Cara Belanja di Tiktok

Cara Belanja di Tiktok

Sebuah aplikasi yang menyajikan konten-konten kreativitas tanpa batas, itulah definisi yang layak untuk aplikasi Tiktok. Tak hanya menghibur semata, Tiktok juga membuat banyak orang semakin kreatif mengekspresikan dirinya. Karena tak sedikit kita jumpai video-video menarik yang sangat menghibur. Namun banyak juga yang belum tahu jika Tiktok bisa menjadi aplikasi berbelanja yang menarik bagi penggemar belanja online. Bagi yang baru tahu, penasaran kan bagaimana cara belanja di Tiktok?

Ya, baru-baru ini Tiktok telah meluncurkan fitur terbaru bagi pencinta olshop, yaitu fitur Tiktok Shop. Wah, tahukah Kamu apa itu Tiktok Shop? Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut!

Read More

Apa Itu Tiktok Shop?

Tiktok Shop adalah layanan marketplace yang telah tergabung pada aplikasi Tiktok. Jadi, pengguna Tiktok bisa bertransaksi jual beli di Tiktok. Hebatnya lagi, Tiktok bisa dijadikan sebagai media promosi yang menarik. Selain konten-konten hiburan, sayang sekali jika Kamu tidak memanfaatkannya sebagai ajang promosi usahamu.

Fitur ini merupakan langkah strategis yang dilakukan oleh pengembang tiktok agar para penggunanya tetap menggunakan aplikasi tiktok, jika ingin berbelanja suatu barang.

Wah, dengan adanya Tiktok Shop tentu semakin menambah deretan belanja online di Indonesia ya? Jadi, selain membuat atau menonton konten yang menghibur, Kamu bisa membeli produk bahkan menjual produkmu di aplikasi Tiktok. Menarik, bukan? Lalu pertanyaannya, bagaimana sih cara belanja di Tiktok?

Cara Belanja di Tiktok

Cara Belanja di Tiktok
Tutorial Cara Belanja di Tiktok

Tutorial Belanja di Tiktok

Jika Kamu sebagai pengguna yang sedang mencari produk-produk tertentu di Tiktok, Kamu tinggal mengikuti cara belanja di Tiktok dengan mudah. Langkah-langkahnya cukup simpel, silahkan ikuti tutorial di bawah ini!

1. Buka Aplikasi Tiktok

Sudahkah Kamu memiliki aplikasi Tiktok? Jika sudah memiliki aplikasi dan mendaftar akun Tiktok, tinggal buka aplikasi Tiktok milikmu, dan log in ke akun milikmu. Jika belum mempuyai akun Tiktok, silahkan daftar terlebih dulu akunnya ya!

2. Mencari Toko Official

Cara belanja di Tiktok selanjutnya lakukan pencarian toko official, sebab Kamu ingin mencoba berbelanja di Tiktok Shop. Di Tiktok sendiri, toko yang telah memiliki official-nya adalah Jd.id. Situs belanja online ini dapat digunakan untuk berbelanja.

Silahkan klik search, lalu ketikkan ‘jd.id’ dan akan muncul jd.id official. Pada halaman utama, Kamu akan melihat video tiktok dengan penawaran berbagai informasi terkait produk yang dijual di jd.id. So, tonton saja dulu video live streaming-nya.

3. Mulai Berbelanja

Untuk berbelanja di aplikasi tiktok, tinggal klik ikon ‘Shopping’ di aplikasi tersebut. Namun sayangnya, hanya ada beberapa akun Tiktok saja yang menyediakan fitur ini. Pada beberapa akun, masih belum tersedia ikon shopping. Jadi, hanya pengguna pilihan di Tiktok saja yang bisa masuk ke official penjualannya.

4. Beli Produk Pilihanmu

Jika sudah mengklik ikon shopping, Kamu akan melihat ada banyak pilihan produk. Silahkan lihat-lihat dulu produknya, atau jika Sudah ketemu langsung beli produk tersebut saat Kamu membutuhkannya. Untuk membeli produk tersebut, silahkan arahkan kursor ke produk yang dipilih, kemudian muncul opsi ‘Beli Sekarang’. Jadi, cara belanja di Tiktok selanjutnya ialah tinggal klik tombol ‘Beli Sekarang’. Secara otomatis, Kamu akan langsung diarahkan ke halaman pengisian alamat, silahkan sesuaikan isiannya.

