Cara Cek Garansi iPhone

Apa kamu sedang cari tahu tentang cara cek garansi iPhone? Secara umum brand smartphone di bawah naungan Apple tersebut ditujukan kepada masyarakat menengah ke atas karena harganya terbilang mahal. Selain itu, pemakaiannya lebih awet sehingga kalian tidak perlu berulang kali ganti gadget dimana iPhone punya nilai lebih yang belum tentu dimiliki merek smartphone lain.

Keamanan dan kerahasiaan data pemiliknya sudah dijamin terlindungi. iPhone memberi masa garansi yang sama seperti smartphone lain, tepatnya 12 bulan alias satu tahun. Kamu berhak mengklaim kerusakan apapun kepada Gerai Resmi Apple alias iBox yang tersebar luas di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, masalah eksternal maupun internal berhak diajukan kepada iBox selama kalian tidak melanggar aturan dan syarat yang berlaku, serta kerusakannya disebabkan komponen atau peralatan resmi Apple yang dipasarkan secara luas sampai sekarang. Kamu juga perlu hati-hati dan waspada selama menggunakan iPhone. Hal ini dikarenakan tidak semua produk yang sama berasal dari Apple alias barang replika (palsu).

Oleh sebab itu, garansi yang kalian ajukan tidak akan diterima iBox lantaran barangnya tidak dibeli dari Gerai Resmi Apple. iPhone juga mempunyai beragam garansi yang harus diketahui para konsumen setianya agar kamu dapat memastikan gadget saat ini berhak menerima perbaikan yang tepat.

Cara Cek Garansi iPhone

Cara Cek Garansi iPhone
Cara Cek Garansi iPhone

Siapa saja pasti senang bahkan bangga mempunyai iPhone. Pasalnya, smartphone ini punya keunggulan lebih banyak daripada brand gadget seperti Android. Kamu bakal merasakannya sejak awal memakainya dan tipenya lebih beragam dan menarik.

iPhone memiliki sistem keamanan dan privasi tinggi sehingga kerahasiaan data pemilik tidak dapat dibaca atau dicuri orang lain. Kamu bisa mengakses apapun dengan lancar dan mudah hanya dari genggaman saja. Sementara itu, iPhone sudah disebarluaskan di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Negara mana saja punya sistem garansi berbeda dan Apple punya beberapa garansi yang sama untuk semua negara yang didistribusikan produk andalannya. Kami bakal beritahu semua lewat pembahasan ini agar kamu dapat memastikan iPhone yang digunakan saat ini adalah produk asli, serta masih layak menerima garansi selama masih dalam periode dan kerusakan berasal dari aksesoris Apple.

Cara Cek Garansi iPhone Lengkap dan Mudah

Kalian harus tahu beberapa garansi iPhone yang berlaku di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan tidak semua produk yang dibeli berhak menerima garansi saat kalian berada di luar negeri. Garansi Apple juga membantu pengguna setianya dalam melihat dan mencari tahu soal perbedaan iPhone asli dan palsu yang masih beredar luas di pasaran. Berbagai macam garansi iPhone di Indonesia yang harus kalian tahu seperti berikut :

Garansi Resmi

Garansi ini hanya diberikan kepada distributor resmi Apple di Indonesia. Hal ini dikarenakan Apple tidak punya pabrik yang memproduksi produk seperti iPhone, iPad dan MacBook di Indonesia. Akan tetapi, kalian harus waspada ketika memilih untuk membeli produk Apple lewat distributor. Pasalnya, tidak semua distributor yang beredar luas di Indonesia adalah resmi dan kamu hanya bisa mendapatkan iPhone asli bila membelinya langsung di iBox.

Garansi Internasional

Kalian bisa membeli iPhone bergaransi internasional jika mengikuti pre-order alias membelinya di negara lain, seperti Australia atau Singapura. Kamu harus tahu iPhone garansi internasional biasanya bersistem unlock. Walaupun garansinya standar dunia, tetapi kalian tidak bisa mengklaim di negara lain kecuali negara asal tempat kalian membeli iPhone. Hal ini bertujuan demi mencegah penyelundupan iPhone palsu karena membeli di tempat lain.

