahan tidak langsung kena tas. Bahkan penggunaan pouch bisa membantumu untuk memindahkan barang dalam jumlah banyak yang ada di dalam tas.

7. Miliki Tas Cadangan

Tas kesayangan tentu tidak akan bisa lepas dari kamu ketika bepergian baik itu acara pribadi maupun acara kantor. Namun dengan seringnya menggunakan tas kesayangan justru bisa memperpendek usia tas kamu.

Cara mengantisipasinya adalah dengan mengganti tas kesayangan memakai tas lainnya yang Kamu miliki dalam jangka waktu tertentu, seperti 3 bulan sekali atau 2 bulan sekali. Oleh karena itu, kamu diwajibkan memiliki tas minimal 2 buah untuk aktifitas sehari – hari.

8. Aplikasikan Baking Powder Untuk Penyimpanan Lebih Lama

Baking powder fungsinya adalah untuk menyerap bau pada tas yang disimpan cukup lama. Caranya cukup mudah yaitu simpan baking powder ke dalam wadah kecil, Kemudian simpan wadah yang telah diisi oleh baking powder tersebut untuk dimasukkan ke dalam tas.

9. Simpan Alat Tulis Pada Tempat Khusus

Pergi ke kantoran tentu saja minimal setidaknya membawa 1 alat tulis. Alat tulis yang biasa di bawah adalah pulpen. Tinta pulpen jika kena tas maka akan merusak tas tersebut juga mengurangi keindahan tas akibat coretan

Oleh karena itu agar tas kamu terhindar dari coretan, selalu simpan pulpen pada tempat khusus. Selain rapih, juga tas kamu bersih dari kotoran alat tulis.

Ya, itulah 9 tahapan cara merawat tas dengan baik dan benar, selain itu pastikan Kamu memakai tas yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan aktivitasmu. Semoga bermanfaat!

Related posts