Cara Ekspor File PDF ke Word

Bagaimana cara ekspor file PDF ke Word? Portable Document Format atau PDF merupakan format yang banyak diaplikasikan ke dalam pembuatan e-book karena file tersebut lebih mudah dibuka memakai PDF reader secara gratis.  File PDF biasanya dapat dibuka dengan menggunakan bantuan perrangkat PDF reader. Aplikasi tersebut ada yang gratis dan ada pula yang berbayar, serta bisa diakses dengan mudah lewat gadget maupun PC.

Apabila dibandingkan format dokumen yang lainnya, seperti Microsoft Word, format PDF bisa dikatakan lebih aman. Selain itu, bisa dibuka atau didistribusikan melalui perangkat apapun tanpa mengubah tampilannya. Isi maupun teks file PDF juga tidak gampang di edit, kecuali menggunakan PDF editor. Di Samping itu, Kamu juga bisa mengunci file PDF dengan menggunakan password agar keamanan file tersebut tetap terjaga.

Walaupun ada banyak keunggulan yang dimiliki file PDF, tidak sedikit orang lebih memilih memakai Word untuk urusan text editing. Hal ini dikarenakan sebagian besar pengguna laptop atau PC telah menjadikan Microsoft Word ini sebagai standar software yang harus sudah terpasang di perangkat PC baru. Tak hanya itu saja, para pengguna dapat memanfaatkan fungsi aplikasi Word ini. Sehingga terkadang membutuhkan cara ekspor PDF ke Word supaya bisa diakses dengan mudah.

Jika ingin mengekspor atau mengubah file berbentuk PDF ke dalam file Word, Kamu bisa memilih 2 cara yaitu cara online dan cara offline. Bagi pengguna Office versi 2013 atau di atasnya, Kamu sangat beruntung karena Microsoft Office sudah menawarkan fitur untuk mencetak dokumen berformat PDF dengan mudah.

Cara Ekspor PDF ke Word

Cara Ekspor PDF ke Word
Mengekpor PDF ke Word

Mengekspor PDF ke Word Mudah

Ada beberapa pilihan cara mengekspor PDF ke Word dengan mudah, baik menggunakan software maupun tanpa software. Berikut ulasannya :

1. Cara Mengekspor PDF ke Word Tanpa Software

Kamu bisa manfaatkan document converter yang bisa diakses secara online dan gratis. Kini sudah banyak web yang menawarkan layanan converter secara gratis. Sebenarnya tak jauh berbeda dari cara convert JPG ke PDF, Kamu pun bisa melakukan ekspor file PDF ke dalam Word melalui web-web ini. Kamu bisa mencoba situs conterter online free.

Salah satu keunggulan situs tersebut ialah kamu tak perlu melakukan pendaftaran, batas ukuran file untuk diunggah cukup besar yakni sebesar 50MB, tidak memakai akun email untuk unduh file, dan terdapat 2 pilihan berkas output, yang berformat .docx dan .doc.

Jadi jika Kamu masih memakai versi di bawah Microsoft Office 2003, tetap bisa mengekspor file PDF ke Word dengan memakai layanan ini. Simak panduannya di bawah :

  • Buka URL link ini!
  • Lalu pilih jenis berkas output yang Kamu inginkan. Cukup dengan memilih opsi “PDF to DOCX” atau “PDF to DOC”.
  • Pilih browse, kemudian cari file PDF yang akan dipindahkan ke dalam file Word.
  • Ketuk “Convert” lalu tunggu proses ekspor selesai.
  • Setelah muncul tampilan pop up untuk mengunduh file, tekan “OK” dan file tersebut pun akan langsung diunduh ke dalam perangkat komputermu.

2. Cara Mengekspor PDF ke Word Melalui iLovePDF

Situs online lainnya yang dapat digunakan ke dalam cara ekspor PDF ke Word ialah ilove PDF. Memiliki tampilan yang simpel, sehingga membuat banyak pengguna sangat mudah memanfaatkannya.

Untuk mengubah file PDF ke dalam Word melalui iLove PDF, berikut panduannya :

  • Silahkan buka web ilove PDF ini!
  • Setelah itu, tekan “Select PDF file” kemudian pilih berkas PDF yang ingin Kamu ekspor.
  • Jika file PDF tadi sudah diunggah, silahkan tekan “Convert to Word”.
  • Biasanya proses converting ini membutuhkan waktu sesuai dengan ukuran berkas yang diekspor,.
  • Sesudah proses ekspor selesai dilakukan, tinggal unduh filenya lalu tekan “Download Word”.

