Cara Menghapus Akun Gmail

  • Whatsapp

Pernahkah kamu menggunakan layanan email selain gmail? Apakah kamu sedang memikirkan cara menghapus akun Gmail milikmu? Artikel kali ini akan membantumu menghapus akun Gmail dengan mudah dan cepat.

Apa itu Gmail?

Gmail adalah layanan surel (surat eletronik) yang dikelola oleh perusahaan Google. Jauh sebelum Gmail berjaya hingga sekarang, layanan surat elektronik menjadi lahan bermain bagi Yahoo dengan Yahoo mail nya. Semua orang, yang kala itu sedang belajar menghadirkan dirinya di internet rata rata akan membuat akun Yahoo Mail sebagai akun surat elektronik mereka. Jangankan menghapus akun Gmail, membuat akun Gmail kala itu pun belum banyak orang yang terpikirkan.

Read More

Mencoba mengalahkan kepopuleran Yahoo Mail, Gmail hadir dengan integrasi bersama produk Google lainnya seperti Google Play Store, Google Plus, Google Drive dan lain-lain. Hasilnya pun signifikan. Berangsur-angsur orang-orang mulai menghapus akun Yahoo Mail mereka dan membuat akun Gmail sebagai representasi mereka di dunia maya. Ditambah lagi semenjak sistem operasi Android marak di pasaran, sistem operasi gratis yang berbasis Google ini mendukung penggunaan Gmail sebagai layanan perpesanan elektronik utamanya.

Ramai-ramai orang orang pun mengintegrasikan akun Gmail mereka dengan berbagai sosial media miliknya. Hal ini tentu tak selalu positif bagi pengguna. Dampak negatif dari terintegrasinya akun Gmail adalah masuknya email notifikasi yang terkadang membuat email utama tenggelam di bawah banyaknya pesan yang masuk. Tak jarang hal ini dirasa mengganggu bagi mereka yang memfokuskan Gmail sebagai akun email pekerjaan yang tak bisa diganggu dengan pesan yang tak penting. Ketidaknyamanan tersebut berisiko membuat seseorang mencari cara menghapus akun Gmail miliknya.

Terkait:  Cara Mengganti Akun Google

Kenapa Orang Menghapus Akun Gmail Miliknya

Tentu tak semua orang puas dengan layanan yang diberikan Google lewat produk Gmail nya. Tak jarang di antara mereka justru ingin menghapus akun Gmailnya dan berpindah ke layanan surat elektronik yang lebih menawarkan kenyamanan. Adapun beberapa alasan seseorang menghapus akun Gmail miliknya adalah :

  • Email sudah tak digunakan kembali. Email yang tak digunakan kembali dapat menjadi penyebab seseorang ingin menghapus akun Gmail miliknya. Daripada akun dibiarkan saja dapat berakibat diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab dan menimbulkan masalah serius ke depannya.
  • Email diretas. Email diretas oleh para pelaku kejahatan cybercrime sebenarnya sudah menjadi hal yang biasa di dunia maya. Tak hanya karena akun Gmail menandung data pribadi korban. Hal ini juga disebabkan akun Gmail merupakan pintu alternatif untuk memasuki akun sosial media korban di internet.
  • Pindah ke layanan email lain. Fitur Gmail yang berat dan tak terlalu digunakan oleh sebagian besar pengguna menjadi alasan bagi mereka untuk menghapus akun Gmail dan berpindah hati. Di Yahoo Mail misalnya, layanan ini karena tak menunggulkan fiturnya, terkesan lebih cepat dan simpel dibandingkan dengan Gmail. Hal kecil seperti ini apabila dibiarkan akan membuat banyak pengguna Gmail melakukan migrasi akun besar-besaran.

Cara Menghapus Akun Gmail

Cara Menghapus Akun Gmail
Cara Menghapus Akun Gmail

Setelah mengetahui berbagai alasan yang mampu menyebabkan seseorang menghapus akun Gmail miliknya, kini saatnya untuk mengetahui cara menghapus akun Gmail. Sebenarnya, cara menghapus akun Gmail sangatlah mudah dan bisa dilakukan melalui berbagai perangkat. menghapus akun Gmail dapat dilakukan dalam beberapa cara, bisa dengan menghapus layanan Gmail saja atau menghapus akun Google secara keseluruhan.

