Cara Cek e Toll di iPhone

Bagaimana cara cek e toll di iPhone? Penggunaan kartu e toll saat ini sangat penting dan dibutuhkan banyak orang, sebab jika ingin melakukan perjalanan ke luar kota memakai jalan tol, Kamu akan memerlukan kartu e toll. Berbeda dengan sebelum adanya layanan digital, kita masih memakai uang tunai untuk membayar tol kepada petugas, tapi kini setiap kali keluar masuk gerbang tol, 100% sudah memakai kartu ini.

Tentang e-Toll Card

Kartu elektronik untuk pembayaran keluar masuk gerbang tol di tiap daerah yang ada di Indonesia, inilah yang dinamakan dengan e-toll card. Melalui pemakaian kartu e tool, sudah pasti lebih mempermudah para pengguna tol saat melakukan pembayaran.

Pertama kali diluncurkan, kartu e-toll sendiri merupakan hasil Kerjasama dari PT. Mandala Sakti, PT Jasa Marga Tbk, Bank Mandiri, dan PT Citra Marga Nusapahala Persada Tbk. Penggunaan kartu e-toll pertama kali sejak tahun 2009, awalnya hanya bisa dipakai di 3 jalur tol saja, diantaranya tol Cikupa-Merak, tol Cawang-Tanjung Priuk-Pluit, dan tol Cawang-Tomang-Cengkareng. Setelah itu, pada Oktober 2017 lalu kartu e-toll pun disosialisasikan menjadi alat transaksi yang digunakan untuk semua gerbang tol yang ada di Indonesia.

Cara Cek e Toll di iPhone

Cara Cek e Toll di iPhone
Panduan Cara Cek Saldo e Toll di iPhone

Panduan Cara Cek Saldo e Toll di iPhone

Sebelum bepergian untuk melakukan perjalanan antar kota memakai jalan tol, pastikan dulu Kamu sudah mengecek saldo e toll yang Kamu miliki. Tujuannya, agar proses pembayaran tol tidak terhambat dan tidak mengganggu kendaraan dibelakangmu. Sebab jika saldo di e-toll card milikmu habis, secara otomatis Kamu tidak dapat membayar tol dan Kamu pun tidak bisa membuka gerbang tol. Alhasil kendaraan yang mengantri di belakangmu pun akan ikut terhambat.

Terkait:  Cara Cek RAM Hp Xiaomi

Jika Kamu tidak ingin hal ini terjadi, lakukan pengecekan kartu e toll terlebih dahulu. Nah, untuk mengecek saldo e toll sendiri sebenarnya sudah bisa dilakukan lewat perangkat hp, asalkan perangkat tersebut sudah dibekali fitur NFC. Salah satunya pada perangkat iPhone. Jadi, sama seperti cara cek e money di iPhone untuk cek e toll di iPhone juga memerlukan fitur NFT.

Dengan kata lain, Kamu bisa mencoba cara cek e toll di iPhone melalui fitur NFT yang sudah tersemat di perangkat ini. Adapun tutorialnya, ialah sebagai berikut :

1. Cek e Toll di iPhone Memakai Aplikasi Livin By Mandiri

Cara cek e toll di iPhone juga tak serta merta dapat dilakukan begitu saja, karena Kamu memerlukan aplikasi untuk menghubungkannya. Salah satunya ialah dengan mengecek kartu e toll memakai Livin’ by Mandiri Apps. Selain itu, pastikan pula perangkatmu sudah dilengkapi NFC.

NFC adalah fitur khusus yang terdapat pada hp iphone, ini adalah sensor yang dapat mendeteksi e toll card milikmu, sehingga Kamu bisa mengecek saldo yang tersisa pada kartu e-toll. Untuk menggunakannya maka kamu perlu menggunakan salah satu aplikasi mobile banking  dari bank Mandiri yaitu Livin by Mandiri.

Adapun tutorialnya, ialah sebagai berikut :

  • Bukalah fitur NFC yang tertera di iPhone milikmu.
  • Lalu buka Livim’ by Mandiri Apps yang telah diinstal sebelumnya di iPhone.
  • Jalankan aplikasi Livin By Mandiri dengan menggunakan aku
  • Selanjutnya masuk ke menu e-money yang ada di halaman depan aplikasi.
  • Setelah itu, kamu tinggal masuk ke bagian menu perbarui/lihat saldo.
  • Untuk melihat saldo pada kartu e toll, kamu diminta untuk menempelkan kartu e-toll di bagian belakang hp iphone.
  • Tunggulah beberapa saat hingga saldo kartu e-toll milikmu tertera di layar iPhone.
Terkait:  Cara Cek No Hp Smartfren

