Cara Import Barang

Cara Import Barang

Banyaknya barang dari luar negeri yang berharga lebih murah dengan kualitas yang baik, membuat sebagian masyarakat kini menyukai aktivitas import barang. Apalagi dengan kemudahan cara import barang saat ini, lewat adanya marketplace-marketplace luar negeri seolah memberikan akses tersendiri untuk membuka peluang import. Walaupun terkadang ada tambahan biaya pengiriman, harga jual barang import tetap lebih terjangkau jika dibandingkan produk dari dalam negeri.

Negara pusat import barang yang disukai masyarakat Indonesia adalah China. Barang-barang dari China terkenal dengan harganya yang murah dengan kualitas yang baik. Mulai dari produk mainan, fashion hingga barang elektronik pun sudah banyak yang masuk ke Indonesa. Dan terbukti, banyak masyarakat yang menyukai produk tersebut.

Read More

Menariknya lagi, peluang import barang ini bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk menarik minat banyak konsumen. Untuk mendapatkan barang import tersebut, cukup mempelajari bagaimana cara import barang yang akan Kami bahas disini.

Cara Import Barang

Cara Import Barang
Panduan Import Barang di e-Commerce China

Panduan Import Barang Melalui e-Commerce China

Cara import barang paling mudah memang bisa dilakukan dengan membeli barang lewat e-commerce luar negeri, salah satunya e-commerce dari China. Apalagi kini sudah banyak marketplace China yang dikenal masyarakat Indonesia. Jika berbelanja dari e-commerce luar negeri, Kamu tak perlu lagi memikirkan prosedur import yang cukup rumit. Bahkan Kamu tak perlu lagi langsung datang ke negara China, sehingga lebih hemat transportasi.

Pembelian barang import di e-commerce China juga lebih leluasa menentukan jumlahnya. Kamu bisa membelinya satuan maupun dalam skala besar. Namun hal yang perlu Kamu perhatikan yaitu dalam proses pengirimannya. Ada 2 jalur pengiriman yang dapat dipilih, yakni jalur udara dan laut. Cek pula estimasi biaya maupun waktu pengiriman import  barang.

Sebab besarnya biaya dan tingkat kecepatan pengiriman tergantung pada jalur transportasi pengiriman yang Kamu pilih. Untuk jalur pengiriman via udara, biasanya estimasi waktu pengiriman lebih cepat hanya sekitar 14 hari saja dengan biaya ongkir lebih mahal tentunya. Sedangkan pada jalur pengiriman laut, waktu estimasinya lebih lama sekitar 30 hari, keuntungannya biaya pengirimannya lebih murah. So, pilihannya ada di tanganmu!

Oke, jika Kamu tertarik ingin melakukan import barang China dengan mudah, silahkan cek tutorial cara import barang lewat e-commerce China berikut ini!

Metode 1 : Import Barang China Lewat Aliexpress

Untuk import produk China yang pertama, Kamu bisa memilih Aliexpress. Aliexpress sendiri adalah anak perusahaan Alibaba, sekaligus sebagai platform online shop yang melayani pembelian grosir maupun eceran. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan saat berbelanja barang import di Aliexpress berikut ini :

1. Belanja di Aliexpress Lewat Website Browser

Silahkan buka web marketplace Aliexpress.com lewat Google Chrome. Biasanya saat membuka web belanja online tersebut di Google Chrome, bisa memakai layanan bahasa sesuai keinginan.

2. Menghubungi Supplier

Sebenarnya mayoritas warga Tiongkok biasanya memakai aplikasi WeChat untuk berkomunikasi. Jika Kamu sudah memperoleh supplier, silahkan minta nomor ID atau bahkan nomor kontak WeChat Supplier tersebut. Pada aplikasi WeChat, akan ada fitur penerjemah bahasa dengan otomatis. Kamu pun bisa memahami komunikasi bersama supplier, jika mereka memakai bahasa mandarin. Karena percakapan supplier bisa diterjemahkan langsung ke layanan bahasa yang Kamu inginkan.

3. Metode Pembayaran

Ada 2 opsi metode pembayaran yang akan dijelaskan terkait perlindungan pembeli. Kamu juga akan dilindungi pihak Aliexpress apabila terjadi hal yang tidak diinginkan saat membeli barang. Saat membeli barang lalu melakukan pembayaran, maka Aliexpress akan menahan uangnya terlebih dahulu sampai produk tiba di rumahmu sesuai konfirmasi yang Kamu berikan.

