Cara Merawat Jam Tangan

Jam tangan adalah salah satu aksesoris yang wajib dimiliki, sebab di samping berguna untuk menunjukkan waktu, fungsi jam tangan juga sebagai pelengkap fashion. Belum lagi kini ada banyak sekali model jam yang dapat dipilih sehingga dpaat menyesuaikan modelnya dengan style fashion-mu. Lalu, bagaimana cara merawat jam tangan?

Sama seperti aksesoris lainnya, tentu jam tangan penting juga untuk dirawat supaya tetap tahan lama dan awet. Oleh karena itu, pemakaian jam tangan tak boleh kasar dan sembarangan. Jika Kamu masih belum memahami cara merawat jam tangan, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Cara Merawat Jam Tangan

Cara Merawat Jam Tangan
Merawat Jam Tangan

Panduan Merawat Jam Tangan

Ada beberapa panduan cara merawat jam tangan yang bisa Kamu ikuti agar jam tangan yang Kamu pakai tetap awet dan tahan lama. Berikut ulasannya :

1. Membersihkan Watch Case Menggunakan Tusuk Gigi dan Lap Lembut

Langkah awal untuk merawat jam tangan ialah dengan membersihkan watch case pada jam tangan terlebih dahulu. Caranya dengan mengelap watch case pada jam tangan menggunakan kain yang lembut atau bebas serat. Kemudian pakai tusuk gigi agar kotoran pada sela-selanya dapat dibersihkan yang tak mungkin bisa dijangkau menggunakan kain. Untuk jam tangan waterproof sendiri atau setidaknya mempunyai 3 ATM serta berbahan non kayu, maka Kamu dapat membersihkannya menggunakan air hangat.

Terkait:  Cara Merawat Rambut Keriting

Kamu juga bisa menambahkan sabun yang bertekstur ringan kemudian keringkan menggunakan kain bersih. Selain itu, Kamu juga perlu membersihkan jam saat terkena keringat.

2. Material Crystal Harus Dialasi Kain Lembut

Produk jam tangan dengan material mineral gralss umumnya tak akan mudah tergores. Namun tentu saja tak ada satupun kristal yang sempurna. Apabila jam tanganmu memang jarang dipakai, sebaiknya tutup jam tangan menggunakan kain lembut, selain itu bisa juga dengan menyimpannya dalam kotak khusus untuk mengurangi resiko tergoresnya jam.

Apabila crystal tergores atau pecah, sebaiknya ganti material tersebut segera. Sebaiknya jangan menyimpan jam tangan bersamaan dengan perhiasan atau aksesoris lainnya. Sebab dapat menimbulkan gesekan potongan dari perhiasan lain.

3. Merawat Strap Jam Tangan

Cara merawat jam tangan selanjutnya, Kamu tentu harus merawat strap jam tangan. Selain itu, Kamu harus tahu bahwa setiap bahan strap memiliki cara perawatan yang berbeda. Bagi pemilik jam tangan dengan tali kulit, maka Kamu dapat memberikan tambahan lotion khusus untuk bahan kulit. Hindari tali dari penggunaan hair dryer atau air. Sementara pada bahan metal bracelet, sebaiknya pakai sikat gigi yang lembut agar kotorannya dapat dihilangkan. Kemudian keringkan memakai kain lembut. Sementara jam tangan berbahan tali karet, kain maupun kanvas, Kamu cukup membersihkan memakai sabun dan sikat memakai sikat kecil agar kotoran yang telah menempel bisa dihilangkan.

4. Mengenali Fungsi Water Resistance Pada Jam

Tak semua produk jam tangan memiliki fitur water resistance. Jika jam tanganmu mempunyai fitur water resistant, tentu setiap jam memiliki berbagai level berbeda. Jangan sampai jam bersinggungan atau kontak dengan cairan yang berbahan kimia berupa cologne, perfume, minyak maupun kosmetik sejenisnya. Karena cairan tersebut dapat merusak strap dan case pada jam. Selain itu, pastikan perfume sudah mengering saat diaplikasikan di pergelangan tangan sebelum Kamu menggunakan jam.

Terkait:  Cara Merawat Hamster Syrian

5. Simpan di Area yang Kering

Cara merawat jam tangan berikutnya ialah harus meletakkan atau menyimpan jam tangan di area yang kering. Letakkan jam tangan di area yang lembab selain dapat membuat material stainless steel lebih kusam, tetapi juga bisa merusak mesin pada jam tangan. Oleh karena itu, simpanlah jam tanganmu selalu di dalam box.

