Cara Giveaway Youtube

Bagi pemilik channel Youtube, sebenarnya ada banyak pilihan cara yang dapat digunakan untuk mengajak viewer video Youtube Kalian supaya bisa menjadi subscriber channel Youtube. Salah satunya ialah dengan cara giveaway Youtube menarik. Melalui kampanye pendaftaran giveaway video Youtube, tentu saja akan menjadi lebih mudah mempromosikan channel Youtube Kalian.

Apa Itu Giveaway Youtube?

Banyak yang menganggap jika definisi giveaway sendiri adalah hadiah yang diberikan secara gratis tanpa harus merogoh kocek. Jika Kalian paham dengan konsep free report atau free review, yang berarti laporan atau ulasan gratis, sama seperti konten giveaway. Dimana prosesnya mengajak orang mencoba produk yang dipromosikan secara gratis demi memperoleh customer review.

Jadi bisa diartikan bahwa giveaway ialah sebuah aktivitas berbentuk hadiah gratis dan berlaku bagi siapa pun sesuai produk yang telah dijanjikan sponsor. Akan tetapi peserta wajib memenuhi persyaratan untuk memperoleh hadiah gratis seperti harus menjadi subcriber Youtube atau lainnya.

Jika Kalian memiliki channel Youtube, maka Kalian tidak perlu lagi memakai jasa promosi di platform Youtube untuk memperoleh banyak subscriber. Karena Kalian bisa menggunakan cara giveaway Youtube. Tapi, bagaimana cara untuk memperoleh sebanyak 1000 subscriber? Berikut tutorialnya!

Cara Giveaway Youtube

Cara GIveaway Youtube
Membuat GIveaway Youtube

Tips Membuat Giveaway Youtube Untuk Meraih Banyak Subscriber

Jika ingin membuat giveaway Youtube, tentu saja Kalian harus mempunyai tujuan. Jadi usahakan target yang kalian inginkan harus benar-benar tercapai sesudah menentukan pemenangnya.

Adapun alasannya, karena giveaway memerlukan modal yang tidak sedikit dan memerlukan waktu cukup lama. Namun jika Kalian telah berhasil mencapai target, maka metode ini juga bisa dijadikan sebagai ajang bisnis giveaway.

Selain itu, dengan cara giveaway Youtube yang menarik Kalian juga akan memperoleh subscriber lebih banyak di channel Youtube dengan cepat. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan jika ingin mendapat 1000 subcriber Youtube, ialah sebagai berikut :

1. Menentukan Tema Giveaway Youtube

Cara membuat giveaway Youtube yang pertama ialah Kalian harus menentukan tema giveaway Youtube terlebih dahulu. Tema adalah hal terpenting yang wajib diperhatikan.

Karena channel Youtube Kalian harus sama seperti tema giveaway Youtube yang Kalian lakukan.

Misalnya, channel Youtube yang Kalian miliki membahas tentang produk kecantikan. Jadi tema giveaway dapat diambil dari brand produk yang Kalian promosikan.

Kalian bisa mengajak para peserta giveaway, untuk memberikan komentar yang menarik agar dapat memenangkan giveaway. Di samping itu, Kalian juga dapat mengajak para peserta agar dapat memberikan subscribe di channel youtube Kalian.

2. Buat Ketentuan Untuk Bisa Mengikuti Giveaway

Cara giveaway Youtube berikutnya ialah dengan membuat syarat dan ketentuan agar peserta bisa menjadi pemenangnya. Hal ini dilakukan supaya kuis online yang Kalian buat semakin seru.

Syarat tersebut harus dilakukan setiap peserta agar dapat mengikuti giveaway. Adapun beberapa syarat dan ketentuan yang bisa Kalian buat saat pembuatan giveaway Youtube, diantaranya :

  • Para peserta wajib memberikan komentar terbaik untuk memenangkan kuis atau giveaway yang Kalian buat.
  • Peserta giveaway setidaknya sudah membeli 1 produk yang Kalian jual.
  • Peserta juga harus melakukan subcribe channel Youtube Kalian.
  • Wajib mengajak setidaknya 1 orang untuk bisa mengikuti giveaway Kalian.
  • Wajib memberikan review atau testimoni produk yang Kalian jual.

Melalui ketentuan yang Kalian buat di atas, giveaway Youtube yang Kalian buat pun bisa memenuhi target dan akan sukses.

3. Bekerjasama atau Merekrut Sponsor Untuk Bergabung di Giveaway

Menariknya lagi, giveaway yang kalian buat setidaknya wajib mempunyai satu sponsor. Nah, untuk mendapatkan sponsor tersebut memang sangat sulit tapi Kalian jangan mematok biaya join sponsor sangat tinggi.

