Cara Live Streaming di Shopee

Aktivitas live streaming dalam dunia online shop kini telah mejadi cara terampuh dalam meningkatkan penjualan. Ada banyak aplikasi yang menawarkan layanan live streaming. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mendongkrak penjualanmu, dan salah satu platform atau aplikasi tersebut ialah Shopee. Cara live streaming di Shopee sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh para pengguna sekaligus penjual di Shopee. Hanya saja bagi Kamu yang baru bergabung di Shopee, mungkin masih bingung melakukannya.

Live Streaming di Shopee Live

Shopee Live adalah fitur yang telah ditawarkan oleh Shopee bagi para seller di Shopee agar bisa berinteraksi secara langsung bersama calon pembeli dan pelanggan. Bisa dibilang bahwa fitur Shopee Live sendiri merupakan cara terbaru untuk para penjual di Shopee agar dapat berjualan sekaligus bisa berinteraksi dengan konsumen. Sehingga sebagai seller di Shopee, di samping menampilkan produk yang dijual di halaman penjualan, Kamu juga dapat melakukan streaming saat berjualan.

Apa Saja Keuntungan Memakai Shopee Live?

Ada beberapa keuntungan memakai layanan live streaming di Shopee, berikut ini :

  • Seller di Shopee bisa live streaming kapanpun dan dimanapun.
  • Dapat meningkatkan penjualan. Karena melalui live streaming ini, Kamu dapat menampilkan sampai 200 produk yang bisa dibeli langsung oleh pembeli tanpa harus berhenti melakukan live streaming. Artinya, pada saat live berlangsung Kamu tetap bisa berjualan.
  • Bisa berinteraksi dengan mudah dan langsung bersama calon pembeli dan pelangganmu di kolom komentar atau chat yang sudah disediakan oleh Shopee.
  • Melakukan optimasi branding toko online-mu dengan cara mengatur konten live streaming yang tepat dan sesuai branding toko.
  • Membuat exposure tokomu menjadi meningkat. Ini disebabkan aktivitas live streaming-mu bisa diakses oleh seluruh pengguna Shopee.
  • Dapat meningkatkan followers toko sekaligus bisa memaksimalkan potensi pembeli yang tertarik dengan produkmu.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Kamu dapatkan dengan memanfaatkan fitur shopee live untuk melakukan live streaming Shopee. Kamu juga harus tahu jika live streaming yang Kamu lakukan akan terus dipantau Shopee. Selain itu, jika ada konten yang kurang pantas, maka Shopee tak segan langsung memblokir akunmu. Oleh karena itu, pastikan Kamu selalu mematuhi aturan Shopee.

Cara Live Streaming di Shopee

Cara Live Streaming di Shopee
Live Streaming di Shopee dan Keuntungannya

Live Streaming di Shopee Mudah

Cara live streaming di Shopee sebenarnya cukup mudah dilakukan, meskipun Kamu baru mendaftar akun penjual di Shopee. Asalkan Kamu sudah lebih dulu mempersiapkan koneksi itnernet stabil agar video yang dihasilkan berkualitas baik. Oke, langsung saja ini dia cara melakukan live streaming di Shopee :

  • Pertama-tama, silahkan buka aplikasi dan masuk ke akun Shopee terlebih dahulu.
  • Jika sudah masuk ke halaman Shopee, Kamu tinggal pilih opsi “Shopee Live” untuk mengakses cara live streaming di Shopee.
  • Silahkan klik ikon “+” atau langsung saja membuat “Live Streaming”.
  • Kamu bisa menambahkan cover, deskripsi, dan judul live streaming. Pada bagian ini, kamu akan diminta memberikan deskripsi, foto cover dan judul yang menarik dan jelas agar lebih gampang menarik para pembeli atau calon pembeli untuk mengikuti streaming-mu.
  • Memakai fitur lelang apabila diperlukan.
  • Jika sudah, Kamu bisa menambahkan produk untuk keperluan live streaming. Di sini, Kamu dapat menambahkan beberapa produk di tokomu yang akan Kamu tampilkan saat live streaming berlangsung. Kamu bisa mengatur dan mengubah produk tersebut sesuai dengan keinginan. Selanjutnya klik “Lanjut”.
  • Lalu tinggal pilih opsi untuk “Mulai Live Streaming”. Lalu Kamu akan dibawa pada tampilan streaming-mu. Selain itu, pastikan pula untuk mengecek kameramu sebelum melakukan live streaming. Setelah semuanya siap, ketuk “Mulai Live Streaming” Kamu bisa melakukan live straming dimulai selama 3 detik.
  • Selesai.

