Cara Import Barang dari Alibaba

E-commerce adalah tren dengan pertumbuhan tercepat yang memberikan peluang bagus bagi bisnis untuk meningkatkan grafik penjualan. Perkembangan ini tidak hanya memungkinkan bisnis untuk berurusan dengan konsumen tetapi juga memungkinkan mereka untuk melakukan transaksi dengan pemasok dan grosir lain. Salah satu platform grosir paling terkenal saat ini adalah Alibaba dan karenanya tidak asing untuk melihat pencarian cara import barang dari Alibaba banyak dicari di portal Google.

Cara Import Barang dari Alibaba

Cara Import Barang dari Alibaba
Cara Import Barang dari Alibaba

Alibaba adalah perusahaan Cina yang mengkhususkan diri dalam e-commerce dan didirikan pada 4 April 1999 di Zhejiang. Perusahaan ini didirikan oleh Jack Ma dengan beberapa rekan lainnya. Banyak yang beranggapan bahwa import barang dari Alibaba adalah pintu gerbang bisnis yang dapat secara langsung menghubungkan produsen China dengan pasara grosir internasional.

Apa Itu Alibaba?

Alibaba adalah platform grosir terbesar, dan juga dikenal sebagai salah satu platform e-Commerce terkemuka di planet ini. Ada sejumlah besar merek dan toko online di seluruh dunia yang mengimport produk mereka dari platform dengan warna dominan kuning ini.

Tidak hanay tentang cara import barang dari China, situs web ini juga menyediakan banyak diskon, sehingga pemebli bisa mendapatkan produk khusus melalui desain mereka sendiri. Pengguna juga dapat memesan ke pemasok atau produsen dengan menggunakan Alibaba karena platform ini bekerja layaknya pasar online sehingga pembeli dapat langsung menghubungi pabrikan dengan sangat mudah.

Bagaimana Cara Kerja Alibaba?

Alibaba menyediakan platform bagi para penjual untuk menjual barang dalam jumlah besar dengan harga grosir kepada usaha kecil di tingkat internasional. Pembeli nantinya dapat menjual kembali semua produk tersebut di pasar domestik mereka untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Selain fokus pada import barang dari Alibaba, platform B2B ini juga berkonsentrasi pada perdagangan melalui gateway web e-commerce. Intinya, di situs web ini, baik individu maupun bisnis akan bisa mendapatkan barang yang mereka butuhkan dengan harga grosir.

Amankah Membeli Dari Alibaba?

Keleluasaan berbelanja dengan rupiah di Alibaba tentu akan jadi nilai marketing utama, tapi pengalaman membeli untuk pertama kali biasanya akan sedikit menakutkan. Ada semacam legenda yang menceritakan tentang penjual online yang akhirnya ditipu ketika membeli barang di Alibaba. Jadi pantas saja rasanya jika pertanyaan tentang keamanan ini terlintas di benak calon pembeli?

Tapi tenang, Alibaba sepenuhnya aman untuk jual beli online. Pengguna hanya perlu menemukan, membeli, dan menjual secara online. Tapi tetap, intinya ada pada cara mengetahui dealer dan produsen mana yang dapat dipercaya. Jika prosedur di atas sudah dilakukan, cara import barang dari Alibaba seharusnya tidak akan menjadi masalah.

Apalagi Alibaba telah mengembangkan sederet aturan untuk menjaga semua kesepakatan tetap aman dan terjamin. Padahal perlu diingat bahwa Alibaba hanyalah sebuah platform e-commerce yang menyediakan koneksi antara penjual dengan pembeli. Saran penting yang perlu diingat adalah sebelum membuat kesepakatan apa pun, pastikan untuk melihat profil penjual, umpan balik dari konsumen sebelumnya, dan jumlah transaksi berhasil.

Prosedur Cara Import Barang dari Alibaba Grosir

Berikut adalah beberapa langkah untuk menyelesaikan proses pemesanan dari Alibaba. Semoga langkah-langkah ini bermanfaat bagi calon konsumen yang ingin memahami keseluruhan proses ini.