  • Opsi Pembayaran Alipay/Escrow

Metode ini hampir mirip seperti Paypal, sehingga sangat aman digunakan. Escrow sendiri merupakan metode yang populer di e-commerce ini. Adapun yang bisa Kamu lakukan ialah buka AliPay, kemudian isi ulang sesuai nominal yang Kamu perlukan.

  • Kartu Kredit

Pembayaran memakai kartu kredit, sama halnya dengan Escrow, dimana Aliexpress berperan sebagai perantara untuk menyimpan uang Kamu terlebih dahulu. Baru kemudian, uang akan ditransfer ke penjual jika Kamu sudah mengkonfirmasi produk sampai ke rumahmu.

Metode 2 : Import Barang China Lewat Alibaba

Jika Kamu penasaran ingin berbelanja produk import di Alibaba, maka Kamu bisa mencoba cara import barang China lewat Alibaba. Untuk langkah-langkahnya simak panduan berikut :

1. Buat Akun

Silahkan buat akun di Alibaba.com terlebih dahulu. Kamu bisa membuat akun memakai beberapa opsi, diantaranya lewat Twitter, Linkedin, dan Facebook. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka situs web www.alibaba.com.
  • Tekan opsi ‘sign in or join free’.
  • Silahkan daftarkan akun memakai opsi yang tersedia lewat media sosial di atas.
  • Isi form pendaftaran.
  • Tekan pilihan ‘Agree and Register’.
  • Inputkan kode verifikasi di bagian yang tersedia.
  • Selamat, akun Alibaba Kamu sekarang sudah bisa dipakai.

2. Pilih Barang yang Diinginkan

Jika sudah berhasil masuk ke akun Alibaba, pilih produk/barang yang akan dibeli. Ada beberapa opsi yang ditawarkan Alibaba untuk mempermudah penggunanya mencari produk, yaitu berdasarkan kategori barang atau opsi pencarian.

3. Cari Supplier

Cara import barang di Alibaba selanjutnya, cari supplier terpercaya. Untuk pembelian dalam jumlah besar dapat memakai jasa importir.

4. Hubungi Supplier

Setelah mendapatkan supplier yang Kamu inginkan, silahkan hubungi supplier untuk mengetahui produk yang akan dibeli secara detail. Kamu bisa menanyakan terkait kuantitas, kualitas barang, dokumen legalitas untuk pengiriman barang dan harga produk.

5. Hubungi Forwarder

Cara import barang dari Alibaba selanjutnya ialah menghubungi forwarder. Dimana pihak forwarder dari Indonesia sendiri sangat banyak. Kamu bisa mencari forwarder yang terpercaya. Dalam tahapan ini, Kamu bisa menentukan opsi pengiriman sesuai keinginan.  Untuk transportasi udara biasanya dipakai untuk pengiriman produk hewan hidup atau life animal, sedangkan untuk laut sendiri memakai produk fashion atau agriculture.

6. Lakukan Pembayaran

Jika sudah deal semuanya dengan supplier, Kamu bisa membuat perjanjian kemudian lakukan pembayaran berdasarkan nominal uang yang sudah disepakati. Pembayaran dapat dilakukan lewat bank yang ada di dalam negeri langsung dari teller bank yang Kamu gunakan. Kamu juga bisa memenuhi pembayaran yang sudah disepakati bersama forwarder, apabila semuanya telah terpenuhi. Supplier pun selanjutnya akan mempersiapkan dokumen pengiriman, begitu pula dengan forwarder.

7. Tunggu Produk

Setelah semua tahapan cara import barang di Alibaba sudah terpenuhi, Kamu tinggal menunggu barang atau produk yang dikirimkan.

8. Menerima Barang

Jika barang sudah tiba di Indonesia, Kamu akan dihubungi jasa forwarder, namun biasanya tergantung dari layanan yang Kamu pakai. Pastikan apakah layanannya door to port atau door to door. Jika door to door, tentu saja akan tiba ke alamat tujuan langsung. Namun jika door to port biasanya hanya tiba di pelabuhan jika memakai transportasi laut, dan tiba di bandara jika memakai transportasi udara.

Kamu bisa memilih cara import barang antara Alibaba dan Aliexpress sesuai keinginan. Kamu juga bisa langsung mengunjungi salah satu web e-commerce tersebut untuk informasi lebih lanjut!

Related posts