5. Lakukan Pembayaran

Langkah cara belanja di TIktok selanjutnya, tinggal melakukan pembayaran. Silahkan lakukan pembayaran sesuai dengan kode pembayaran yang telah tersedia pada aplikasi Tiktok. Dimana kode tersebut, hanya tersedia dalam sekali checkout saja. Mengingat ada banyak pilihan opsi pembayaran yang dapat dipilih, Kamu tinggal menyesuaikan saja. Untuk pembayarannya, sebaiknya masukkan kode pembayaran dengan benar. Sebab jika salah, pembayaran produkmu akan gagal. Namun jika pembayaran gagal di aplikasi Tiktok, Kamu tak perlu khawatir karena dana refund nantinya bisa ditarik ke masing-masing rekening bank. Bahkan penarikannya pun sangat cepat.

Metode Pembayaran di Tiktok Shop

Setelah memahami cara belanja di Tiktok Shope di atas, Kamu harus memilih metode pembayaran. Disini Kami akan membahas dua metode pembayaran di Tiktok Shop yang dapat dipilih. Cek ulasannya berikut :

1. Pembayaran Melalui DANA

Caranya cukup mudah dilakukan, yang paling utama adalah kamu harus memiliki akun DANA terlebih dahulu. Pastikan pula Kamu memiliki saldo DANA, jika belum bisa melakukan top up DANA terlebih dahulu. Baru kemudian, Kamu bisa melakukan pembayaran belanja di Tiktok melalui DANA :

  • Setelah masuk kedalam menu order summary pada pilihan barang yang sudah kamu pilih, kamu bisa memasukkan kode voucher berupa gratis ongkos kirim (jika ada).
  • Kemudian untuk metode pembayaran, pilihlah dompet digital DANA.
  • Pada pilihan tersebut ada kolom isian nomor telepon yang terdaftar di DANA, kamu harus memasukan nomor telepon tersebut agar terhubung pada dompet digital DANA.
  • Berikutnya masukkan PIN DANA yang kamu miliki, lalu masukkan juga kode verifikasi Tiktok yang masuk melalui pesan singkat.
  • Setelah itu, kamu tinggal klik bayar dengan DANA Balance.
  • Ikuti langkah selanjutnya hingga proses pembayaran selesai.

2. Pembayaran Menggunakan GoPay

Sama seperti DANA, sebelumnya kamu harus memiliki akun gopay terlebih dahulu, jika belum install aplikasinya dan buat akunnya. Kamu juga bisa mengisi saldo Gopay terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran.

Adapun langkah-langkah pembayaran dengan menggunakan GoPay bisa kamu ikuti caranya berikut ini :

  • Jika Kamu sudah menuliskan alamat lengkap dengan benar, jumlah barang, nomor kontak yang bisa dihubungi, Kamu pun bisa mengisi kode voucher seperti gratis ongkos kirim jika ada.
  • Berikutnya pada opsi metode pembayaran, silahkan pilih pembayaran menggunakan dompet digital GoPay.
  • Ikutilah petunjuknya supaya akun GoPay langsung terintegrasi dengan akun Tiktok milikmu, agar Kamu bisa melakukan pembayaran belanja di Tiktok Shop secara otomatis.
  • Kamu tinggal klik konfirmasi lalu klik bayar untuk menyelesaikan pembayaran terhadap barang yang kamu beli.
  • Kamu akan diminta memasukan PIN GoPay sebagai tahap akhir untuk verifikasi
  • Ikuti langkah yang tertera pada layar hp sampai proses pembayaran pembelian produk berhasil dilakukan.
  • Itulah beberapa metode pembayaran yang paling mudah jika ingin mencoba membeli barang-barang di aplikasi Tiktok. Pastika agar dompet digital kamu sudah memiliki saldo yang cukup sehingga proses pembayarannya bisa berhasil.

Cara Melihat Pesanan di Aplikasi Tiktok

Jika Kamu ingin mengecek orderan belanjamu di Tiktok, Kamu bisa mencobanya. Sebenarnya, untuk mengecek orderan pada aplikasi Tiktok sendiri sangat mudah. Kamu tinggal klik di ‘Akun Saya’ lalu klik titik tiga di samping kanan atas. Lalu, klik ‘orders’, dan Kamu akan langsung ditampilkan pesanan produk yang Kamu beli di Tiktok Shop. Seluruh pesanan pada aplikasi Tiktok bisa dilihat di menu tersebut.

Itulah ulasan cara belanja di Tiktok, metode pembayaran dan cara melihat orderan di aplikasi Tiktok. So, bagi pengguna Tiktok yang ingin berbelanja online, tak ada salahnya menggunakan fitur Tiktok Shop untuk berbelanja. Silahkan praktekkan sekarang juga!

 

 

Related posts