3. Cara Mengekspor PDF ke Word Melalui UniPDF

Selain website, cara mengekspor PDF ke Word lainnya juga bisa menggunakan software. Salah satunya ialah UniPDF yang kompatibel bagi OS Windows 7, 8, XP, Vista maupun yang lainnya. Perlu Kamu ketahui bahwa UniPDF juga dapat diakses secara gratis dan bersifat userfriendly.

Mari simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Silahkan unduh UniPDF kemudian pasang di perangkat komputermu.
  • Setelah terpasang, buka UniPDF kemudian pergi ke opsi Setting.
  • Dalam opsi Word Format, Kamu bisa memilih .doc.
  • Lalu masuk kembali ke menu Home.
  • Pada opsi “Output Format” silahkan pilih “Word” dan tekan “Add” lalu tambahkan berkas PDF yang akan diekspor ke dalam Word.
  • Tekan convert jika ingin memulai prosesnya. Silahkan tunggu hingga prosesnya selesai.

Adapun keuntungan menggunakan UniPDF ialah gratis, bisa mengubah banyak file tanpa batasan dan aman digunakan.

4. Cara Mengekspor PDF ke Word Melalui Google Docs

Cara ekspor PDF ke Word lainnya bisa dilakukan dengan memakai Google Docs. Metode ini bis dikatakan paling mudah, sebab Kamu hanya membutuhkan akun Gogle. Kemudian buka halaman pada Google Docs, selanjutnya unggah file PDF. Lalu simpan atau unduh file PDF tersebut sebagai file berformat docx. Adapun ulasannya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan masuk ke laman Google Docs kemudian login memakai akun Google milikmu.
  • Di template gallery, Kamu bisa pilih “Blank”.
  • Lalu tekan Menu File, kemudian pilih “Open”.
  • Pilih “Upload” lalu unggah file berbentuk PDF dari PC-mu. Kemudian tunggu hingga proses selesai.
  • Jika dokumen sudah berhasil diunggah, tekan Menu File kemudian Download As dan pilih Microsoft Word dengan format .docx. Terakhir tekan “Save“.

5. Cara Mengekspor PDF ke Word Melalui Adobe Acrobat Pro

Perangkat lunak dari Adobe Systems ini bisa digunakan untuk membuat sekaligus mengedit file PDF. Salah satunya Kamu juga bisa mengekspor PDF ke Word menggunakan Adobe Acrobat Pro.

Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Unduh dan pasang Adobe Acrobat Pro di perangkat laptop/PCmu.
  • Silahkan buka berkas yang akan di convert. Caranya tekan “File” kemudian “Open”.
  • Setelah itu masuk ke “File” lalu “Save As Other” pilih “Microsoft Word” dan pilih lagi “Word Document” berformat .docx.

Sebagai catatan, biasanya tata letak hasil ekspor dari dokumen PDF ke Word membuat sususnannya menjadi berubah dan berantakan. Terlebih pada file-file PDF dengan banyak tabel. Jadi, Kamu harus siap mengeditnya.

6. Cara Mengekspor PDF ke Word Melalui PDF Viewer

Kamu bisa menggunakan PDF Viewer ini selain untuk membuka berkas PDF juga bisa dipakai untuk mengedit file berformat PDF. Adapun cara ekspor PDF ke Word menggunakan PDF Viewer adalah sebagai berikut :

  • Silahkan unduh PDF Viewer lalu install di PC-mu.
  • Tekan “File” dan pilih “Open”. Kamu bisa pilih berkas PDF yang ingin diubah atau diekspor.
  • Pilih tab Home, lalu tekan “To Word”.
  • Sebelum proses ekspor berlangsung, Kamu dapat memilih tempat penyimpanan file. Selanjutnya tekan “Convert”.
  • Lalu tunggu beberapa waktu hingga proses exporting file PDF selesai dilakukan.

Itulah 6 pilihan cara ekspor PDF ke Word yang bisa Kamu coba praktekkan. Jangan kaget jika hasil tampilan ekspor ke Wordnya berantakan, karena memang seperti itu. Kamu harus mengeditnya kembali agar hasil ekspor file PDF ke Word lebih tertata.

Selanjutnya, Mau Ekspor Apa? Cobain Cara-Cara Berikut:

Related posts