Adapun tujuan dari cara membuat giveaway Youtube ini ialah agar Kalian dapat merekrut sponsor lebih banyak. Sehingga produk yang Kalian jual dapat mencapai target. Selain itu, sponsor tentunya tetap memperoleh keuntungan dari event giveaway Kalian.

Sebagai bonus tambahannya, Kalian menjadi lebih mudah memperoleh subscriber sebanyak 1000 dengan mudah dan cepat dari kuis online tersebut.

4. Persiapkan Hadiah Menarik Untuk Pemenang atau Konsumen Giveaway

Setiap peserta yang telah mengikuti giveaway Youtube pastinya ingin memperoleh hadiah. Maka dari itu, Kalian sebagai pembuat giveaway ini harus mempersiapkan hadiah menarik bagi peserta yang berhasil memenangkan giveaway.

Hadiah yang diberikan  kepada pemenang giveaway atau konsumen bervariasi, dapat berbentuk hijab, HP, uang tunai, pulsa, skin hero, diamond dan lainnya.

Salah satu bagian cara giveaway Youtube ini memang akan menguras budget cukup besar.  Namun perlu ditekankan bahwa Kalian tidak harus mematok harga yang mahal, terlebih saat Kalian memiliki sponsor yang akan mengikuti giveaway Youtube yang telah dibuat.

Namun hadiah bagi konsumen yang memenangkan giveaway wajib ditanggung bersama sponsor yang sudah bergabung. Ini artinya, semakin banyak Kalian memiliki sponsor maka semakin besar pula hadiah yang bisa Kalian berikan ke pemenang kuis online tersebut.

5. Harus Bisa Mencapai Tujuan Giveaway

Orang yang membuat giveaway tentu saja bertujuan untuk bisa mencapai target yang mereka harapkan. Nah, Kalian juga harus mempunyai target tersebut sebelum membuat kuis online di Youtube.

Adapun tujuannya tak hanya satu, tetapi Kalian bisa saja menggabungkan banyak tujuan dengan cara bersamaan. Misalnya tujuan giveaway yang Kalian lakukan ialah berikut ini :

  • Ingin memperoleh 1000 subscriber Youtube di channel Youtube Kalian.
  • Mempromosikan atau mengkampanyekan produk yang dijual.
  • Menambah jumlah viewer untuk tiap video yang Kalian upload.
  • Kalian dapat bekerjasama dengan para sponsor.

Sebaiknya usahakan untuk memberikan persyaratan ke peserta giveaway sesuai tujuan yang Kalian inginkan. Dengan begitu, cara giveaway Youtube berhasil dilakukan.

Lalu, Bagaimana Cara Menentukan Pemenang Giveaway Youtube?

Untuk menentukan pemenang giveaway di Youtube, Kalian bisa melakukan pengundian nama-nama pemenang menggnakan aplikasi bernama comment picker. Aplikasi tersebut dapat Kalian pakai untuk mencari nama undian secara acak yang dijadikan sebagai pemenang giveaway nantinya.

Berikut beberapa cara penentuan pemenang kuis online Youtube dengan cara acak berikut ini :

1. Pilih Peserta Memakai Aplikasi Comment Picker

Selain berguna untuk Youtube, aplikasi Comment Picker juga bisa diterapkan untuk menentukan pemenang giveaway di Instagram dan Facebook. Untuk menentukan pemenang di Comment Picker, berikut panduannya :

  • Silahkan masuk ke halaman Comment Picker secara resmi.
  • Pakai sosial media, caranya dengan pilih menu di bagian atas.
  • Silahkan login memakai akun media sosial untuk memilih pemenang giveaway.
  • Sesudah login, Kalian dapat menginputkan URL Link dari Giveaway yang Kalian buat.
  • Setelah itu pilih opsi pick random winner dan tekan start.

Secara otomatis, aplikasi ini akan langsung menampilkan informasi tentang komentar paling menarik.

2. Tentukan Nama Peserta Giveaway Calon Pemenang

Sesudah Kalian memilih peserta memakai aplikasi Comment Picker, Kalian juga harus menyeleksi beberapa nama terpilih. Tujuannya supaya Kalian lebih tepat memilih pemenang unidan giveaway Youtube.

Selain itu, pastikan Kalian menentukan pemenang giveaway dengan tepat dengan memilih yang sudah memenuhi persyaratan giveaway agar tidak terjadi kecemburuan.

Semoga cara giveaway Youtube di atas memberikan gambaran bagi Kalian yang ingin mempromosikan produk lewat Youtube selain cara dapat uang dari Youtube!

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019