Cara Hotspot Jarak Jauh Android

Bagaimana cara hotspot jarak jauh android? Koneksi internet melalui tathering hotspot Smartphone merupakan sebuah teknologi tercanggih yang sering dimanfaatkan pengguna android saat ini, karena menawarkan lebih banyak kemudahan guna mendukung berbagai aktivitas internet. Hotspot internet yang memanfaatkan jaringan nirkabel, biasanya mengambil sel dari sinyal wifi pada access point kemudian membuat sambungan dari paket internet yang tersedia pada perangkat Wifi diaktifkan hingga terkoneksi ke perangkat lain.

Pemakaian Wifi hostpot dalam membagikan akses internet sendiri memiliki beberapa kekurangan, misalnya masalah gangguan sinyal dan koneksi yang tidak stabil dengan area jangkauan cukup terbatas. Bahkan pasalnya, tathering Wifi hotspot android hanya memiliki radius jankauan berjarak 20 meter saja paling maksimal. Namun kemampuan yang ditawarkan tentu saja berariasi tergantung dari jenis hardware tiap-tiap perangkat smartphone atau device android.

Jadi penggunaan Wifi hotspot android untuk penggunaan gedung perkantoran, mall, minimarket, kafe, sekolah, resto, taman, kampus, rumah kos dan lainnya yang jangkauannya cukup luas dirasa kurang tepat.

Apabila ada kodisi yang mengharuskan atau mebuatmu terpaksa memakai Wifi hotspot android, ada beberapa trik cara hotspot jarak jauh android dengan mudah!

Cara Hotspot Jarak Jauh Android

Cara Hotspot Jarak Jauh Android
Memperkuat Sinyal Wifi Hotspot

Memperkuat Sinyal Wifi Hotspot Jarak Jauh

Beberapa tips cara hotspot jarak jauh android di bawah ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan kinerja Wifi Hotstpot smartphone androidmu. Ada beberapa hardware dan aplikasi yang mungkin harus dipersiapkan supaya bisa menerapkan beberapa pilihan metode untuk memperkuat sinyal Wifi hotspot android, diantaraya :

1. Menempatkan Posisi Wifi Hotspot yang Tepat

Tidak sedikit pengguna android yang menyepelekan bahwa sinyal hotspot Wifi bisa terganggu akibat menempatkan Wifi dalam posisi yang mengganggu dan menghalangi sinyal. Memposisikan Wifi hotspot di sebuah tempat bisa memberikan sinyal berkualitas bagi ruangan tertentu namun bisa saja Kamu mengalami kesulitan sinyal saat menempatkannya di kamar tidur misalnya.

Jadi, kualitas sinyal yang didapat dipengaruhi oleh posisi atau letak Wifi Hostspot. Sebagai solusinya, Kamu bisa memindahkan smartphone android milikmu ke tempat yang sinyalnya lebih baik.

Kamu juga perlu mengecek peralatan elektronik yang terletak diantara perangkat Wifi android maupun perangkat lainnya yang terhubung. Sebab beberapa perangkat elektroik seperti telepon rumah, microwave dan lemari es bisa mengurangi kekuatan sinyal internet Wifi apabila mereka ditempatkan di area keberadaan sinyal Wifi dipancarkan.

Dinding interior di dalam rumah mungkin bisa mengganggu akses sinyal Wifi-mu. Akan tetapi, jumlah gangguan biasanya tergantung dari material pembuatan dinding rumah. Hal yang harus dipikirkan ialah bagaimana tingkat kerapatan dan kepadatan bahan tersebut. Biasanya beton padat termasuk faktor pemicu penghambat sinyal Wifi, sementara kayu triplek dan sheetrock termasuk material yang cukup gampang ditembus oleh sinyal nirkabel.

Jika Kamu tinggal di bangunan lantai dua misalnya, maka Kami bisa meletakkan Wifi Hotspot smartphone-mu di rak yang ukurannya lebih tinggi di area lantai pertama untuk meningkatkan konektivitas Wifi di lantai kedua/atas.

2. Beralih ke Anterna Router

Solusi cara hotspot jarak jauh android lainnya ialah bisa beralih menggunaka antena router. Router yang memiliki kualitas sinyal lebih bagus umumnya memiliki antena yang berkualitas baik, sama halnya dengan perangkat smartphone yang sebaiknya sudah dilengkapi oleh antena portable. Hal tersebut merupakan hambatan yang kerap dihadapi oleh sebagian pengguna.

