Cara Cek Kuota Smartfren

Sebenarnya ada beberapa pilihan cara cek kuota Smartfren, yang bisa digunakan untuk mempermudahmu memantau penggunaan kuota internet Smartfren.

Smartfren termasuk provider yang menawarkan jaringan 4G LTE terbaik dan banyak dipilih para pengguna smartphone, karena tergolong murah. Akan tetapi, meskipun menyediakan paket unlimited, Smartfren tetap saja memberlakukan sistem Fair Usage Policy atau FUP, sehingga perlu mengeceknya secara berkala.

Agar FUP Smartfrenmu tidak cepat habis, penting sekali mengetahui cara cek kuota Smartfren, seperti yang Kami jelaskan berikut ini!

Cara Cek Kuota Smartfren

Cara Cek Kuota Smartfren
Mengecek Kuota Smartfren

Cara Cek Kuota Smartfren Pada Aplikasi Perpesanan (SMS)

Cara cek kuota internet Smartfren menggunakan aplikasi pesan singkat atau SMS adalah cara termudah yang bisa dilakukan. Selain itu, untuk melakukannya pulsamu tidak akan terpotong.

Caranya juga sangat simpel, Kamu hanya perlu mengetikkan format SMS tertentu saja lalu kirim ke 955 memakai nomor Smarfrenmu. Langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Silahkan buka aplikasi perpesanan atau mesage di smartphonemu untuk mengirimkan pesan singkat.
  • Silahkan atur penerima SMS yang Kamu tuju dengan nomor 995, lalu silahkan ketikkan format pesan : CEK di kolom yang telah tersedia.
  • Lalu tekan KIRIM memakai nomor Smartphone.
  • Setelah itu, silahkan tunggu balasan SMS-nya.
  • Biasanya pesan balasan akan dikirimkan langsung ke nomor Smartfrenmu, dan Kamu pun akan menerima informasi tentang nomor Hp Smartfren yang dipakai, sisa kuuota internet, detail paket, berikut masa berlakunya.

Bagaimana, cara cek kuota Smartfren via SMS di atas sangat mudah kan?

Cara Cek Kuota Smartfren Melalui Kode Dial

Selain menggunakan aplikasi perpesanan dengan mengirimkan SMS ke 995, Kamu juga bisa menggunakan cara lainnya untuk mengetahui kuota Smartfren. Cara ini dapat dilakukan, baik menggunakan perangkat iPhone maupun android.

Dari sini Kamu perlu melakukan panggilan dial saja ke *995# memakai nomor Smarfrenmu. Berikut penjelasannya :

  • Silahkan klik aplikasi dial phone.
  • Ketikkan kode *995# lalu tekan atau ketik icon bertuliskan call menggunakan nomor Smartfrenmu.
  • Silahkan tunggu beberapa lama, sampai terlihat tampilan pop up di layar ponsel.
  • Dari sini, Kamu akan diberikan informasi detail tentang nama paket internet Smartfren, masa aktif, dan sisa kuotaa Smartfren yang Kamu gunakan.

Cara Cek Kuota Smartfren Via Website Resmi

Jika Kamu kebetulan tidak bisa mengakses ponselmu, maka cara cek kuota Smartfren via website MySmartfren bisa menjadi alternatifnya.

Tidak hanya bisa mengecek kuota internet saja, situs resmi Smarfren ini juga dapat diandalkan untuk mengecek masa aktif kartu Smartfren, nomor Smarfren,  dan cek pulsa Smartrenmu.

Untuk menggunakan website resmi Smarfren, pastikan Kamu login terlebih dahulu memakai nomor Hp Smartfrenmu atau via akun email yang telah terdaftar. Berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan buka browser di laptop atau PC, lalu kunjungi situs resmi MySmartfren di link https://my.smartfren.com/. Cara ini juga dapat dilakukan dengan membuka browser di ponselmu.
  • Setelah itu, Kamu cukup login memakai userID atau dengan menggunakan akun email terdaftar. Tapi jika Kamu belum mendaftar, silahkan klik “Daftar” di bagian bawahnya.
  • Selanjutnya jika sudah mendaftar, silahkan login. Kamu pun akan dibawa ke tampilan dashboard situs resmi MySmartfren. Adapun untuk mengecek dan mengetahui sisa kuota internet Smartfrenmu, cukup pilih atau klik “Detail” saja.
  • Selanjutnya akan ada tampilan pop up berisi namak paket internet yang Kamu gunakan, masa aktif dan sisa kuota. Selain itu, Kamu juga bisa mengetahui bonus SMS dan telepon yang diberikan oleh provider Smartfren.
  • Selain itu, ada pula pilihan “Berhenti Paket” jika Kamu ingin berhenti berlangganan internet dan ingin berganti paket.