Selain itu, Kamu bisa membeli box khusus penyimpanan jam tangan dengan bagian dalamnya dari bahan beledu. Silahkan letakkan silica gel di bagian dalamnya agar kelembaban di area sekitar box terserap dan menjaga agar tempat penyimpanan tetap kering.

6. Hindari Alat Elektronik Saat Penyimpanan Jam Tangan

Cara merawat jam tangan selanjutnya ialah harus menghindari peralatan elektronik saat penyimpanan jam tangan. Alat elektronik berupa televisi, speaker dan sebagainya, biasanya mengandung banyak medan magnet sehingga bisa berpengaruh pada ketepatan waktu jam tangan itu sendiri. Selain itu, adanya medan magnet bisa berpengaruh pada tingkat keawetan mesin jam tangan. Terlebih apabila jam tanganmu mempunyai chronograph.

7. Menggunakan Jam Tangan Sesuai Kegiatan

Mengingat jam tangan termasuk salah satu pilihan aksesoris fashion, sebiaknya memang dipakai sesuai aktivitas yang Kamu lakukan. Oleh karena itu, hindari memakai jam tangan stainless steel saat berolahraga sebab selain keringat dapat menimbulkan karat, juga dapat melindungi jammu terhadap goncangan atau benturan. Sehingga bisa meninggalkan lecet di jam tangan. Selain itu, Kamu juga dapat memilih jam yang berbahan karet. Di samping itu, material karet lebih tahan terhadap benturan atau keringan serta lebih awet.

8. Mengganti Baterai Jam Tangan

Biasanya rata-rata usia baterai pada jam tangan kuarsa atau Quartz sekitar 3-4 tahun. Namun semuanya tergantung dari tipe jam dan faktor penggunaan. Dengan lebih banyaknya fungsi, tentu memungkinkan baterai untuk selalu diganti. Ketika jam sudah mati atau tidak akurat, Kamu bisa mengganti baterai jam segera untuk menghindari terjadinya kebocoran baterai dan mengakibatkan mekanisme jam menjadi rusak. Bagi pemilik jam tangan mekanis atau automatic, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin seitap 2-3 tahun supaya kinerja jam tanganmu selalu optimal.

Terkait:  Cara Merawat Anak Kucing

Tips Memilih Jam Tangan Sesuai Kebutuhan

Jika Kamu sudah mengetahui cara merawat jam tangan di atas, Kamu tinggal memilih produk jam tangan sesuai dengan kepribadian dan kebutuhanmu. Ingin tahu bagaimana caranya? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini :

1.  Memilih Jam Tangan yang Berdiameter Sesuai Ukuran

Memilih diameter jam tangan sesuai ukuran pergelangan tanganmu merupakan hal terpenting untuk menggunakan jam tangan. Pemakaian diameter yang ukurannya terlalu besar dikenakan pada pergelangan tangan yang kecil tentu bisa membuatmu merasa tidak nyaman.

2. Sesuaikan Strap Jam Tangan

Pastikan pula Kamu memilih strap atau tali jam sesuai aktivitasmu. Misalnya apabila Kamu sering beraktivitas di dalam kantor, sebaiknya pilih jam casual yang strap atau talinya berbahan kulit atau stainless steel. Sementara jam tangan yang terbuat dari strap karet sendiri khusus untuk olahraga dan santai.

3. Memilih Fitur Jam Tangan Sesuai Kebutuhan

Penting juga untuk memilih fitur jam tangan yang tepat sesuai kegiatanmu. Misalnya memakai jam tangan yang menawarkan fitur-fitur olahraga dalam aktivitas keseharian kantor tentu bukan pilihan yang tepat. Jadi sebaiknya pakai jam tangan dengan baterai atau jam tangan otomatis berdesain simpel yang selalu menemanimu di kantor maupun saat bersantai dengan teman-teman.

Nah, itulah tips-tips memilih jam tangan dan cara merawat jam tangan yang bisa Kamu ikuti agar jam tanganmu tetap awet. Sehingga tentunya bisa lebih menghemat anggaranmu untuk mengganti jam tangan. Bagaimana, mudah kan?

Related posts