1. Buat dan Verifikasi Akun Grosir Alibaba: Di Alibaba.com, kamu dapat menemukan produsen untuk produk yang diinginkan dengan sangat mudah. Untuk mendapatkan produk yang dicari, pertama-tama, kamu harus membuat akun dengan memasukkan email dan verifikasi. Pada langkah kedua, kamu akan diminta untuk memberikan informasi, misalnya lokasi, nama perusahaan, dll.

2. Cari Produk Berdasarkan Kategori Yang Berbeda
Setelah terdaftar di situs sekarang, kamu dapat langsung memesan produk incaran kamu. Untuk tujuan ini, pastikan untuk mencari produk yang dibutuhkan ya!

3. Hubungi Pemasok Grosir Alibaba
Pada tahap ini, pilih untuk menjangkau sebanyak mungkin pemasok sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang termurah untuk produk incaran kamu.

4. Negosiasikan Jumlah Minimum Pesanan
Akan penting untuk mengetahui tentang jumlah pesanan minimum karena tidak diragukan lagi, kamu dapat menghemat banyak dengan membeli sesuai dengan proyeksi bisnis kamu.

TIPS: Sebelum melakukan pemesanan dan import barang dari Alibaba, ada baiknya untuk memesan sampel. Jadi dengan cara ini kamu bisa mengecek kualitas produk buatan supplier tersebut. Jangan lupa untuk mengonfirmasi dan mengecek secara detail kualitas produk yang ditawarkan.

5. Verifikasi Harga yang Ditawarkan Guna Menghindari Biaya Tersembunyi
Tahap ini juga penting karena kamu perlu untuk mengetahui harga produk yang sebenarnya. Cara terbaik untuk mengakalinya adalah meminta pemasok untuk mengutip harga pengiriman produk dan biaya cukai di tempat kamu. Kamu harus memastikan bahwa tidak ada biaya tersembunyi karena dana tak terduga dapat menyebabkan masalah di kemudian hari.

6. Negosiasikan Harga Dan Metode Pembayaran dengan Pemasok di Alibaba
Cari tahu bagaimana cara kamu bisa membayar. Sebisa mungkin, cobalah membayar melalui Alibaba. Kamu dapat menggunakan Alipay yang dianggap sebagai metode pembayaran teraman yang tersedia di Alibaba.

7. Finalisasi Pesanan
Sebelum kamu memesan kiriman, kamu harus menyewa tim inspeksi untuk memeriksa kualitas produk yang sudah kamu import dari Alibaba. Karena setelah kamu melakukan pemesanan, akan sangat mahal untuk mengirimkannya kembali ke China. Oleh karena itu, kamu wajib memastikan kualitas barang tersebut sebelum dikirim.

Setelah melakukan pemesanan, tunggu dengan sabar kedatangan barang kamu. Setelah menerima paket tersebut, periksa dengan saksama. Kalau kamu mengimpor banyak barang, pastikan untuk menghitung jumlah barang dan memastikan kualitasnya. Periksa setiap produk untuk mengecek apakah ada kerusakan.

Dan jika kamu mendapatkan produk yang rusak atau ada masalah lain dengan pesanan kamu, jangan sungkan untuk menghubungi pemasok atau Alibaba. Jika kamu tidak bersalah dalam proses ini, Alibaba juga bisa mengakomodasi proses pengembalian pembayaran kamu.

Identik dengan cara beli barang di Shopee atau marketplace lainnya, cara import barang dari Alibaba juga memiliki prosedur yang mudah. Namun karena skalanya yang lebih besar, penekanan pada pemilihan seller yang tepat akan jadi langkah paling krusial. Hati-hati dan selamat mencoba!

Cek Juga 12 Artikel Rekomendasi Kami : 

Radian Zaninta
Doi ini masih malu-malu nyeritain tentang dirinya.