Cara Cek Resi Indah Cargo

Bagaimana cara cek resi Indah Cargo? Ya, PT Indah Logistik Cargo atau biasa disebut dengan nama Indah Cargo saja,  ialah perusahaan jasa pengiriman barang yang telah didirikan tahun 2011 lalu dan telah melayani ekspedisi barag dari barat hingga timur Indonesia.

Sampai saat ini Indah Cargo telah mempunyai sebanyak 519 kantor cabang yang ada di seluruh Indonesia. Dengan banyaknya cabang ekspedisi Indah Cargo, tak hanya mempermudah proses pengiriman paket saja, tetapi juga cara cek resi Indah Cargo yang tergolong mudah dan praktis.

Layanan Jalur Pengiriman Paket Indah Cargo

Indah Cargo menawarkan berbagai macam pilihan pengiriman barang atau paket, dengan jalur-jalur pengiriman di bawah ini :

  • Darat

Sama halnya dengan jasa ekspedisi pada umumnya, Indah Cargo juga menyediakan layanan pengiriman paket/barang melalui jalur darat.

Pengiriman paket atau barang melalui jalur darat juga banyak dijadikan pertimbangan para konsumen. Diantaranya karena akses pegiriman barang dari pengirim kepada penerima  yang memungkinkan bisa dijangkau via jalur darat.

  • Udara

Pengiriman barang atau paket menggunakan jalur udara sendiri, untuk Indah Cargo akan dilayani oleh Yatama Air Cargo karena telah bermitra dengan Garuda Indosnesia.

Dimana layanan yang satu ini bisa menerima pengiriman barang dengan berat minimal sebesar 1 kg.

  • Laut

Pemilihan akses jalur laut sendiri dilakukan karena alasan jarak pengiriman antar pulau atau paket yang terlalu besar, sehingga mengadirkan kemudahan lewat pengiriman jalur laut.

  • Kereta Api

Layanan pengiriman barang atau paket terkadang menggunakan armada kereta api sebagai pilihannya, mengingat jalur perjalanan antar provinsi memudahkan layanannya.

Selain itu, ketepatan waktu pengiriman kereta api menjadikan moda transportasi yang satu ini sering dijadikan pilihan sesuai kebutuhan.

  • City Kurir

City kurir adalah pilihan pengiriman dalam jarak dekat atau antar kabupaten. Adapun pertimbangannya ialah biasanya badan jalan tidak mencukupi jika dilewati mobil truk maupun mobil lainnya yang berukuran besar.

  • Trucking

Jika Kamu memerlukan transportasi yang cukup besar untuk pindahan, maka moda trucking dari Indah cargo dapat dijadikan pilihan.

Layanan jenis ini biasanya khusus untuk mengirimkan perabot maupun barang-barang rumah tangga lainnya yang dibutuhkan untuk pindahan.

Itulah 6 jenis layanan jalur pengiriman yang disediakan oleh Indah Cargo. Kamu bisa memilih salah satunya tergantung kebutuhan.

Cara Cek Resi Indah Cargo Logistic

Cara Cek Resi Indah Cargo
Cek Resi Indah Cargo

Cara cek resi Indah Cargo Logistic sendiri sangat mudah, Kamu hanya perlu memasukkan nomor bukti atau resi pengiriman yang telah diberikan oleh jasa ekspedisi Indah Cargo.

Biasanya nomor resi berada di samping kiri atas tepat di bawah logo ekspedisi Indah Cargo Logistics, tepatnya di link https://www.indahonline.com/layanan/cek_resi. Masukkan nomor resi pengiriman dan isikan kode keamanan di kolom yang telah tersedia, lalu klik “cek”. Setelah itu, tunggu sampai Kamu mendapatkan tampilan informasi tentang posisi paket yang Kamu kirimkan.

Supaya Kamu lebih memahami cara cek resi Indah Cargo, ini dia langkah-langkah yang harus diikuti :

  1. Silahkan temukan nomor resi pengiriman/barcode atau Airwaybill di lembar resi pengiriman paketmu.
  2. Setelah itu, inputkan nomor resi tersebut di kolom yang telah tersedia.
  3. Silahkan sisi kode keamanan yang benar dan klik “cek”.
  4. Terakhir, hasil pelacakan atau tracking akan ditampilkan.

Indah Cargo adalah perusahaan yang bergelut di jasa angkutan atau ekspedisi barang berskala cukup besar mencakup hampir semua wilayah yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan, jasa ekspedisi ini melayani pengiriman lewat jalur laut, darat dan udara.

Layanan Pengiriman Barang Indah Logistic

Seperti sudah kita bahas di atas bahwa jangkauan ekspedisi Indah Cargo sendiri mencakup jalur laut, udara, dan darat.

