Cara Komplain ke Shopee dengan 9 Langkah Tepat!

Cara Komplain ke Shopee
Cara Komplain ke Shopee

Pernah nggak sih kamu mengalami masalah terkait pesananmu di Shopee? Bagi sebagian pengguna Shopee mungkin pernah mengalaminya. Sebenarnya bukan hanya berlaku bagi Shopee saja, tetapi setiap orang yang berbelanja online selalu ada saja kendala atau risiko yang harus dihadapi pembeli. Untungnya, Shopee menyediakan layanan cara komplain ke Shopee dengan mudah bagi para penggunanya.

Cara Komplain Ke Shopee

Cara Komplain ke Shopee
Cara Komplain ke Shopee

Ada banyak sekali masalah yang kerap dialami oleh pengguna aplikasi e-commerce Shopee, seperti masalah produk pesanan yang datang tidak sesuai, produk tidak juga dikirimkan oleh penjual di Shopee, dan masalah lainnya. Untuk mengatasinya, silakan kamu coba beberapa panduan berikut agar masalahmu bisa terselesaikan oleh Shopee.

Read More

1. Cara Komplain ke Shopee dengan Identifikasi Masalah

Langkah pertama adalah mengidentifikasi masalah yang terjadi terkait barang yang dibeli apakah rusak, tidak sesuai deskripsi atau pesanan tidak sampai. Dengan melakukan identifikasi masalah ini akan membantumu untuk memutuskan bagaimana solusi selanjutnya.

2. Hubung Seller (Penjual) di Shopee

Jika masalah terkait dengan barang yang kamu beli, sebaiknya hubungi penjual terlebih dahulu. Coba bicarakan dengan baik-baik dan ajukan solusi yang baik bagi keduanya. Caranya bisa dengan menghubunginya melalui chat atau telepon. Umumnya banyak masalah dapat diselesaikan dengan cara ini. Dengan catatan, seller harus bisa diajak kerja sama dan fast respons. 

3. Cara Komplain ke Shopee dengan Mengajukan Keluhan Pada Aplikasinya

Lantas, bagaimana jika penjual tidak merespon atau masalah tidak menemukan titik tengah? Langkah selanjutnya adalah mengajukan keluhan ke Shopee. Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Shopee. Ikuti panduan cara komplain ke Shopee dengan mengajukan keluhan di bawah ini :

  • Buka aplikasi Shopee di ponsel terlebih dahulu.
  • Klik ikon “Akun Saya” yang berada di bagian bawah.
  • Klik opsi “Pembelian Saya”.
  • Cari transaksi yang ingin kamu keluhkan dan klik “Keluhan”.
  • Pilih jenis keluhan yang ingin kamu ajukan ke Shopee.
  • Isi formulir keluhan dan lampirkan bukti-bukti yang diperlukan.

4. Tunggu Proses Verifikasi

Setelah mengajukan keluhan, Shopee akan melakukan verifikasi terhadap keluhan yang kamu ajukan tersebut dan dapat memakan waktu beberapa hari. Namun jangan khawatir, karena Shopee akan memberikan update terkait dengan keluhan kamu.

5. Terima Solusi yang diberikan

Setelah proses verifikasi selesai, Shopee akan memberikan solusi terkait dengan keluhan yang kamu ajukan. Solusi yang diberikan bisa berupa pengembalian uang, penggantian barang, atau solusi lainnya tergantung pada jenis keluhan yang kamu ajukan.

6. Gunakan Fitur “Bantuan” di Aplikasi Shopee

Kamu juga dapat menggunakan fitur “Bantuan”. Fitur ini bisa membantumu untuk menemukan solusi atas permasalahan yang kamu alami. Kamu bisa mengakses fitur ini dengan cara:

  • Buka aplikasi Shopee di ponsel terlebiih dahulu.
  • Kemudian klik ikon “Akun Saya” di bagian bawah.
  • Klik opsi “Bantuan”.
  • Pilih jenis masalah yang ingin kamu ajukan.

7. Laporkan Penjual yang Tidak Bertanggung Jawab

Apabila ternyata penjual tidak mengirimkan produk sama sekali atau tidak bisa diajak bekerja sama saat komplain, sebaiknya laporkan saja penjual yang tidak bertanggung jawab ke Shopee. Shopee nantinya akan menindaklanjuti apa saja yang diperlukan untuk memastikan bahwa penjual tersebut bertanggung jawab atas tindakannya.

8. Berikan Feedback Jika Sudah Menemukan Solusi

Setelah solusi diberikan, Shopee akan meminta kamu untuk memberikan feedback terkait dengan penyelesaian masalah yang kamu ajukan. Feedback ini sangat penting untuk memperbaiki layanan Shopee ke depannya. Pastikan untuk memberikan feedback yang jujur dan konstruktif sesuai dengan keluhan yang disampaikan.

9. Cari Informasi Terkait Kebijakan Shopee

Sebelum berbelanja di Shopee, alangkah baiknya cari informasi lebih lanjut tentang kebijakan yang berlaku di platform ini. Hal ini akan membantumu untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Dengan mengetahui langkah cara komplain ke Shopee di atas, kamu bisa dengan mudah menyelesaikan masalah yang terjadi saat berbelanja online. Semoga bermanfaat!

Pasti Kamu Belum Tahu:

Related posts