Menghapus Layanan Gmail

Cara ini akan berakibat :

  • Email dan setelan email akan dihapus. Email dan setelan emailmu akan terhapus. Namun kamu dapat memulihkannya kembali dengan melakukan login dan mengikuti langkah yang tersedia.
  • Kamu tidak bisa lagi menggunakan alamat Gmail untuk menerima atau mengirim pesan. Segera setelah kamu memutuskan untuk menghapus layanan Gmail, maka kamu tidak bisa lagi menerima atau mengirim pesan. Hal ini wajar karena kamu telah menghapus akun yang digunakan untuk menerima dan mengirim pesan tersebut.
  • Alamat Gmail tak akan bisa digunakan orang lain di masa mendatang. Hal ini tentu bermanfaat bagi kamu yang menangkap aktivitas peretasan pada akun Gmail milikmu. Menghapus akun Gmail akan membuat akunmu aman dari aktivitas peretasan di masa mendatang.
  • Akun Google tidak akan terhapus. Meskipun menghapus Gmail milikmu, namun kamu masih tetap bisa mengakses layanan Google lainnya seperti Google Drive, Google Meet, Google Photos dll.
Terkait:  Cara Cek Data Smartfren

Cara Menghapus Layanan Gmail

Langkah-langkah penghapusan akun antara lain :

  • Sebelum melakukan penghapusan layanan Gmail, alangkah baiknya untuk melakukan download data Google milikmu.
  • Buka akun Google milikmu.
  • Di panel navigasi sebelah kiri, klik Data & Personalisasi.
  • Perhatikan panel “Download, hapus atau buat rencana untuk data anda” lalu klik Hapus layanan atau akun Anda.
  • Di panel “Hapus layanan google”, klik Hapus layanan.
  • Klik logo tempat sampah di samping Gmail.
  • Ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Itu adalah langkah-langkah jika kamu ingin menghapus akun Gmailmu saja. Dengan hanya menghapus akun Gmail saja, kamu tidak akan kehilangan akun Google dan masih bisa mengakses produk Google lain dengan menggunakan akunmu.

Menghapus akun Google secara keseluruhan

Selain menghapus layanan Gmail saja, kamu juga bisa mengambil keputusan untuk menghapus akun Google milikmu secara keseluruhan. hal ini tentu bermanfaat bagi kamu yang ingin benar-benar menghilangkan keberadaan akunmu dari Google. Demi mengamankan data, hal ini adalah yang terbaik untuk dilakukan.

Adapun yang akan terjadi bila kamu menghapus akun Google milikmu secara keseluruhan adalah :

  • Kamu akan kehilangan semua konten di akun tersebut. Data di Google Drive, Google Photos, bahkan di Channel Youtube milikmu, ucapkan selamat tinggal kepada mereka karena ini waktunya perpisahan.
  • Semua layanan Google yang tertaut dengan akun milikmu tidak dapat kamu gunakan kembali. Kamu tidak lagi dikenali sebagai pengguna Google setelah menghapus akun Gmail milikmu secara keseluruhan. Hal ini akan membuatmu menjadi anonim atau dideteksi sebagai guest.
  • Semua langganan seperti film, musik, buku, dan lain-lain atas nama akun Google milikmu tidak bisa kamu akses lagi. Apabila kamu telah berlangganan produk dari layanan Google, semuanya akan tertutup kembali seiring kamu memutuskan untuk menghapus akun Gmail milikmu secara keseluruhan.
Terkait:  Cara Menghapus Virus di Android

Cara menghapus akun Google secara keseluruhan

Menghapus akun Google secara keseluruhan sudah pasti akan menghapus akun Gmail milikmu. Hal ini dapat kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah mudah sebagai berikut :

  • Buka akun Google milikmu.
  • Di panel navigasi kiri, klik Data & Personalisasi.
  • Perhatikan panel “Download, hapus dan buat rencana untuk data Anda” kemudian klik Hapus layanan atau akun Anda.
  • Di panel “Hapus akun Google Anda”, klik Hapus akun Anda.

Pastikan untuk memilih tindakan yang tepat dalam menghapus akun Gmail milikmu. Apabila akun Gmailmu sedang diretas, alangkah baiknya sebelum melakukan penghapusan akun Gmail secara keseluruhan, kamu melakukan peninjauan informasi di akun milikmu untuk melihat aktivitas yang sempat dilakukan peretas pada akun Gmail milikmu. Namun, apabila kamu hanya ingin menghapus keberadaan akun Gmail dari perangkatmu, maka kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah disini saja.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghapus akun Gmail milikmu. Setiap tindakan penghapusan tentu harus diimbangi dengan pertimbangan yang matang, karena berisiko kehilangan data penting yang tidak terduga tertaut pada akun Gmail milikmu. Semoga bermanfaat.

Related posts