Cara Berjualan di Facebook

Cara Berjualan di Facebook

Tertarik jualan di Facebook, tapi bingung bagaimana cara berjualan di Facebook? Jangan khawatir, karena ada banyak cara yang bisa Kamu terapkan jika ingin mulai berjualan di Facebook.

Kenapa Sih Harus Berjualan di Facebook?

Ada banyak alasan, kenapa orang-orang mulai menggunakan Facebook untuk berjualan. Tentu Kamu akan tertinggal jauh dari kompetitor jika tidak memanfaatkan media sosial ini untuk promosi bisnismu. Ini dia alasannya :

Read More

1. Banyak Pengguna Pemula di Facebook

Kamu mungkin setuju bahwa sampai detik ini Facebook tetap menjadi pilihan media sosial yang memiliki banyak pengguna. Terutama para pengguna baru, yang biasanya lebih memilih memakai Facebook dibandingkan Instagram atau sejenisnya karena paling user friendly. So, jika bisnismu bisa menjangkau mereka, bukan tak mungkin Kamu bisa mendapatkan lebih banyak lagi calon pelanggan baru.

2. Media Promosi yang Low Budget, Tapi Efektif

Tahukah Kamu bahwa promosi bisnis menggunakan Facebook sangat efektif? Ya, dan Kamu bisa memanfaatkan layanan Facebook Ads. Kamu bisa mempromosikan bisnismu secara maksimal tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

3. Akses Promosi 24 Jam Full

Mempromosikan usahamu di Facebook tentu saja tak terbatas waktu alias non stop 24 jam. So, kapanpun Kamu ingin mempromosikan bisnismu di Facebook sebenarnya nggak masalah. Namun Kamu juga harus tahu jam-jam aktif pengguna di Facebook. Tujuannya agar postinganmu tidak terbuang sia-sia dan langsung diterima oleh calon pelanggan yang produktif.

4. Media Komunikasi Paling Efektif

Tak hanya berpromosi, Facebook juga dapat dijadikan media komunikasi paling efektif. Kamu bisa menjalin engagement bersama pelanggan dengan saling berkirim chat di messenger atau bahkan lewat kolom komentar. Dari sini, Kamu bisa menunjukkan bahwa pelayananmu fast respon dan terkesan selalu ada saat konsumen membutuhkan. Secara tak langsung, bisa menumbuhkan brand image yang baik untuk bisnismu.

Nah, itulah alasan kenapa Kamu harus sudah menggunakan Facebook untuk media promosi. Jadi, jangan terlalu banyak mikir buat mempromosikan bisnismu sekarang juga di Facebook. Jika Kamu bingung, berikut cara berjualan di Facebook paling praktis yang bisa Kamu coba!

Cara Berjualan di Facebook

Cara Berjualan di Facebook
Strategi Berjualan di Facebook

Panduan Berjualan di Facebook

Dengan banyaknya keunggulan berjualan di Facebook, mulailah merencanakan promosi usaha di Facebook secara efektif. Berikut panduan cara berjualan di Facebook dengan mudah :

1. Buat Halaman Khusus Bisnis di Facebook

Cara berjualan di Facebook bisa dimulai dengan membuat halaman khusus bisnis di Facebook. Simak langkah-langkahnya :

  • Login terlebih dahulu ke akun Facebook milikmu.
  • Kemudian pilih menu Halaman dan dilanjut dengan klik ‘Buat Halaman Baru’.
  • Setelah masuk ke halaman selanjutnya, isikan informasi halaman lengkap mulai dari Nama halaman, kategori usaha dan keterangan tambahan mengenai produk-produk yang akan kamu jual.
  • Lengkapi halaman bisnismu melalui foto profil dan foto sampul sebagai identitas bisnis yang Kamu tawarkan kepada konsumen.
  • Jika sudah di isi semuanya, selanjutnya cukup klik ‘Simpan’.

Dari sini, Kamu sudah mempunyai halaman khusus untuk berbisnis di Facebook. Jangan lupa, buat halaman Facebook yang menarik supaya target pembelimu langsung tertarik membuka laman jualanmu di Facebook. Nama halaman bisa berupa nama bisnis, nama merek maupun perusahaan/organisasi. Sedangkan untuk bagian kategori, buat lebih spesifik lagi terkait jenis bisnis yang Kamu jalankan.

Selain itu, pastikan untuk menyertakan nomor WhatsApp aktif yang bisa dihubungi di profilmu. Kamu juga bisa menambahkan website dan alamat emailmu. Terakhir, persiapkan username brand untuk url halaman agar orang lain gampang mencarinya. Seperti contohnya www.facebook.com/madualami.

