Cara Cek Resi Standard Express Shopee

Kalian pasti tidak tahu cara cek resi Standard Express Shopee yang tengah viral saat ini. Secara umum pengirimannya sedikit berbeda dengan Shopee Express yang hanya menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Bagaimana tidak, siapapun bahkan kamu sendiri yang lebih sering memburu beberapa produk luar negeri seperti skincare asal Cina atau Korea biasanya membutuhkan jasa pengiriman terbaik seperti Standard Express Shopee dengan estimasi waktu paling tepat.

Tak bisa dipungkiri Shopee Standard Express biasanya dibutuhkan masyarakat yang gemar berbelanja barang dari luar negeri. Hal ini dikarenakan konsumen biasanya harus menunggu waktu lebih lama untuk mendapatkan barang incarannya dari negara asal.

Oleh karena itu, ongkos kirim yang dikeluarkan biasanya lebih mahal daripada menggunakan Shopee Express untuk membeli barang dalam negeri yang berkisar mulai dari Rp.9,000 s/d Rp.20,000 per transaksi. Siapapun pasti penasaran soal pemeriksaan nomor resi Shopee Standard Express, serta metode apa saja yang bisa digunakan untuk memeriksa kode rahasia tersebut.

Kamu bisa menggunakan smartphone atau PC dengan mengakses salah satu atau beberapa website resmi yang bisa diakses dalam pengecekan resinya. Selain itu, nomor pesanannya bakal keluar setelah barang incaranmu sudah dibawa kurir untuk dibawa ke Indonesia sesuai alamat masing-masing.

Cara Cek Resi Standard Express Shopee

Cara Cek Resi Standard Express Shopee
Cara Cek Resi Standard Express Shopee

Walaupun pembelian barang via Shopee berlaku untuk beberapa produk dari luar negeri, namun konsumen harus bersabar dalam menghadapi masalah seperti sekarang. Pasalnya, masa pandemi yang masih berlangsung membuat sebagian besar pesanan (terutama dari Cina) harus tertahan di bandara atau terminal Bea Cukai negara asalnya.

Oleh sebab itu, konsumen perlu menunggu beberapa hari bahkan pekan sampai pemeriksaan barang selesai dan berhak dikirim ke luar negeri. Sementara itu, beberapa pesanan yang sudah mendarat di Indonesia juga harus ditahan dan diperiksa ulang secara teliti oleh petugas Bea Cukai.

Hal ini dikarenakan wabah pandemy yang tak kunjung usai membuat pihak pemerintah semakin selektif dan waspada terhadap pengiriman barang dari luar negeri, terutama dari Cina. Tujuannya agar penyebaran v1rus19 tidak dapat meluas dan mengancam keselamatan seluruh masyarakat Indonesia saat ini.

Cara Cek Resi Standard Express Shopee Cepat dan Mudah

Untuk memeriksa resi Shopee Standard Express, maka kamu bisa menerapkan salah satu metode yang akan kami ulas secara lengkap dan ringkas. Selain itu, kalian bisa melakukannya dengan cepat dan mudah melalui smartphone secara gratis. Kami sarankan kamu perlu mengecek resi melalui situs resmi Bea Cukai terlebih dahulu. Tujuannya supaya barangnya bisa dipastikan layak dikirim ke Indonesia. Beberapa opsi yang dapat dilakukan antara lain :

Cek Resi Standard Express Shopee via Bea Cukai

  • Gunakan aplikasi website browser (Google Chrome, Opera Mini, dll) dari smartphone kalian.
  • Kunjungi situs resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai via https://www.beacukai.go.id/barangkiriman/.
  • Apabila muncul halaman utama, pilih menu Tracking.
  • Masukkan nomor resi barang luar negeri yang dibeli via Shopee, input ke dalam kolom yang tersedia.
  • Isi keycode barang kirimannya, tekan tombol Submit.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi barang yang dipesan sudah tiba di Indonesia atau belum.
  • Untuk melihat rinciannya, tekan tombol See Details.
  • Apabila kamu ingin melihat riwayat pengiriman barang, pilih menu History Status.
  • Jika belum ada informasi apapun, barang pesanan belum dikirim ke Indonesia.
  • Andaikan muncul notifikasi bertuliskan Barang Keluar Gudang, maka bisa dipastikan produk pesananmu sudah disampaikan ke jasa ekspedisi untuk dikirim ke Indonesia.
  • Selesai.

