Cara Bagi Layar Laptop

Cara Bagi Layar Laptop

Jika Kamu sudah sering bekerja menggunakan laptop tentunya ada situasi yang memungkinkanmu harus membuka hingga beberapa aplikasi alias multitasking. Hal inilah yang mengharuskanmu membuka layar laptop menjadi 2, 3 bahkan 4 bagian sekaligus. Menariknya kini Kamu sudah bisa mencoba cara bagi layar laptop dengan memanfaatkan fitur spit screen.

Untuk pengguna PC atau lapotp yang berlayar lebar tentu saja kehadiran fitur tersebut sangat mendukung aktivitasmu saat menggunakan laptop. Hanya saja, beberapa pengguna belum mengetahui bagaimana cara bagi layar laptpo menggunakan fitur split screen itu sendiri.

Sekilas Mengenai Fitur Split Screen

Banyak yang masih belum mengenal fitur split screen. Ini adalah fitur yang membuatmu bisa membagi jendela pada layar laptop. Sebenarnya fitur ini telah diperkenalkan Windows 7 awalnya. Dimana 2 jendela pada layar akan mengisi hingga setengah bagian layar PC atau laptop. Hal tersebut sangat berguna saat Kamu mentransfer file dari suatu tempat ke dalam tempat lainnya.

Split screen juga berguna ketika Kamu ingin membandingkan antara 2 dokumen. Layanan ini kini sudah di upgrade kegunaannya dalam Windows 10. Menariknya lagi, Kamu bahkan bisa menambahkan 3-4 jendela di layar PC sekaligus.

Dengan adanya split screen, tentu saja menjadi solusi para multitasker untuk membuka banyak program sekaligus. Selain itu, fitur ini membuat para penggunanya bisa melakukan pengaturan multi layar secara rapi. Fitur split screen juga memungkinkanmu untuk mengoperasikan layar supaya dapat memuat 2 atau beberapa jendela aplikasi di waktu itu juga.

Split screen memungkinkan proses perpindahan aplikasi dapat dilakukan secara mudah tanpa harus membuka dan menutup layar secara berulang. Seperti ketika Kamu bisa berselancar di internet sembari mengetik.

Mengaktifkan Split Screens Pada Windows

Sebenarnya, jika PC atau laptopmu memakai Windows 10, maka secara default fitur split screen telah diaktifkan. Hanya saja, Kamu harus pastikan dulu apakah memang settingan multitasking dalam Windows memungkinkan layar dapat membuka beberapa program sekaligus dalam satu layar atau tidak. Jika ternyata tidak, maka Kamu bisa mengaktifkan layanan split screen berikut ini :

  • Silahkan pilih ikon roda gigi, selanjutnya tekan ‘start’ dan masuk ke dalam opsi ‘Pengaturan’. Kamu juga dapat memakai pintasan keyboard, caranya dengan menekan kombinasi Win+I bersamaan.
  • Tekan ‘System’ di layar pengaturan.
  • Setelah itu, Kamu akan menemukan pilihan menu di sebelah kiri layar, tekan ‘Multitasking’.
  • Di bagian bawah tulisan ‘Work With Multiple Windows’, silahkan aktifkan ‘Snap Windows’.

Split Screen ini dapat dipakai untuk semua tipe Windows 10. Hanya saja, paling dianjurkan memakai versi yang terbaru, paling tidak di atas versi Creators Update. Tak hanya itu, Kamu juga harus memastikan apakah spesifikasi PC atau laptop-mu telah mendukung fitur tersebut ataukah tidak. Sebab jika tidak, bisa menyebabkan timbulnya efek crash yang disebabkan oleh kelebihan beban pada memori.

Cara Bagi Layar Laptop

Cara Bagi Layar Laptop
Membagi Layar Laptop

Tutorial Bagi Layar Laptop

Cara bagi layar laptop yang akan dibagikan disini, mulai dari cara yang paling mudah hingga tutorial yang cukup sulit. Meskipun demikian, Kamu masih bisa mencobanya. Simak ulasannya berikut :

1. Membagi Layar Laptop Memakai Kursor

Untuk tahapan pertama adalah yang paling mudah, disini Kamu dapat membagi layar PC ke dalam 2 bagian. Untuk tutorial ini, Kamu hanya perlu mengaturnya memakai mouse atau kursor. Ini dia panduannya :

  • Pertama-tama, silahkan persiapkan dua aplikasi.
  • Selanjutnya klik, lalu tahan pada ‘title bar’ aplikasi yang pertama.
  • Setelah itu, tarik aplikasi ke samping kiri/kanan layar. Lalu tarik sampai kursor menyentuh tepi layar. Selanjutnya akan muncul bayangan pada desktop.
  • Lepaskan klik pada mouse.

