Cara Hotspot Baterai

Salah satu faktor yang mempengaruhi baterai smartpone cepat boros ialah karena koneksi Hp yang lemah. Dengan memanfaatkan jaringan Wifi, maka daya baterai ponsel tidak seboros saat memakai mobile data. Namun apabila koneksi Wifi tidak stabil, baterai pun menjadi cepat terkuras. Lalu, bagaimana cara hotspot baterai?

Seringkali kita menemukan lokasi-lokasi yang memiliki koneksi Wifi stabil, tapi ada pula yang lemah. Saat Wifi di ponsel menyala, secara otomatis Hp kita langsung terkoneksi pada jaringan Wifi tersebut walaupun sinyalnya lemah. Inilah yang membuat borosnya penggunaan baterai di Hp. Cara hotspot baterai agar tetap hemat berikut, mungkin bisa Kamu tiru!

Cara Hotspot Baterai

Cara Hotspot Baterai
Menghemat Baterai

Menghemat Baterai Dengan Wifi atau Fitur Hotspot

Agar Kamu lebih nyaman menggunakan Wifi tanpa harus menguras baterai, ada beberapa tips menghemat baterai dengan wifi berikut!

Cara Menghemat Baterai Dengan Wifi Saver

Salah satu metode yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat daya baterai smartphone ialah dengan memakai Wifi Saver. Untuk memanfaatkan aplikasi ini, Kamu bisa ikuti cara hotspot baterai menggunakan Wifi Saver berikukt :

1. Download dan Instal Wifi Saver

Langkah pertama, silahkan unduh dan pasang Wifi Saver lewat link berikut. Lalu di halaman muka, Kamu akan ditampilkan 3 opsi yang dapat Kamu pergunakan diantaranya Basic Saver, Lock dan Low Strength Saver. Dimana tiap-tiap pilihan tersebut menawarkan fitur berbeda dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

2.Fitur Basic Saver

Cara hotspot baterai berikutnya, ketika menu tersebut dinyalakan, Hp akan mengecek tiap 5 menit sekali. Kemudian jika Hp menemukan jika fitur Wifi menyala tapi statusnya tidak terkoneksi, maka aplikasi secara otomatis akan mematikan Wifi di Hp. Metode ini sangat ampuh menghemat baterai HP memakai Wifi.

3. Fitur Strength Saver

Fitur yang satu ini bisa digunakan dalam cara menghemat baterai dengan Wifi. Dengan menyalakannya di Wifi Saver, maka Hp secara otomatis akan mematikan Wifi apabila angka kekuatannya kurang dari 30. Jika ingin memeriksa kekuatan Wifi, Kamu dapat memilih opsi “Show Network Details” pada bagian bawah. Koneksi Wifi paling kuat biasanya  berada di angka 100.

4. Fitur Lock

Fitur lock merupakan fitur terpenting untuk menghemat baterai memakai Wifi, dengan mengaktifkan lock di Wifi Saver. Dimana aplikasi tersebut akan menyala terus walaupun  Hp dalam kondisi terkunci. Apabila Kamu menonaktifkan fitur tersebut, saat HP dikunci, semua proses penghematan baterai lewat Wifi pun akan terhenti.

Itulah beberapa cara hotspot baterai agar lebih hemat saat memakai Wifi. Di aplikasi Wifi Saver sebenarnya masih banyak aktivitas yang bisa ditelusuri, seperti memakai timer untuk mematikan dan mengaktifkan Wifi, atau menggunakan auto connect jika ingin menentukan waktu terhubung dengan jaringan Wifi.

Cara Hotspot Baterai

Kamu mungkin bingung dengan cara hotspot baterai, bukan? Ya, kemampuan smartphone untuk berbagi hotspot atau koneksi internet mungkin sudah biasa. Tapi, bagaimana bila yang dibagikan ialah daya baterai atau energi? Nah, inilah sala satu inovasi sekaligus ide yang telah dicetuskan Sony menurut hak paten yang diterbitkan belum lama ini.

Sony memang sudah mengajukan hak paten untuk memberikan alternatif pengisian daya baterai tanpa kabel (nirkabel) melalui perangkat lain. Solusi ini memungkinkan perangkat smartphone untuk berbagi daya baterai ke smartphone lainnya. Selain menemukan cara hotspot baterai bagi perangkat ponsel, Sony juga memungkinkan penggunaan sistem tersebut bagi smartwatch, weareable dan laptop.