Kamu dapat membagikan live streaming. Silahkan promosikan acara live streaming yang akan Kamu langsungkan di media sosial atau di Shopee Feed. Selama Kamu melakukan live streaming, Kamu dapat melakukan hal-hal seperti memberikan voucher, menampilkan produk, share, memberikan komen, filter dan mengubah kamera belakang atau depan.

Jika Kamu ingin mengakhiri sesi live streaming, ketuk tanda X pada bagian atas opsi Shopee Live-mu. Selanjutnya Shopee Live Kamu akan tersimpan, selanjutnya akan muncul beberapa data terkait live streaming-mu seperti like, durasi streaming dan jumlah penonton.

Fitur Streamer Baru Day

Shopee sebagai salah satu platform belanja online terkenal di Indonesia mempunyai pengguna dalam jumlah terbanyak. Pengguna Shopee terdiri dari penjual dan pembeli. Bagi penjual Shopee, tentu saja akan mendapatkan banyak keuntungan saat berjualan, sebab Shopee pasalnya sudah memiliki 50 juta lebih pengguna yang ada di seluruh dunia.

Dengan kata lain, peluang keuntungan menjadi seller Shopee lebih besar. Jika berbicara mengenai seller Shopee itu sendiri, salah satu layanan dan fitur terbaru yang bisa Kamu ikuti ialah Streamer Baru Day. Fitur ini khusus bagi penjual baru yang sebelumnya tidak pernah live streaming.

Keuntungan Fitur Streamer Baru Day

Selain cara live streaming di Shopee, penjual di Shopee akan mendapatkan keuntungan dari fitur tebaru Streamer Baru Day. Apa itu Streamer Baru Day? Fitur ini adalah sebuah kompetisi yang biasanya diadakan setiap Kamis dengan tujuan untuk mengumpulkan jumlah penonton dengan sebanyak-banyaknya. Terutama bagi para penjual yang sama sekali belum pernah streaming.

Sebenarnya cara menggunakan Streamer Baru Day sendiri sama saja dengan cara live streaming pada aplikasi Shopee. Dengan kata lain, selain memperoleh banyak keuntungan, Kamu juga dapat berinteraksi bersama penonton sekaligus dapat meningkatkan penjualanmu.

Berikut keuntungan mengikuti Streamer Baru Day bagi penjual, diantaranya sebagai berikut :

  • Jadwal streaming nantinya ditampilkan pada opsi “Akan Dimulai”.
  • Seller akan menerima voucher spesial yang diberikan Shopee yang dibagian ketika streaming berlangsung. Tentu saja hal ini bisa semakin meningkatkan penjualanmu.
  • Bagi 50 seller yang penontonya terbanyak bisa mendapatkan voucher toko sebesar Rp. 500 Ribu.

Jadi Kamu harus melakukan trik-trik agar bisa berkompetisi dalam ajang Streamer Baru Day. Ada beberapa tips dan trik yang bisa Kamu lakukan, misalnya dengan membuat tema menarik untuk live streaming, menampilkan berbagai macam produk yang berguna bagi semua jenis umur.

Di samping itu, pastikan pula live streaming Kamu mempunyai kualitas yang jernih dan bagus. Semua hal ini tentu saja lebih memikat banyak audiens untuk menyaksikan live streaming-mu. Berikut ini hal-halyang harus diperhatikan saat Kamu mengikuti acara Streamer Baru Day :

  • Seller terpilih wajib mendaftarkan tokonya lewat pemberitahuan yang telah dikirimkan oleh Shopee setiap Rabu.
  • Selanjutnya Kamu bisa mempersiapkan rincian live streaming. Seperti membuat cover foto berbentuk kotak dengan maksimal kapasitas 200KB, memakai template yang telah disediakan pihak Shopee. Selanjutnya memakai judul live streaming menarik.

Itulah beberapa langkah cara live streaming di Shopee dan melakukan Streamer Baru Day untuk memikat lebih banyak penonton sekaligus dapat meningkatkan potensi penjualanmu di Shopee. Selamat mencoba!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019