2. Cek e Toll di iPhone Memakai Aplikasi e Money

Cara selanjutnya adalah dengan meggunakan aplikasi e-money. Salah satu kehebatan dari aplikasi ini adalah Kamu tak perlu melakukan registrasi untuk pengecekan saldo kartu e-toll, jadi bisa langsung menggunakannya. Berikut informasi tutorialnya :

  • Instal terlebih dahulu aplikasi e-money pada App store dengan mencari aplikasinya pada kolom pencarian. Jika sudah ketemu, kamu tinggal instal dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi e-money sudah terinstal pada hp.
  • Jalankan fitur NFC pada hp iphone milikmu.
  • Buka aplikasinya dan tunggulah hingga kamu bisa masuk ke beranda aplikasi.
  • Setelah itu, kamu tinggal tempelkan kartunya dibelakang hp dan tunggu beberapa saat hingga saldo e-toll miilikmu muncul pada aplikasi e-money.

3. Cek e Tol di iPhone Lewat Aplikasi Tokopedia

Cara cek e toll di iPhone selanjutnya bisa juga melalui aplikasi e-commerce, salah satunya Tokopedia. Kamu juga bisa melakukannya dengan mudah, dan pastikan apikasi Tokopedia sudah terinstal di perangkatmu sebelumnya. Setelah menginstal aplikasi Tokopedia, masuk ke halaman utama Tokopedia. Kemudian lanjutkan dengan langkah-langkah berikut :

  • Setelah itu, aktifkan fitur NFC pada iphone agar bisa mengecek saldo kartu e toll dengan mengunakan aplikasi tokopedia.
  • Selanjutnya pada derertan menu-menu yang ada di tokopedia, carilah menuy e-money.
  • Tap menu tersebut agar bisa masuk ke halaman e-money, lalu klik bagian cek saldo.
  • Berikutnya kamu tinggal menempelkan kartu e-toll kamu saja pada sensor NFC yang berada di bagian belakang hp.
  • Sesaat kemudian saldo e-toll kamu akan muncul pada layar hp.

Kelebihan dari aplikasi tokopedia adalah bisa melakukan top up saldo e toll, dengan cara klik ‘top up sekarang’ yang berada di bagian bawah cek saldo e toll.

Terkait:  Cara Cek Saldo Mandiri

4. Cek Saldo e Toll Memakai Aplikasi Bukalapak

Selanjutnya kamu bisa cek kartu e toll memakai e-commerce lainnya seperti Bukalapak. Oke, langsung saja simak informasi cara cek saldo e toll di iphone memakai aplikasi Bukalapak di bawah ini :

  • Install terlebih dahulu aplikasi Bukalapak, jika Kamu masih belum menginstalnya.
  • Setelah menginstalnya atau sudah memiliki aplikasi Bukalapak, bukalah aplikasinya dengan log in ke akun Bukalapak.
  • Pada deretan menu-menu yang ada di halaman utama aplikasi bukalapak, tinggal cari menu e-money.
  • Jika sudah ketemu, klik menu tersebut dan tempelkanlah kartu e-toll yang akan kamu cek dengan menggunakan sensor NFC. Namun, jangan lupa sebaiknya aktifkan dulu fitur NFT di iphone-mu.
  • Saldo akan muncul pada layar hp, sesaat setelah kamu menempelkan kartu.

Kamu juga bisa top up saldo langsung dengan menggunakan apliasi Bukalapak, sehingga kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk top saldo kartu e-toll milikmu.

Cara Cek Saldo e Toll di iPhone Tanpa Memakai NFC

Walaupun saat ini iphone sudah dilengkapi dengan fitur NFC yang memudahkanmu untuk melakukan beberapa aktivitas seperti cek saldo e toll. Tapi mungkin pengguna iPhone lama akan sulit melakukannya, sebab perangkat iPhone lama memang masih belum disematkan fitur NFC.

Tapi jangan khawatir, Kamu masih bisa mencoba cara cek saldo e toll tanpa memakai NFT. Sebagai solusinya, Kamu bisa memakai bantuan mesin ATM. Yang wajib kamu lakukan adalah datang langsung ke ATM , berikut ulasannya :

  • Setelah masuk ke menu uang elektronik, kamu akan mendapatkan menu electronic money.
  • Tap menu e-money lalu ketikkan 16 digit nomor yang ada pada kartu e-toll.
  • Tunggu beberapa saat hingga akan muncul notifikasi ketersediaan saldo e-toll yang ada pada kartu e-toll.

Itulah cara cek e toll di iphone yang bisa kamu lakukan agar kamu tidak kekurangan saldo ketika sedang melakukan perjalanan ke luar kota dengan menggunakan jalan toll.

 

Related posts