Cek Resi Standard Express Shopee via Website Resmi Cek Resi

  • Gunakan aplikasi website browser yang terpasang pada smartphone kalian.
  • Kunjungi situs resmi Cek Resi via https://www.cekresi.com/.
  • Masukkan nomor resi pengiriman barang ke dalam kolom yang tersedia.
  • Tekan tombol Search atau Cek Resi.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi soal status pengiriman barang luar negeri yang kalian pesan dari Shopee.
  • Selesai.

Cek Resi Standard Express Shopee via Website Resmi JNE

  • Gunakan salah satu aplikasi website browser dari HP kalian.
  • Kunjungi situs resmi JNE via https://www.jne.co.id/.
  • Masukkan nomor resi ke dalam kolom yang tersedia.
  • Apabila nomor resi sudah dimasukkan, masukkan kode captcha.
  • Tekan tombol Search.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi tentang proses pengiriman produk dari luar negeri yang kalian pesan.
  • Apabila kamu ingin tahu informasi lebih lengkap, tekan tombol nomor AWB (AirWay Bill).
  • Perhatikan halaman baru yang muncul untuk melihat informasi soal lokasi keberadaan barang yang dipesan.
  • Apabila muncul status bertuliskan Delivered to, maka barang seharusnya sudah tiba di lokasi tujuan.
  • Selesai.

Catatan Penting Bagi Produk Kiriman Ekspor Standard Express dari Cina

Kamu perlu mengetahui bahwa pengiriman barang dari dalam dan luar negeri berbeda. Hal ini dikarenakan benda apa saja yang dikirim dari luar Indonesia biasanya harus melewati beberapa tahapan, terutama pemeriksaan Bea Cukai.

Apabila barang sudah memasuki tahap pemeriksaan Bea Cukai, maka produknya bisa diperiksa dokumennya secara lengkap. Tak hanya itu, isinya pun dilacak apakah resmi untuk diedarkan di Indonesia dan harganya sesuai dengan barang kirimannya.

Apabila barang yang dikirim < USD 100 (cek mata uang Rupiah terlebih dahulu sebelum beli) per barang untuk dikirim ke satu alamat tujuan. Andaikan pesanan yang diinginkan senilai > USD 100 dan siap bayar bea cukai, maka bisa dipastikan nilai barang tidak boleh di atas USD 1500 per produk untuk pengiriman ke satu lokasi tujuan.

Tak hanya itu, jangan ada indikasi pengurangan harga lewat dokumen pengiriman yang ditambah penjualan karena produknya bisa ditolaj masuk atau terima denda.

Bagaimana Pengiriman Barang Dibawah USD 100?

Jika barang atau paket yang dipesan harganya di bawah USD 100, umumnya proses pada Bea Cukai bakal lebih cepat lantaran barangnya bakal lolos pemeriksaan secara otomatis. Kamu harus tahu bahwa waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan barang di Bea Cukai biasanya ditentukan dari harga barangnya. Semakin mahal nilai paket yang dipesan, maka Bea Cukai bisa membutuhkan waktu lebih lama untuk menentukan legalitasnya demi masuk ke Indonesia.

Tips dan Trik Gunakan Layanan Shopee Standard Express

Secara umum membeli barang dari luar negeri sering dianggap lebih menarik dan menjanjikan daripada produk dalam negeri. Meski begitu, kalian harus merogoh kocek lebih dalam untuk mencicipi barang apapun asal negara incaran sehingga kamu dapat berbeda dengan orang lain. Apabila kamu memesannya via Shopee, pastikan harganya tidak terlalu mahal untuk memastikan legalitasnya sesuai dan Bea Cukai tidak memberikan penalti tambahan karena harganya melebihi USD 1500.

Demikian pembahasan tentang cara cek resi Standard Express Shopee lengkap yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Kalian cukup memanfaatkan smartphone untuk mengecek resi lewat salah satu metode di atas. Jangan lupa memeriksa nomor pesanan lewat website resmi Bea Cukai untuk memastikan keresmian barang dan disahkan pemerintah agar dapat dibawa ke Indonesia. Kalian juga bisa memakai salah satu bahkan semua metodenya secara gratis.

Selanjutnya, Mau Ekspor Apa? Cobain Cara-Cara Berikut:

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...