Cara Hapus Stiker Whatsapp

Bagaimana cara hapus stiker Whatsapp? Apakah kita bisa menghapus Stiker Whatsapp dari menu My Favorite? Apa saja langkah langkahnya?

Berbicara tentang salah satu Aplikasi chat yang paling populer saat ini, Whatsapp menduduki posisi pertama untuk para pengguna smartphone. Sebagaimana kita tau, Whatsapp memang dilengkapi dengan fitur chat yang sangat lengkap. Mulai dari kita bisa berkirim pesan teks, pesan suara, dokumen, atau bahkan foto dan juga video.

Sampai akhirnya, setelah beragam tahap evaluasi dan juga pengembangan Aplikasi, akhirnya Whatsapp menghadirkan stiker yang mana bisa digunakan pengguna untuk mewarnai konversasi atau percakapan mereka. Tentunya, kita bisa mengunduh beragam stiker Whatsapp dari para kreator, ataupun membuat nya sendiri. Dan juga, kita bisa mengunduh beragam stiker Whatsapp yang memang disediakan oleh pihak Whatsapp itu sendiri.

Namun, belakangan ini ternyata banyak dari para pengguna Whatsapp yang mulai resah dengan adanya stiker Whatsapp. Ditambah dengan, para pengguna bisa dengan mudah membuat stiker mereka secara personal. Inilah yang menyebabkan ada banyak sekali stiker yang mungkin tidak senonoh atau tidak pantas untuk dibagikan dalam chat room.

Oleh sebab itu, tak heran jika mungkin ada beberapa pengguna yang lebih memilih untuk tidak menggunakan stiker pada Whatsapp. Walaupun, sebenarnya kita bisa kok mengkoleksi atau menyimpan stiker yang dikirimkan oleh pengguna Whatsapp lain, dengan cara mengetuk pada stiker tersebut, lalu menambahkannya kedalam tab favorites. Hanya saja, untuk menghapusnya kita membutuhkan effort lebih.

Selain hal tersebut, mungkin juga ada faktor lain yang menyebabkan para pengguna sudah bosan dengan stiker Whatsapp. Terlebih jika mereka awalnya hanya iseng untuk mendownload stiker Whatsapp official, yang mana justru malah menambah penuh memori penyimpanan mereka. Karena memang, seluruh data dan juga file yang masuk kedalam Whatsapp akan disimpan secara otomatis kedalam perangkat kita.

Untuk itu, tak heran jika banyak pengguna Whatsapp memilih untuk mengunakan cara hapus stiker Whatsapp, untuk membersihkan penyimpanan mereka agar memiliki ruang penyimpanan yang lebih, ataupun sekedar tak ingin menggunakan stiker Whatsapp. Dan untuk caranya sendiri tidaklah sulit kok.

Cara Hapus Stiker Whatsapp

Cara Hapus Stiker Whatsapp
Hapus Stiker Whatsapp

Cara Hapus Stiker Whatsapp lewat Aplikasi Whatsapp itu Sendiri

Cara pertama sudah jelas, jika kita ingin menghapus stiker Whatsapp, kita bisa melakukannya dengan mudah melalui Aplikasi Whatsapp itu sendiri. Dan caranya juga gampang banget

  • Buka terlebih dahulu Aplikasi Whatsapp kalian
  • Setelah itu, klik pada salah satu chat yang ada di halaman awal
  • Kemudian, klik pada kolom untuk mengetikkan teks, dan klik pada logo emoji yang ada disebelah kiri
  • Setelah itu, klik pada tab sticker yang ada dibagian bawah emoji, dan klik pada tombol “+” yang ada dibagian pojok kanan atas dari tab sticker
  • Nantinya, kamu akan diarahkan kedalam laman untuk mendownload stiker Whatsapp, nah disini kamu bisa mengklik pada tab ‘My Sticker’
  • Setelah itu, kamu akan melihat daftar stiker Whatsapp yang terunduh pada Whatsappmu
  • Pada bagian kanan sticker, kamu akan melihat icon tong sampah. Klik pada tombol tersebut untuk menghapus stiker yang sudah kamu unduh

Jika mungkin kamu tidak menemukan tombol atau icon tong sampah, kamu biasanya diminta untuk mengupdate stiker nya terlebih dahulu, barulah icon tong sampah akan muncul.