Sesudah aplikasi yang pertama sukses ditempatkan di dalam salah satu bagian layar, Kamu bisa melakukan tutorial di atas kembali untuk aplikasi atau program kedua di bagian yang berbeda. Bagaimana, mudah bukan?

2. Membagi Dua Jendela Aplikasi Pada Satu Layar di Windows 10

Split screen di Windows 10 sendiri sudah dikembangkan dan dapat memuat jendela pada grid 2×2. Sebenarnya caranya tak jauh berbeda, Kamu tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Silahkan pilih pada salah satu bagian jendela program yang terbuka sesuai kebutuhan.
  • Lalu gulirkan jendela yang pertama ke bagain tepi layar. Tempatkan ke samping kanan maupun kiri, juga bisa ke atas atau ke bawah layar.
  • Saat pointer di bagian tepi layar, selanjutnya akan terlihat garis bantu berkedip persegi panjang. Tanda tersebut merupakan patokan dari batas layar PC yang dimunculkan.
  • Jika ingin mengisi 3 kolom jendela lainnya, silahkan tarik jendela yang selanjutnya menggunakan cara serupa.
  • Saat melepaskan mouse, maka akan terlihat ada 2 jendela program di samping kanan.
  • Sementara di samping kiri, dapat menambahkan 2 aplikasi atau jendela program supaya semua layar dipenuhi oleh 4 jendela aplikasi.
  • Apabila ingtin memasang pin di keempat jendela, geser bagian title bar menuju bagian samping kiri atas.
  • Tekan program tersisa untuk menempatkan di ujung kiri bawah pada layar.
  • Apabila ingin menutup program yang sudah dibagi tersebut, tinggal geser jendela kapan saja dari bagian tepian layar.

3. Membagi Jendela Aplikasi Memakai Pintasan Keyboard

Untuk lebih praktis lagi, Kamu dapat memanfaatkan split screen ini memakai tombol kombinasi yang ada di dalam keyboard. Kamu bisa menekan tombol kombinasi tersebut untuk melancarkan cara bagi layar laptop. Berikut tombol kombinasi yang dimaksud :

  • Tekan kombinasi tombol WIN+panah kanan. Lalu pindahkan jendela program/aplikasi ke bagian layar di samping kanan.
  • Silahkan tekan kombinasi tombol WIN beserta tombol panah ke kiri. Lalu pindahkan jendela ke bagian layar di samping kiri.
  • Klik tombol Win+Panah Atas+Panah Kanan. Selanjutnya pindahkan jendela programa tau aplikasi ke samping kanan atas.
  • Tekan tombol Win+panah atas+panah kiri, lalu pindahkan jendela ke layar di samping kiri atas.
  • Sedangkan perpaduan tombol Win+panah bawah+panah kanan. Bisa memindahkan jendela program ke layar yang ada di samping kanan bawah.

4. Membagi Layar Laptop Dengan Menggunakan Aplikasi WindowGrid

Cara bagi layar laptop selanjutnya juga bisa dengan memakai aplikasi split screen untuk PC. Salah satunya adalah aplikasi WindowGrid. Dimana aplikasi ini didesain untuk mempermudah pengaturan jendela program di PC yang aktif dan digunakan pada Windows. WindowGrid dapat memberikan fungsi pada tombol kanan yang terdapat dalam mouse, yang awalnya tak berfungsi saat memindahkan jendela aplikasi/program.

Ada beberapa keunggulan yang dapat Kamu nikmati dengan memakai aplikasi ini. Diantaranya yaitu kontrol yang sederhana dan tidak merepotkan para penggunanya, proses instalasi lebih praktis, portabel, dan bisa mengupdate secara otomatis. Untuk menggunakannya, Kamu tinggal mengunduh aplikasinya saja disini.

5. Membagi Layar Laptop Dengan Aplikasi Spectacle

Aplikasi Spectacle sendiri berguna untuk mengakomodir layanan split screen di PC-mu dengan sangat mudah. Pasalnya, aplikasi ini dapat bekerja baik untuk memindahkan bagian jendela program sekaligus mengubahnya dengan cara yang simpel.

Selain itu, aplikasi Spectacle dapat mengontrol jendela program/aplikasi melalui pintasan keyboard yang sederhana dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara bagi layar laptop di atas, sangat mudah bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kamu bisa melakukan aktivitas multitasking, sehingga mempermudah dan mempercepat pekerjaanmu di laptop atau PC.

 

 

Related posts