Garansi Rekondisi

iPhone rekondisi merupakan produk berbentuk sparepart bekas yang direka ulang untuk terlihat seperti baru. Meski begitu, iPhone rekondisi diberikan garansi distributor selama satu tahun saja. Secara umum iPhone ini berasal dari jenis-jenis iPhone yang sudah tidak dipasarkan, bahkan tidak laku di luar negeri seperti iPhone CDMA, Series 4 maupun 5. iPhone ini masih dibilang legal lantaran beberapa produknya masih bisa ditemukan pada counter besar di Indonesia.

Garansi Rekondisi Black Market (BM)

iPhone Black Market (BM) berbeda dengan semua jenis iPhone yang dipasarkan ke seluruh Indonesia. Pasalnya, siapa saja yang memakai dan memilikinya sampai sekarang hanya bisa mengklaim garansinya selama satu bulan sejak awal pembelian. Selain itu, harga barangnya lebih murah daripada iPhone rekondisi bergaransi distributor. Kamu perlu tahu iPhone ini dijual dengan aksesoris dan tampilan seadanya, terutama tanpa kartu garansi dan pajaknya palsu.

Garansi Palsu, Supercopy dan KW

Apabila kalian bertemu penjual iPhone yang menawarkan produknya kisaran Rp.1-2 juta, maka bisa dipastikan barangnya supercopy alias palsu. Siapa saja pasti terkecoh karena tampilan barangnya sama seperti iPhone asli yang bergaransi resmi. Meski begitu, kalian akan melihat beberapa perbedaan bila mencermatinya dengan seksama. Umumnya perbedaannya terletak dari sistem operasinya yang semestinya iOS, justru Android dan App Store yang diganti menjadi Google Play Store.

Garansi Refurbish

iPhone ini nyaris sama seperti rekondisi. Namun, perbedaannya berasal dari proses manufaktur dan iPhone refurbish direkondisi langsung oleh pihak Apple. Selain itu, harganya juga lebih mahal maupun lebih murah daripada iPhone rekondisi distributor. Apabila kamu punya iPhone tersebut, maka bisa menerima garansi resmi dan full. Namun, mesinnya bekas bahkan gagal produksi dimana pemakaiannya bisa dioperasikan seperti iPhone series lainnya.

Cek Garansi iPhone via Pengaturan Perangkat

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari iPhone kalian.
  • Pilih menu General.
  • Geser layar ke bawah dan cari menu About.
  • Tunggu beberapa saat sampai layar ponsel menampilkan serial number dari iPhone kamu.
  • Kunjungi website berikut : https://www.selfsolve.apple.com/ saat serial number iPhone kamu muncul.
  • Jangan lupa masukkan negara asal kalian, pilih tulisan See your service and support coverage dari menu Service and Repair.
  • Tunggu beberapa saat sampai layar ponsel menampilkan rincian status dari garansi iPhone kalian.
  • Selesai.

Cek Garansi iPhone via IMEI

  • Buka menu Dial Up atau Telepon dari iPhone kalian.
  • Ketik *#06#.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul nomor IMEI iPhone kalian.
  • Catat nomor IMEI dan gunakan untuk memeriksa garansi iPhone kamu.
  • Buka aplikasi website browser dari iPhone kalian.
  • Kunjungi website berikut : https://www.checkcoverage.apple.com/id/in/.
  • Masukkan kode captcha yang disediakan.
  • Tekan tombol Lanjutkan.
  • Masukkan negara asal kalian, pilih menu Service and Repair.
  • Pilih menu See your service and support coverage.
  • Apabila sudah selesai, maka layar ponsel akan menampilkan rincian garansi iPhone yang digunakan saat ini.
  • Selesai.

Tips dan Trik Membeli iPhone Asli dan Bergaransi

Demikian informasi mengenai cara cek garansi iPhone lengkap dan mudah. Kami berikan beberapa tips dan trik agar kamu dapat membeli iPhone asli dan garansinya terjamin. Kalian harus membelinya secara offline dengan mendatangi toko distributor Apple, sedangkan box iPhone harus dibuka di toko langsung untuk memastikan dan memeriksa keasliannya dengan petugas. Jangan lupa perhatikan kartu garansi dan periksa nomor IMEI pada semua atribut ponsel untuk memastikan semuanya sama persis.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...