Nah, setelah itu kamu sudah berhasil untuk menghapus stiker Whatsapp yang mana sudah terunduh pada perangkat dan whatsappmu. Sisanya, kamu bisa merestart ponsel ataupun merestart Whatsapp seperti biasa.

Cara Hapus Sticker Whatsapp lewat File Manager

Selanjutnya, pada cara kedua ini memiliki fungsi untuk menghemat penyimpanan ponsel kalian. Sebab, mungkin pada sebuah grup chat Whatsapp, ada beberapa pengguna yang mengirimkan stiker Whatsapp, dan tak sengaja kita menghidupkan auto download. Sehingga, ketika stiker tersebut terkirim, maka secara otomatis juga kita mengunduh stiker tersebut.

Oleh sebab itu, kita bisa menggunakan file manager untuk menghapus stiker Whatsapp yang sudah terdownload secara otomatis tadi. Dengan cara

  • Buka file manager yang ada diponsel kalian
  • Setelah itu, arahkan kedalam directory folder Whatsapp > Media > Whatsapp Stickers
  • Nah, disini nantinya kamu akan melihat banyak sekali sticker yang sudah terunduh secara otomatis
  • Terakhir, kamu bisa langsung menyeleksi keseluruhan stiker tersebut, dan menghapusnya seperti biasa.

Adapun untuk file managernya sendiri, kamu bisa menggunakan file manager bawaan, ataupun file manager lain yang bisa kamu temukan dan install secara gratis dari Google play Store.

Cara Hapus Sticker Whatsapp Favorit lewat Whatsapp

Kemudian pada cara yang ketiga, disini kita akan mencoba untuk menghapus stiker Whatsapp yang mana memang kita masukkan kedalam tab favorites. Maksudnya adalah, stiker yang kita dapatkan ini bukan berasal dari kreator stiker Whatsapp resmi. Karena, kita bisa memasukkan tiap stiker Whatsapp dengan berbeda jenis, kedalam tab favorites dan menggunakannya kembali.

Untuk itu, jika kamu tak sengaja menambahkan stiker yang kurang enak dipandang kedalam tab favorites, kamu bisa menghapusnya dengan cara berikut.

  • Buka terlebih dahulu Aplikasi Whatsapp di smartphone kalian, dan kemudian pilih salah satu chat atau percakapan
  • Kemudian, klik pada tombol emoji yang ada di sebelah kiri dari kolom untuk memasukkan teks, dan kemudian klik pada tab ‘stiker’ yang ada di bagian bawah kanan
  • Setelah itu, kamu bisa mengklik pada tab favorites yang berlambangkan bintang, untuk melihat stiker Whatsapp yang kamu masukkan dalam favorites
  • Nah, tap agak lama pada salah satu stiker favorites tadi, sampai muncul tulisan ‘remove this sticker from favorites’
  • Terakhir, barulah kamu tinggal mengklik pada tombol ‘remove this stiker’

Dan secara otomatis, stiker yang ada didalam tab favorites tadi akan hilang dan tak akan ada lagi ketika kamu ingin mengirimkan stiker dalam percakapan.

Selain menggunakan cara diatas, untuk mencegah Whatsapp melakukan pendownloadan secara otomatis ketika pengguna lain mengirimkan stiker Whatsapp, kamu bisa menonaktifkan fitur auto-downloads media, agar ketika pengguna mengirimkan sticker, tidak ada jaringan data yang digunakan untuk mendownload stiker tersebut.

Gak cuma itu aja, dengan mematikan fitur auto-download media, kamu juga bisa menghemat kuota karena tidak ada foto ataupun video yang didownload secara otomatis dan tersimpan kedalam penyimpanan kalian, dan akhirnya membuat penyimpanan kalian menjadi penuh.

Namun sebagai pilihan lain, jika kamu ingin menggunakan stiker Whatsapp, kamu bisa mendapatkannya secara langsung dari fitur my sticker tadi, dengan mengklik pada tombol “+” pada tab stiker, lalu kemudian mendownload stiker Whatsapp yang cocok untukmu.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara hapus stiker Whatsapp dengan beragam metode dan juga cara yang bisa kamu gunakan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi