Cara Bekerja di Jepang

Cara Bekerja di Jepang

Siapa sih yang nggak tertarik dengan cara bekerja di Jepang? Bekerja di Jepang menjadi impian banyak orang, karena selain penghasilannya menggiurkan, Kamu juga berkesempatan untuk bisa mengembangkan potensi. Jepang adalah salah satu negara yang memiliki laju perekonomian cukup pesat, karenanya tak sedikit warga asing mencari pekerjaan di negeri Sakura ini.

Sama halnya dengan cara kerja di luar negeri di negara-negara lain, tentu saja hal yang harus dipelajari yang pertama kali adalah budaya negara yang akan dijadikan sebagai tempatmu bekerja. Supaya Kamu bisa menyesuaikan budaya Jepang, Kamu harus mengetahui berbagai hal terkait kebiasaan orang-orang yang ada di negeri Sakura ini. Dengan banyaknya pengalaman, tentu saja semakin memberikan value lebih tinggi. Kamu dapat memanfaatkan peluang untuk bekerja di negeri Jepang sesuai bidang yang Kamu sukai dan kuasai tentunya.

Read More

Bagaimana Budaya Kerja di Jepang?

Kamu harus tahu bahwa kebanyakan perusahaan Jepang selalu menuntut prefeksionis. Hal tersebut jugalah yang membuat berbagai macam produk Jepang selalu unggul. Karyawaw di perusahaan Jepang, paling tidak membutuhkan dedikaasi tinggi dalam mengemban tugas dan tanggung jawawba yang telah dipercayakan.

Biasanya perusahaan telah mempersiapkan jadwal yang efisien bagi karyawannya. Misalnya saja dari segi kedisiplilnan, pekerjaan harus dimulai 30 menit sebelumnya dari waktu yang sudah ditentukan. Selain itu, setiap karyawan biasanya terbiasa bekerja lembur dengan atasan demi menyelesaikan pekerjaan. Tak hanya itu, Kamu juga wajib tahu jika Jepang masih menjunjung tinggi senioritas di dunia kerja.

Bidang Pekerjaan yang Sering Dibutuhkan di Jepang

Rendahnya pertumbuhan penduduk di Jepang, memungkinkan banyak warga negara lain yang bekerja di perusahaan Jepang. Peluang ini dapat dimanfaatkan dengan baik jika Kamu ingin bekerja di Jepang sesuai bakat. Di bawah ini, ada beberapa jenis bidang pekerjaan yang banyak dibutuhkan di negeri Sakura :

1. Agriculture

Bisa dikatakan bidang pertanian yang ada di Jepang sangat unggul, karena diimbangi oleh kecanggihan teknologi yang selalu mendukungnya. Ini adalah bidang pekerjaan yang memiliki peluang besar di negara Jepang. Aktivitas yang biasanya dilakukan, diantaranya meliputi beternak, budidaya tanaman, dan distribusi produk. Jika ditekuni, bukan tak mungkin bidang pekerjaan tersebut menjadi salah satu sumber pekerjaan dengan prospek yang baik dan menguntungkan.

2. Industri Makanan

Jika Kamu ingin melamar pekerjaan di Jepang, Kamu bisa memilih pekerjaan di industri makanan, termasuk staf restoran. Karyawan biasanya akan melakukan berbagai jenis pekerjaan yang berhubungan dengan makanan. Seperti melayani konsumen, mempersiapkan makanan, serta hal lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan di restoran.

3. Electronic and Information

Jepang merupakan salah satu negara maju yang kemampuan teknologinya sudah tak diragukan lagi. Jika Kamu paham mengoperasikan mesin misalnya, bidang pekerjaan Electronic and Information tentunya layak untuk dicoba. Sebenarnya pekerjaannya tak selalu harus yang rumit, karena ada pula yang bekerja di bagian pengemasan dengan tingkat kecepatan dan ketelitian.

4. Industri Permesinan

Bagi Kamu yang menempuh Pendidikan di Teknik mesin, maka bekerja di bidang industri permesinan sangat tepat untuk dicoba. Ada beberapa pekerjaan tertentu yang mesti diselesaikan, semisal electroplating dan inspeksi mesing. Akan tetapi, pelamar harus mengikuti serangkaian ujian lebih dulu sebelum mereka di terima di perusahaan Jepang ini.

Cara Bekerja di Jepang

Cara Bekerja di Jepang
Panduan Cara Bekerja di Jepang

Panduan Cara Bekerja di Jepang

Tentunya kamu tidak bisa langsung pergi ke Jepang begitu saja dan mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang ada di sana. Karena dalam cara kerja di Jepang, Kamu tetap membutuhkan kanal-kanal yang bisa dijadikan sebagai batu loncatan agar dapat bekerja di negara Matahari Terbit ini. Berikut ulasannya :

1. Melamar Kerja di Perusahaan Jepang yang Eksis di Indonesia

Ini merupakan langkah dasar jika kamu ingin bekerja di Jepang, caranya adalah dengan melamar pada perusahaan-perusahaan Jepang yang sudah eksis di Indonesia. Dengan bergabungnya menjadi karyawan di perusahaan Jepang tersebut, maka kesempatan kamu cukup besar bisa bekerja di Jepang.

