Cara Daftar Paket Smartfren

Berbicara tentang cara daftar paket Smartfren sebenarnya sangat mudah. Sama seperti provider lainnya, Smartfren juga menawarkan kemudahan kepada para penggunanya untuk mendaftar paket internet Smartfren.  Mengingat Smartfren lebih fokus terhadap layanan internet untuk para pelanggannya. Maka wajar jika kita sering menjumpai paket internet Smartfren yang harganya terjangkau.

Selain itu, cara daftar paket Smartfren juga sangat mudah tergantung dari paket internet yang dipilih. Ada beberapa pilihan paket internet Smartfren yang siap memanjakan penggunanya untuk berselancar di dunia maya, menonton video streaming, mengunduh game, dan lainnya. Semuanya bisa dipilih sesuai budget dan kebutuhan.

Cara Daftar Paket Smartfren

Cara Daftar Paket Smartfren
Mendaftar Paket Internet Smartfren

Mendaftar Paket Internet Smartfren 4G Unlimited GSM

Paket internet Smartfren 4G Unlimited GSM menawarkan harga yang bervariasi, dari yang harganya Rp. 50 ribu sampai Rp. 199 ribu. Diman setiap paket internet yang ditawarkan oleh Smartfren sendiri, mempunyai kekurangan dan kelebihanya masih-masing.

Sejak Smartfren meluncurkan paket unlimited Rp. 65 ribu pertama kali, pelanggan sudah dapat menikmati paket internet unlimited selama 30 hari melalui batas penggunaan per hari sebesar 1GB.

Dalam hal ini apabila penggunaan sudah mencapai batas 1GB bukan berarti Kamu tidak bisa lagi menggunakan paket internet Smartfren. Tetapi apabila FUP-nya sudah mencapai 1GB, ini artinya kecepatan download paket data secara otomatis akan menurun 60Kbps.

Namun dengan kecepatan tersebut, selama sinyal Smartfren masih bagus, maka Kamu tetap bisa berselancar di media sosial dengan leluasa. Namun bagi yang gemar mengunduh video atau lagu, tentu saja memerlukan waktu yang lama. Sehingga membutuhkan kesabaran ekstra.

Paket internet Smartfren unlimited 4G dapat dipakai di perangkat android yang telah support jaringan 4G, ada banyak sekali vendor smartphone yang telah mendukung kartu Smartfren.

Sebab pada dasarnya provider ini adalah perdana CDMA, sehingga khusus dipakai untuk HP CDMA dari Smartfren saja. Namun kini Smartfren sendiri sudah tak lagi memproduksi Hp android Smartfren. Maka dari itu, kini Smartfren telah meluncurkan inovasi kartu perdana GSM Smartfren khusus digunakan di Hp android 4G.

Untuk mendaftar paket internet Smartfren 4G dapat dilakukan lewat SMS, dial up dan lewat aplikasi. Pastikan Kamu cek kuota Smartfren dan pulsa kartu Smartfren yang tersisa terlebih dahulu. Jika sudah mau habis atau kurang untuk mengaktifkan paket internet Smartfren, isi pulsa Smartfren terlebih dahulu.

Setelah itu, Kamu bisa simak ulasan cara daftar paket internet Smartfren 4G berikut :

1. Cara Mendaftar Paket Internet Smartfren 4G via SMS

Untuk mendaftar paket internet Smartfren melalui SMS dapat dilakukan bagi perangkat Hp yang telah mendukung jaringan 4G dan dapat dipakai untuk mengecek nomor Smarfren lewat dial phone. Hal ini dikarenakan tak semua perangkat dapat mendukung layanan SMS memakai kartu Smartfren.

Adapun cara mendaftar paket internet Smartfren 4G via SMS, yaitu pertama-tama silahkan buka aplikasi pesan atau SMS, kemudian ketik format “MySmartPlan 20rb” (tanpa tanda kutip) dan kirimkan ke nomor 123. Jika Kamu ingin melakukan pembelian paket lain, ganti 20 ribu dengan 60 ribu atau 50 ribu.

2. Cara Mendaftar Paket Internet Smartfren 4G Unlimited via USSD

Cara daftar paket Smartfren 4G unlimited lainnya bisa dilakukan melalui dial phone atau kode USD. Cara ini bisa dilakukan tanpa harus memotong pulsa Smartfren-mu. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka dial phone.
  • Selanjutnya ketik kode USSD *123*3# pada menu panggilan telepon.
  • Kemudian pilih paket yang Kamu inginkan.
  • Setelah itu pilih nomor “5” jika ingin mengaktifkan paket unlimited.
  • Pilih nomor “1” dan klik paket yang Kamu inginkan.

Jika ingin cara ringkasnya, Kamu bisa mendaftar paket internet Smartfren unlimited Rp. 75 ribu/28 hari dengan mengetikkan kode *123*3*5*1#. Silahkan tunggu aktivasi yang akan dikirimkan Smartfren lewat SMS.

