Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Kemudahan layanan BPJS tak hanya dari segi pelayanan dan pendaftaran saja, melainkan juga dari segi pembayaran angsuran. Salah satu metode pembayaran angsuran BRI yang bisa dicoba adalah cara bayar BPJS lewat ATM BRI. Melalui pembayaran BPJS melalui ATM BRI ini, menambah serangkaian proses pembayaran BPJS secara online tanpa terbatas waktu.

Cara bayar BPJS lewat ATM BRI pastinya berguna bagi nasabah bank BRI. Karena, nasabah BRI bisa lebih leluasa melakukan pembayaran di gerai ATM dengan mudah. Jadi, jika sudah mempunyai rekening tabungan dan ATM bank BRI, Kamu tinggal melakukan pembayaran via ATM. Biasanya untuk pembayaran via ATM BRI atau bank lainnya, Kamu diharuskan menginput nomor kode bank beserta nomor peserta kartu BPJS.

Read More

Pembayaran dengan kartu ATM BRI juga tidak perlu membawa SIM, KTP atau KK, Kamu hanya perlu mengingat atau mencatat nomor BPJS kesehatan yang diinputkan ke dalam mesin ATM. Untuk kemudian, tagihan dan nama peserta kartu BPJS.

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI
Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Syarat dan Ketentuan Membayar Iuran BPJS Lewat ATM BRI

Sebelum menjelaskan bagaimana cara bayar BPJS lewat ATM BRI, ketahui dulu syarat dan ketentuan untuk pembayaran BPJS lewat ATM bank BRI. Tujuannya adalah agar Kamu tidak gagal melakukan pembayaran BPJS. Berikut syarat dan ketentuan membayar BPJS melalui ATM BRI :

  • Pastikan status BPJS kesehatan masih aktif bahkan statusnya tidak jatuh tempo.
  • Saldo di ATM bank BRI mencukupi.
  • Membawa kartu peserta BPJS.
  • Melakukan transaksi di ATM BRI, bukan di BRI Link.
  • Mengetahui jumlah nilai tagihan BPJS Kesehatan yang dibayarkan.

Tutorial Bayar Tagihan BPJS Melalui ATM BRI

Bank BRI merupakan bank milik pemerintah yang senantiasa selalu memfasilitasi para nasabahnya dengan berbagai macam layanan. Termasuk fitur pembayaran tagihan BPJS. Bahkan selain cara bayar BPJS lewat ATM BRI, Kamu juga bisa melakukan pembayaran lewat aplikasi BRIMO, Internet Banking, maupun SMS banking.

Namun apabila Kamu berkenan ingin mencoba cara bayar BPJS lewat ATM BRI, ada beberapa langkah yang wajib diikuti berikut ini :

  • Silahkan cari gerai ATM bank BRI terdekat.
  • Jangan lupa bawa kartu ATM bank BRI yang saldonya mencukupi untuk pembayaran tagihan BPJS kesehatan.
  • Kamu tinggal memasukkan kartu ATM BRI ke gerai mesin ATM.
  • Pilih layanan bahasa Indonesia, kemudian inputkan PIN ATM BRI dengan benar.
  • Selanjutnya pilih menu ‘Transaksi Tunai’ alias ‘Paket Tunai’.
  • Pilih opsi ‘Transaksi Lainnya’.
  • Langkah berikutnya, pilih ‘Pembayaran’ dan pilih opsi ‘Lainnya’ kemudian temukan opsi BPJS, namun jika masih belum terlihat menu BPJS, pilih ‘Lainnya’.
  • Jika sudah menemukan, tinggal pilih menu ‘BPJS’ dan ‘BPJS Kesehatan’.
  • Langkah berikutnya inputkan nomor VA. Dimana nomor virtual account ini merupakan nomor kartu BPJS kesehatan berikut nomor kode dari bank BRI. Misalnya kartu peserta BPJS-mu bernomor 0456789465, lalu di bagian depannya tinggal menambahkan kode 8888, jadi 88880456789465. Tinggal masukkan nomor VA ini untuk dimasukkan ke mesin ATM.
  • Silahkan cek data atau nama kepesertaan kembali.
  • Masukkan jumlah nominal iuran atau tagihan yang mesti dibayarkan tergantung tipe kelasnmu.
  • Setelah transaksi berhasil dilakukan, pastikan untuk menyimpan resi bukti pembayaran yang berbentuk struk ATM.

Ingat, jangan sampai struk bukti pembayaran hilang. Sebab dikhawatirkan apabila tidak terinput pada sistem BPJS, Kamu bisa mengklaim bukti memakai struk resi pembayaran BPJS tersebut.

Berapa Biaya Admin Pembayaran BPJS Melalui ATM?

Kepraktisan dan kemudahan membaya iuran BPJS di ATM BRI tentu saja sangat bermanfaat. Namun ada tarif yang harus dibayarkan sebagai biaya admin pembayaran. Meskipun demikian, Kamu tak perlu khawatir sebab tarif yang dikenakan hanya Rp. 2.500 saja dan biaya tersebut berlaku bagi semua jenis rekening bank BRI. Baik untuk pembayaran lewat aplikasi BRImo, SMS Banking dan Internet Banking.