Berbagi Energi Baterai Melalui Smartphone

Dengan mengusung sistem nirkabel, paten yang diajukan Sony menunjukkan kemampuan untuk mentransfer energi di setiap perangkat memakai sistem yang berbasis antena. Dimana sebagian besarnya berfokus untuk mencari sebuah perangkat yang bersifat kompatible, sehingga bisa mentransfer energi melalui smartphone mereka.

Selain itu, Sony juga melanjutkan jika smartphone yang daya baterainya berkapasitas 2.500 mAh tak bisa mengisi energi smartphone yang kapasitas baterainya sama dengan penuh, karena memang prosesnya yang juga menghabiskan daya.

Bahkan Sony mencari cara supaya smartphone tidak sampai kehilangan energi secara signifikan selama transfer energi berlangsung. Semoga pengembangan teknologi tersebut dapat diterapkan pada smartphone di masa mendatang.

Jika teknologi tersebut berjalan lancar, di masa mendatang kita tidak perlu lagi mengandalkan powerbank atau listrik. Saat daya smartphone-mu habis, Kamu tinggal meminta orang lain atau teman yang ingin berbaik hati mentransfer daya baterai dari smartphone-nya.

Tips Menghemat Baterai Handphone

Selain cara hotspot baterai yang masih baru direncanakan oleh Sony, tentu saja untuk saat ini cara paling realistis adala menghemat baterai handphone. Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk menghemat daya baterai smartphone milikmu. Ini dia ulasannya :

1. Lakukan Pengaturan Cahaya HP

Jika Kamu mengatur pencaayaan pada layar Hp yang terlalu terang, sudah pasti akan memakan daya baterai yang semakin besar. Selain itu juga membuat baterai menjadi lebih mudah habis. Apabila Kamu tidak sedang di luar ruangan, sebaiknya redupkan cahaya pada layar Hp. Agar penggunaan daya baterai lebih irit.

Di samping itu, pastikan untuk mematikan mode pencahayaan otomatis. Sebab mod otomatis ini cukup menguras daya baterai karena biasanya selalu menyesuaikan pencahayaan yang ada di sekitar. Jadi, lebih baik lakukan pengaturan pencahayaan manual. Sehingga daya baterai menjadi lebih hemat dan lebih awet dalam waktu yang lama.

2. Jangan Memainkan Ponsel Sambil di Cas

Kita tentu sudah tahu bahwa memainkan HP saat sedang di cas bisa membuat daya baterai menjadi lebih boros. Namun tetap saja ini menjadi kebiasaan buruk. Padahal jika dibiarkan, biasa membuat proses pengisian daya baterai menjadi tidak maksimal.  Bahkan bisa lebih muda dan cepat merusak kondisi baterai. Sebagai solusinya, Kamu cukup mendiamkan Hp yang sedang di cas atau mematikan Hp ketika melakukan charging.

3. Pakai Mode Baterai Saver

Demi memudahkan penghematan daya baterai, pihak pabrikan HP sebenarnya teah melengkapi sistem mode penghemat baterai melalui Baterai Saver. Mode tersebut biasanya secara otomatis menyesuaikan pengaturan-pengaturan untuk meningkatkan daya tahan pada baterai itu sendiri. Seperti membatasi dan menonaktifkan data. Dengan menonaktifkan setiap aplikasi yang berjalan pada latar belakang sekaligus melakukan beberapa pengaturan.

Di samping itu, pengaktifan mode baterai saver juga berguna apabila Kamu sedang melakukan pengecasan Hp, sebab proses charging menjadi lebih maksimal untuk mode ini.

4. Lakukan Pengecasan Hp Sampai Penuh

Sebagian dari kita mungkin sering mencabut charger ponsel sebelum daya baterai full 100% terisi di Hp. Tapi, tahukah Kamu jika kebiasaan tersebut bisa membuat baterai HP lebih gampang lowbat, mengingat proses pengecasan tidak dilakukan secara maksimal. Sebagai solusinya, lakukan pengecasan ketika Kamu memang tidak sedang membutuhkan Hp.

5. Pakai Baterai Original

Baterai Kamu yang cepat habis mungkin dikarenakan sudah waktunya untuk mengganti baterai. Walaupun harganya memang lebih mahal, namun pentig sekali untuk mengganti atau membeli baterai original. Sebab baterai original biasanya telah disesuaikan dan didesain dengan Hp-nya. Sementara itu, memakai baterai KW biasanya membuat Hp cepat rusak.

Alih-alih menemukan solusi cara hotspot baterai, cara paling efektif untuk menghemat baterai di atas bisa Kamu terapkan agar pemakaian baterai lebih irit.

Cek Juga 12 Artikel Rekomendasi Kami : 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019