3. Cara Mendaftar Paket Internet Smartfren 4G Unlimited via Aplikasi MySmartfren

Kamu bisa mengaktifkan paket Smartfren 4G unliimited Rp. 30 ribu dengan memanfaatkan aplikasi MySmartren. Tapi untuk menggunakan cara ini, pastikan perangkatmu sudah terkoneksi ke internet sebelumnya. Jika ada, Kamu bisa memanfaatkan wifi atau hotspot dari teman untuk menghemat pulsa untuk mendaftar paket. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama download dan install MySmartfren di Google Play Store.
  • Jika sudah buka dan jalankan aplikasi MySmartfren.
  • Setelah itu, tekan “purchase menu”.
  • Silahkan pilih “Internet” dan pilih paket internet yang diinginkan.
  • Untuk paket internet unlimited, pilih “unlimited” dan pilih paketnya.
  • Lalu klik “buy” jika ingin membeli paket.
  • Selanjutnya Kamu tinggal menunggu konfirmasi paket yang sudah diaktifkan lewat SMS.

Mendaftar Paket Internet Smartfren Kuota NonStop

Smartfren belum lama ini meluncurkan paket internet terbaru, Kuota Nonstop. Kuota Nonstop dari Smartfren ini ialah paket internet terbatu dari Smartfren dengan kuota selama 24 jam dan jika kuotanya sudah habis, Kamu masih bisa mengakses aplikasi. Hanya saja kecepatannya disesuaikan.

Kuota NonStop Smartfren hanya bisa dibeli pelanggan dengan kartu prabayar Smartfren. Selain itu, cara daftar paket Smartfren hanya satu kali dilakukan sampai masa aktifnya selesai. Lain halnya dengan paket internet 4G unlimited yang cenderung lebih banyak memberikan kebebasan.

Akan tetapi, paket kuota Nonstop ini menguntungkan sebab para penggunanya tetap masih dapat mengakses seluruh aplikasi gratis sampai 28 hari lamanya. Keuntungan lainnya ialah pulsa Smartfren-mu tak akan terpotong walaupun kuota utama kartumu sudah habis. Selain itu, Kamu juga dapat membeli paket internet Nonstop bagi perangkat MiFI.

Selain itu, paket internet Kuota NonStop juga memberikan kemudahan agar para penggunanya selalu bisa terhubung. Bisa dikatakan kuota internet yang diberikan cukup besar belum lagi harganya yang cukup terjangkau.

Cara mendaftar paket Smartfren kuota Nonstop sebenarnya bisa dibeli lewat kartu perdana atau voucher data. Dimana pembelian bisa dilakukan melalui galeri Smartfren, dial phone, counter dan aplikasi MySmartfren. Namun yang paling cepat ialah dengan menggunakan aplikasi MySmartfren agar paketnya langsung aktif.

Ini dia ulasan cara daftar paket Smartfren kuota Nonstop :

  • Pertama-tama, silahkan jalankan MySmartfren kemudian login menggunakan nomormu.
  • Kemudian silahkan masuk ke “Paket Saya” kemudian tekan “Beli”.
  • Lalu pilih menu “Internet”. Kamu akan ditampilkan beberapa pilihan kuota, diantaranya Kuota Nonstop 30GB, 18GB, 10GB, dan 6GB.
  • Silahkan tap pada pilihan kuota tersebut, selanjutnya akan terlihat detail paket beserta harganya. Kamu bisa melanjutkan dengan cara tekan “Beli Sekarang”.
  • Kamu tinggal menunggu SMS notifikasi dari Smartfren bahwa paket kuota Nonstop sudah aktif.

Dari panduan di atas, kita tahu bahwa paket kuota nonstop Smartfren terdiri dari kuota Nonstop 6GB, 10GB, 18GB, dan 30GB. Ini ulasan tiap-tiap paketnya :

  • Pada kuota nonstop 5GB, seharga Rp.30 ribu, memiliki masa aktif sampai 28hari dengan kuota 6GB, Kamu dapat mengakses aplikasi secara nonstop sesudah kuota habis. Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan layanan nelpon tanpa batas ke sesama pengguna Smartfren.
  • Pada kuota nonstop 10GB, yang dibanderol seharga Rp. 45 ribu, masa aktif selama 28 hari dengan kuota sebesar 10GB untuk akses aplikasi dan nelpon unlimited sama seperti paket nonstop 5GB.
  • Pada kuota nonstop 18GB, dibanderol dengan harga RP. 65 ribu, memiliki masa aktif 28hari, akses aplikasi dan nelpon sama seperti paket di atas.
  • Pada kuota nonstop 30GB, seharga Rp. 100 ribu dengan kuota 30GB/28 hari. Adpaun akses aplikasi dan nelponnya sama seperti paket di atas.

Demikianlah ulasan cara daftar paket Smartfren yang bisa Kamu coba untuk memilih paket internet yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019