2. Pergunakan Call To Action (CTA)

Untuk lebih memperluas aktivitas promosimu, Kamu juga bisa membuat online shop di beberapa situs e-commmerce supaya bisa saling terhubung satu sama lain.

Ada beberapa tombol yang bisa dimanfaatkan di Facebook, agar bisa langsung mengarah ke situs pihak ketiga yaitu dengan cara klik ‘Tambahkan Tombol’ tepat di bawah foto profil. Untuk selanjutnya, Kamu akan ditampilkan jendela pop-up, lalu pilih  tombol mana saja yang ingin kamu tambahkan. Agar pembeli lebih mudah mendapatkan produk yang kamu jual.

Adapun beberapa tombol yang bisa kamu pilih diantaranya :

  • ‘Pesan Makanan’ yang bisa di arahkan langsung ke halaman GoFood/GrabFood.
  • ‘Beli Sekarang’ bisa mengarahkan langsung ke toko online milikmu.
  • ‘Pesan Sekarang’ bisa masuk ke halaman pesan toko online.
  • ‘Daftar’ bisa langsung masuk ke daftar halaman membership.
  • ‘Gunakan Aplikasi’, sehingga Ketika pelanggan mengetuk tombol ini, mereka akan masuk ke halaman Play Store atau Apps Store.
  • ‘Mainkan Game’ yang bisa diarahkan langsung ke situs game pilihan.
  • ‘Tonton Video’ bisa di arahkan untuk melihat video produk yang kamu jual jika sebelumnya produkmu sudah diposting di Youtube.

Selain dengan perintah tombol-tombol di atas, kamu juga bisa membuat pembeli lebih mudah menghubungimu jika ingin menanyakan terkait produk jualanmu, diantaranya :

  • ‘Telepon Sekarang’ digunakan untuk menyambungkan ke layanan nomor hpmu.
  • ‘Hubungi Kami’ yaitu tombol untuk mengarahkan ke kontak toko di halaman profil.
  • ‘Kirim Pesan’ ditujukan agar pembeli langsung mengarah pada kolom chat.
  • ‘Kirim Email’ diarahkan agar pembeli bisa mengirim pesan melalui alamat email.
  • ‘Pelajari Selengkapnya’ diarahkan agar pembeli bisa masuk ke halaman mengenai produk yang dijual.

Strategi Jitu Berjualan di Facebook

Jika kamu sudah mengikuti langkah awal cara berjualan di Facebook, selanjutnya Kamu cukup menerapkan strategi pemasaran untuk berjualan di Facebook untuk meraup untung besar. Berikut langkah-langkahnya :

1. Pakai Fitur Marketplace

Ini adalah fitur wajib untuk meningkatkan penjualan di facebook. Kamu tidak perlu khawatir saat memasuki halaman marketplace di facebook, karena penyajiannya dibuat sederhana. Untuk fitur ini, posisinya berada di sebelah kiri, saat hendak login Facebook memakai PC atau desktop.

Fitur ini bertujan untuk mempertemukan antara pembeli dan penjual, dengan demikian proses berjualan di Facebook bisa berjalan dengan lancer. Bahkan Kamu bisa langsung bertemu dengan pembeli yang tertarik dengan produk yang Kamu jual di marketplace.

2. Optimalisasi Grup Jualan

Cara berjualan di Facebook agar cepat laku, tentu saja harus melakukan optimalisasi grup jualanmu di Facebook. Banyak sekali grup jualan yang khusus menjual barang-barang secara spesifik atau berdasarkan kategori, baik kategori jenis produk atau kategori berdasarkan wilayah. Kamu cukup share produk jualanmu dengan cara kirim link produk ke grup tersebut atau bisa juga kirim link halaman bisnis yang telah kamu buat sebelumnya.

Dengan begitu, Kamu sudah mempromosikan produk yang kamu jual tersebut ke dalam grup agar bisa dilihat oleh anggota grup dan tentu saja dengan harapan bisa menarik minat anggota.

Silahkan ikuti grup jualan lainnya untuk memperluas akses promosi bisnismu supaya semakin dikenal banyak orang. Dengan begitu, potensi jualanmu laris lebih besar.

3. Tampilkan Foto Menarik

Menampilkan foto produk yang menarik di Facebook adalah cara berjualan di Facebook yang paling penting. Silahkan posting foto produkmu dengan kualitas terbaik, jelas dan detail dengan gambar yang jernih. Tujuannya adalah mendorong orang lain untuk membuka produk tersebut, sehingga meningkatkan peluang untuk mendapatkan calon pembeli.

Mempromosikan usaha di Facebook sangat berpengaruh pada tingkat penjualan produkmu. Jadi, jangan lewatkan strategi cara berjualan di Facebook agar cepat laris supaya usahamu bisa berkembang.

 

 

Related posts