Cara Cek Kuota Smartfren Via Aplikasi MySmartfren

Selain cara-cara di atas, Kamu juga dapat mengandalkan aplikasi MySmartfren yang bisa diunduh di App Store atau Google PLay Store. Selain mengetahui sisa kuota internet, ada fitur-fitur menarik lainnya yang bisa Kamu ketahui dari tampilan aplikasi My Smartfren. Bahkan Kamu juga bisa membeli paket baru Smartfren.

Aplikasi MySmartfren sendiri sangat mudah di download dengan tampilan user interface interaktif dan mudah dipahami. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan download MySmartfren di Google Play Store untuk pengguna android dan di App Store untuk pengguna iPhone.
  • Setelah itu, Kamu cukup membuat akun di aplikasi MySmartfren. Dari sini Kamu bisa melakukan login memakai nomor ponselmu dengan memilih “Nomor Smartfren”.
  • Di laman utama MySmartfren, Kamu cukup mengetuk atau memilih “Paket Saya”. Setelah itu, Kamu pun akan mengetahui nama paket internet Smartfren yang digunakan.
  • Di samping itu, aplikasi MySmartfren juga menyediakan informasi tentang detail paket lainnya selain internet, baik itu bonus SMS, masa aktif, dan telepon. Ada pula layanan pembelian paket internet jika kuota internetmu mau habis.

Nah, itulah kumpulan cara cek kuota Smartfren yang bisa Kamu pilih sesuai yang Kamu inginkan.

Apa Saja Sih Keunggulan Memilih Paket Internet Smartfren?

Jika Kamu sedang mengincar paket internet murah dari salah satu provider di Indonesia, mungkin Smarfren bisa menjadi pilihanmu. Namun, apa saja sih keunggulan yang ditawarkan oleh Smartfren?

  • Murah

Di tengah-tengah kebutuhan internet yang semakin meningkat saat ini, tentu saja setiap orang menginginkan kuota internet yang lebih murah untuk menunjang aktivitas berselancar mereka di dunia maya.

Selain itu, banyak provider yang mematok harga kuota tinggi, sehingga membuat kita berpikir dua kali saat memilih provider yang menawarkan kuota lebih murah. Dan Smartfren termasuk salah satu provider yang tepat.

Kenapa? Karena Smartfren menawarkan kuota internet 16 GB seharga RP. 37 ribu saja dengan masa berlaku 1 bulan. Sementara jika paket unlimited 1 bulan sendiri hanya dibanderol Rp. 50 ribu. Gimana, tertarik bukan?

  • Lebih Irit

Pernah nggak sih, saat kita menemukan salah satu provider yang menawarkan harga kuota internet murah tapi ternyata saat digunakan justru boros.

Baru beberapa menit browsing atau beraktivitas di internet saja sudah menghabiskan banyak kuota. Belum lagi masa aktifnya yang hanya sebentar, jadi tidak bisa dijadikan andalan saat kondisi sedang morat marit.

Namun dengan memilih paket internet Smartfren, selain lebih hemat karena menawarkan harga paket internet murah, juga pemakaiannya lebih irit.

Bisa dibilang Smarfren adalah provider teririt dibandingkan provider yang lainya. Apalagi jika Kamu memanfaatkannya untuk melihat video live streaming di Youtube.

  • Sinyal Hilang Otomatis

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa ini kelemahan Smartfren, namun jika dipikir-pikir lagi ternyata justru menguntungkan.

Coba saja bayangkan, misal tiba-tiba Kamu lupa tidak mematikan paket data di HP dan dibiarkan terus dalam kondisi menyala. Saat dicek ternyata kuota sudah banyak terpakai, padahal Kamu tidak membuka ponselmu sama sekali.

Akan tetapi, bagi pengguna Smartfren Kamu tak perlu sekhawatir itu. Sebab sinyal Smartfren bisa hilang otomatis jika HP tidak sedang digunakan. Wah, ajaib bukan?

Nah, itulah keuntungan paket internet Smartfren dibandingkan provider lainnya dan cara cek kuota Smartfren yang bisa Kamu tiru agar pemakaian kuota internetmu lebih terkendali. Semoga bermanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019