Selain itu, pilihan jalur daratnya pun bervariasi, seperti layanan trucking, city kurir, dan kereta api. Banyaknya variasi layanan jalur pengiriman ini tak lain untuk memenuhi beragamnya kebutuhan konsumen terkait jasa pengiriman.

Pada Indah Cargo Bandung dan Jakarta, Kamu bisa lebih leluasa memilih layanan laut, darat, trucking, kereta api, udara, dan lain sebagainya.

Sementara itu, di area Serang dan Tangerang, tersedia layanan tracking Indah Kargo Mandiri, sebagai anak perusahaan dari Indah Group.

Ekspedisi Indah Kargo Mandiri telah melayani angkutan atau ekpedisi barang melalui jalur laut dan darat. Variasi pilihan tersebut selain mengutamakan pertimbangan secara personal, juga dikarenakan kebutuhan.

Jasa ekspedisi Indah Kargo selain memberikan kemudahan lewat pilihan jasa yang ditawarkannya, juga lewat pengecekan tarif pengiriman paket.

Memiliki desain web yang simpel, tentu saja memermudah Kamu untuk mengecek tarif atau ongkos pengiriman barang.

Biasanya pada halaman tarif pengiriman barnag, ada 2 kolom atau menu yang tersedia, diantaranya kota pengiriman dan kota penerima.

Kamu cukup memasukkan noma tempat/kota pengiriman paket dan kemana barang/paket akan dikirimkan, sehingga biaya pengiriman langsung muncul pada laman tarif pengiriman.

Pengecekan biaya ongkos kirim layanan pengiriman barang ini adalah hal terpenting yang harus dilakukan. Hal tersebut dapat membantumu mempertimbangkan pemilihan jenis layanan transportasi yang dapat dipilih untuk pengiriman barang.

Kepastian dan ketepatan terkadang menjadi bahan pertimbangan utama konsumen, namun tak menutup kemungkinan pula konsumen mempertimbangkan biaya pengiriman.

Jangan sampai, ketika Kamu sudah menentukan layanan yang diinginkan, namun karena belum mengecek ongkirnya, sehingga pengiriman barang tersebut pun terhambat.

Oleh karena itu, Indah Online memberikan fasilitas pengecekan tarif pengiriman untuk memastikan bahwa Kamu telah melakukan pilihan yang tepat.

Tracking Barang Indah Cargo

Cara cek resi pengiriman barang adalah hal terpenting yang harus dilakukan para pengguna layanan tracking Indah Cargo.

Terlebih di era digital seperti sekarang ini, tentunya semua konsumen memerlukan kepastian lokasi barang atau paket yang telah dibelinya.

Jadi, jangan sampai barang yang sudah dipesan tidak sampai ke tangan pelanggan akibat tercecer atau justru salah lokasi.

Meskipun sebaik dan secanggih apapun layanan ekspedisi yang Kamu pilih, bisa saja ada hal-hal yang tak terduga terjadi.

Oleh karena itulah, penting sekali mengecek tracking pengiriman untuk memastikan paket sudah tiba dimana.

Hal-hal Terkait Pengiriman Barang

Ada beberapa hal yang harus Kamu ketahui saat mengirimkan barang menggunakan jasa ekspedisi, diantaranya :

  • Berikan Alamat Lengkap dan Nama Penerima Dengan Jelas

Kesalahan penulisan alamat lengkap dan nama penerima bisa menghambat proses pengiriman atau bahkan membuat pengiriman barang tidak terproses.

Terutama jika kurirnya kurang jeli memahami daerah mana atau siapa yang ditujunya.

  • Ketahui Durasi Pengiriman Paket

Kesalaan yang seringkali dilakukan oleh konsumen ialah kurang jeli memahami jenis pengirimannya. Sehingga menganggap paket yang seharusnya sudah tiba, padahal barang tersebut menurut standarnya belum sampai.

Jika Kamu membeli produk secara online dan lokasi atau tempat penjualnya masih di satu pulau, normalnya pengiriman barang akan tiba selama 1-5 hari, sementara untuk pengiriman paket di luar pulau umumnya melebihi 5 hari.

  • Pengiriman Paket Dilakukan Pada Hari Kerja

Hal yang seharusnya dipahami oleh pengguna jasa ekspedisi lainnya ialah kebiasaan mengenai layanan pengiriman paket yang seringkali menyesuaikan harg kerja.

Misalnya saja, barang tiba di hari tertentu mendekati weekend. Maka kemungkinan besar paket akan diantarkan pada hari seninnya. Sebab biasanya di akhir pekan jasa ekspedisi tidak melakukan kegiatan operasional.

Demikianlah ulasan tentang cara cek resi Indah Cargo Logistik dan jenis-jenis layanan pengiriman barang yang disediakan oleh Indah Cargo. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019