3. Membeli Antena USB Eksternal Portable

Cara memperkuat sinyal Wifi hotspot jarak jauh ini bisa Kamu terapkan. Jika tablet atau smartpone android yang Kamu pakai sebagai Wifi tak mempunyai antena sendiri, Kamu juga bisa mempertimbangkan pembelian USB eksternal portable yang digunakan untuk smartphone, komputer atau laptop.

Antena USB Eksternal Portable memiliki ungsi yang hampir sama dengan antena built-in, namun bisa diposisikan apabila Kamu ingin mendapatkan kinerja lebih optimal. Selain itu, pastikan pula untuk membeli 1 antena USB portable dengan kabel. Perangkat ini memungkinkanu memasukkan receiver pada posisi paling optimal, tanpa harus menggerak-gerakkan perangkat androidmu.

4. Wireless Range Extenders

Apabila sinyal Wifi perangkat androidmu tidak dapat diandalkan atau masih lemah, dan kamu tidak menemukan solusinya, mungkin jawabannya ada pada Powerline Adapter dan Wireless Range Extenders.

Wireless Range Extenders sebenarnya kompatible pada hampir seluruh perangkat android dan harganya pun tidak mahal. Perangkat tersebut benar-benar dapat diandalkan jika Kamu memiliki properti yang besar.

5. Menempatkan Posisi Router Wifi Android di Area yang Tepat

Cara hotspot jarak jauh android sederhana lainnya ialah dengan mengoptimalkan lokasi pada router Wifi perangkat android. Selain itu, Kamu juga bisa memakai aplikasi atau software Wifi FDTF sover di Play Store, untuk memungkinkanmu melihat bagaimana kekuatan sinyal router milikmu.

Tips Menarik Sinyal Wifi Hotspot Android

Jika sinyal dalam WIfi android telah diperkuat, kini saatnya menarik sinyal supaya bisa ditangkap di beberapa perangkat lainnya dengan baik. Cara menyedot sinyal juga membutuhkan beberapa aplikasi dan tools. Tentu saja Kamu bisa memakai cara memperkuat sinyal Wifi hotspot jarak jauh android ini secara gratis. Berikut ulasannya :

1. Wifi Repeater

Masalah sinyal lemah sebenarnya merupakan masalah klasik dengan solusi sederhana dan mudah. Kamu bisa memakai Wifi repeater. Dimana fungsi Wifi repeater ini ialah menyebarkan jangkauan pada sinyal Wifi. Kamu bisa membelinya baik secara online maupun offline. Adapun cara yang tepat untuk pendekatan yang sati ini iala membuat DD-WRT router dengan custom sendiri, kemudian memasukkannya pada mode repeater.

Selain itu, Kamu juga bisa memakai jenis router dengan dukungan firmware DD-WRT. Pastikan pula router yang ingin Kamu gunakan untuk Wifi repeater sudah medukung jenis atau tipe wireless yang akan di repeat seperti halnya Wireless G, Wireless N dan lainnya.

2. Melacak Sinyal Wifi Android

Kamu mungkin sering rela mengelilingi area di sekitar rumah atau bagunan hanya untuk mendapatkan sinyal yang baik. Untuk menemukan posisi yang tepat pada sinyal Wifi perangkat android terbaik, Kamu bisa mencoba mengunduh Wifi Signal Booster. Silahkan pilih Manual Boost, lalu perhatikan untuk tetap melihat garis berwarna merah sembari berjalan perlahan di area sekitar hotspot Wifi untuk mencari sinyal terbaik.

Adapun jarak paling dekat dari garis merah ialah garis sinyal yang mengindikasikan ketersediaan sinyal. Dimana semakin mendekati area garis merah sinyalnya pun akan semakin baik. Silahkan pilih “Automatic Imporvement” jika ingin mempercepat menemukan spot terbaik sampai Kamu bisa segera melakukan boost pada sinyal Wifi-mu.

Mengatur Smartpone Android Agar Koneksi Internet Tetap Stabil

Pada opsi Settings perangkat android, Kamu bisa melakukan pengaturan untuk mencegah terjadinya koneksi buruk. Kamu bisa masuk ke menu “Settings” kemudian masuk ke Wifi, lalu tekan menu Advanced. Dari sini Kamu bisa melihat kolom centang agar terhindar dari koneksi Wifi hotspot yang buruk.

Untuk menemukansinyal yang baik, Kamu jaga bisa memilih beberapa aplikasi yang bisa diunduh gratis di Google Play Store. Sebut saja seperti Wifi Manager, WPA, WEP dan WPA2.

Itulah beberapa pilihan cara hostpot jarak jauh android dengan memanfaatkan berbagai macam program dan aplikasi untuk mendapatkan sinyal yang bagus pada Wifi smartphone-mu.

Cek Juga 12 Artikel Rekomendasi Kami : 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019