Tutorial Cara Bayar BPJS Lewat Layanan Bank BRI Lainnya

Seperti yang sudah kita bahas di atas, dimana selain cara bayar BPJS lewat ATM BRI, Kamu juga bisa menggunakan layanan BRI lainnya. Adapun diantaranya sebagai berikut :

1. Bayar BPJS Lewat SMS Banking BRI

Metode pembayaran BPJS lewat SMS Banking BRI tentu saja lebih praktis lagi, karena Kamu tak perlu keluar rumah untuk melakukannya. Selain itu, caranya sangat gampang. Namun sebelumnya, Kamu harus mendaftarkan layanan SMS Banking BRI terlebih dahulu. Jika sudah tinggal praktekkan saja cara pembayaran BPJS melalui SM Banking BRI.

Silahkan persiapkan nomor BRI Virtual Account atau BRIVA yang telah diberikan petugas BPJS ketika mengaktifkan layanan kartu BPJS-mu. Kemudian Kamu bisa membayar BPJS melalui format SMS banking BRI. Caranya, ketik BAYAR(spasi)BRV(spasi)kodebriva(spasi)PIN, lalu kirim ke nomor 3300. Misalnya, kode BRIVA-mu adalah 123456778 kemudian PIN sma Banking BRI 0123456, maka Kamu tinggal ketik : BAYAR BRIVA 123456778 0123456 dan kirim ke nomor 3300.

Sebagai catatan, pembayaran iuran BPJS lewat SMS banking BRI, mengharuskanmu untuk membayar pengiriman SMS. Jadi, pastikan Kamu memiliki pulsa yang cukup.

2. Bayar BPJS Lewat Mobile Banking BRI

Cara bayar BPJS lewat ATM Mobile Banking BRI juga cukup mudah, dengan syarat Kamu harus sudah mengaktifkan layanan BRIMO atau BRI mobile. Jika sudah mengaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pastikan Kamu sudah menginstal aplikasi BRI Mobile terlebih dahulu.
  • Jika sudah, silahkan pilih mobile banking BRI.
  • Tekan opsi ‘Pembayaran’.
  • Lalu pilih BRIVA dan inputkan nomor BRIVA BPJS-mu, lalu isikan nominal pembayarannya.
  • Inputkan PIN dan tekan send.

Selanjutnya, Kamu akan menerima tampilan popup yang memberitahukan terkait layanan m-banking BRI memakai SMS. Tekan OK, lalu Kamu akan menerima SMS notifikasi transaksi pembayaran tagihan BPJS sudah berhasil dialkukan.

3. Bayar BPJS Lewat Internet Banking

Untuk pembayaran lewat Internet Banking ketentuannya sama seperti mobile banking, yakni Kamu harus mendaftar layanan internet banking BRI lebih dulu. Baru ikuti langkah-langkah berikut :

  • Silahkan masuk ke halaman web ib.bri.co.id
  • Kemudian dapatkan m token untuk dikirimkan lewat SMS ke ponselmu.
  • Ketuk pembayaran atau pembelian.
  • Tekan Asuransi dan pilih layanan BPJS kesehatan.
  • Lalu inputkan nomor kepesertaan BPJS-mu, untuk BRI sendiri 88888 lalu kirim.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan halaman berupa informasi pemegang dari kartu BPJS. Silahkan tulis besarnya iuran BPJS sesuai kelas pelayanan-mu, kemudian tekan ‘Kirim’.

Itulah beberapa cara pembayaran iuran BPJS dengan memakai layanan BRI. Kamu tinggal pilih mana layanan yang paling mudah dan praktis.

Informasi Tagihan BPJS

BPJS kesehatan saat ini memiliki 3 kelas yang menawarkan nominal tagihan berbeda, dimana ketiganya pun mempunyai fasilitas berbeda. Kamu yang belum melakukan registrasi BPJS kesehatan dapat memilih kelas layanan kesehatan manapun. Namun sebaiknya pilih sesuai kemampuan finansial karena ketiganya memang dibedakan berdasarkan nominal tagihan per bulannya dan dihitung tiap kepala di dalam kartu keluarga.

Adapun ketentuan tarif pembayaran BPJS kesehatan di tahun ini sebenarnya masih merujuk pada kebijakan yang sebelumnya sesuai Perpres 64 tahun 2020. Untuk kelas mandiri sendiri berlaku 3 kelas yang jumlah iurannya berbeda, diantaranya :

  • Kelas 1 dengan jumlah tagihan 150 ribu.
  • Untuk kelas II iurannya sebesar Rp. 100 ribu.
  • Sedangkan kelas III adalah Rp. 42 ribu. Untuk peserta biasanya membayar Rp. 35 ribu sedangkan Rp. 7 ribunya mendapat subsidi dari pemerintah.

Oke, itulah informasi terkait iuran tagihan BPJS kesehatan yang dibedakan berdasarkan kelasnya, dan yang tak kalah penting adalah cara bayar BPJS lewat ATM BRI bagi nasabah BRI. Selamat mencoba!

 

 

Related posts