Setiap perusahan Jepang biasanya dalam kurun waktu tertentu menugaskan karyawannya untuk pergi ke Jepang agar bisa menetap di sana dengan perusahaan yang sama. Terlebih jika kamu mendapatkan posisi yang cukup strategis, maka kesempatan besar bisa di mutasi ke Jepang.

2. Melalui Magang

Cara bekerja di Jepang selanjutnya ialah dengan mencoba magang terlebih dahulu. Kenshusei istilah Jepang untuk magang, ini artinya Kamu bisa menjadi pekerja magang yang biasanya di keluarkan oleh Depnaker bekerja sama dengan IMM-Japan. Biasanya cara yang kedua ini merupakan cara yang paling tepat bagi Kamu yang baru lulus kuliah atau lulus SMA. Hal ini dikarenakan, setiap tahunnya Depnaker akan memberikan informasi terkait magang ke Jepang bagi para lulusan baru.

Terkait pekerjaan magang sendiri yang seringkai dibutuhkan adalah bekerja di pabrik-pabrik yang ada di Jepang, industri pertanian maupun peternakan. Adapun lama periode magang di Jepang sendiri, disesuaikan dengan kontrak dari perusahaan, bisa 1 tahun atau 2 tahun. Namun jika Kamu ingin memperpanjang kontrak, sangat direkomendasikan.

Kamu tidak perlu khaawatir terkait bahasa dan tulisan Jepang yang belum di mengerti sama sekali, karena Depnaker menyediakan kursus kilat bahasa Jepang bagi pemula. Oleh karenanya, dasar-dasar percakapan bahasa Jepang sehari-hari dapat dikuasai dengan cepat.

3. Sekolah di Jepang

Cara kerja di Jepang agar diterima ialah dengan melanjutkan pendidikan di Jepang. Prosesnya memang tidak instant, sebab yang namanya menempuh Pendidikan di bangku sekolah, tentunya membutuhkan waktu beberapa tahun. Disamping itu, Kamu harus mengurusi segala macam administrasi terkait pendidikan di Jepang.

Ketika lulus, kamu pun tidak perlu repot-repot mengurusi adminsitrasi lagi karena ijazah yang kamu miliki sudah ijazah yang dikeluarkan dari sekolah di Jepang. Oleh sebab itu, Kamu tinggal mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu.

Sekolah di Jepang bisa bermacam-macam, kamu bisa sekolah S1 di Jepang atau melanjutkan pendidikan S1 yang semula di Indonesia, kemudian melanjutkan S2 di Jepang. Semua tergantung dari kemampuan dan keinginan kamu melanjutkan sekolah di Jepang demi ingin mendapatkan pekerjaan di sana.

4. Menikah

Cara bekerja di Jepang yang terakhir ialah bisa dengan menikah bersama orang Jepang, agar Kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang mudah di negeri Sakura tersebut. Namun lagi-lagi kamu harus pandai bahasa penduduk di sana terlebih dahulu untuk mendapatkan jodoh orang berkewarganegaraan Jepang.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Untuk Mendapatkan Pekerjaan di Jepang

Sebagai warga negara indonesia, dengan begitu jika Kamu pergi ke negara Jepang maka statusnya pun berubah sebagai warga asing. Jenis pekerjaan bagi warga asing pun tidaklah banyak. Berikut jenis-jenis pekerjaan yang bisa di lakukan oleh orang asing di Jepang diantaranya :

  • Menjadi pekerja magang dengan sistem kontrak, namun pekerjaan ini lebih cenderung menjadi buruh.
  • Sebagaii tenaga perawat dan care giver yang dikelola langsung oleh lembaga khusus.
  • Menjadi tenaga professional atau yang memiliki skill khusus pada bidang tertentu, sepeti menjadi seorang pengajar, pegawai di perusahaan tertentu, hingga koki.

Secara umum memang ada 3 jenis kategori yang diperuntukkan bagi warga asing, namun pada kasus tertentu ada saja yang bekerja diluar kategori di atas namun lingkupnya masih sangat kecil.

Kelengkapan Administrasi

Bagi Kamu yang belum berniat menetap di negara Jpang dan harus bolak balik Indonesia-Jepang, tentu wajib mengurus izin administrasi lebih dulu. Misalnya saja pengurusan visa berikut surat izin tinggal di Jepang. Sehingga, Kamu bisa leluasa untuk bekerja di negeri Jepang tanpa berpindah kewarganegaraan. Terkecuali, jika Kamu memang ingin berniat untuk menetap di sana dan tidak akan kembali ke Indonesia.

Dengan penjelasan di atas mengenai cara bekerja di Jepang, apakah kamu sudah siap untuk mengembangkan karir di negeri sakura? Semoga ulasan informasi di atas bisa menjadikan gambaran bagi yang ingin bekerja di Jepang.

 

Related posts